Ketika postingan blogspot dibuat, maka secara otomatis blogspot akan menggenerate permalink (permanen link) sesuai dengan judul artikel yang digunakan, namun permalink yang digenerate oleh blogspot terkadang tidak sesuai dengan keinginan, untuk masalah ini blogspot menyediakan custom permalink khusus yang bisa anda ubah dan sesuaikan, dengan adanya fasilitas custom permalink tersebut tentu saja memberikan kemudahan kepada anda sehingga bisa menyesuaikan permalink artikel postingan blog anda agar sesuai dengan yang anda inginkan terutama untuk membuat permalink yang  memperhatikan kualitas seo friendly yang disukai mesin pencari

Custom permalink tersebut sebenarnya hanya bisa anda gunakan jika artikel blog anda sama sekali belum anda publish, karena sekali saja artikel tersebut dipublish maka permalink dari artikel tersebut tidak bisa anda ganti kembali sampai kapanpun.

Baca juga: Cara custom permalink blogspot agar lebih seo

Karena beberapa alasan mungkin saja anda ingin mengganti permalink artikel blog anda yang sudah anda publish, perlu anda kethuai, ketika anda memutuskan untuk mengganti permalink artikel blog anda, tentu tidak bisa dilakukan sembarangan, jika tidak maka anda bisa saja kehilangan reputasi atau kepercayaan dari pengunjung blog anda.

Mungkin saja anda berfikir "gampang kok mengganti permalink !", tinggal buat postingan baru sesuaikan permalinknya, kopikan postingan yang ingin diganti permalinknya kemudian publish dan hapus postingan yang lama, maka permalink sudah berubah dengan konten isi artikel yang sama, gampang bukan.

redirect-permalink-url-blogspot-tanpa-kehilangan-trafik

Untuk blogger pemula bisa saja berfikir seperti itu, mereka akan menganggap cara tersebut adalah salah satu cara untuk mengganti permalink artikel blog anda, namun jangan salah meskipun isi konten dibuat sama, tetapi permalinknya berbeda, itu sama saja dengan artikel baru di mata mesin pencari, dan dampaknya, karena artikel lama yang anda anggap memiliki permalink tidak cocok dengan keinginan anda, anda hapus, maka akan menimbulkan banyak sekali brokn link atau page not found 404, yang jelek dimata pengunjung blog anda, sehingga lambat laun semakin banyak ditemukan page not found atau brokn link pada blog anda, akan menurunkan reputasi blog anda dimata pengunjung dan akan berdampak pula ke mesin pencari, sehingga mungkin saja bisa berpengaruh ke trafik blog anda yang akan semakin merosot.


Bagaimana Cara Mengubah Permalink Blogspot Secara Aman Tanpa kehilangan trafik?

Ada beberapa pertanyaan menyangkut cara mengganti permalink (url artikel postingan blog), ada kasus seorang blogger memiliki sebuah artikel yang sudah lama dipublish, namun dia lupa ternyata permalink artikel tersebut kurang sesuai dengan keinginannya, dan dia bermaksud mengganti permalink tersebut, kasus ini mungkin saja dialami oleh anda,

Melalui artikel kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengganti permalink artikel lama anda dengan aman tanpa harus kehilangan trafik, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Contoh Kasus misal saya memiliki artikel postingan yang berjudul "cara mengganti permalink wordpress dan blogspot dengan aman dan seo friendly", artikel tersebut sudah lama dipublish dan sudah mampu mendatangkan bayak pengunjung ke blog anda, namun ada satu yang dirasa kurang dari artikel postingan tersebut, ternyata permalink artikel tersebut kurang lengkap dan terlalu panjang, misal memiliki permalink:  

Misal kita sebut Artikel A:
http://strukturkode.blogspot.com/2014/02/cara-mengganti-pemalink-wordpress-dan-blo.html
karena permalink aritikel A tersebut dirasa kurang seo friendly  dan terlalu panjang, anda bermaksud ingin menggantinya dengan struktur permalink berikut:

misal kita sebut Artikel B:
http://strukturkode.blogspot.com/2015/02/cara-mengganti-pemalink-blog.html


Cara terbaik untuk mengganti atau mengubah permalink untuk contoh kasus di atas adalah anda harus melakukan redirect 301 secara permanen url artikel postingan lama anda (Artikel A) ke url keartikel postingan baru anda (Artikel B), langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Buat artikel baru dengan permalik seperti artikel B diatas, buat judul dan isi konten artikel B sama dengan judul artikel A diatas (lakukan copy-paste).

b. Terbitkan atau publish artikel B yang sudah anda buat diatas.

c. Catat kedua permalink artikel A dan url artikel B diatas.
Anda bisa menghapus atau mengembalikan ke draft artikel A sebelumnya agar tidak terjadi duplikat konten.

d. Masuk ke menu pengaturan akun blogspot anda, Menu setelan > Prefensi Penelusuran

Pada pengalihan khusus silahkan anda edit, terlihat, seperti gambar dibawah ini:

Trik mengganti permalink blogspot tanpa kehilangan trafik

e. Pada pengaturan pengalihan, silahkan tekan tombol "Pengalihan Baru", kemudian masukan permalink seperti contoh diatas namun hanya text yang diwarnai dengan tulisan merah saja, seperti ilustrasi dibawah ini:

Dari: masukan /2014/02/cara-mengganti-pemalink-wordpress-dan-blo.html
Kepada: masukan /2015/02/cara-mengganti-pemalink-blog.html
Permanen: silahkan ceklis Ya

Kemudian simpan pengarutan anda, dan tekan lagi tombol "Simpan perubahan" terlihat seperti gambar dibawah ini:

cara redirect url blog baru tanpa kehilangan trafik


Dengan cara diatas maka setiap kali artikel blog lama yang sebelumnya sudah dikenal oleh google dan sudah banyak mendatangkan pengunjung organik ditemukan di hasil pencarian, maka akan dialihken ke artikel B yang baru anda buat, dengan demikian tidak akan mempengaruhi trafik dan mampu mempertahankan pengalaman pengunjung secara baik.

