Crawl error dapat diketahui ketika google mengcrawl blog yang kita miliki, salah satu crawl error yang sering ditemukan adalah page not found 404, error tersebut mengindikasikan bahwa didalam blog yang kita miliki terdapat link yang mengarah kehalaman yang terhapus atau halaman yang dituju oleh link tersebut tidak ada. beberapa hal yang menyebabkan crawl error 404 diantarnya adalah:
a. terjadi kesalahan pengetikan ketika mengetik url yang mengarah ke subdomain blog
b. Terdapat link yang diletakan para komentator anda dimana link tersebut sudah mati atau kadaluarsa.
c. Terjadi penghapusan Halaman Blog dengan sengaja


Menurut google error 404 tidak akan mempengaruhi rangking halaman, meskipun begitu ketika kita menemukan error semacam itu kita harus segera memperbaikinya, karena jika dibiarkan berlarut larut, biasanya berdampak pada lamanya backlink yang sudah kita bangun di index oleh google. saya pernah punya pengalaman dan hampir putus asa ketika setiap backlink yang saya bangun tidak ada satupun yang diindex google padahal, peletakan backlink yang saya lakukan pada waktu itu lumayan sudah sangat lama, ternyata penyebabnya adalah karena pada blog saya terdapat error yang tidak pernah saya perbaiki salah satunya yaitu error page not found 404. 

Langkah-Langkah Untuk Memperbaiki Error 404 Page Not Found

Untuk memperbaiki error 404 sebenarnya sangat mudah, yang penting blog anda sudah terintegrasi dengan google webmaster tools, jika anda sudah mengintergarasikn blog anda dengan google webmaster tools, silahkan masuk kehalaman google webmaster tools anda. Jika anda memiliki lebih dari 1 blog yang sudah terintegrasi, silahkan pilih dan klik pada salah satu blog yang anda maksud untuk masuk, kemudian lakukan langkah berikut:

1. Pada menu google webmaster tools sebelah kiri, silahkan pilih menu Crawl, kemudian Pilih submenu Crawl errors, dengan mengklik menu tersebut, maka akan ditampilkan disebelah kanan daftar error yang ditemukan oleh google bot, yang harus segera anda perbaiki, silahkan pilih Tab Not Found, untuk menampilkan error not found 404.

2. Silahkan anda klik satu persatu pada baris error tersebut, kemudian pada kotak dialog yang muncul anda kopi Link Error terbut kemudian paste terlebih dahulu pada Notepad. silahkan lakukan langkah yang sama untuk eror 404 lainnya.

3. Setelah semua link error selesai anda kopi paste pada notpad, kita kembali pada google webmaster tools, kemudian  centang semua error tersebut, setelah semuanya terpilih, tekan tombol Mark As Fixed dan tunggu sampai semuanya terhapus, Langkah ini adalah memberitahukan google bahwa error-error tersebut sudah diperbaiki.

4. Jika anda sudah melakukan sampai tahap 4 diatas, langkah berikutnya adalah kita lakukan penghapusan index yang mengarah ke url-url error tersebut yang sebelumnya  sudah kita copy pada notepad. Kita kembali ke google webmaster tools, silahkan pilih menu Google Index dan pilih submenu Remove URLs untuk menghapus url-url yang kita temukan.

5. Pada bagian sebelah kanan, tekan tombol "Create a New Removal Rquest", pada kotak isian silahkan anda masukan  Link-Link URL yang sudah dikopi di notepad tersebut satu persatu, kemudian submit.

Jika anda sudah melakukan ke 5 langkah diatas berarti sampai tahap ini anda sudah selesai memperbaiki error page not found 404 tersebut.  biasanya penghapustan memerlukan waktu beberapa hari tergantung dari seringnya google bot mengcrawl blog Anda.

