Facebook Open Graph sebenarnya adalah kode khusus berupa meta tag HTML yang menggunakan aturan yang disesuaikan dengan standar facebook, kode ini dapat diletakan di template blog anda baik itu blog berflatform blogspot, wordpress dan blog lainnya, kode ini digunakan untuk menyimpan informasi khusus yang dapat dibaca dan dikenali oleh plugin facebook.

Jika anda memasang facebook sosial media sharing pada halaman blog anda, maka kode facebook open graph setidaknya harus anda letakan juga di template blog anda, tujuannya adalah agar facebook dapat membaca dan mengenali setiap informasi yang terdapat di dalam halaman blog tersebut untuk dishare.

Ketika pengunjung blog anda melakukan share halaman artikel postingan tersebut melalui tombol share facebook yang tersedia, maka facebook akan membaca struktur halaman tersebut untuk mendapatkan informasi konten yang dibutuhkan untuk konten sosial media share. informasi tersebut akan diperoleh melalui meta open graph yang anda pasang pada kode template blog anda.

Mengenal Kode Facebook Open Graph

Ketika anda mengeujungi dan membaca sebuah halaman situs kemudian anda anggap halaman tersebut patut untuk di share dan anda mencoba melakukan share menggunakan tombol facebook sosial media share yang tersedia di halaman blog tersebut maka apa yang akan anda lihat selanjutnya?

Kurang lebih akan terlihat seperti gambar dibawah ini:



Konten Share Facebook dengan Open Graph

Konten share akan menyesuaikan dengan halaman blog atau website yang akan dishare, beberapa bagian penting yang disajikan konten share adalah:
  • Gambar: menyesuaikan dengan gambar yang digunakan pada artikel yang akan dishare
  • Judul Artikel: sesuai dengan judul artikel yang akan dishare
  • Deskripsi: deskripsi singkat yang mewakili isi artikel
  • Url Blog: URL atau alamat blog yang bersangkutan
Facebook mampu menampilkan gambar, judul artikel dan juga descripsi yang mewakili artikel blog yang berangkutan untuk dishare seperti gambar diatas,  itu dikarenakan pada script template blog yang bersangkutan sudah dipasang Tag Open graph. melalui informasi pada tag open graph tersebut facebook dapat mengenali mana gambar yang akan dishare, dan judul dari artikel yang akan dishare untuk disajikan pada konten share facebook.

Namun Jika blog tersebut tidak memasang tag opengraph pada template blognya maka tampilan konten share tidak akan mampu menampilkan gambar, terlihat seperti gambar dibawah ini:

facebook share tanpa open graph
Konten share facebook tanpa gambar karena blog tidak memasang open graph

Menurut anda mana yang terlihat paling menarik, tentu saja yang dilengkapi gambar, dan memang benar, share blog di facebook menggunakan judul disertai gambar yang menarik akan mampu meningkatkan pengunjung untuk mengunjungi blog anda, oleh karena itu untuk mendapatkan konten share blog di facebook lebih menarik disertai gambar maka anda harus memasang facebook open graph di kode template blog anda.

Berikut Daftar Kode facebook Open graph yang bisa anda gunakan

Apapun blognya baik itu wordpress maupun blogspot, jika anda menyertakan tombol facebook sosial media share pada halaman blog anda maka silahkan anda pasang kode open graph pada template blog anda.

beberapa kode open grap untuk mendukung sosial media share halaman blog anda:

1. og:title
kode ini berfungi untuk menyimpan informasi judul artikel blog yang bersangkutan. jika facebook menemukan dan membaca kode ini, maka akan digunakan sebagai judul konten share facebook.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:title” content=”Tips Memilih Web Hosting yang cocok untuk situs Anda?”/>
2. og:type
Kode ini digunakan untuk menyimpan informasi jenis artikel yang akan anda share, ada banyak sekali go:type yang bisa anda gunakan, secara lengkap anda bisa baca disini.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:type” content=”article”/>

3. og:description
Kode ini digunakan untuk meletakan informasi descripsi yang akan disertakan di konten share facebook. untuk blog berfaltform blogspot anda bisa mengisi meta og:description dengan meta description untuk halaman artikel yang akan dishare.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:description” content=”disini dijelaskan cara memilih web hosting yang tepat untuk blog anda agar anda tidak menyesal!“/>

4.og:image
Kode open graph ini dapat dapat anda gunakan untuk menyimpan informasi mengenai gambar yang akan digunakan dikonten share facebook, jika artikel yang dishare mencantumkan gambar maka gambar tersebut harus bisa disertakan dikonten share facebook secara otomatis. facebook secara otomatis akan menggenerate konten share dengan gambar yang diambil dari kode open graph og:image ini.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:url” content=”http://4.bp.blogspot.com/-GbjRUII_U8Q/Vk0vm9-HvWI/AAAAAAAACVI/-kuxVQwz-PM/s1600/facebook-share-tanpa-open-graph.png”/> 

