Cara Memasang Iklan Adsense di tengah artikel postingan - Besar kecilnya pendapatan iklan adsense yang akan kita peroleh tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, sedangkan besar kecilnya jumlah klik sangat dipengaruhi oleh posisi iklan adsense yang kita letakan didalam halaman blog kita.

Oleh karena itu kita disarankan menempatkan iklan adsense pada lokasi-lokasi strategis di area halaman blog yang kita miliki, banyak titik-titik tertentu yang bisa kita pilih untuk meletakan iklan adsense yang kita miliki, namun lokasi terbaik yang dianggap strategis tentu saja lokasi yang memungkinkan banyak mendapat perhatian pengunjung blog.



Beberapa lokasi yang bisa kita pilih untuk meletakan iklan google adsense yang dianggap mendapatkan banyak perhatian pengunjung adalah sebagai berikut:
a. di bagian atas tepat di samping kiri artikel setelah judul 
b. di bawah setelah artikel berakhir
c. di sidebar baik sisi kiri maupun kanan,

Lokasi tersebut adalah beberapa lokasi strategis yang dianggap memiliki potensi jumlah klik tinggi, selain lokasi diatas ternyata ada satu lagi lokasi yang juga dianggap cukup strategis, yaitu meletakan iklan adsense di tengah artikel postingan, sehingga iklan adsense akan mudah terlihat ketika para pengunjung blog membaca artikel yang dipasangi iklan adsense tersebut.

Untuk meletakan iklan adsense di manapun sebenarnya bukan perkara yang sulit, yang penting anda tau caranya, ada dua cara yang bisa kita pilih ketika kita memutuskan untuk meletakan kode unit iklan adsense pada blog yang kita miliki, cara pertama bisa melalui widget, dan cara kedua bisa kita langsung tempel pada template blog.

Untuk cara pertama sepertinya kita hanya bisa meletakan iklan adsense pada lokasi-lokasi tertentu saja, tergantung dari tata letak template blog yang kita gunakan, dan juga tergantung di lokasi mana widget bisa kita tambahkan, sedangkan untuk cara kedua yaitu dengan cara meletakan kode unit iklan adsense pada kode template blog, tapi jika memilih cara ini kode unit iklan adsense harus diparse terlebih dahulu, karena jika tidak kode unit iklan adsense akan ditolak oleh kode template blog karena mengandung kode-kode yang tidak diizinkan oleh template blog.

Untuk menggunakan cara kedua ini setidaknya kita harus faham mengenai struktur template blog dan juga setidaknya faham mengenai perintah-perintah blog.

Cara Memasang Ikalan Adsense di tengah artikel postingan

Sebelumnya saya pernah membahas cara memasang iklan adsense di atas samping postingan dan pernah dibahas juga bagaimana cara memasang adsense di bawah artikel postingan, pada artikel kali ini saya akan coba share mengenai bagaimana cara membuat iklan adsense muncul di tentah artikel postingan.

Untuk cara ini sepertinya kita tidak bisa menggunakan widget dikarenakan widget pada umumnya tidak bisa kita pasang di area artikel apalagi di tengah artikel, oleh karena itu agar kode iklan adsense bisa muncul di tengah artikel postingan, kita harus meletakan kode unit iklan adsense pada kode template blog yang kita miliki, tentu saja kode unit iklan adsense tersebut bisa diterima oleh kode template, kode tersebut harus kita parse terlebih dahulu, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan masuk ke akun google adsense anda, kemudian pilih kode unit iklan adsense yang ingin anda gunakan.

2. Masuk ke situs  HTML Escape, silahkan letakan  kode unit iklan google adsense anda disana kemudian parse, untuk sementara biarkan kode unit iklan adsense hasil parse terparkir disana.

3. Sekarang, silahkan anda masuk ke akun blogspot anda, dan pilih blog anda.

4. Pada bilah menu sisi kiri, silahkan anda pilih menu template kemudian tekan tombol EditHTML untuk menampilkan kode editor template blog anda.

