Cara menghapus artikel postingan pada blog terutama untuk blogspot sebenarnya sangat mudah sekali, namun jangan lupa bahwa jika anda ingin menghapus artikel postingan blog, sebaiknya anda harus memikirkan juga untuk menghapus URL artikel blog tersebut di index mesin pencari google, jika tidak, meskipun artikel blog anda sudah anda hapus di blog anda, belum tentu artikel tersebut ikut terhapus juga di index google, yang mengakibatkan artikel blog anda masih akan ditemukan di hasil pencarian google, sehingga jika diklik tetap akan menjuju blog anda namun statusnya halaman menjadi tidak ditemukan, jika banyak yang menemukan hal semacam itu tentu akan membuat blog anda mendapatkan reputasi yang buruk bukan hanya di mata mesin pencari juga di mata pengunjung setia blog anda.

Penghapusan artikel postingan blog pada akhirnya akan ikut juga menghapus url artikel tersebut di pencarian google, sehingga artikel tersebut akan menghilang dari pencarian mesin pencari google, namun jika kita tidak menghapus artikel diindex google secara manual, mungkin akan membutuhkan waktu sampai artikel tersebut benar-benar hilang dari hasil pencarian. untuk blog yang baru dibuat dan artikel blog belum diindex oleh mesin pencari, sepertinya anda tidak perlu memikirkan untuk menghapus artikel di index google, beda halnya  dengan blog yang sudah berumur kemudian artikel juga sudah berumur, penghapusan yang harus anda lakukan sebaiknya bukan hanya di blognya saja namun anda juga harus mengupayakan untuk menghapusnya juga di index google secara manual.

Alasan Kenapa Artikel Postingan blog terpaksa harus Anda hapus?

Barangkali banyak alasan kenapa artikel postingan blog perlu anda hapus, beberapa kasus yang saya temukan dari blogger,  banyak di antara mereka yang berusaha untuk menghapus artikel blognya dikarenakan ingin mendaftar google adsense, sedangkan di blognya terdapat artikel-artikel yang tidak sesuai dengan kebijakan google adsense, misalkan saja terdapat artikel yang berbau ob*t-ob*atan, p*rn*grafi, dew@sa atau artikel-artikel lainnya yang sudah jelas sangat tidak sesuai dengan kebijakan google adsense, mau tidak mau agar pendaftaran google adsense bisa memiliki peluang untuk diterima, artikel-artikel seperti itu harus diganti atau dihapus, jika tidak sampai kapanpun pendaftaran google adsense tidak akan pernah disetujui, kemudian ada juga yang terpaksa harus menghapus sebagian artikel blognya karena terancam akan dilaporkan atau terancam akan dihapus oleh google disebabkan blognya didominasi oleh artikel hasil kopi paste, jika tidak maka akan membuat blognya bukan semakin populer malah akan semakin terperosok dihasil pencarian google, atau bahkan bisa hilang dari hasil pencarian.

Cara Menghapus Artikel Postingan Blog yang benar

Jika anda memutuskan untuk menghapus artikel anda, karena ada alasan-alasan tertentu artikel tersebut harus dihapus, selalu perhatikan untuk menghapus bukan hanya di blog anda namun hapus juga di index pencarian google, silahkan ikuti cara dibawah ini agar blog anda tetap aman dan tetap seo friendly bagi para pengunjung blog, berikut langkah-langkah penghapusan:

Tahap 1:

Hapus Blog Anda di index Pencarian Google menggunakan bantuan Google Webmaster Tool

Untuk menghapus artikel postingan blog, yang pertama yang harus anda lakukan adalah, menghapus artikel postingan blog anda di index mesin pencari google, tujuannya adalah agar url artikel blog yang bersangkutan hilang dari hasil pencarian mesin pencari (SERP), jika anda melewatkan langkah ini, atau anda hanya menghapus artikel postingan blog hanya di dashboard akun blogger anda, maka akan mengakibatkan artikel yang sudah anda hapus di akun blogger anda, masih dapat ditemukan dimesin pencari dan ini sangat tidak baik untuk kesehatan blog atau situs anda, jika kebetulan ada pengguna internet menemukan artikel blog anda, maka dapat menyebabkan page not found 404, yang membuat blog anda tidak akan seo friendly.

Untuk menghapus artikel blog dari hasil pencarian mesin pencari langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke akun google webmaster tool Anda, pada aftar blog yang anda daftarkan, pilih salah satu nama blog anda yang akan dihapus artikel postingannya.

2. Pada bilah menu sebelah kiri pilih menu google indexs > Remove URLs

3. Klik tombol create new removal rquest.

Cara menghapus url artikel postingan blog di pencarian google


4. Pada kotak isian yang muncul, silahkan anda masukan url artikel blog anda, kemudian tekan tombol Continue dan submit artikel anda.

