Sebelum kita bahas mengenai dampak blogspot ganti domain menjadi TLD saya akan ulas sedikit mengenai apa itu custom domain?, mungkin ada dari anda yang kebetulan baru mengenal dan mendengar istilah custom domain, custom domain adalah pergantian domain dari awalnya hanya domain gratisan seperti domain .blogspot.com diubah menjadi Top Level Domain (TLD) atau menjadi domain dengan nama domain pribadi, misalnya dari (strukturkode.blogspot.com menjadi strukturkode.id), custom domain biasanya berakhiran .com, .org, .net, .co.id, tanpa embel-embel .blogspot.com tergantung keinginan.

Untuk blog yang masih terbilang baru custom domain tidak akan memberikan pengaruh yang terlalu berarti, namun untuk blog yang sudah memiliki trafik tinggi, custom domain akan memberikan resiko negatif, terutama yang berkaitan dengan trafik, di awal setelah proses custom domain blog akan kehilangan trafik untuk sementara, namun pada akhirnya trafik akan kembali seiring waktu.

Untuk para publisher google adsense, disarankan untuk mempertimbangkan resiko custom domain terhadap iklan google adsense, karena blog dengan custom domain tidak akan bisa menampilkan iklan google adsense, apabila akun google adsense yang anda miliki kebetulan masih versi hosted, namun jika akun google adsense yang anda miliki adalah akun google adsense non-hosted, tentunya perpindahan dari domain blogspot ke domain pribadi bukan suatu masalah, karena iklan google AdSense akan tetap bekerja dengan baik.

6 Resiko Melakukan Custom domain dari blogspot menjadi TLD

Khusus untuk publisher google adsense yang masih memiliki akun google adsense hosted, ketika anda memutuskan untuk melakukan custom domain, maka akun google adsense anda juga terpaksa harus ikut diupgrade menjadi akun google adsense non-hosted, tujuannya adalah agar iklan bisa bekerja dengan baik di blog custom domain pribadi anda.

#Alasan Blog gratis perlu melakukan custom domain ?


Ada beberapa alasan para blogger melakukan migrasi dari blog gratisan yaitu blog ber-flatform blogspot menjadi blog dengan top level domain (TLD), beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Agar blog lebih kelihatan profesional

Blog dengan top level domain  lebih profesioan dan akan kelihatan lebih serius dikelola, sehingga dapat meningkatkan otoritas situs di mata pengunjung,

b. Meningkatkan site branding

Blog dengan custom domain dapat meningkatkan brand situs anda dan juga brand nama anda sehingga situs memiliki identitas yang jelas, anda bisa menambahkan logo blog anda yang mewakili brand situs anda dengan tujuan agar blog anda lebih cepat dikenal, dipercaya serta  memiliki otoritas tinggi dimata pengunjung.

Custom domain akan sangat bermanfaat terutama untuk blog yang memang khusus digunakan sebagai media untuk berbisnis.

c. BiayaCustom domain untuk blogspot cukup murah

Alasan lainnya banyak para blogger beralih dari blog gratisan menjadi blog dengan top level domain adalah karena biaya untuk melakukan custom domain tidak terlalu mahal serta terjangkau.

Untuk beralih dari blogspot menjadi top level domain, anda hanya perlu membeli nama domain saja tanpa harus membeli paket hosting, dan harga domainpun cukup murah ada di kisaran 10$ -15$ per tahun.

Artikel terkait: Cara Mudah custom domain blogspot

d. Domain blog gratisan kurang dipercaya

Domain blog gratisan terutama untuk blog-blog yang memang dikhususkan untuk berbisnis kurang dipercaya oleh pembeli, sehingga jika para pelaku bisnis hanya mengandalkan blog gratisan tentu akan sulit berkembang. oleh karena itu untuk blog yang khusus digunakan sebagai media berbisnis mau tidak mau harus melakukan custom domain.

#Resiko Melakukan Custom domain dari blogspot ke TLD

Selain memiliki beberapa kelebihan, costum domain juga ternyata memiliki kerugian atau resiko, namun sifatnya hanya sementara saja, resiko tersebut bisa terjadi dan terasa dampaknya terutama untuk blog yang sudah berumur, populer dan sudah memiliki trafik yang cukup tinggi, sedangkan untuk blog yang masih berusia kurang dari 3 bulan dampaknya tidak akan terlalu terasa berhubung blog masih sangat baru.

Perlu diingat ketika anda melakukan custom domain maka itu artinya sama saja dengan anda membuat blog baru, perbedannya dengan blog baru adalah, jika blog baru benar-benar harus dimulai dari nol, sedangkan blog baru hasil custom domain tidak harus dimulai dari nol, karena blog tersebut sudah memiliki artikel dan juga trafik dari blog lama, sehingga blog hasil custom domain berpotensi akan cepat mendapatkan trafik normal seperti pada saat blog tersebut belum diganti domain.

