Cara mendaftarkan blog ke Bing dan google webmaster tool: lengkap agar blog cepat diindex dan dikenali mesin pencari - Ada banyak sekali mesin pencari yang cukup populer saat ini, diantaranya adalah mesin pencari google dan bing, sebenarnya seiring dengan berjalannya waktu, artikel yang kita terbitkan pada akhirnya akan diindex dan dikenali oleh mesin pencari terutama search enggine google dan bing, namun untuk lebih memastikan artikel yang kita buat terindex dengan lebih cepat, salah satu caranya kita harus mendaftarkan blog yang kita miliki ke mesin pencari, dan sekaligus mensubmit peta situs yang terdapat dalam blog, sehingga artikel blog akan mudah untuk dindex dan dikenali.

 Untuk saat ini google dan bing menyajikan sebuah tool yang dapat membantu memfasilitasi webmaster agar blognya mudah ditemukan mesin pencari, syaratnya adalah melalukan registrasi blog ke kedua tool tersebut dan submit peta situs blog didalamnya, peta situs pada umumnya berisi daftar link-link url yang terdapat dalam sebuah blog atau situs, dengan mensubmit peta situs di mesin pencari maka mesin pencari akan lebih mudah untuk menelusuri struktur blog anda secara keseluruhan dan menemukan url-url blog anda untuk di index kedalam basis data mereka dengan cepat, sehingga blog anda akan mudah dikenal dan ditemukan di halaman mesin pencari.

Selain digunakan untuk submit peta situs, kegunaan lain dari webmaster tool adalah dapat membantu para webmaster untuk memonitor interaksi robot mesin pencari dengan halaman blog yang mereka miliki,  sehingga para webmaster akan sangat mudah mengetahui berbagai informasi hasil penelusuran robot mesin pencari untuk mereka analisa dan untuk dijadikan referensi guna meningkatkan kinerja blog mereka di mata mesin pencari.

A.Cara mendaftarkan blog ke Bing webmaster tool

Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas bagaimana cara mendapatkan kode verifikasi google webmaster tool, pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mendaftarkan blog ke bing webmaster tool, bing webmaster tool adalah tool yang disediakan oleh microsoft yang dapat membantu para webmaster untuk membuat blog atau situsnya mudah dikenali dan ditemukan oleh mesin pencari bing.

Langkah-Langkah Mendaftarkan blog ke Bing Webmaster Tool

Untuk  mendaftarkan  blog ke bing webmaster tool syaratnya sangat mudah, yaitu kita  harus memiliki salah satu alamat email hotmail atau alamat email outlok, seperti halnya google, dengan memiliki salah satu alamat email tersebut kita bisa menggunakan setiap layanan online dari microsoft tanpa harus melakukan registrasi ulang, jika anda belum memiliki alamat email hotmail atau outlok, langsung saja lakukan pendaftaran bing, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke alamat situs http://www.bing.com/toolbox/webmaster, kemudian cari dan tekan link atau tombol bertuliskan "Sign Up with Microsoft account".

Cara daftar blog ke bing dan google webmaster tool


2. Anda akan disajikan form input registrasi, lihat gambar dibawah ini, silahkan anda lengkapi data yang diminta, kemudian cari dan tekan tombol "Create Account" berada di paling bawah halaman.

Buat Email outlook,hotmail dan daftar Bing Webmaster tool

3. Jika pendaftaran berhasil anda akan langsung masuk ke halaman utama bing webmaster tool, seperti gambar berikut:

Cara mendaftarkan blog ke bing webmaster tool terbaru

Silahkan submit alamat blog atau situs anda, Masukan alamat url blog pada No1, kemudian tekan tombol "ADD" seperti terlihat pada gambar no 2 diatas.