5. Pada tampilan editor template, silahkan gunakan CTRL + F, kemudian cari kode <data:post.body/> anda akan menemukan lebih dari satu kode diatas, silahkan pilih salah satu yang benar-benar menampilkan postingan artikel anda,

6. Ganti kode <data:post.body/> tersebut dengan kode dibawah ini:

<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
--Letakan kode unit adsense hasil parse disini--
</center>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>
7. Kembali ke situs blogcrowds, copy kode adsense hasil parse dari sana, kemudian silahkan ganti kode diatas pada tulisan "--Letakan kode unit adsense hasil parse disini--" dengan kode unit iklan adsense hasil parse dari blogcrowds.

8. Jika sudah selesai, jangan lupa simpan template anda.

Sampai tahap ini berarti anda sudah berhasil meletakan kode unit iklan adsense anda ditengah-tengah artikel postingan blog yang anda buat.

Cara Modifikasi Posisi letak iklan adsense

Kode diatas akan membuat iklan adsense anda muncul tepat ditengah-tengah artikel postingan blog anda, iklan akan diletakan secara otomatis dengan rapi dan teratur setelah kode HTML <br/> yang menyusun artikel anda, dan tentu saja tidak akan bertubrukan satu sama lain yang membuat artikel anda jadi acak-acakan.

Untuk merubah posisi iklan anda bisa memodifikasi angka yang saya tandai dengan warna biru, berikut beberapa modifikasi yang bisa anda buat:

a. Untuk meletakan Iklan di tengah-tengah di sepertiga postingan blog, silahkan anda ganti angka 2 yang berwarna biru diatas dengan angka 3.

b. Untuk Meletakan iklan adsense di seperempat postingan, silahkan anda ganti angka 2 diatas yang berwarna biru dengan angka 4.

Semakin besar angka yang anda masukan maka posisi iklan adsense akan semakin ke atas.

Baca juga: cara memasang 2 iklan adsense di tengah artikel postingan

Demikian artikel sederhana mengenai Cara Memasang Ikalan Adsense di tengah artikel postingan, semoga bermanfaat.



71 komentar:

  1. makasih bos... tapi hasilnya untuk di template seluler sederhana gak muncul ya bos?? gimana caranya agar muncul bos..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika mas memilih template seluler bawaan blogger biasanya tidak bisa di customisasi tata letak adsensenya , harus dari template responsive, kemudian pilih custom di template seluler blognya.

      Delete
  2. saya bingung, saya seorang pemula.....
    Kemarin saya daftar tapi sepertinya ditolak,
    Boleh tidak daftar lagi dengan aku yang sama ?
    Cara daftarnya bagaimana ya,
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas, mas perbaiki dulu apa yang menurut ads kurang informasi dari email penolakan yang diterima, jangan langsung daftar lagi, tunggu 1bulan dan daftarkan lagi

      Delete
  3. Terima kasih informasinya...
    Sangat bermanfaat dan layak untuk dicoba....

    ReplyDelete
  4. mau tanya nih saya kan dah berhasil pasang iklan saya di tengah post , yang saya ingin tanyakan cara nya iklan yang muncul 2 pada post seperti dipost blog ini ,, makasih sebelum nya , nice post :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan bisa gabungkan antara diatas postingan dan di bawah postingan silahkan baca artikel tentang cara melatakan iklan diatas dan dibawah postingan

      #1. di atas postingan
      http://strukturkode.blogspot.com/2014/10/cara-memasang-kode-adsense-diatas-samping-postingan.html

      #2. di bawah postingan
      http://strukturkode.blogspot.com/2014/11/cara-memasang-adsense-di-bawah-akhir-postingan.html

      Delete
  5. Terima kasih informasinya, mau nanya apakah penempatan iklan bisa mempengaruhi jumlah pendapatannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat berpengaruh sekali, peletakan unit iklan yang tepat dan jenis unit iklan yang tepat bisa meningkatkan klik, semakin banyak klik bisa berpeluang meningkatkan pendapatan

