Penyebab yang memicu blog anda dibanned dan dihapus google? - Sakitnya tuh disini-ni...., ketika blog yang berflatform blogspot kesayangan kita harus kita relakan dengan terpaksa karena hilang begitu saja dari peredaran, blog yang dari awal kita pelihara kemudian kita besarkan, dan setelah blog tersebut tumbuh menjadi sebuah blog yang memiliki visitor berlimpah, tiba-tiba hilang dan tidak bisa diakses, baik itu oleh para pengunjung maupun kita sebagai sipemilik blog, sepertinya itu buka hal yang tidak mungkin, jika anda mengalami hal semacam itu berarti blog anda sudah terkena banned google dan blog anda tanpa syarat dihapus secara langsung dari internet, hal semacam ini banyak dialami oleh para blogger senior, dan mungkin saja kita juga bisa mengalami hal serupa jika kita mengabaikan penyebabnya. oleh karena itu untuk menghindari banned dan delete pada blog, setidaknya kita harus dapat mengetahui dan dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan sebuah blog dibanned.

Faktor yang menyebabkan blog dibanned dan dehapus google

Pada artikel kali ini saya akan coba share mengenai faktor-faktor penyebab banned, sehingga kita sebagai pemilik blog sekaligus blogger bisa mengantisifasi setiap hal yang menyebabkan banned, sehingga blog yang kita miliki bisa berumur panjang, tumbuh dan berkembang menjadi sebuah blog yang berkualitas dimata mesin pencari juga para pengunjung setia blog.

Faktor-Faktor penyebab Banned pada Blog

Untuk menghindari blog menjadi target banned dan delete oleh google, langkah terbaik adalah mengetahui faktor penyebab banned, sehingga kita bisa mengantisifasi dan terhindar dari segala kemungkinan buruk untuk blog kita, adapun faktor-faktor penyebab banned dan delete pada blog adalah sebagai berikut:

1. Blog Berisi artikel copy Paste

Copy paste adalah salah satu tindakan yang sangat dibenci oleh google, google sangat menghargai kebijakan atas hak kekayaan intelektual (HAKI), jika blog anda disinyalir sebagai blog dengan artikel-artikel kopi paste, sebaiknya anda berhati-hati, dan kemungkinan besar anda tinggal menunggu waktu saja blog anda dibanned dan didelete dari peredaran dunia maya. Perlu diketahu kopi paste sebenarnya sangat merugikan bukan hanya untuk si tukang kopas namun untuk sipemilik blog juga, blog yang kita miliki akan rentan terhadap duplikat konten sedangkan duplikat konten sangat dibenci oleh google, dan lambat laun jika terdeteksi google, popularitas blog kita di mata mesin pencari akan semakin menurun.

Baca juga :Agar artikel postingan tidak dapat dicopy paste

Sebaiknya ketika anda memang senang kopi paste, silahkan kopi paste asalkan anda mencantumkan link aktif ke sumbernya dengan begitu akan menjadi pertimbangan si pemilik blog untuk tidak melaporkan blog anda, kemudian dilanjutkan dengan  merubah judul dan isinya sehingga tidak terlalu sama, sama 10% sampai dengan 30% bisa dibilang masih normal, namun jika 100% sama, baik itu judul maupun isinya itu sudah tidak bisa ditolelir, jika kita menemukan kasus seperti itu, benar-benar harus kita sikapi dengan serius.

Tukang kopas sebaiknya jangan merasa pandai mengelabui google, untuk beberapa kasus saya sendiri sempat menemukan sebuah blog yang benar-benar menjiplak seluruh artikel pada blog saya ini, dari mulai judul dan isi artikel sama semuanya, namun tidak ada satupun yang mencantumkan link ke sumbernya, mereka sepertinya merasa pandai, apa yang mereka lakukan adalah mengatur tanggal penerbitan artikel sehingga terkesan bahwa artikel hasil kopi paste yang mereka terbitkan lebih dulu diterbitkan dari aslinya,
apa yang saya lakukan untuk pertama kali adalah memperingatinya agar jangan suka kopi paste sembarangan tanpa izin, dan sebaiknya artikel tersebut dilengakapi link aktif ke sumbernya, 1 hari, 2 hari sampai 1 minggu kelihatannya tidak ada respon, langsung saja saya laporkan ke google, dan akhirnya blog tersebut saya cek ternyata sudah di hapus dari peredaran.
Ada beberapa blog yang memang menjiplak artikel-artikel pada blog ini tidak saya laporkan salah satunya dikarenakan mereka mencantumkan link balik pada blog ini.