5. og:url
Tag open graph ini bisa anda gunakan untuk menyimpan informasi url dari artikel blog yang akan di share ke facebook.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:url” content=”http://strukturkode.blogspot.com/2015/11/memasang-facebook-opengrap-di-blogspot.html"/>

7. og:site_name
Kode open graph ini dapat digunakan untuk meletakan nama situs dari artikel blog yang akan dishare. kode ini akan dibaca oleh facebook untuk mendapatkan nama situs atau blog yang melakukan share.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:site_name” content=”Struktur Kode”/>
8. fb:admins
kode ini bisa anda gunakan untuk mengaitkan halaman facebook anda dengan blog, agar setiap interaksi fans page blog anda terhadap blog yang anda share statisticnya dapat diktahui secara detail.
Contoh Penggunaan:
 <meta property=”fb:admins” content=”facebook_id_anda″/>

Jika anda ingin menghasilkan konten share yang menarik dilengkapi gambar maka, selain tombol share facebook, kode open graph facebook diatas wajib anda pasang juga pada template blogspot anda.

Cara Memasang Facebook Open Graph pada blogspot anda? 

Berikut langkah-langkah memasang kode facebook openg raph yang benar di template blogspot anda:

1. Pasanglah kode open graph dibawah ini jika didalam halaman artikel anda anda memasang tombol facebook share.

1. Pastikan bahwa di template blog anda belum terpasang facebook open graph.

2. Masuk ke akun blogspot anda, dibilah menu sisi kiri pilih menu Template kemudian tekan tombol Edit HTML untuk masuk ke editor template blog anda.

3. Klik editor template blog anda, tekan CTRL + F, untuk mengaktifkan fasilitas pencarian, silahkan cari kode :
</head
4. Letakan kode dibawah ini diatas kode </head

 <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta content='id_facebook' property='fb:admins'/>
<b:if cond='data:blog.url'>
<meta expr:content='data:blog.url' property='og:url'/>
</b:if>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:site_name'/>
<b:if cond='data:blog.pageName'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>
</b:if>
<meta content='website' property='og:type'/>
<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' property='og:image'/>
<link expr:href='data:blog.postImageThumbnailUrl' rel='image_src'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' property='og:description'/>
</b:if>
</b:if>
Kode diatas akan menggenerate konten share facebook secara otomatis menggunakan gambar, judul dan deskripsi (diambil dari meta deskripsi artikel yang akan dishare), gambar yang akan digunakan adalah gambar yang anda share pada artikel tersebut.

Jangan lupa Silahkan anda ganti id_facebook dengan id facebook anda, jika kebetulan anda belum memiliki akan facebook, silahkan anda buat dulu akun facebook:

Anda bisa baca: cara membuat akun facebook terbaru

Jika anda sudah memiliki salah satu akun facebook, untuk mendapatkan id facebook anda langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun facebook anda.
b. pada menu nama anda, kemudian klik kanan, kemudian pilih sub menu "Salin Lokasi Tautan, misal facebook punya saya:

https://www.facebook.com/ajidin

Sebagai contoh facebook punya saya diatas, anda tinggal hapus tulisan https://www.facebook.com/ sehingga hanya menghasilkan idnya saja  contoh diatas ajidin, setelah itu silahkan anda ganti id_facebook_anda dengan id anda sebagai contoh id punya saya yaitu ajidin. menjadi kurang lebih seperti ini:
<meta content='ajidin' property='fb:admins'/>

 Jika sudah silahkan anda simpan template blog anda.


5. Untuk mengetes kinerja facebook open graph yang anda buat, silahkan anda pilih pilih artikel yang anda sertakan gambar didalamnya, tekan tombol facebook share pada halaman blog anda tersebut, jika konten facebook share menampilkan gambar, judul dan deskripsi seperti gambar diatas berarti kode facebook open graph yang anda pasang sudah benar.

atau anda bisa menggunakan cara lainnya, yaitu dengan mengunjungi halaman object debug facebook.

kemudian silahkan anda masukan url halaman artikel blog yang ingin anda lihat konten share facebook untuk halaman tersebut,  kemudian tekan tombol debug:

Jika tidak menhasilkan warning error berarti kode opengrap yang anda pasang sudah benar.


Demikian artikel tentang Cara Mudah Memasang Facebook Open graph di blogspot, semoga bermanfaat.