      Delete
  6. kalau mau menyisipkan 2 jenis iklan di postingan blog bagaimana ya? kyk di tulisan blog ini, di atas dan dibawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan bisa gabungkan cara pelatakan iklan adsense diatas artikel potingan dan di bawah artikel postingan,

      Delete
  7. makasih mas, blogku berhasil. sebenarnya saya sudah nyoba beberapa kali dengan mengambil dari blog blog lain tapi kurang berhasil dan masih ada sedikit errornya, tapi scrip di blog ini lancar.....berikut linknya. http://agus-sn.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Mas maaf saya newbi...mau tanya nih...saya udah coba praktekkin tutorial diatas tapi iklan di blog saya malah gak bisa nampil. Tadinya sih saya taruh diwidget kode iklannya...terimakasih...mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak tampil ruang kosong atau tidak tampil sama sekali, harus dipastikan akun adsense sudah full approve

      Delete
  9. top bgt gan artikelnya, ane dah nyobain tutorial yg lain pada error, nyobain tutorial agan berhasil. thanks

    ReplyDelete
  10. Saya sudah mendaftar GA, dan tinggal menunggu persetujuan (sudah 10 hari menunggu), dimenu Penghasilan ada kotak yang bertuliskan 'jangan tampilkan iklan', tulisan itu dibiarkan saja atau diganti dengan pilihan yang ada. Kalau memang harus diganti, saya sudah melakukannya tapi tidak bisa disimpan (setelan penghasilan selalu gagal disimpan).

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ada pemberitahuan bahwa review 1 sudah diterima maka akan diminta untuk memasang iklan alternatif bisa gunakan itu untuk memasng iklan, Pilih saja ya, maka iklan akan dipasng secara otomatis menggunakan widget,

      Delete
  11. Mas saya udah ikutin tutorialnya, dan akun saya udah full aprove tapi kok gak muncul sama sekali ya iklannya? laman kosongnya juga bahkan enggak muncul..
    :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah lihat iklannya dan sepertinya bekerja dengan baik.
      jika di komputer mbak tidak muncul, salah satu kemungkinanya mbak barangkali memasang adblocker atau adblock plush plguin di browser yang mbak gunakan.

      Delete
  12. Terima kasih mas info nya.. saya mau nanya lagi nih,, kalo ingin menampilkan iklan di tengah posting hanya pada tampilan mobile saja bagai mana ya.. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Mas harus menggunakan template responsive.
      2. silahkan aktifkan template responsive mas, dengan memilih custom, caranya:
      - masuk ke akun blogspot
      - pilih menu template, pada seluler tekan roda gigi, dan pilih Ya, kemudian pilih custom/khusus
      -simpan

      Oh ya. jangan memilih Tidak (non aktif), karena kalo di nonaktifkan kode perintah untuk pengaturan mobile di templatenya tidak akan berfungsi.

      Untuk kode peletakannya mas bisa baca:
      -----------------------------------------------------------
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/04/cara-meletakan-iklan-adsense-di-tengah-artikel-postingan.html

      jika sudah:

      silahkan masuk ke editor template blog mas.

      cari kode: <data:post.body/>

      ganti dengan kode dibawah ini:

      <b:if cond='data:blog.isMobile'>
      --isi dengan kode yang diambil dari artikel diatas--
      <b:else/>
      <data:post.body/>
      </b:if>

      semoga berhasl

      Delete
  13. mkasih bang, semalaman ane nyoba ini , hasilnya bisa dan jd, walau awalnya kena eror2 namanya aja nyoba dan belajar, mkasih banyak

    ReplyDelete
  14. terima kasih ya,work utk yg ditengah, barakallah

    ReplyDelete
  15. ada cara yang lebih singkat gak? terus, apa cara di atas tidak mempengaruhi akun adsense?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini salah satu cara yang bisa dicoba, semoga agan ketemu yang lebih singkat.

      tidak akan mempengaruhi akun adsense selama kode adsense yang dimasukan tidak mas modifikasi strukturnya.

