Sebelum kita urakan bagaimana cara mendaftarkan blog ke google analytics, saya akan jabarkan sedikit mengenai apa itu google analitik?, Barangkali anda termasuk yang baru pertama kali mendengar istilah google analitik, google analitik atau google analytics adalah tool online gratis alias free yang disediakan oleh google untuk membantu webmaster yaitu  pemilik blog atau website supaya dapat memonitor aktivitas pengunjung terhadap blog yang mereka miliki, google analytics dapat memberikan informasi secara detail yang bermanfaat untuk si pemilik blog yang berkaitan dengan interaksi pengunjung terhadap blog yang mereka miliki .

Google analytics pada umumnya digunakan sebagai alternative untuk memonitor pengunjung blog, sama halnya dengan histats, namun informasi yang disajikan oleh google analytics jauh lebih lengkap, lebih detail dan lebih baik daripada histats, kelemahannya untuk sebagian orang goole analytics cukup membingunkan, sedangkan histats tampilannya lebih sederhana terutama untuk memonitor visitor atau pengunjung blog.


Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics Terbaru
Google Analytics

Apakah blog perlu didaftarkan ke google analytics?

Tergantung, tapi menurut saya jika anda seorang blogger yang memang serius memelihara dan mengembangkan blog apalagi blog yang dikelola adalah blog untuk bisnis, saya menyarankan untuk mengintegrasikan blog ke google analytics, tujuannya adalah agar anda dapat memonitor interaksi pengunjung terhadap blog anda secara lebih detail dan lengkap melalui informasi yang dilaporkan oleh google analytics, sehingga anda biasa mengevaluasi setiap kelemahan atau kekurangan yang dimiliki oleh blog anda untuk diperbaiki dan ditingkatkan, dengan demikian blog anda akan menjadi blog yang lebih baik terutama dimata pengunjung dan juga mesin pencari.

Informasi Apa saja yang dilaporkan oleh google analytics?

Banyak sekali informasi yang dilaporkan oleh google analitik yang dapat anda manfaatkan untuk meningkatkan kualitas blog anda baik dari sisi SEO maupun dari sisi konten, beberapa informasi penting yang dilaporkan oleh google analytics adalah sebagai berikut:

a.    Informasi Realtime pengunjung aktif
b.    Informasi Statistic Usia pengunjung
c.    Informasi asal negara pengunjung
d.    Informasi sumber datangnya pengunjung
e.    Informasi Grafik lainnya yang berkaitan dengan pengunjung blog anda.

Bagaimana sih cara mendaftarkan blog ke google analytics?

Cara mendaftarkan blog ke google analitik sebenarnya sangat mudah sekali, namun untuk sebagian orang mungkin bisa saja membingungkan, melalui artikel kali ini saya akan coba uraikan bagaimana cara mendaftarkan blog ke google analytics sekaligus mengintegrasikan blog dengan google analytics sehingga aktivitas pengunjung blog dapat terekam oleh tool google analytics.

Langkah-langkah mendaftarkan blog ke google analytics adalah sebagai berikut:

1. Buka alamat google analytics,  www.google.com/analytics
2. Silahkan anda masuk atau login dengan email gmail anda, sebaiknya gunakan email yang sama dengan akun blog anda untuk mempermudah integrasi.
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analitic Terbaru
Daftar Google Analytic

3.Silahkan Tekan tombol Pendaftaran, di sebelah kanan, anda akan melihat tampilan seperti gambar berikut:

Daftar Google Analytics



Silahkan Anda Situs Web, kemudian isi data yang diminta sebagai berikut:


a. Nama Akun : Isi dengan nama akun yang anda inginkan misal Blog Saya

b. Nama Situs Web: Isi dengan nama situs web, sesuaikan dengan nama blog anda, misal strukturkode.blogspot.com

c. URL Situs Web, isi dengan url situs atau blog anda, misal strukturkode.blogspot.com

d. Kategori Industri : Pilih sesuai dengan topik yang anda bahas pada blog anda, silahkan pilih saja yang menurut anda relevan.

e. Zona Waktu Pelaporan : Silahkan cari dan pilih Indonesia

- Biarkan pilihan lainnya.