Jangan pernah merasa pandai mengelabui google, meskipun anda merubah penerbitan artikel sehingga terkesan artikel kopi paste anda lebih dulu terbit dari artikel aslinya, tetap saja yang dijadikan acuan google ketika membandingkan antara artikel hasil kopi paste dengan artikel aslinya adalah waktu yang terdapat pada bihind the sceene. jadi google akan mudah menemukan mana artikel aslinya dan mana artikel kopi paste.

2. Prilaku SPAM sipemilik blog.

Prilaku Spam bisa terjadi ketika kita membangun backlink. baik itu backlink dofollow maupun backlink nofollow, untuk kebanyakan blogger indonesia backlink yang mereka peroleh termasuk saya sebagian besar diperoleh dengan cara meletakan komentar pada blog atau situs baik itu situs atau blog luar negeri maupun dalam negeri. sebaiknya ketika memburu backlink kita harus senantiasa hati-hati, jangan sampai apa yang kita lakukan dianggaps sebagai tindakan NYEPAM, sebuah komentar bisa dikategorikan sebagai sebuah tindakan spam jika:

a. Komentar tidak relevan dengan isi artikel
Kadang kita menemukan beberapa pesan isi komentar yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan isi artikel dan sama sekali tidak ada relevansi sedikitpun, komentar seperti itu banyak berkeliaran biasanya diletakan hanya untuk mempromosikan sesuatu.
Tips: sebaiknya berkomentar lebih dari satu baris dan terlebih dahulu baca isi artikelnya kemudian dilanjutkan dengan berkomentar yang relevan.

b. Bulk
Bulk adalah tindakan berkomentar pada blog atau situs dimana isi komentar yang kita letakan untuk setiap blog memiliki isi yang sama. ketika kita melakukan aktivitas blog walking jangan sekali-kali karena dengan alasan ingin cepat berkomentar atau, malas harus mengetikan ulang komentar, tidak sedikit komentar yang kita letakan hasil kopi paste dan sama seluruhnya untuk setiap blog yang kita kunjungi. tindakan tersebut bisa  terindikasi sebagai tindakan spam yang pada akhirnya akan merugikan si komentator.

c. Menggunakan name/ url yang sama setiap kali berkomentar
 Salah satu aktivitas yang dianggap dapat meningkatkan visitor dan dapat mempercepat clain backlink oleh google adalah aktivitas blogwalking yitu mengunjungi blog orang lain dan meletakan komentar didalamnya, ada beberapa alasan kenapa harus meletekan komentar, yaitu untuk meningkatkan eksistensi kita di dunia blogsphere dan untuk mendapatkan backlink dari blog yang kita kunjungi tersebut baik itu backlink dofollow maupun nofollow.

Ada beberapa pilihan, yang bisa kita gunakan ketika berkomentar, salah satunya adalah name/URL kita bisa memasukan name dan url, name adalah untuk nama kita, url adalah untuk url situs kita, ini adalah salah satu layanan yang cukup efektif untuk mendapatkan backlink, namun kita harus hati-hati ketika meletakan komentar dengan mode ini, yang pertama adalah jangan terlalu sering menggunakan name dan url yang sama, dan jangan terlalu membabibuta melakukan blog walking dengan mode ini sementara anda mencantumkan name dan url yang sama setiap kali berkomentar.
Tips: Jika yang anda sukai adalah berkomentar dengan name /url sebaiknya gunakan sekali-kali saja dan jangan terlalu sering (hindari: dalam waktu yang singkat anda membuat komentar dengan jumlah yang sangat banyak menggunakan name dan url yang sama, jika tidak anda bisa terindikasi sebagai seorang spammer).

d. Sering Menggunakan Open ID dalam berkomentar.
Open ID didesain untuk memudahkan ketika kita berkomentar, dengan menggunakan open id kita bisa langsung mendapatkan backlink hanya dengan memasukan url yang teregistrasi untuk openID tersebut, agar kita bisa menggunakan komentar dengan openID, terlebih dahulu kita harus melalukan registrasi OpenID untuk blog atau situs kita melalui pihak ke3, jika tidak maka akan ada peringatan Kredensial openID anda tidak dapat diverifikasi, dan anda tidak akan bisa berkomentar, untuk solusinya silahkan anda baca : Solusi kredensial openID tidak dapat diverifikasi.