4. Jika tahap3 diatas berhasil, Anda akan disajikan form input untuk melengkapi frofil situs Anda, adapun data yang harus dilengkapi  meliputi:
  • URL, berisi url blog atau situs anda
  • Add site map, silahkan masukan peta situs blog anda, untuk blogspot, peta situs terletak di nama_blog_kamu.blogspot.com/sitemap.xml
  • First Name, Last Name, isi dengan nama depan dan nama belakang anda
  • Email, diisi dengan email hotmail atau email outlock anda
  • Job role, Isi dengan pekerjaan anda (opsional: boleh diisi boleh  tidak)
  • Company Organization Name dan Company Organization Size, isi dengan nama perusahaan anda atau silahkan isi sembarang.
  • Industry, pilih jenis perusahaan (Opsional)
  • Contact phone, isi dengan no telepon (Opsional)
  • State/Province dan Zip postalcode, diisi denan nama provinsi tempate tinggal dan kode pos.
  • Country region, diisi dengan nama negara tempat tinggal
  • Centang pilihan Im An Agency not site owner, jika anda bukan pemilik situs 
  • Biarkan pilihan yang lainnya apa adanya, dan tekan tombol save untuk menyimpannya.
 5. Tahap berikutnya, Anda akan disajikan halaman untuk mendapatkan kode perifikasi bing webmaster tool untuk ditempel pada blog anda. lihat gambar berikut:


Silakkan kopi kode seperti yang ditunjukan oleh no 1. diatas, Masuk pada kode template blog anda, kemudian letakan kode verifikasi tersebut tepat diatas kode </head>, jangan lupa simpan template blog Anda.

6. Setelah kode verifikasi berhasil ditempel pada template blog anda, silahkan kembali ke halaman bing webmaster tool, kemudian silakan tekan tombol "VERIFY" seperti diperlihatkan pada no 2 diatas. "
"Tips: Tombol Verifikasi harus anda tekan setelah kode verifikasi kita tempel di template blog kita"
 Sampai tahap 6 diatas berarti anda sudah sukses mengintegrasikan blog anda dengan bing webmastertool. selanjutnya anda harus melakukan submit peta situs dari blog anda ke bing webmaster tool, gunanya adalah untuk membantu robot bing mengenali struktur url situs anda.

Cara Submit Sitemap di bing webmaster tool

 Untuk melakukan submit, caranya sangat mudah, jika anda belum masuk halaman bing webmaster tool, silahkan masuk terlebih dahulu, akan tampil seperti gambar dibawah ini:


1. Pada bilah menu sisi kiri, pilih menu "Configure My Site" kemudian pilih submenu "Sitemap", seperti yang ditunjukan oleh no 1 diatas.

2. Masukan alamat sitemap anda pada kotak no 2 diatas, khusus untuk blogspot sitemap terletak di http://nama_blog_kamu.blogspot.com/sitemap.xml,

3. Jika tahap diatas selesai, tekan tombol "SUBMIT". untuk menyimpan peta situs pada bing webmaster tool.
Seiring perkembangan blog dan semakin bertambahnya artikel, sitemap harus diresubmit ulang agar url-url yang terdapat didalam peta situs dapat dikenali dengan cepat.

B. Cara Mendaftarkan blog ke google webmaster tool

Google webmaster tool adalah sebuah tool dari google yang dapat membantu para webmaster agar blog atau situsnya mudah dikenali dan ditemukan oleh mesin pencari google, untuk mendaftarkan blog ke google webmaster tool syaratnya adalah kita diharuskan memiliki email google, jika anda kebetulan belum memiliki email google, silahkan buat email google terlebih dahulu.

Langkah-langkah mendaftarkan blog ke google webmaster tool

1. Masuk ke halaman pendaftaran google webmaster tool, kemudian cari dan tekan tombol "Sign In to Webmaster Tools". silahkan login dengan gunakan email dan password google anda.

2. Submit alamat blog atau situs anda, lihat gambar dibawah ini:

Cara submit blog ke google webmaster tool

Masukan alamat url anda pada kotak no 1, kemudian tekan tombol "ADD SITE"

3.  Berikutnya, pilih alternate method (lihat no 1 gambar dibawah), kemudian pilih HTML Tag, kemudian copykan kode verifikasi google webmaster tool (lihat no 2 gambar dibawah), sekarang masuk ke akun blogspot anda, dan letakan kode verifikasi tersebut pada kode template blog anda, letakan diatas kode </head>, kemudian simpan template.


Jika kode verifikasi sudah diletakan didalam template blog, silahkan kembali ke halaman google webmaster tool, dan tekan tombol "VERIFY" seperti yang ditujukan no 3 pada gambar.
"Tips: Tombol verifikasi harus anda tekan ketika kode verifikasi sudah selesai diletakan di template blog anda"
Sampai tahap 3 diatas berarti anda sudah berhasil mengintegrasikan blog yang anda miliki dengan google webmaster tool, tahap berikutnya adalah anda diharuskan mensubmit peta situs atau alamat situs ke google webmaster tool, agar robot google mudah menelusuri setiap bagian situs anda.