Penghapusan error kadang harus berkali-kali, jika url error yang sudah pernah kita submit untuk dihapus muncul kembali silahkan lakukan kembali langkah 1 sampai dengan 5 diatas, sampai benar-benar error tersebut hilang.Untuk cek berhasil tidaknya penghapusan anda bisa cek melalui webmaster, jika informasi mengenai site error benilai 0 berarti penghapusan sudah berhasil, jika belum silahkan anda tunggu beberapa hari.

Error biasanya muncul diluar yang kita kehendaki, sebaiknya anda sering mengecek kesehatan situs anda melalui google webmaster tools, kesehatan situs akan membawa dampak positif bagi blog / situs yang kita miliki.

32 komentar:

  1. terimakasih suhu informasinya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama suhu, semoga membantu n terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  2. Tips yang sangat bermanfaat sangat membantu kawan...

    ReplyDelete
  3. trima ksh postingannya sangat membantu, sya pasti akan mampir lgi di lain waktuuu

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. gan saya sudah melakukan langkah diatas. namun ada dua hal yg ingin saya tanyakan. pertama, sampai brp lama permintaan penghapusan itu akan dilaksanakan oleh google? soalnya sampai saat ini statusnya masih pending. kedua, dgn url itu dihapus apa postingan kita jg akan terhapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gan, karena biasanya link page not found 404 yang disarankan untuk dihapus, tidak mereferensi ke artikel agan satupun, untuk meyakinkan coba aja ikuti linknya,

      informasi Status Penghapusan baru akan diketahui setelah robot google mengcrawl kembali blog atau situs agan, pengalaman syaa biasanya 1 kali penghapusan, page not found tersebut tidak muncul kembali

      jika ada page not found yang lain, tinggal lakukan cara yang sama seperti diatas

      Delete
  8. Terimakasih mas, artikelnya sangat bermanfaat. Sayangnya di alat webmaster saya pada bagian "kesalahan perayapan" muncul pesan : "Belum ada data. Periksa lagi nanti." Itu kenapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog agan sepertinya masih baru, seiring waktu nanti juga muncul sendiri

      Delete
  9. gan saya minta bantuannya kok gak ada Crawl nya ya di webmasters saya gan

    ReplyDelete
  10. bnyak jg ternyata erorrnya, thx bnyak

    ReplyDelete
  11. mas semua posting blog saya kan saya draft, ada juga yang saya hapus...
    karena saya mau buat artikel bahasa inggris untuk daftar ga

    ternyata saya masih tetap ditolak dengan alasan page saya tidak di temukan ( salah satu posting yang saya draft )

    kira2 gimana solusi nya?
    apakah harus saya publish lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo draft berarti belum terpublish, pasti tidak ketemu gan, publish ulang saja gan

      Delete
  12. Wah..ini juga alasan blog saya di tolak. Soalnya di email saya di arahkan ke googlel webmaster tool katanya belum memenuhi persyaratan. Trmksih gan...

    ReplyDelete
  13. makasih mas infonya. ada pertanyaan nih. Kok blog ane dibuka susah sekali? padahal test gtmetrik ampuh, grade A kecepatannya. Apakah ada yang salah dgn blog saya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangkali jaringan internet yang lagi agan gunakan sedang lambat mas

      Delete
  14. makasih infonya kak.. pantesan di blog saya sampai ada ratusan crawl errornya..

    ReplyDelete
  15. Terimakasih infonya mas, secara rutin saya melakukan cek kesehatan blog sebagai bentuk keseriusan dalam aktivitas blogging.. Setiapa ada link error langsung sy libas via webmaster saja. Salam kenal

    ReplyDelete
  16. sampe tahap 4 sudah dilakukan, namun pada penghapusan index ketika saya masuk ke google indexs dan kemudian saya pilih remove URLs saya tidak menemukan "create a new removal request" yang ada cuma temporarily hide, bagaimana untuk solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gunakan saja itu mas, sepertinya google sedikit melakukan modifikasi di interface gwt nya

      Delete
  17. menurut pengalaman saya pribadi, melakukan penghapusan pada error 404 haya bersifat sementara, untuk beberapa waktu halaman yang error tersebut kembali terdeteksi...
    Sukses selalu untuk blognya..
    Salam:
    www.miniblogger28.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan bisa muncul kembali, jika ada link baik itu di blog sendiri atau di situs orang lain yang masih memiliki tautan ke url tersebut.