Kita bisa dan sah-sah saja menggunakan open ID dalam setiap kali berkomentar, namun yang harus diwaspadai adalah, penggunakan openID setiap kali berkomentar untuk jumlah komentar yang banyak yang kita sebar di beberapa blog dalam waktu yang singkat, karena alasan ingin cepat mendapatkan backlink dan ingin cepat mendapatkan banyak visitor ke blog yang kita miliki, jika memang apa yang anda lakukan seperti itu  sebaiknya segera dihentikan karena bukan keuntungan yang akan kita raih namun tindakan tersebut malah bisa memberi signal kepada robot webspam sebagai salah satu tindakan NYEPAM.
 "Tips: batasilah penggunaan openID dalam berkomentar, jika memang anda lebih menyukai komentar dengan openID sebaiknya jangan terlalu membabibuta memburu komentar dengan cara ini".

3. Konten Dew*s@

Menyebarkan konten dew*s@ adalah salah satu tindakan yang dilarang oleh google, namun bagaimanapun juga google masih tetap memeri toleransi sebuah blog untuk berisi konten-konten seperti itu dengan syarat mencantumkan tanda bahwa konten tersebut khusus untuk dew*s@, cara tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan faslitas yang tersedia dalam setingan blog.

4. Cloacking /Redirect

Teknik ini adalah mengalihkan sebuah halaman postingan dengan judul tertentu yang meredirect ke halaman lain atau situs tertentu, padahal jelas post  yang kita klik adalah yang ada saat itu, namun di halaman tersebut justru kita diarahkan untuk membuka halaman lain atau  blog lain, dengan kata lain, artikel yang kita cari tidak ada di postingan tersebut. Masih banyak situs-situs semacam ini di google search. (mungkin belum terdeteksi google penguin).

"Tips: Jika artikel kita tentang suatu topik memang tidak ada pada halaman yang dimaksud sebaiknya jangan menggunakan teknik ini, gunakan saja beberapa kalimat yang menyarankan agar mengunjungi post atau blog yang dimaksud dengan bantuan sebuah link aktif.

 5. Hidden Tekt atau link tersembunyi

Hidden text atau link tersembunyi yang kita letakan dalam blog kita sebaiknya kita hindari, link atau text tersembunyi tidak akan memberikan pengaruh apa-apa pada pengunjung, namun link atau text tersembunyi masih tetap bisa dibaca dan dideteksi oleh mesin pencari, dan hal seperti itu dapat menyebabkan situs Anda dianggap sebagai sebuah situs yang tidak dapat dipercaya karena menyajikan informasi ke mesin pencari berbeda dengan pengunjung, cara ini bisa dilakukan dengan cara  memberikan warna tulisan text/link yang sama dengan warna background sehingga tidak terbaca oleh pengunjung.

Teknik ini sering digunakan untuk meletakan kata kunci berlebihan, dengan tujuan agar lebih mudah di cari oleh mesin pencari dan tidak mengganggu kenyamanan pengunjung, manun hal semacan itu justru dibenci oleh mesin pencari dan bisa menyebabkan tindakan lebih serius dari google.

6. Dorway Page

Yaitu sebuah teknik mengelabui mesin pencari dengan cara mencantumkan kata kunci-kata kuci dalam jumlah yang sangat banyak yang kmungkinan dicari orang namun konten sama sekali tidak dimengerti, konten seperti ini bisa dibuat dengan perantara kode javascript tertentu atau dengan cara manual. Biasanya blog semacam ini kurang berbobot dan isi artikel yang sedikit.