Berikut beberapa resiko pergantian blogspot menjadi TLD:

1.  Kehilangan trafik sementara

Salah satu resiko yang harus anda tanggung ketika melakukan custom domain dari blog gratisan ber-flatform blogspot adalah anda akan kehilangan banyak trafik namun sifatnya hanya sementara.

Trafik blog yang biasanya bersumber dari mesin pencari Google, akan di- redirect 301 (permanet redirect) oleh blogspot ke domain baru. Ini memerlukan tahap dan waktu karena url yang lama akan dihapus dan diganti dengan url yang mengarah ke custom domain yang telah diajukan. Masa transisi ini akan menyebabkan pengunjung blog kita menurun untuk sementara waktu.

trafik seiring waktu akan cepat pulih karena memang blog hasil custom domain sebelumnya sudah memiliki trafik, sehingga untuk kembali mendapatkan trafik tidak akan terlalu lama.

2. Alexa rank membengkak

Yang kedua efek dari custom domain adalah alexa rank blog anda akan membengkak, itu artinya nilai alexa rank semakin buruk atau kembali ke awal, anda jangan heran karena domain baru anda akan sama seperti blog yang baru dibuat karena memang blog hasil custom domain akan dinggap sebagai blog baru, namun karena blog custom domain berpotensi pulih seperti sebelumnya, maka nilai alexarank akan cepat membaik seiring waktu.

3. Kecepatan index google akan menurun

Resiko berikutnya setelah melakukan pergantian domain dari blogspot menjadi top level domain, kecepatan index google akan semakin menurun, itu artinya setiap artikel baru yang anda terbitkan akan memakan waktu yang cukup lama untuk diindex dan dikenali mesin pencari, pada umumnya index bisa memakan waktu kurang dari 24 jam, namun setelah custom domain  index google bisa memakan waktu 1 sampai 3 hari.

Kondisi ini normal dan sifatnya sementara, ini akibat google bot perlu waktu untuk menyelesaikan index semua artikel yang tedapat di domain baru anda, seiring waktu dan semakin anda sering menerbitkan artikel kecepatan index akan kembali normal.

Baca juga: 8 Cara memercepat index google untuk blog baru

4. Kehilangan langganan setia Pembaca Feed

Feed biasa digunakan sebagai media untuk konten marketing, salah satu caranya yaitu dengan menyediakan kotak subcriber dari feed burner di halaman blog, sehingga setiap pengunjung blog anda bisa berlangganan artikel blog anda dengan memasukan email mereka pada kotak subcriber yang telah disediakan, dengan berlangganan artikel maka setiap ada artikel baru yang diterbitkan pada blog tersebut, secara otomatis akan diinformasikan kepada subcriber setia blog melalui email yang dikelola oleh layanan feed burner yang anda gunakan.

Artikel terkait:
Cara melakukan seting feed burner yang benar di blog
Cara Memperpendek rss feed untuk keamanan blog 

Sayangnya jika anda melakukan custom domain, url subcriber feed burner akan dianggap baru akibatnya subcriber atau langganan pembaca blog anda melalui feed akan hilang dan kembali menjadi nol, jika mereka masih menyukai blog anda maka mau tidak mau mereka harus melakukan resubmit ulang pada feedburner blog baru anda.

5. Memerlukan Biaya sewa domain

Ketika anda memutuskan untuk melakuka custom domain mau tidak mau anda harus menyisihkan uang tahunan untuk membayar sewa domain blog anda, biaya custom domain blogspot memang cukup murah berbeda dengan custom domain wordpress self hosting, dengan blogspot anda hanya cukup membeli nama domain saja tanpa harus membeli layanan hosting karena hostingnya masih di google.

Setelah anda melakukan custom domain mau tidak mau anda harus mengeluarkan uang setiap tahun untuk membayar sewa domain blog anda ke penyedia layanan domain yang anda sewa.

6. Pagerank kembali nol

Pagerank yang sudah anda miliki sebelumnya akan kembali ke awal  dan tidak akan bertambah, berhubung pagerank sampai sampai saat ini tidak pernah di update lagi oleh google. jika anda salah satu yang masih mempercayai efek positif dari pagerank yang dimiliki blog, maka anda harus berani menanggung resikonya karena setelah custom domain pagerank blog anda akan kembali ke awal, sama halnya seperti pagerank yang dimiliki oleh blog baru.


#Lakukan ini sebelum dan sesuah melakukan custom domain

Setelah anda mengetahui dampak setelah melakukan custom domain, saya akan memberikan tips untuk anda yang kebetulan memutuskan untuk melakukan custom domain, agar blog custom domain anda cepat pulih dan mendapatkan trafik secara normal.