Silahkan lakukan cara-cara diatas untuk url artikel postingan blog yang lainnya yang akan anda hapus.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah selesai melakukan penghapusan url artikel postingan blog anda di pencarian google tunggu 1 sampai 3x24 jam agar url artikel postingan blog benar-benar hilang dari hasil pencarian google.

Tahap 2:

Hapus juga Artikel postingan blog anda di akun dashboard blogger milik anda.

 Setelah anda berhasil melakukan penghapusan di google webmaster tool anda, tahap  2, silahkan anda hapus artikel postingan blog anda di akun blogger milik anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke akun blogger anda

2. Pilih salah satu blog anda pada daftar

3. Pada bilah menu sisi kiri, silahkan anda pilih menu post untuk menampilkan daftar postingan blog anda.

4. Silahkan anda cari, gunakan fasilitas pencarian, dan masukan judul artikel blog anda yang akan anda hapus, jika sudah ketemu sorot, judul artikel blog yang akan anda hapus, kemudian pada menu yang muncul, silahkan anda tekan link hapus.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil menghapus artikel blog yang anda miliki di akun blog anda, kini halaman artikel postingan tersebut tidak akan muncul lagi.


Kesimpulan:

Sebaiknya ketika membuat blog, buatlah blog dengan tujuan yang jelas mengenai buat apa blog tersebut dibuat, jika anda ingin menjadi blogger profesional banyaklah belajar dari pengalaman anda sendiri dan dari pengalaman orang lain, dan hati-hati dengan tindakan yang merugikan blogger lainnya, jika tidak, maka usaha anda pada satu titik akan sia-sia, salah satunya kerja keras anda harus dibayar dengan penghapusan dengan terpaksa artikel blog yang pernah anda buat, jika sedikit barangkali anda tidak terlalu merugi, namun jika jumlahnya puluhan atau ratusan tentu akan sangat merugikan anda terhadapa apa yang anda upayakan untuk blog anda.

Demikian artikel sederhana tentang Cara Menghapus Artikel Postingan Blog yang Benar dan SEO Friendly, semoga bermanfaat.

23 komentar:

  1. di jamin nggak gan, cara tsb benar2 menghapus indeks artikel kita, sebab ane sering gonta ganti artikel..thanks konfimrnya..sukses terus

    ReplyDelete
  2. lama brow kehapusnya..ane hampir sebulan gk ilang..

    ReplyDelete
  3. saya sih ga pernah coba ya bang,, klo saya apus artikel tinggal delet ajja lngsung dr blog.. karena saya pemula :) msh blom tau begitu jauh.. smoga stlh abis baca ini, jadi tau deh ya bang.. ohh iya klo ada waktu,, mampir di blog saya ya bang http://mhinimize.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. kalau alasan ane menghapus blog karena tidak ingin blog terlalu gado-gado. sampai saat ini ane sudah menghapus sampai 50 artikel dan memindahkannya pada blog lain. skr blog ane sudah terlihat bagus. kunjung balik ya gan gifidia.blogspot.com
    # thanks struktur kode.

    ReplyDelete
  5. Mas, misalnya kita mau hapus url dari google indeks tapi url yang ingin dihapus sudah lupa karena sebelumnya artikel sudah dihapus dari dashboard, bagaimana mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanpa dihapus di gwt pun pada akhirnya akan terhapus, namun harus nunggu jika dibiarkan beberapa waktu akan muncul page not found karena masih berserakannya artikel terhapus di pencarian google,

      salah satu cara, coba saja telusuri di GWT, untuk crwl error, jika ditemukan page notfound 404 untuk artikel yang pernah dihapus tinggal hapus url tersebut dari index google biar tidak muncul terus.

      Delete
  6. Mas didin, saya khilaf kemarin. Duluan hapus artikel di dashbrod lalu menghapus url di gwt. Walah.. ketemu artikel ini, ya tanya dulu disini. Gimana mas? Duluan hapus di dashbrod, baru deh di gwt. kebalik hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah mas Al, saya juga kadang seperti itu, di dashbor untuk menghapus dari sisi blog, sedangkan di gwt menghapus dari index google, yang penting dua-duanya dilakukan. :D

      Delete
  7. mas berpa lama artikel yang terhapus jadi bener terhapus...? saya sempet buat beberapa blog... krna saya baru jadi bloger jadinya saya sering plin plan , pindah2 ngeblognya. saya sempat gandain artikel saya di blog2 saya.. nah pas mau serius sama 1 blog aja.. kan saya hapus artikel di blog lain biar gak ganda.. tapi yang muncul di pencarian google artikel yang terhapus mas... solusinya apa ya.. padahal udah saya ikuti caranya mas .:(

    apa kita cuma bisa nunggu sampe artikelnyznya bner2 terhapus google ?