Cara Submit Site Map di Google Webmaster Tool

Setelah anda berhasil mengintegrasikan blog anda dengan google webmaster tool, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mensubmit peta situs atau sitemap blog anda ke google webmaster tool, untuk mensubmit petas situs di google webmaster tool langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke halaman Akun webmaster tool Anda, silahkan gunakan email dan password google yang anda daftarkan

2. Setelah masuk, pilih salah satu blog anda pada daftar, pada bilah menu sisi kiri pilih menu Crawl, kemudian pilih submenu sitemaps.

3. Cari dan tekan tombol ADD/TEST SITEMAP, kemudian masukan sitemap blog anda, khusu untuk blogspot, peta situs terletak di http://nama_blog_kamu.blogspot.com/sitemap.xml, anda cukup memasukan sitemap.xml pada kotak isian yang disediakan, seperti gambar dibawah ini:

Cara submit peta situs di google webmaster tool

Kemudian tekan tombol Submit sitemap, silahkan refresh blog anda untuk melihat hasilnya
"Tips: seiring dengan bertambahnya artikel postingan, anda harus selalu me resubmit peta situs atau sitemap di google webmaster tool, agar setiap artikel baru yang  anda terbitkan cepat dikenali oleh mesin pencari google"

Demikian apa yang bisa saya bagikan untuk anda tentang Cara mendaftarkan blog ke Bing dan Google webmaster tool terbaru, semoga bermanfaat.



114 komentar:

  1. makasih kang buat panduanya... di tunggu kunjunganya

    ReplyDelete
  2. artikelnya menarik dan patut untuk di praktekan
    umpan balik ya gan
    http://sharingknowledge48.blogspot.sg/

    http://bebagiilmuu.blogspot.sg/

    ReplyDelete
  3. kalau pasang sitemap gimna ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih menu crawl > sitemaps kemudian klik tombol Add/Test Sitemap, kemudian masukan saja sitemap.xml gan

      Delete
  4. mantah p tutorialnya, sangat bermanfaat, mampir juga ya ke blog saya sob http://giribig.com/

    ReplyDelete
  5. thank you untuk postingannya gan....bermanfaat banget..oh ya , adsense ssaya gak di approve apakah karena saya tidak daftar ke webmaster?
    harapannya sih setelah daftar , bisa di approve..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak faktor yang tidak google sebutkan secara terperinci, bisa jadi salah satu syaratnya adalah itu, silahkan daftarkan dulu blog agan, dengan demikian setidaknya google tau bahwa blog agan mendapatkan pemeliharan yang baik dari pemiliknya.

      Delete
  6. Add a sitemap di isi apamas???
    kalo do save kok selalu "This may be a momentary issue; try again, or check back later.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masukan saja sitemap.xml, jika tidak berhasil kemungkinan ada gangguan, tunggu dan coba lagi nanti

      Delete
  7. makasih sob udah dicoba masih pending :)

    ReplyDelete
  8. Kog di bing belom muncul"ya mohon bantuannya makasihh

    ReplyDelete
  9. makasih mas atas saranya, tapi yang bing kok masih pending ya,
    oh iya gan di tunggu kunjungan baliknya : http://bacainfomu.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya memerlukan waktu gan, ditunggu aja gan nanti juga dengan sendirinya akan diproses

      Delete
  10. maaf boleh minta template yang anda pakai ini, score di pagespeed 89 (hijau)
    lagi baru bikin blog ini, trmkasih sbelumnya..

    ReplyDelete
  11. maaf mas gan , apakah index pada google itu bisa naik turun?

    www.karyawanitaindonesia.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, kalo yang ane rasakan sendiri, semakin jarang menerbitkan artikel, semakin berkurang index google

      Delete
  12. Makasih Mas didin,
    sangat membantu,

    Salam kenal.
    peace

    ReplyDelete
  13. maksih maz,,tapi saya blum bisa buat peta situsnya karna udh saya coba dengan code yang maz kasih,tp dia eror maz,saya bingun cara mendapat kan peta situs..mohon saran nya ya maz.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih gan, atas ilmu yang di share sangat sangat membantu. web blog saya www.alatposkasir.com

    ReplyDelete
  15. Terima kasih mas tipsnya, Salam sukses.

