Screenshot atau screencapture adalah istilah untuk mengambil gambar tampilan layar baik itu di layar hp maupun layar komputer yang bisa kita simpan dalam bentuk sebuah gambar berformat JPG atau PNG, sehingga bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan.

Khusus untuk screenshot di hp, apapun merk hp yang kita miliki baik itu asus zenfone, samsung, sony dan merk hp lainnya untuk saat ini teknologinya sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk mengambil screen capture yang bisa kita operasikan dengan sangat mudah, namun karena fasilitas ini dianggap akan jarang sekali digunakan, fasilitas ini sedikit tersembunyi dan perlu cara-cara khusus untuk mengoperasikannya.

Cara mengambil screenshot di hp sebenarnya bisa kita lakukan dengan 2 cara, bisa menggunakan tombol-tombol fisik yang telah ditentukan atau bisa menggunakan software a tau aplikasi mobile khusus, namun yang paling cepat mudah dan praktis tentu saja dengan menggunakan tombol fisik yang terdapat pada perangkat hp yang bersangkutan, sehingga kita tidak perlu repot-repot harus menginstal aplikasi screen shoot.

Di artikel kali ini akan saya jelaskan mengenai 2 Cara mudah mengambil screenshot di HP Asus Zenfone untuk Semua Versi, baik itu asus zenfone 2, asus zenfone 2S, asus zenfone 4, 5 6, asus zenfone laser dan merk asus lainnya

2 Cara Mudah Mengambil Screenshot di HP Asus Zenfone

Berikut beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengambil screencapture di hp asus zenfone android dengan sistem operasi android.

Cara 1- Menggunakan 2 Tombol Fisik

Cara ini mungkin cara yang paling mudah dan praktis, anda tinggal menekan tombol fisik tertentu yang terdapat didalam body hp asus anda untuk mengambil screen shoot layar hp anda, caranya adalah sebagai berikut:

a. Sebelum mengambil Screenshot, silahkan masuk ke tampilan layar yang ingin anda ambil sebagai gambar.

b. Tekan tombol Power Key dan tombol Volume down key (tombol pengecil suara) secara bersamaan, ilustrasi letak tombol, bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

Cara mengambil screenshoot pada layar hp asus zenfone
 Sumber gambar: Asus

Ingat jangan salah, hanya tekan tombol power key dan tombol Volume down key saja, harus secara bersamaan secara sekaligus.

Langkah-langkahnya, siapkan dan letakan jari telunjuk anda di tombol power, dan jari tengah anda di tombol Volume down key, kemudian tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan dan sekaligus (ingat benar-benar harus secara bersamaan, jika tidak maka tidak akan berhasil), kemudian tahan dan tunggu dalam 1 detik.

Jika cara anda benar maka screen shoot akan diambil dan akan tersimpan secara otomatis pada perangkat smartphone anda, gambar hasil screen shoot biasanya akan diletakan di folder /Internal storage/ Screenshots

Anda bisa melihatnya di aplikasi galeri android anda, karena gambar biasanya secara otomatis akan terintegrasi dengan galeri.
 

Cara 2 - Dengan menggunakan 1 tombol khusus

Cara kedua adalah dengan menggunakan sentuhan khusus di salah satu tombol hp asus zenfone anda, sebelum mencoba cara ini, sebelumnya anda harus mengatur konfigurasi terlebih dahulu pada pengaturan hp asus zenfone anda.

Langkah-angkahnya adalah sebagai berikut:

a. Pilih menu setting atau pengaturan/ Setelan

b. Kemudian pilih "Asus customized settings"

c. Kemudian pilih "Recent apps key" akan muncul 3 pilihan
  • Always show recent apps
  • Tap and hold to capture screen
  • Tao and hold to show menu 
Silahkan pilih menu "Tap and hold to capture screen" (Sentuh dan tahan untuk mengambil screenshot)

c. Tentukan format gambar, dengan memilih Screenshot format file, silahkan pilih dan tentukan format gambar screenshot (JPG atau PNG)

#Cara Mengambil Screenshot:
Setelah pengaturan selsesai dilakukan anda bisa mengambil screen shoot layar hp anda dengan mudah, caranya sebagai berikut:

a. Silahkan anda tentukan layar tampilan yang ingin anda ambil gambar screenshot-nya

b. Tekan dan tahan tombol
Screen capture akan terambil. dan secara otomatis atak tersimpan di folder /Internal storage/ Screenshots

Anda bisa melihatnya di aplikasi galeri android anda, karena gambar biasanya secara otomatis akan terintegrasi dengan galeri.

Demikian artikel sederhana mengenai  2 Cara Mengambil Screen Shoot Di HP Asus Zenfone untuk Semua Versi, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!