      Delete
  18. ass..mas didin mau tanya, setelah saya ingat-ingat ternyata url yang eror itu kayaknya akibat dlu saya sering ngeshare di fb terus saya hapus artikelnya di blog karena berisi konten yang tak sesuai dengan TOS, mungkin ada yang nge klik tautan di fb tapi artikelnya tidak ada. apakah kalau tidak diperbaiki berakibat kepada penolakan google adsense atau tidak? seandainya tidak saya klik dan tidak saya hapus apakah bermasalah? jika hanya dihapus saja yang erornya apa tidak apa-apa? mohon masukannya mas didin...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa berpengaruh mas, ada kasus blog ditolak karena ada url yang tidak di temukan di blognya alias page not found 404. mas harus hapus setiap link yang mas letakan diluar yang menuju artikel tidak ditemukan yang urlnya mas hapus. kalo hanya di hapus errornya misal di google webmaster tool nanti dikemudian hari akan muncul lagi.

      saya biasanya kalo memang sulit untuk dihapus saya buat redirect dari url yang tidak ditemukan ke url serupa yang ada di blog.

      bisa di baca:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/12/trik-mengganti-permalink-blogspot-tanpa-kehilangan-trafik.html

      Delete
  19. maaf mas ada yang kurang..apa mungkin eror ini di akibatkan karena sering mengubah url artikel yang ada di blog? soalnya url yang eror tersebut adalah artikel yang saya rubah dan saya hapus..mohon masukannya mas didin..trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sudah diterbitkan url tidak bisa dirubah, jadi harus hapus dulu, copy artikelnya bikin url baru paste artikelnya,itu artinya artikel terseut sama seperti artikel baru, dan kemungkinan url artikel lama masih ditemukan di mesin pencari google,

      jika memang ingin seperti itu mas haru lakukan redirect aman dari url artikel lama ke url artikel gantinya. dengan demikian tidak ada pagenot found 404.
      mas bisa baca di sini:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/12/trik-mengganti-permalink-blogspot-tanpa-kehilangan-trafik.html

      Delete
  20. kasus saya sama seperti mas Syamsul Alam,link eror yang berupa url artikel yang pernah saya rubah,
    artikel mas Didin Ajidin mantap isinya daging bukan sekedar kulitnya saja di artikel ini ,sangat bermanfaat sekali,,
    terima kasih mas didin penjelasannya .

    ReplyDelete
  21. langsung ke TKP, praktekkan permasalahan saya di website saya. semoga nanti posisinya menjadi lebih baik setelah beberapa error yg di temukan.. Trm kasih ilmunya mas.. Mencerahkan sekali..

    ReplyDelete
  22. cuma ada satu halaman yang error di google webmaster itu mempengaruhi indeks keseluruhan ngga ya gan..., trs aku jg mau nanya kalau ada halaman indeks yang errornya soft 404 itu penyebabnya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 404 url tidak ditemukan, ada url blog mas, ketika dikunjungi url tersebut memang tidak ada, bisa saja salah tulis link baik link di blog orang atau link di blog mas yang menuju url tersebut, atau salah ketik ketika pengguna ingin mengunjungi url tersebut.

      Jika diblog sendiri sebenarnya mudah diperbaiki, cukup perbaiki urlnya, namun jika url 404 tersebut bersumber dari link yang letaknya diblog orang lain akan cukup sulit dan akan muncul terus, solusinya biasanya saya lakukan redirect ke url yang dimaksud atau ke url yang relevan yang terdapat di blog kita.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!