    ReplyDelete
  16. untuk di google nya mudah ya, tapi ke bing sedikit ribet daftarnya

    ReplyDelete
  17. sangat membantu infonya, Terima kasih

    ReplyDelete
  18. maaf mas admin mau nnya, kalo di kolomnya di isi apa aja ya?
    dan klo mau liat sitemap kita dmn?
    Download Mp3 Terbaru

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara melihat sitemap untuk blogspot: nama_blog.blogspot.com/sitemap.xml

      Delete
  19. informasinya sangat bermanfaat, semoga tambah berkah. yang baru belajar bisa langsung paham

    ReplyDelete
  20. terima kasih informasinya, setelah ikuti langkah3nya status di sitemaps masih pending. biasanya berapa lama mulai aktif sitemaps nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada akhirnya nanti akan diindex gan, tunggu saja sampai 1 bulan, tergantung aktivitas blogging kita, jika sering menerbitkan artikel kemudian banyak yang mengunjungi blog index biasanya semakin cepat

      Delete
  21. mas, saya baru daftar google webmaster tool. di situ dijelaskn kalo verifikasi blog saya itu "otomatis dilakukan oleh blogger". apa itu sudah cukup mas? atau hsrus verifikasi dg cara lain? makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar lebih meyakinkan saya sendiri melakukannya secara manual

      Delete
  22. barusan sudah saya lakukan semua (saya baru belajar blogging), terima kasih tutorialnya, salam

    ReplyDelete
  23. Pembelajaran yang sangat bagus mas...
    Terima kasih, cara ini sudah pernah saya coba tapi saya lupa lagi...hehehh jadi kembali cari tutorial

    ReplyDelete
  24. Makasih info'nya gan. (Y)
    udah ane terapin di blog ane.

    Mampir ya gan, liat-liat mungkin ada yang kurang di blog ane. :D
    http://mr-gintings.blogspot.com/

    ReplyDelete
  25. Penjelasanya lengkap. makasih.
    o iya setelah submit link : http://sugeng.my.id/sitemap.xml . perlu ditaruh di blog tidak ?.. kalo iya ditaruh mana gan ?..
    please confirm-newbie gan.

    ReplyDelete
  26. Terimakasih informasinya, sangat berguna buat blogger yang baru belajar seperti saya
    Sudah saya terapkan juga ilmunya, semoga blog saya semakin hari semakin bertambah baik
    Mohon jika berkenan bisa mampir di blog saya http://www.ponselgraphy.blogspot.com yang membahas dan mengulas tentang photografi ponsel

    ReplyDelete
  27. Udah saya ngikutin cara diatas, tpi saya tidak menemukan perintah untuk mem-verifikasi. Tolong bantuin dong??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di google webmaster tool (GWT) pilih blog yang sudah anda daftarkan yang ingin di verifikasi,

      -kemudian pilih menu seting gambar roda gigi yang terletak di sudut kanan atas, klik kemudian pilih Menu "Verification details / Detail verifikasi"

      -cara dan klik link "verifiy using a diferent method"

      - Pilih HML Tag, jangan dulu menekan tombl verifikasi di GWT

      - Kopikan kode meta yang diberikan di template blog agan di bagian header

      -simpan template

      -kembali ke GWT, kemudian tekan tombol "Verify" selesai

      Delete
  28. mas mau tanya, rencana kan saya mau gnti domain dari blogspot ke .com
    nah, apakah entar saya harus ulangi untuk mendaftar lagi ??
    terima kasih

    http://shella10.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, yang lama dibiarkan saja jangan dihapus, yang baru ditambahkan saja buat dari awal dengan nama domain blog mbak yang baru.

      Delete
  29. Terima kasih mas, runtun dan sangat detail sekali penjabarannya. Oh ya mas selain ganti domain. Apa kita juga harus memasang krmbali meta yang sudah terverifikasi saat kita mengaanti template dengan yang baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu apakah ketika mengganti template meta ikut terpasang secara otomatis, jika tidak maka pasang meta yang sama, samakan saja dengan meta sebelumnya.