    satu lagi yang saya bingungin mas, setelah url di hapus masih ada linknya.. emang gtu ya mas ? apa perlu pilih yang lain biar bner2 ilang... crawl error juga sama masih ada link errornya... minta solusinya ya mas.. maklum saya masih baru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dari google bot mengcrawl atau menelusuri kembali blognya agan, salah satunya jika agan sering menerbitkan artikel maka blog yang dihapus akan cepat terhapus dari index google.

      lebih baik satu blog tapi jangan ganti-ganti nama blognya, karena jika agan mengulanginya kembali dengan membuat blog baru atau mengganti nama blog lama, sama saja agan mulai dari nol kembali. blognya berarti harus dioptimasi lagi dari awal.

      satu lagi usia blog sangat menentukan lho, semakin tua usia blog maka google akan lebih mudah mengenali blog tersebut.

      jika link masih ada, pastikan artikel terhapus di dashbord blognya dan juga di google webmaster tool, untuk terhapus sepenuhnya dari pencarian memerlukan waktu.

      Delete
  8. maaf pak mohon bimbingan kalo punya saya seperti about disclaimer dan privasy
    kok ikut ke index.. nah apakah jika saya ingin menghapus di index saja lewat GWT
    apa nanti bisa ke index lagi di searh google sedangkan gak saya hapus permanen
    hanya pengen hapus di index pencarian mohon di bimbing terima kasih

    ReplyDelete
  9. gan, cara nya hapus artikel secara permanen yang agan ajarkan ko susah ya??? mau masuk ke google webmaster tool ko tampilannya beda??ga kayak agan ajarkan.tolong dong.PENTING.

    ReplyDelete
  10. mas saya mau nanya udah saya lakukan seperti diatas, tapi setelah beberapa hari kenapa malah muncul dikesalahan crawl site yang saya hapus tadi?

    ReplyDelete
  11. kalau saya malah menghapus artikelnya dulu di dashbord, ketika akan menghapus urlnya, malah lupa. waduh gimana nih..

    ReplyDelete
  12. mas kalo hapus url bukan postingan bisa nggak pake cara itu?
    soalnya saya cek di tool seositececkup ada 11 url yg nggak seo dan itu bukan url postingan..memang ada sedikit keanehan setelah ganti domain TLD seperti kolom search nggak bisa untuk search trus di recent pos pada home cuma muncul beberapa nggak sesui dengan settingan di dasbor..didasbornya saya pasang 10 recent pada home eh yang nongol kadang 3 4 5 kan aneh knpa ya mas?
    setelah saya cek ternyata ada 11 url itu yg perlu perbaikan katanya mkannya saya ragu mau hapus tu url takut malah error blog saya...minta pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo url awalnya mengarah ke blog dihapus saja mas.
      harus diperiksa kode templatenya barangkali ada beberapa url yang mengarah ke url blog sebelum tld

      Delete
  13. maksudnya gmna mas gagal paham saya?? nih contoh url yang dimaksud di seositececkup..

    - http://www.kalemaja.com/p/blog-page_15.html
    - http://www.kalemaja.com/search?updated-max=2016-04-04T16:25:00%2B07:00&max-results=10
    - http://www.kalemaja.com/search?updated-min=2016-01-01T00:00:00%2B07:00&updated-max=2017-01-01T00:00:00%2B07:00&max-results=50
    - http://www.kalemaja.com/2016_04_01_archive.html
    - http://www.kalemaja.com/2016_03_01_archive.html

    apakah url yang kaya gini kalo di hapus bakal menyebabkan error mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di uji saja gan, coba cek apakah url tersebut menampilkan halaman atau tidak, jika halaman yang ditampilkan page not found 404 (halaman tidak ditemukan baru hapus) jika tidak jangan dihapus.

      setelah salah satu saya uji ternyata menampilkan halaman

      Delete
  14. brrati jangan dihapus gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicek satu-satu gan, jika menghasilkan page not found 404 hapus saja, tapi jika menghasilkan tampilan halaman jangan dihapus.

      Delete
  15. tampil semua mas brrti ga usah dihapus ya? udah saya cek di tool brokenlink, nggk ada yg rusak url nya cuma itu aja yg bikin saya agak kurang nyaman..

    ReplyDelete
  16. Mas gimana kalau artikel yang sudah dipublikasi dikembalikan ke draf trus alamat url nya saya ganti di tautan khusus, trus saya publikasikan lagi. eh dimesin pencari url tautan lama masih belum hilang.

    jika saya menghapus url lama di webmaster, apakah url baru hasil edit juga akan hilang di search engine

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar juga lama-lama hilang mas, biarkan saja yang penting ketika link lama ditemukan digoogle di klik tidak terjadi page not found 404

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!