4. Jika data yang diminta sudah anda isi, silahkan tekan tombol ID Pelacakan untuk mendapatkan kode pelacakan. akan tampil dialog perjanjian persyaratan layanan google, silahkan anda klik saja tombol "Saya Setuju". akan muncul halaman untuk mengambil tracking kode google analitik seperti gambar di bawah ini:

google analitic tracking code



Sampai tahap ini sebenarnya anda sudah berhasil tinggal anda mengambil tracking kode google analytics untuk ditempel di blog.

Mengenal 2 Jenis Tracking Kode google analytics:

google analitic tracking code

No 1 - Id Pelacakan.
Kode ini hanya bisa digunakan oleh blog berflatform blogspot, jadi jika kebetulan blog anda adalah blogspot anda bisa menggunakan kode ini atau menggunakan kode pelacakan universal, namun jika blog anda non-blogspot anda hanya bisa menggunakan Kode Pelacakan Universal Analitik.


No 2 - Kode Pelacakan Universal Analytics 
Ini adalah kode yang bisa digunakan secara universal, bukan hanya untuk blog berfaltform blogspot saja namun semua halaman web baik itu yang dibuat dengan wordpress, tumbler dan blog atau website lainnya bisa menggunakan kode universal ini. jadi jika website atau blog anda bukan flatform blogspot anda harus menggunakan kode ini

Cara Mengintegrasikan blog ke google analytics

Untuk mengintegrasikan blog ke google analytics anda harus mendapatkan tracking kode google analytics seperti terlihat pada gambar diatas.

Tracking kode google analytics adalah, kode atau script khusus untuk dipasang di template blog agar blog dapat terintegrasi dengan google analitik sehingga setiap pengunjung yang mengunjungi blog dapat terekan oleh google analytics.



1. Menggunakan ID Pelacakan

a. Silahkan anda catat ID Pelacakan, seperti No 1 Pada gambar diatas.

b. Masuk ke akun blogspot anda

c. Silahkan pilih blog anda, pada bilah menu sisi kiri, pilih menu Setelan > kemudian menu Lainnya

d. Scroll ke bawah, kemudian pada Bagian google Analytics, silahkan anda masukan ID Pelcakan yang sudah anda dapatkan.

Mengintegrasikan blog ke google analitic

e. Kemudian silahkan anda tekan tombol "Simpan Setelan".

f. Pilih menu Template > kemudian tekan tombol Edit HTML

g. Cari kode <head, kemudian letakan kode dibawah ini setelah kode <head tersebut.
<b:include data='blog' name='google-analytics'/>
h. Simpan Template

Sampai tahap diatas berarti anda sudah sukses mengintegrasikan blog dengan google analytics menggunakan ID Pelacakan.

2. Menggunakan Kode Universal Analytics

Cara kedua untuk mengintegrasikan blog dengan google analytics adalah menggunakan kode universal, langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Kopikan Kode Universal Analytics, seperti terlihat pada No 2 gambar diatas

b. Login ke akun blogspot anda kemudian pilih blog anda.

c. Pada bilah menu sisi kiri pilih Menu Template > Edit HTML untuk membuka kode template blog

d. Cari kode </body> biasanya letaknya paling bawah

e. Letakan kode universal analytics yang sudah anda copy sebelum kode </head>

f. Simpan Template anda

Sampai tahap ini berarti anda sudah sukses mengintegrasikan blog anda ke google analitik menggunakan kode universal analytics.

Penutup

Jika Langkah-langkah diatas dari mulai mendaftar ke google analytics sampai berhasil mengintegrasikan blog ke google analytics sudah dilakukan, silahkan anda tunggu minimal 1 minggu untuk melihat informasi yang dilaporkan oleh google analytics.

Dengan mengintegrasikan blog ke google analytics maka setiap interaksi pengunjung terhadap blog anda akan dapat terus di monitor dilaporkan sehingga bisa menjadi bahan evaluasi untuk menjadikan blog lebih baik.