      Delete
  16. Makasih boz, berhasil saya terapkan dengan sempurna
    moga CTR bisa nambah dengan menaruh iklan di tengah-tengah postingan
    karena lebih banyak di lihat oleh pengunjung blog

    ReplyDelete
  17. wah bagus sekli nih, penempatan iklan na pun jadi rapi. pernah nyoba yang lain tapi hasilnya berantakan krn terkadang berebutan di postingan yang ada gambarnya.
    Tenkyu Mas, sukses selalu :)

    ReplyDelete
  18. wah bagus sekli nih, penempatan iklan na pun jadi rapi. pernah nyoba yang lain tapi hasilnya berantakan krn terkadang berebutan di postingan yang ada gambarnya.
    Tenkyu Mas, sukses selalu :)

    ReplyDelete
  19. gan klo awal mula dftar adsense diblog, otomatis udah ada iklan di widget sama di bawah postingan komentar. nah apa ane harus hapus widget dlu agar iklanya bisa muncul di tengah2 postingan?soale ini dah nyoba pake tutorial agan, tp g ada ngaruhnya sama sekali tuh. iklan tetep nongol ditempat yg sama. nb:ane pake template standar milik bloger yg travel, ato agan bisa mampir di http://artisindonesiakita.blogspot.co.id/ untuk saran blog ane.trims gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas bisa hapus dulu widget ke dua iklan tersebut, atau mas biarkan saja juga tidak apa-apa, coba mas pindah-pindahkan untuk mengganti <data:post.body yang lain, bisa jadi ada lebih dari satu kode tersebut

      Delete
  20. Sangat membantu Informasinya.. Akhirnya iklan tersebut jalan di tengah tengah jika tidak ada komentar

    ReplyDelete
  21. kalau pake template bawaan blogger ga bisa ya mas ? pantesan aku coba-coba ga bisa . makasih buat infonya .

    ReplyDelete
  22. Bener-bener bekerja, thanks mas dah sharing codenya

    ReplyDelete
  23. ow ya bang, saya pakek angka list bawaan dari blogger, iklannya kok mutus angka tersebut. Itu gimana solusinya?

    ReplyDelete
  24. mas bos, iklan nya juga muncul di home page, cara ngatasinnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan jadikan seperti ini agar iklan tidak muncul di homepage dan di halaman static:
      <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;index&quot;'>
      <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
      KODE IKLAN
      </b:if>
      </b:if>

      Delete
  25. bang, kan sudah ada ni 1 iklan di tengah, nah kalo mau di pasang 1 iklan lagi di tengah tapi di posisi yang lain bagaimana? contoh ads pertama ada di Lengh 2 sedangkan ads kedua ada di lenght ke 4 ? naro kode iklan nya tepat di mana nya yaa yang kedua itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah buatkan tutorialnya, silahkan dicoba mas:

      http://strukturkode.blogspot.com/2016/05/cara-meletakan-2-iklan-adsense-di-tengah-postingan.html

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Setelah saya berhasil menampilkan iklan dalam peninjauan, kok tiba-tiba postingan saya hilang tinggal judulnya saja, apa akun blog saya terblokir ? mohon solusinya bagi yang mengerti di tunggu, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya masih pendaftaran adsense punya mas masih tahap review

      Delete
  28. mau tanya bang ..kalao bikin blog maksimal berapa yah..aku bikin 2 blog kira kira melanggar tos tidak ya..trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 akun gmail sampai 100 blog gan, tidak melanggar

      Delete
  29. saya masih bingung cara menyimpan kode adsense di template nya

    ReplyDelete
  30. mas didin mau tanya kalo pasang 2 kode ads di tengah postingan gmnaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa baca disini untuk lebih detailnya:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2016/05/cara-meletakan-2-iklan-adsense-di-tengah-postingan.html

      Delete
  31. kalau pasang link unit di tengah postingan yang kotak itu gimana kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas bisa pasang iklan ukuran 280x300 atau yang sejenisnya

      Delete
  32. Mas, terimakasih atas tutorialnya :D btw judul artikelnya typo tuh, harusnya Iklan bukan Ikalan, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe....baru ngeh sekarang mas, thanks atas koreksinya

      Delete
  33. iklannya jadi muncul juga di tengah halaman privasi, about, contact dll (page). gimana biar gk muncul di tengah page mas? mohon saran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan buat kodenya kurang lebih seperti di bawah ini:

      <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
      KODE IKLAN
      </b:if>

      Delete
    2. makasih mas Didin. sangat membantu.