1. Siapakan Artikel untuk Diterbitkan selama 3 bulan

Yang pertama yang harus anda persiapkan sebelum melakukan custom domain adalah, anda harus mempersiapkan artikel, tujuannya adalah agar diawal custom domai anda bisa menerbitkan artikel setiap hari selama rentang waktu 3 bulan, sehingga akan mempercepat index google terhadap blog baru anda.

Custom domain akan berdampak pada visitor blog yang akan turun sementara, cepat tidaknya visitor kembali normal tergantung kecepatan index mesin pencari google terhadap blog anda, agar setiap artikel blog yang terdapat pada custom domain baru lebih udah untuk diindex maka kita harus memastikan bahwa google bot selalu melakukan crawl terhadap domain blog baru, salah satu caranya adalah dengan sering secara kontinue menerbitkan artikel, semakin sering anda menerbitkan artikel maka google index akan semakin cepat dan jika domain blog baru anda berhasil diindex oleh mesin pencari pengunjung blog akan kembali normal bahkan bisa melampaui jumlah pengunjung sebelumnya.

Artikel terkait : Tips Mengembalikan trafik setelah custom domain

2. Daftarkan kembali domain blog baru anda di google search console atau google webmaster tool

Dengan mendaftarkan blog ke google webmaster tool akan memberi sinyal kepada google bot atau robot mesin pencari bahwa ada blog baru yang siap untuk dicrawl, jangan lupa submit ulang sitemap domain blog baru anda, sitemap akan membantu robot mesin pencari menjelajahi dan menelusuri blog baru anda secara lebih mudah untuk diindex.

3. Daftarkan juga blog baru anda di google analitic.

Google analitic akan membantu blog anda lebih mudah untuk terindex, silahkan anda segera lakukan registrasi ulang di google analitic setelah anda berhasil melakukan custom domain.

4. Upgrade Akun google adsense Hosted Anda.

Khusus untuk anda publisher google AdSense, Jika akun google adsense yang anda miliki kebetulan adalah akun google adsense hosted dan anda memutuskan utuk beralih ke custom domain, maka anda harus mengupgrade akun google adsense anda menjadi akun google adsense non-hosted, sehingga iklan bisa bekerja dan tampil di blog top level domain anda.

Silahkan baca : Cara upgrade akun google adsense hosted menjadi non-hosted



Demikian artikel tentang 6 resiko yang ditimbulkan ketika melakukan custom domain blogspot menjadi TLD, semoga dengan adanya artikel ini anda bisa mengambil manfaat dan bisa mempertimbangkan hal-hal apa saja yang harus anda persiapkan ketika melakukan custom domain. semoga bermanfaat.


9 komentar:

  1. Yang masih membingungkan bagi saya mas, setelah blog di custom domain, ketika proses pendaftaran ulang ke mesin pencari...

    Pendaftaran blog GWT sebelumnya atas nama domain blogspot terdahulu apakah wajib dihapus? Atau dibiarkan saja? Berarti terjadi duplikat dong dengan pendaftaran blog TLD?

    Banyak yang bilang kalo pendaftaran GWT atas domain blogspot tidak perlu dihapus, kalo dihapus sah-sah saja, kesimpulannya bebas.

    Bingung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya pribadi, di awal sebelum blog domain baru dikenali sepenuhnya saya biarkan yang lama dan tidak lupa url domain blog baru didaftarkan, setelah trafik domain blog baru normal, baru hapus url domain blog lama di GWT.

      ada juga yang membiarkannya, sepertinya sah-sah saja.

      Delete
  2. dan backlink menjadi nol lagi yah mas?
    makasih mas sharenya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap betul sekli mas, sama halnya seperti blog baru

      Delete
  3. maaf om saya mau nanya lagi...
    emang untuk daftar adsense kita diharuskan ganti domain ga sih om?
    kalo kita ga ganti domain blogspot gmn jadinya?
    kaya blog punya om yang ini kan masih pake domain blogspot...terimakasih sebelumnya..maaf banyak nanya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. keduanya bisa gan, blogspot ataupun domain pribadi.

      kalo daftar melalui blogspot maka akun adsensen yang diperoleh akan hosted (hanya bisa dipasang diblogspot saja) jika dafar melalui domain pribadi akun adsennya akan non-hosted (bisa dipasang di youtube, blogspot dan blog pribadi)

      Delete
  4. kenapa blog ini nggak custom domain kang Didin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara ingin jadi ujicoba dulu gan, sampai mana kemambuan blogspot, biar yang di custom blog yang lain.

      Delete
  5. custom domain selain .com di blogspot bisa gak? misalnya pake .link atau .top atau yang lainnya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!