Banned adalah hukuman terakhir yang dilakukan google terhadap blog berflatform blogspot, penyebab blog dibanned karena terdeteksi sudah banyak melakukan pelangaran  yang dianggap  sudah sangat keterlalauan, pelangaran yang dilakukan bisa dikarenakan dari sipemilik blog yang ingin serba instan sehingga cara cur*ngpun dilakukan, dengan tujuan karena ingin memiliki blog tapi malas membuat artikel akhirnya kopi paste, atau karena ingin mendapatkan banyak visitor akhirnya memburu backlink dengan memababibuta dengan cara yang tidak benar, sebaiknya hal semacam itu bisa kita hindari, karena sekali lagi bukan kentungan yang akan kita dapatkan, namun malah merugikan, yang harus selalu diingat adalah, "untuk menuju sebuah kesuksesan itu perlu kerja keras dan waktu, dan kesuksesan tidak bisa kita peroleh dalam waktu yang sangat singkat dan instan kecuali anda memang beruntung atau anda pandai bermain cur*ng.

Demikian artikel sederhana yang bisa saya bagikan untuk anda mengenai "Ini dia penyebab blog anda dibanned dan dihapus google?", semoga bermanfaat.


50 komentar:

  1. Dulu saya juga pernah copas artikel, tapi sekarang udah saya hapus...
    Takut di banned dan lagi pun bikin kreatifitas berkurang...

    Btw saya baru beli domain mampir ya www.gunawanefendi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali itu gan, lebih baik cari referensi yang banyak pahami sumbernya dan tulis ulang sesuai bahasa kita, itu lebih menyenangkan dan mengasah kreativitas kita dalam membuat artikel, juga pembendaharaan kata semakin bertambah. diawal merangkai kata memang sulit namun lama-kelamaan mengalir seperti air

      Delete
    2. intinya sebenarnya SEO itu aman asalkan white
      dan berkomentarlah sewajarnya, saya pengguna blogcpot TLD, wordpress, dan blogcepot sampai sekarang aman - aman saja

      tipsnya :
      Backlink dari Profile PR Tinggi -- Jelas 100% aman
      Backlink blogwalking yang saya pakek biasanya hanya 1 -3 minggu sekali bahkan jarang
      Backlink yang aman dan mantap 100% buat sendiri alias pakek dummy 2.0

      Delete
    3. Bang tau gak cara buat domain sendiri, truss abang gimana cara buatnya ?

      Delete
  2. Ngeeri juga ea blog di apus dari si om google

    ReplyDelete
  3. iyy ngeri bgt :) banyak juga ternyata ketentuannya,,, smoga selamat ni blog smp tujuan,,, no banned,,,

    ReplyDelete
  4. Aduh ngeri ya ternyata...jadi emg copas serta backlink babi buat ternyata dilarang ya... hmm

    ReplyDelete
  5. Banyak blog yang sukses yang dihapus itu karena berlebihan dalam iklan. Dan berhati-hatilah mas kalau ada kandungan url pada kolom komentar itu juga tergolong spam.

    ReplyDelete
  6. mas ni blog isinya mntap mantap semoga lanjay terus

    ReplyDelete
  7. Saya satu akun gmail berisi 6 blog,,, rata2 pengunjung dari seo 500++ per harinya ludes hanya karena DMCA dari jepang.
    sekedar info, blog saya berisi anime dan manga. #$%$^%&^*^&*(.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti itulah gan, sepertinya blog akan banyak terkena complain dmca, jadi google mengambil tindakan serius

      Delete
  8. mending tinggalin blogcepot,, udah banyak profesional kabur dari blog cepot gara2 itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang benar gan kalo blog cepot harus hati-hati jika saja banyak menerima compliant dmca maka resikonya sangat merugikan

      Delete
    2. yg bkin w bingung,,baru buat blog,,abis itu ganti template,,postingan NOL..langsung dibanned..katanya SPAM,,gk masuk akal sama sekali,,saya ajukan banding, trus blogger minta maaf katanya ada kesalahan,,abis t sy posting artikel cuma tulisan "SELAMAT DATANG DI Blog ............ dst"..selang 1 jam,,dibanned lagi..

      dan sy malah punya blog umurnya 3 tahun yg isinya copas mentah udah 155 post,,tp smpe skrg masih idup...

      Delete
  9. kalau kita mengcopas dari isi artikel blog kita sendiri, cuma di ganti link download atau nama suatu produk. apakah kena banned juga gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banned atau tindakan serius dari google baru akan berlaku jika banyaknya laporan complain dari si pemilik artikel aslinya.

      untuk copy paste artikel sendiri sepertinya tidak masalah, cuma kemungkinan besar akan banyak terjadi duplikat konten.