      Delete
  34. tutorial yang bermanfaat, sudah aku coba berhasil.mau tanya mas.ini yang iklan adsense diakhir post kok muncul juga di sitemap,about,privacy police.masalah nggak itu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah gan, tapi jika memang tidak diinginkan agan bisa gunakan kode tag kondisional.

      bisa di lihat pada jawaban saya di atas untuk komentar Mas Abdillah Azzam

      Delete
  35. maksih banyak gan, lengket juga tu iklan ane. hahaha.. selalu menghadirkan artikel yang bermanfaat ya gan. sukron.
    #junimessy2.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  36. KO! Punya saya iklannya tampil bukan di postingan?? malah di header

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan salah penempatan gan, pastikan benar

      Delete
  37. apakah jika kita posting lg nih, iklan akan tetap muncul walau tdk lakukan kayak prosedur diatas? maksudnya pakah metode diatas cuman 1 kali saja kita lakukan jd iklan ada terus walau tiap hari kita posting yg baru.. dan apakah iklannya tiap postingan akan berubah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklan akan muncul secara otomatis mas, cukup 1 kali saja, ya iklan akan menyesuaikan dengan isi konten, bentuk iklan sama namun isi iklan akan berbeda-beda

      Delete
  38. Kanda kok double jadinya ya..??? artikelnya jadi ganda??? mohon solusinya. fast respone please. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di data:post.body lainnya, pastikan di ganti ya gan, semoga berhasil

      Delete
  39. sudah saya ganti gan, malahan artikel saya kok jadi double. gmn yah?? solusinya mohon dong. terima kasih.. balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari data:post.body yang lain, kemudian apus dulu, dan lihat hasilnya, jika masih cari lagi kode data:post.body lain, cek dengan menghapusnya...jika masih tetap kembalikan lagi kode tersebut...lakukan juga di data:post.body lainya dan lihat tampilannya, jika tampilan sudah benar, berarti kode data:post.body tersebut yang harus dihapus.

      Delete
  40. Sangat bermanfaat sekali, sudah saya coba dan ternyata berhasil. Tapi saya masih ragu setelah mencoba meletakan iklan adsense di tengah artikel postingan. Khawatir bisa melanggar aturan jumlah pemasangan iklan adsense di blog. Soalnya pada saat berhasil meletakkan iklan adsense di tengah pada satu artikel, pada saat membuka halaman utama blog, selalu ada iklan di setiap awal paragraf artikel sebelum link "jump break" atau "lanjutkan membaca". Alhasil halaman utama menjadi ada 7 iklan adsense, 1 di samping, 1 di jeda antar artikel, 5 di masing-masing artikel di paragraf utama.

    Kira-kira solusinya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aturan sekarang memang pemasangan iklan tidak ada batasan kabarnya mas, jadi meskipun di pasang banyak jumlah iklan yang muncul akan menyesuaikan.

      Agar iklan tidak muncul di halaman homepage mas bisa pasang tag kondisional
      <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
      KODE IKLAN
      </b:if>

      Delete
  41. Makasih gan kliling cari yang cocok alham dulilillah berhasil juga dengan tutorial ini ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan data:post.body diganti dengan kode di atas jadi data sebelumnya harus dihapus.

      Coba juga letakan di beberapa data:post.body lainnya, karena biasanya akan ada lebih dari 1 kode tersebut, semoga berhasil

      Delete
  42. makasih mas,,, udah berhasil ,muncul di tengah2 artikel. tapi koq artikelnya malah double ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan data:post.body diganti dengan kode di atas jadi data sebelumnya harus dihapus.

      Coba juga letakan di beberapa data:post.body lainnya, karena biasanya akan ada lebih dari 1 kode tersebut, semoga berhasil

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!