      Delete
  30. min terimakasih atas informasinya, semoga anda mendapat balasan dari tuhan. aamiin, oiya min saya minta tolong dong, menurut anda blog saya ini sudah layak terbit atau belum http://bisnisblogtop.blogspot.com mohon bantuannya

    ReplyDelete
  31. Terima kasih untuk infor yang lengkap. Tapi kenapa sitemap saya masih pending? Apakah ada tempoh statusnya di approve? Mahu pertolongan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu normal gan, memang seperti itu, seiring waktu semakin sering agan menerbitkan artikel maka akan semakin cepat untuk di index

      Delete
  32. maaf saya mau tanya mas.
    saya mau tanya masalah cara mendaftarkan blog ke bing mas.
    saya bingung mengkopi kode meta tag nya mas.
    kalao saya mau mengkopi kode meta tag nya itu, kode meta tag nya itu di copi ke template html ya mas?
    maaf mas, cara meletakan kode meta tag nya di template itu di taruh di atas tulisan kode head atau di bawah tulisan kode head?
    tulisan head nya itu lebih dari satu mas.
    saya harus milih yang mana mas.
    trimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan bisa letakan di antara kode <head> .....</head>

      jadi bisa setelah kode <head>
      atau
      sebelum kode
      </head>
      yang penting diantara kode diatas.

      Delete
  33. kemarin saya salah mengkopi kode meta tag nya mas,
    kalau ingin memperbaikinya bagaimana caranya mas?
    cara mendaftar ulang ke bing nya bagaimana mas?
    trimakasih mas

    ReplyDelete
  34. terimakasih gan, o iya sekalian tutorialnya submit ke yandex.ru dan baidu gimana..?? biar lebih joss

    ReplyDelete
  35. Mas, saya kesulitan menemukan kode template blog (wordperss) saya, sehingga ga bisa letakkan kode baru dan ga bisa verify. Terimakasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan menggunakan top level domain (template wordpress.org) atau hanya subdomain di blog wordpress.com.
      jika blog wordpress.com, agan tidak bisa melakukan apapun karena wordpress.com sudah di optimasi oleh team wordpress itu sendiri, tidak bisa edit, tidak bisa modifikasi

      kecuali agan top level domain (template wordpress.org), agan bisa cari file header.php, tambahkan tag meta setelah diatanra kode HEAD

      Delete
  36. Lapor gan, tutorialnya sukses. matur thank you :D

    ReplyDelete
  37. Maaf gan kok akun saya gk bisa di verifikasi ya?? katanya ami tidak bisa memverivikasi properti anda: http://rikican.blogspot.co.id/
    Mohon bantuannya
    terimakasih..

    ReplyDelete
  38. As'salam
    Selamat siang!
    Moga bahagia..terimakasih atas perkonsiang ilmu..banyak manfaatnya untuk saya!

    ReplyDelete
  39. mas kalo sitemap.xml nya ada pemberitahuan kesalahan gmn??

    ReplyDelete
  40. Josss, jaya terus buat mas Didin (y)

    jangan lupa mas mampir juga ke website ane walau bentar juga gapapa heheh
    www.gadgetpronew.com

    ReplyDelete
  41. mohon bantuan penyelesaiannya,blog saya ditolak karena alasan ini
    Konten tidak memadai: Guna mendapatkan persetujuan untuk AdSense dan menampilkan iklan yang relevan di situs Anda, laman Anda harus berisi teks yang memadai agar pakar kami dapat melakukan peninjauan dan perayap kami dapat menentukan tema laman Anda.

    Untuk menyelesaikan masalah ini, harap pelajari saran berikut:

    Pastikan laman Anda berisi teks yang memadai - situs web yang kontennya sebagian besar adalah gambar, video, atau animasi Flash tidak akan disetujui.
    Konten Anda harus berisi kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekadar judul.
    Pastikan situs web Anda telah sepenuhnya rampung dan diluncurkan sebelum Anda mengajukan permohonan untuk AdSense - jangan ajukan permohonan ketika situs Anda masih dalam versi beta atau tahap "sedang dibuat" atau hanya terdiri dari kerangka situs web.
    Tempatkan kode iklan di laman aktif situs web Anda. Tidak harus berupa laman utama, namun laman percobaan yang kosong kecuali untuk kode iklan AdSense tidak akan disetujui.
    Sediakan sistem navigasi yang jelas untuk para pengunjung agar mudah menemukan semua bagian dan laman dalam situs web Anda.
    Jika Anda ingin memonetisasi video YouTube, ajukan permohonan untuk program monetisasi YouTube. Perhatikan bahwa blog dan situs web yang hanya berisi video tidak akan disetujui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebab konten kurang memadai pada blog bisa karena blog masih baru, konten artkel banyak tapi setiap isinya rata-rata sedikit, konten artikel masih sedikit.