Jika anda hanya membuat postingan baru yang sama persis dengan permalink yang sudah diperbaiki, kemudian artikel lama sebelumnya anda hapus atau dikembalikan ke draft, tanpa adanya pengalihan maka akan berpotensi banyaknya ditemukan page not found 404 dan brokn link ketika ada pengunjung yang menemukan url artikel postingan artikel lama anda, oleh karena itu cara terbaik adalah mengalihkan artikel lama ke artikel baru anda secara permanen.

Cara diatas bisa juga anda gunakan ketika anda terpaksa harus menghapus artikel postingan blog anda karena beberapa hal, anda bisa mengalihkan redirect dari url artikel lama ke halaman baru yang menjelaskan bahwa postingan sudah dihapus secara sengaja, dengan cara ini akan meningkatkan pengalaman pengunjung blog anda lebih baik.

Baca Juga: Cara menghapus artikel postingan blog yang benar dan seo friendly

Demikian artikel tentang Trik Mengganti Permalink blogspot tanpa kehilangan trafik, semoga bermanfaat.

14 komentar:

  1. wah baru tau saya gan, kalaw permalink bisa diganti, tapi biasanya permalink di tentukan dengan pasti supaya gak gonta ganti,

    terima kasih infonya gan, sangat membantu saya yang baru belajar ngeblog

    ReplyDelete
  2. Cara seperti ini bisa dilakukan berulang-ulang dengan pengalihan khusus atau hanya sekali pakai mas? Pernah pengen nyoba sih mas, tapi gak berani :D

    ReplyDelete
  3. lho itu gak pengaruh sama googlenya mas..takut duplikat gitu?

    ReplyDelete
  4. asyik jadi bisa deh akibat memakai cara ini, terimakasih trafik kembali aman

    ReplyDelete
  5. jadi artikel lama dengan url yang ingin diganti tsb (artikel A) tetap dihapus ya mas? hanya url-nya dialihkan ke artikel baru artikel (B).
    benarkah kesimpulan saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di draft atau dihapus jika sudah benar-benar dialihkan

      Delete
  6. Saya telah mencoba banyak sekali tips SEO tapi masih saja blog saya tidak masuk ke pencarian google...apa kira-kira ada yang salah dengan blog saya?

    ReplyDelete
  7. benar-benar berhasil mas, post lama saya ganti permalinknya dengan judul dan permalink baru. Hasil di serp gak pengaruh sudah saya coba. Pencarian langsung diarahkan ke permalink yang baru.

    makasih mas atas ilmunya. jazakallah

    ReplyDelete
  8. Nanya mas...!Saya sering menjumpai sebuah blog yang artikelnya rata-rata nongkrong di page one rank 1-5 sama seperti blog ini yg sering nongol di search google.
    Pertanyaannya gini mas di page google tanggal postingan misalnya 09/des/2015 tp pas saya buka artikelnya dan saya cek link url-nya malah tertera 2014/01/02/bla-bla-bla...? Apakah itu cara membuatnya sama dengan cara di atas ya mas?soalnya saya masih belum mencobanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan bisa gunakan cara diatas, artikel lama diredirect ke artikel baru dengan tanggal yang lebih muda

      Delete
    2. Oh pantesan blog yang saya maksud itu selalu ada di page one.jadi ini toh rahasianya...hem gak rugi deh saya bookmark blog strukturkode.blogspot.co.id . Kalau mencari keyword yang paling banyak di cari oleh visitor gimana caranya mas? Soalnya artikel saya mau di ganti nih seperti diatas siapa tau aja setelah ganti kata kunci bisa naik rank 1-3.untuk saat ini artikel yang saya maksud masih nongkrong di peringkat 4-5.
      Harap di maklumi bahasanya mas

      Delete
    3. Agan zaini zaena zaenu, sebagai referensi bisa baca ini:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/10/5-cara-menemukan-kata-kunci-paling-banyak-dicari.html

      Delete
  9. Saya menemukan banyak sekali duplikasi meta deskripsi dan judul di Google Analytics di bagian Penyempurnaan HTML akibat merubah judul atau link secara sembarangan. Blog saya menggunakan Joomla dan saya pernah merubah pengaturan untuk menggunakan suffix atau akhiran .html dan juga pernah tidak menggunakan.

    Abibatnya Google mendeteksi artikel yang sama persis dianggap duplikat karena yang satu menggunakan akhiran .html dan satunya lagi tidak. Apakah untuk mengatasi ini saya bisa menggunakan cara di atas yaitu mengalihkan artikel tanpa akhiran .html ke artikel sama yang menggunakan akhiran HTML?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan memasang meta link rel canonical di template blognya,

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!