Mencari kata kunci populer menggunakan google trends - Kata kunci adalah hal yang harus benar-benar mendapatkan perhatian khusus, biasanya seorang blogger sebelum membuat arikel selalu memikirkan kata kunci yang akan dijadikan judul artikel, tentunya untuk membuat judul dengan kata kunci tertentu tidaklah sembarangan, ada trik-trik khusus bagaimana artikel yang akan kita buat memiliki judul yang mengandung kata kunci populer, serta memiliki kualitas dan paling banyak dicari orang, tetapi nilai kompetitor atau pesaing nya kecil.

Untuk melihat kompetitor dari kata kunci tertentu, sebenarnya sangat mudah kita dapatkan informasinya, dengan menggunakan google adword keyword tools permasalahan ini sudah bisa terpecahkan, jika anda tertarik tentang cara menggunakan tool yang satu ini, anda bisa baca artikel mengenai Riset kata kunci menggunakan google keyword planner.

Permasalahannya adalah tools tersebut hanya untuk mencari nilai kompetitor atau pesaing dari kata kunci yang kita masukan, oleh karena itu tools tersebut baru bisa digunakan jika kita sudah memegang beberapa kata kunci untuk dianalisa, jadi kita harus sudah punya dulu kata kunci yang akan kita jadikan judul, kemudian baru kata kunci tersebut bisa kita analisa jumlah pencarian serta nilai kompetitornya menggunakan google adword keyword tools.

Sebenarnya yang paling sulit dari semuanya adalah mencari kata kunci yang tepat, dimana kata kunci tersebut adalah kata kunci yang sedang populer saat ini, tentu memang sulit kalau kita menentukan kata kunci hanya dari insting belaka dengan menebak-nebak saja, bisa jadi kata kunci yang kita peroleh adalah kata kunci yang tidak populer sama sekali, apa mau dikata kata kunci yang kita gunakan tersebut akan berdampak kepada artikel yang  kurang diminati orang, sehingga sulit populer, sepertinya hanya buang-buang waktu dan sia-sia saja.

Untuk saat ini kita harus banyak berterima kasih kepada google akan layanan publiknya, karena untuk memperoleh informasi mengenai kata kunci yang paling populer tidaklah terlalu sulit,cukup dengan  memanfaatkan layanan google trends masalah tersebut sudah dapat kita atasi, yang terpenting adalah kita harus tau bagaimana cara menggunakannya, oh ya jika anda belum terlalu mengenal apa itu google trends anda bisa membaca mengenai apa itu google trends serta manfaat dan kegunaannya, jika anda sudah paham, ok mari kita lanjutkan ke pembahasan google trends berikutnya.

Menggunakan Google Trends untuk mendapatkan kata kunci terpopuler

Untuk memperoleh informasi mengenai kata kunci terpopuler, silahkan anda masuk ke halaman google trends explore.


Untuk lebih memahami penggunaan google trends mari kita amati  gambar diatas, coba kita lihat yang saya tandai dengan kotak merah dan diberi nomber,

1. Pilih negara, anda bisa mendapatkan kata kunci terpopuler berdasarkan negara tertentu, silahkan pilih negara yang anda kehendaki.

2. Pilih periode pencarian, periode yang tersedia terdiri dari 7 hari terakhir sampai dengan 1 tahun terakhir, anda juga bisa memilih tahun tahun tertentu untuk mendapatkan kata kunci populer pada periode yang anda pilih.

3. Pilih kategori, anda bisa memilih kata kunci populer berdasarkan kategori tertentu.

4. Pilih alat penelusuran, silahkan anda pilih alat penelusuran untuk mendapatkan kata kunci terpopuler menurut alat penelusuran tersebut.

5. Tambahkan Topik, anda bisa menambahkan dan memasukan topik tertentu pada kotak tersebut, silahkan anda tekan tombol "+Add Item" kemudian pada kotak tersedia, silahkan anda masukan topik anda kemudian enter, dengan demikian anda akan  mendapatkan informasi kata kunci populer yang berkaitan dengan topik yang anda masukan.

6. Top Search, Informasi kata kunci terpopuler berdasarkan kriteria yang kita pilih, tergantung dari kriteria pencarian yang kita tentukan pada kotak no 1,2,3,4 dan 5 diatas, nilai 100 menandakan kata kunci tersebut adalah kata kunci yang paling top atau paling populer, kata kunci di urut dari kata kunci yang terpopuler terus kebawah sampai nilai popularitasnya kecil.

7.  Rising, lihat kotak no 7 diatas, adalah informasi kata kunci yang memiliki tingkat popularitas yang terus meningkat sampai dengan periode yang kita pilih pada kotak no 2 diatas, tingkat popularitasnya biasanya dibandingkan dengan periode sebelumnya, jika kita memilih tahun 2014, pada kotak no 2 diatas, berarti akan dibandingkan dengan popularitas pada tahun 2013, begitu juga untuk periode yang lainnya.

Tingkat popularitas biasanya dinilai dengan persentase, semakin besar persentasenya berarti tingkat popularitasnya semakin meningkat, jika anda menemukan tulisan breakout pada area ini, itu artinya tingkat popularitasnya terus naik diatas 5000%, sepertinya ini yang patut dijadikan acuan untuk kata kunci populer yang akan anda gunakan menjadi kata kunci yang disisipkan pada judul artikel anda kelak.

8. Setting, digunakan untuk memilih bahasa dan untuk melihat lebih dari 10 penelusuran terkait atau teratas, klik ikon bergambar gigi seperti pada no 8 diatas, kemudian pilih menu Unduh file CSV. Saat membuka file CSV dengan aplikasi spreadsheet apa pun yang Anda pilih, Anda dapat melihat lebih dari 10 penelusuran teratas dan penelusuran yang sedang naik daun atau rissing seperti terlihat pada kotak no 7 diatas.


Sebenarnya masih banyak yang harus dibahas mengenai penggunaan google trends untuk memperoleh informasi kata kunci terpopuler, sepertinya jika saya sambung terus hanya pada artikel ini, saya khawatir terlalu panjang dan saya khawatir anda akan bosan membacanya,  untuk artikel berikutnya saya akan bahas bagaimana cara melakukan riset kata kunci dengan google trends.

barangkali untuk artikel kali ini saya cukupkan sekian mengenai cara mencari kata kunci populer menggunakan google trends, kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga bermanfaat.

Jangan lupa baca juga artikel lainnya mengenai cara riset kata kunci dengan google trends.