Javascript adalah salah satu script bahasa pemrograman web yang dijalankan atau diproses di komputer client yang dapat memanipulasi tampilan web sehingga lebih interaktif terhadap pengguna.

Setiap halaman situs setidaknya bisa melibatkan javascript didalamnya, dan setiap browser modern saat ini pasti sudah difasilitasi dengan penerjemah javascript, sehingga ketika browser baik itu mozila, google chrome, internet explorer, opera dan juga browser browser lainnya mengakses halaman situs yang mengandung javascript, maka script tersebut secara default (seting standar/bawaan) akan di eksekusi atau diproses oleh browser yang digunakan sehingga menghasilkan halaman situs yang diinginkan sesuai dengan peruntukan fungsi program javascript tersebut.

Beberapa penggunaan javascript yang banyak sekali digunakan saat ini salah satunya adalah mem-block halaman blog sehingga tidak bisa di klik kanan atau mem-block halaman blog atau situs sehingga setiap tulisan pada halaman tersebut tidak bisa di seleksi sama sekali, tujuannya adalah untuk menghindari tindakan copy-paste terhadap postingan artikel pada blog tersebut yang dilakukan oleh blogger lain yang kurang bertanggung jawab, dan masih banyak sekali penggunaan javascript lainnya.

Untuk menghindari atau menolak berjalannya javascript atau agar browser tidak memproses javascript yang dimiliki suatu halaman situs, maka salah satu yang bisa dilakukan adalah menonaktifkan atau men-disable javascript yang terdapat pada browser yang kita gunakan.

Hampir semua browser modern keluaran terbaru saat ini sudah menyediakan fasilitas untuk aktif/nonaktifkan atau enable/disable javascript dengan sangat mudah, sehingga ketika javascript pada browser yang bersangkutan berhasil di-disabled atau di nonaktifkan, maka setiap perintah javascript yang dimiliki halaman blog atau website secara otomatis tidak akan dijalankan.

Cara menonaktifkan javascript pada browser Mozila Firefox dan Google Chrome?

Sebenarnya menonaktifkan javascript pada browser sangatlah mudah, jika anda tau caranya, oleh karena itu melalui artikel berikut saya akan coba jelaskan cara menonaktifkan javascript pada borwser mozila dan juga browser google chrome, sehingga bisa anda lakukan jika memang diperlukan


#1. Cara Menonaktifkan Javascript di Mozila Firefox Terbaru

Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan javascript di browser mozila firefox:

1. Aktifkan Browser Mozila Firefox di komputer anda

2. Ketikan perintah about:config pada address bar browser mozila anda kemudian enter, akan terlihat seperti tampilan gambar di bawah ini:

Cara menonaktifkan atau disable/enable javascript di browser mozila

3. Silahkan tekan tombol warna biru yang bertuliskan "Saya berjanji akan herhati-hati" seperti terlihat pada gambar di atas.

Dengan menekan tombol tersebut maka akan ditampilkan halaman utama untuk pengaturan konfirugasi mozila firefox seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

fozila firefox configuration list

4.  Lakpencarian silahkan ketikan: "javascript.enabled" untuk menemukan nama pengaturan javascript enabled, akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

aktif/nonaktif atau enabled/disabled javascript di mozila.

5. Seperti terlihat pada gambar diatas, silahkan double-click baris data yang bertuliskan javascript enabled hingga untuk Kolom Nilai bertuliskan false, (false artinya javascript nok-aktif, jika bertuliskan true berarti javascript dalam keadaan aktif).

Untuk mengaktifkan javascript kembali, anda tinggal ubah dengan cara double-klik baris data yang bertuliskan javascript.enabled menjadi true.

Sampai langkah diatas anda berarti sudah berhasil menonaktifkan javascript pada browser mozila firefox yang anda gunakan.

#2. Cara Menonaktifkan Javascript di Google Chrome

Sedangkan untuk aktif/nonaktifkan atau enable/disable javascript di google chrome langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka Browser google crome Anda

2. Klik Menu dengan icon garis 3 yang terletak di pojok kanan atas browser google chrome yang anda gunakan, kemudian pilih seting atau pengaturan seperti terlihat pada gambar dibawah ini:


Anda akan disajikan halaman utama pengaturan browser google chrome.

3. Pada halaman pengaturan browser google chrome, silahkan anda scroll ke bagian paling bawah, kemudian anda klik tulisan "Show Advanced Setting", untuk menampilkan pengaturan lanjutan.

4. Kemudian silahkan anda cari  dan  klik tombol Content Settings... seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

mengaktifkan javascript di browser google chrome
Maka akan keluar fasilitas pengaturan Content settings.

5. Pada tampilan pengaturan Content Settings.... untuk menonaktifkan atau disable javascript silahkan anda cari dan klik pilihan " Do not allow any site to run javascript." kemudian tekan tombol "Done" untuk selesai. terlihat seperti gambar dibawah ini:

mengaktifkan javascript di browser google chrome

Sampai tahap di atas berarti anda sudah berhasil menonaktifkan javascript pada broser google chrome yang anda gunakan sehingga jika halaman situs mengandung script java script maka script tersebut tidak akan di eksesusi oleh mesin browser untuk diproses.

Demikian artikel sederhana tentang Cara Menonaktifkan Javascript Browser Mozila Firefox & Google Chrome, semoga bermanfaat.