      ada yang menyarankan perbanyaklah jumlah kata setiap artikel jangan didominasi gambar atau video tapi jumlah katanya sedikit

      Delete
    2. salam, mau tanya om didin...artikel saya rata-rata 300/400 kata ke atas, apakah segitu cukup atau kurang, soalnya judul yang saya bahas uraiannya gk bgtu banyak, bisa saja diperbanyak kata cuman kesannya gmn gt...oiya satu lgi om...saya sering menautkan url Csahre)artikel saya di fb apakah itu jd masalah besar atau tdk (smlm saya smpat baca postingan om didin yang membahas jangan trlalu sering share artikel ke fb demi menaikan traffic kalau tujuannya dftar adsense, usahakan organik dri search engine, mhn pencerahannya om...trmksh,,

      Delete
    3. menurut saya minimal 700 kata akan lebih baik gan, memang tidak ada ketentuan yang pasti namun lebih panjang akan lebih baik.

      Share ke FB tidak masalah gan jika orang lainyang share dan bukan agan sendiri yang share secara manual, benar saya banyak mendapatkan kasus bann gogle adsense setelah share ke fb, bisa jadi karena di jailin oleh member fb karena mungkin dianggap sering melakukan spam, atau malah mungkin dianggap kita menyebarkan link untuk mengklik iklan.

      akan lebih baik visitor dari orgnaik untuk blog yang hendak didaftarkan agar punya potensi diterima lebih besar.

      Delete
  42. Terima kasih untuk tutorialnya bos
    sangat berguna buat blogger yang baru belajar serius seperti saya
    semoga saya bisa mendapat banyak pencerahan dari blog ini

    ReplyDelete
  43. Gan, Mau tanya terkait topik di atas. beberapa waktu lalu blog saya juga termasuk blog agan dipindahkan dari blogspot . com menjadi blogspot . co . id

    dengan adanya perpindahan tersebut apakah saya perlu menambahkan lg alamat blog saya di GWM?
    Jika iya, lalu apakah alamat blog lama yg "blogspot . com " harus di hapus di GWM (gogle web master)?

    Makasih banget untuk jawabannya gan... Ditunggu secepatnya jawaban agan. Lg Galau soalnya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh tidak mas, biarkan saja yang sebelumnya. karena baik blogspot.com, blogxpot.co.id, dll masih satu kesatuan. cukup yang .com saja yang lama, kecuali mas custom domain (diubah menjadi domain pribadi menjadi .org, .net dll) maka perlu didaftarkan lagi alamat domain barunya.


      kita lihat lagi dan tunggu saja informasi terbaru dari google

      Delete
    2. Terimakasih gan untuk jawabnnya...

      Delete
  44. Aku sudah lakukan 2 cara di atas, lalu aku refresh blog ku. tak ada yang berubah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu waktu mas, memang tidak akan langsung tersa dampaknya, cara diatas hanya untuk membantu mempercepat blog dikenali oleh mesin pencari, dan juga bisa dimanfaatkan untuk evalusi interaksi robot mesin pencari dengan bblog dari informasi yang disediakan tool tersebut

      Delete
  45. kalau statusnya pending apakh kemungkinan suatu saat bisa terindex? trimksh atas panduannya,sangat jelas n komplit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal, Perlu waktu mbak evi, seiring waktu jika dilakukan dengan benar maka akhirnya akan terindex.

      Delete
  46. saya baru transit ke domain TLD gan, saya sudah verifikasi sesuai petunjuk agan,, saya harus nunggu berapa lama sampai domain saya bisa kebuka lagi di mesin pencari? karena semenjak transit ke domain TLD, web saya gak bisa diakses...apa ada penyakit yang lain ya gan...mohon petuahnya ... :D

    ReplyDelete
  47. Mas, saya bingungnya sewaktu submit di Google Webmaster Tools, yang di submit harusnya yang .co.id atau .com? Saya bingung. Atau submit kedua-duanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua-duanya sama saja mas karena masih merujuk ke halaman dan blog yang sama, yang saya ini juga saya tetap biarkan yang .com, meskipun domain sekarang .co.id.