      Delete
  10. Wah bagus artikelnya nambah pengetahuan saya sebagai pemula thank'z ya gan

    ReplyDelete
  11. saya termasuk orang yg paling gak suka copy paste, kalo pun saya merewite saya cuma ambil poin poinnya saja, kemudian saya tulis dengan gaya bahasa saya sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas akang lebih baik seperti itu dari pada harus copas, saya juga terkadang seperti itu. :)

      Delete
  12. memang susah melarang orang lain untuk tidak copas

    ReplyDelete
  13. saya seriing jengkel dengan orang yang suka nge copas .. saya juga sering diketik langsung.... uhhhgggggg - kunjungi juga website kami di http://solusisehatanda.com/

    ReplyDelete
  14. Seram Juga tuh kalau sudah di banned sama Si Om Google.
    Terimakasih atas sharenya Sob, Salam kenal

    ReplyDelete
  15. jadi sebaiknya berapa banyak komentar menggunakan openID yang bisa kita lakukan dlm sehari ? tolong kasih tau rinciannya ya gan biar ane gk kena spam sm si mbah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya Tidak ada yang tau berapa, untuk beberapa kasus banyaknya openId bisa menimbulkan banned, akumulasi komentar openID akan menghasilkan backlink dengan text jangkar yang sama yang tidak akan kelihatan natural, yang penting jangan terlalu membabibuta dalam sata waktu membangun backlink dengan openID dengan jumlah yang banyak,

      saya kadang seminggu 1 kali membangun backlink dengan teknik blogwalking open ID dan dan hanya 5 backlonk saja yang saya letakan di artikel blog yang relevan.

      Delete
  16. mau tanya pak didin, kalau 2 blog yang saya sebagai admin nya

    terus saya posting di satu blog

    kemudian copas postingan tersebut di blog saya yang satu lagi

    apakah itu menjadi masalah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar hanya akan mengakibatkan duplikat konten yang tidak baik di mata seo.

      Berbahaya untuk adsense jika ada laporan ke pihak google dari si pemilik konten asli, jika masih punya mas sendiri paling tidak akan berdampak buruk untuk seo. apalagi judul dan isi artikel sama semua.

      Delete
  17. Mas..bagaimana jika artikel yang saya copy ke blogspot saya itu juga merupakan artikel milik saya tapi diplatform blog yang berbeda..apakah boleh? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin hanya akan terjadi duplikat konten dan tidak baik daimata seo,

      berbahaya buat ads jika artikel tersebut dilaporkan oleh pemilik artikel aslinya, jika masih artikel sendiri, ya resikonya paling di seo.

      Delete
  18. kalo blog kita berisi lagu-lagu atau film yang bisa di download, apakah bisa di hapus juga oleh google?
    saya jadi khawatir, kmrn saya aktif komentar di blog orang (walaupun komentarnya beda) takut kena banned :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog lagu, film dan juga d0wnload sangat rentan sekali terhadap pelanggaran kebijakan adsense, jika blognya kebetuan dipasang iklan ads.

      kemungkinan akan dihapus jika banyaknya laporan dari pihak yang menganggap agan melakukan pelanggaran copyright.

      Delete
  19. Mengapa blog saya hilang sementara saya berbagi tautan di google+ masih ada,apabisa blog saya dikembalikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blognya dihapus ya mas, banding saja mas, silahkan akses akun blognya biasanya akan ada tombol banding, klik saja minimal semingu sekali.

      Delete
  20. kak saya mau nanya dong, saya udah punya blog, trus saya konfigurasi supaya bisa muncul di pencarian teratas google, tapi yang muncul malah google+ saya bukan blognya :(, kenapa ya kak? mohon bantuannya please kak..
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena agan sedang login di blognya, atau agan sedang login di email agan yang kebetulan email tersebut agan gunakan untuk login blognya.