      Delete
  48. mantap mas, terimakasih tips dan trik nya ^^

    oya saya ada pertanyaan... seberapa sering kita harus melakukan sitemap submit? apakah setiap membuat posting baru kita harus mensubmit lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya hanya satu kali saja sudah cukup, ketika awal mengintegrasikan blog ke webmasterp, web master secara otomatis akan menautkan sendiri.

      kecuali mas rajin resubmit. itu yang saya lakukan ketika memiliki blog yang masih baru...

      Delete
  49. mas apakah harus blog kita di daftarkan ke semuanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus gan, tergantung agan syaikul alim, saya sendiri hanya mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool
      bing milik microsoft dan juga acuan yahoo, sedangan webmaster milik google. secara 2 search enggine tersebut yang terpopuler saat ini

      Delete
  50. kalo kita mendaftrkan di dua webmaster di atas bisa kah? soalny naruh kode meta name, sedangkan saya sudah masukan meta name google, mau masukin meta name bing, apa harus dihapus yang google atau masukin aja dua-duanya?
    http://ptbanyakcerita.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa berapapun juga, jangan dihapus, agan bisa tambahkan meta tag - meta tag lainnya yang digunakan

      Delete
  51. Gan ane munanya kalo misal kita udah verifikasi, kan verifikasinya pake tag html tuh, nah kalo misal kita ganti tema template, tag html nya itu bakalan ilang ga? hehe masih newbie saya :D

    ReplyDelete
  52. Mas Kalo Sitemapnya Tertulis Tertunda Itu Error kga?
    (Newbie)
    Terima Kasih Gan Informasinya
    Ini Blog Saya Baru Dibuat
    https://nimavein.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu artinya sedang menunggu untuk diindek, normal untuk yang baru, dalam beberapa hari biasanya akan diindex dan grafik laporan sudah bisa dilihat.

      Delete
  53. maaf agan knp blogku gk muncul di google ya postnya ,walaupun udah ditulis url blog saya......? positifeducattion*blogspot*id

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum keindex mungkin mas, coba lakukan pencarian dengan format site: nama_blog.blogspot.com

      referensi tambahan:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/12/cara-agar-judul-postingan-muncul-di-pencarian-google.html

      Delete
  54. Makasih infonya gan, tapi kenapa jumlah yang diterima nggak sama dengan jumlah halaman artikel. Sedangkan kalau pakai sitemap.xml jumlahnya bisa sama dan langsung ke indek
    htt://www.indoamaterasu.com

    ReplyDelete
  55. Jadi sitempa itu harus di update setiap kali kita membuat artikel baru, saya kira cukup sekali submit sangat bermanfaat sekali mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali saja sebenarnya submit sudah cukup mas, ini untuk blog baru cara yang saya tempuh.

      Delete
  56. Mas di Blog ini kok ada 4 empat ya iklannya? Apakah di perbolehkan oleh adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ap2 karena saya menggunakan 3 iklan jenis konten, 1 tautan

      Delete
  57. gan bisa bantu saya kenapa yah setelah artikel saya banyak, yang terindex di webmaster semakin berkurang!! setiap saya kirim ulang sitemap saya hanya submited yang bertambah yang terindex berkurang normalkah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu normal mas, saya juga seperti itu, turun naik.

      Delete
  58. gan kenapa ya ko waktu aku masuk ke google webmaster tool dan saya ikuti semua petunjuk yang agan berikan pas saya masuk ke bagian CRAWL tulisannya crawell errors dan ada tulisan No errors detected in the last 90 days. Nice!mohon jawabannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus itu gan, itu artinya blog agan tidak ada yang terdeteksi error

      Delete

  59. Kami mengalami kesalahan saat mencoba mengakses Peta Situs Anda. Pastikan Peta Situs Anda mengikuti pedoman kami dan dapat diakses pada lokasi yang Anda berikan, lalu kirimkan kembali.

    Kesalahan HTTP umum: 404 tak ditemukan
    Kesalahan HTTP: 404

    gan klo itu kenapa ya saya mau pasang sitemap gitu terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan bahwa url yang diberikan benar, masukan saja sitemap.xml kemudian submit

      Delete
    2. masih sama aja gan gak bisa udah saya masukin sitemap.xml juga gitu terus

      Delete
  60. perbedaaan blog yang udah disitemap sama yang belum disitemap apa sih gan ? mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  61. sudah bisa mas, sekali langsung jadi, oya nambah pengetahuan.Saya jadi mengurangi share artikel lewat FB, padahal tiap buat artikel di blog saya redaksianer dot com langsung saya sharekan. harapannya bisa menaikkan visitor agar diterima adsense

    ReplyDelete
  62. terima kasih mas udah berhasil
    sukses selalu dan hasilkan karya menarik lainnya....

    ReplyDelete
  63. Terima kasih untuk tutorialnya
    sangat berguna buat blogger yang baru belajar serius seperti saya
    semoga saya bisa mendapat banyak pencerahan dari blog ini
    silakan berkunjung juga ke blog saya http://agentpelancong.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  64. udah saya coba mas, tapi kok masih pending? itu gimana biar ter verifikasi? artikelnya membantu, terimakasih mas ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu waktu gan, ditunggu saja 1 minggu hingga 2 minggu, nanti juga terindex sendiri dan laporannya akan muncul.

      Delete
  65. Saya bertahun-tahun nge-blog jarang sekali membuka akun di Google Webmaster. Dan saya lupa apakah dulu pernah mengkopi kode verifikasi di template saya. Baru hari ini saya membuka Google Webmaster dan mencoba melihat template di blog saya apa ada kode verifikasi tersebut.
    Dan ternyata tidak ada kode seperti yang tertera di Google Webmaster.
    Hanya tertera :
    meta content='xxxxx' name='google-site-verification'
    Pertanyaan :
    - apa harus saya kopikan lagi kode dari Google Webmaster tersebut itu ?
    - saya harus copy kode nya tepat di bawah 'head' pertama atau di atas 'head' yang kedua ? Ini saya memakai template yang gratis, yang saya unduh dan pasang sendiri.
    Terima kasih banyak bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. meta content='xxxxx' name='google-site-verification'

      itu kode webmastertool mas, berarti sudah ada, tapi pastikan itu dari webmster yang mas punya, jika bukan, buang dan ganti dengan kode verfikasi dari webmaster tool yang mas gunakan

      Delete
    2. Oke, sudah saya kopi ulang. Sekarang huruf xxxxxx itu sudah berganti menjadi kode dari webmaster tool.

      Delete
  66. Mas, di dashbroad WBM punyaku ada tulisan : Crawls Erorr itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu error atau kesalahan yang terdapat di blog mas yang terdeteksi robot mesin pencari yang harus diperbaiki, seperti halaman tidak ditemukan, server error atau alamat terblokir. dll

      Delete
  67. mas minta pencerahannya, saya udah isi kolom di bing kemudian klik save,tpi ditungu ko ga muncul muncul halaman kode verifikasinya.. kenapa ya mas?

    ReplyDelete
  68. maaf mas saya mau bertanya.
    Kita mendaftarkan blog kita ke bing webmaster dan google webmaster tool itu satu kali saja atau berkali-kali mas?

    ReplyDelete
  69. saya nyoba daftar google webmaster, blog saya bkn blogger,tp platform wp, sayangnya ga berhasil mas muncul sprt ini: Verifikasi dilakukan menggunakan metode DNS TXT untuk http://keluargapanda.com/ gagal (kurang dari satu menit yang lalu). Kami tidak dapat menemukan token verifikasi dalam rekaman TXT domain Anda. Anda mungkin perlu menunggu beberapa menit agar Google dapat melihat perubahan pada catatan TXT Anda. saya baru pakai selfhosted blog akhir bulan lalu, apa ini berpengaruh krn msh baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan metode verifikasi benar dan sudah dipasang blog kita tergantung dari metode yang dipilih. simpan kemudian baru tekan tombol verifikasi di webmaster tool

      Delete
  70. akhirnya nemu ... abis keliling google nyari cara ini baru ngeh nya disini....
    terimakasih... informasinya sangat bermanfaat dan mudah dimengerti..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!