      Untuk mengecek di hasil pencarian sebaiknya logout dulu, atau agan gunakan incognito window di browser yang agan gunakan (di mozila tekan tombol CTRL+SHIFT+P,kalau di google chrome tekan CTRL+SHIFT+N) gunakan window tersebut untuk mengecek artikel blog dihasil pencarian

      Delete
  21. ohh gtu, masa masih menjanggal di pikirans aya. karena saya ingin membuat blog yang bisa bertahan lama. apa bisa blogspot bertahan sampai 10 tahun dan bahkan selamannya ? saya dengar2 jika blogspot sudah berumur bertahun-tahun akan di hapus oleh google ? minta penjelasannya mas. saya menggunakan domain tld tanpa hosting, apakah bisa bertahan lama selamanya setelah mengikuti saran di atas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga mas selama cara blogging mas selalu mentaati kebijakan googlewebmasterguideline, blog akan bertahan selamanya.

      Delete
  22. 1 dari bbrapa blog saya isinya original. saya gak pernah nyepam. ga nipu nipu gugel juga. tapi tadi saya baru tau kalo blog itu dibanned. itu kirakira salahnya apa ya pak.. blognya memang belakangan udah jarang saya buka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan komentar dimoderasi dan tidak terbit otomatis.
      saya pernah hilang karena banyak komentar terbit otomatis

      Delete
  23. Pak, kalau saya publish artikel di forum yang isinya sama dengan yang ada di blog saya dan saya juga mencantumkan link yang mengarah ke blog saya dgn tujuan artikel itu berasal dari blog saya, apakah itu bahaya?
    Pertanyaan kedua, kalau membuat suatu blog kemudian isinya sama dengan blog saya yang lain, itu boleh gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dikenal dengan istilah dupkikat konten, akan menurunkan kualitas artikel asli dimata mesin pencari. tidak dilarang tapi dibenci mesin pencari dan artikel akan dianggap kuarang unik dan kurang berkualitas.

      Delete
  24. Itu nasib saya dulu gan 2 buah blog saya langsung dihapus dari internet karena copas artikel orang lain. sedih juga karena sudah mulai menghasilkan uang.dan juga visitor saya kelabui dengan jingling nyesel deh gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aktivitasnya sangat berbahaya mas.

      Delete
  25. halo masi didin, saya baru belajar ngeblog, blog saya tidak dibanned google tapi malah dibanned facebook, coba dong mas buat artikel tentang link yang tidak bisa di share di facebook. makasi mas...

    oh iya ini blog saya Kenapain.blogspot.com. mampir ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan agan banyak nyebar link di facebook

      Delete
  26. Terima kasih saya baru mengalamainya dan saya insyaf ( bukan artikel copy paste tapi membuat beberapa blog yang tujuannya hanya menyebar2 Link dari salah satu blog saya) akhirnya blog saya yang sudah bertraffic 8-12k/day hilang begitu saja dan saya hanya bisa menyesal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali gan, google sepertinya sudah semakin canggih bisa mengendus jaringan blogging yang agan lakukan.

      Delete
  27. mas, mau tanya, saya beberapa kali blognya di banned, tp kurang paham kenapa.
    setau saya blog saya isinya ttg sebuah bahasan dan memberikan link untuk referal gitu.
    bagaimana ya biar tetep bisa share ref link tanpa di banned

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebabnya bisa jadi link referal mas, karena ada kasus blogspot jika digunakan untuk affiliasi seperti amazon atau klikbank bisa menyebabkan blog di banned.

      Saran saya jika membuat link keluar untuk referal, sebaiknya link tersebut jadikan pendek menggunakan layanan situs shortened url.

      Delete
  28. Mau tanya kang sebagai tambahan ilmu , apa dengan menggabungkan blog ke fanspage facebook ( sosial media ) juga akan berdampak buruk pada blog kita? apakah akan dianggap spammer oleh google atau facebook ? sebab sebuah feed bekerja secara otomatis, saat mempublish sebuah artikel dari blog akan otomatis menujuu ke fanspage secara otomatis, nah.. apakah ini bukan tindakan menanam backlink atau justru dianggap spam ? mohon sarannya . trima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama tidak melakukannya secara manual dan tidak menshare artikel yang sama dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu saya kira tidak akan dianggap spam.

      kecuali jika satu artikel di post berulang-ulang di medsos atau dibagi-bagikan secara manual dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat itu menurut saya akan berpotensi kena penalty dari medsos yang bersangkutan.

      kalo saya setiap artikel Share cukup satu kali secara otomatis ke medsos, sisanya biarkan pengunjung blog yang melakukannya.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!