Google AdSense memang salah satu media periklanan yang paling banyak sekali diminati, karena boleh dibilang adsense memberikan komisi yang cukup besar untuk para publishernya, di balik komisinya yang besar menjadi publisher adsense tentu tidaklah sembarangan, karena tidak lepas dari peraturan atau kebijakan adsense yang harus selalu di patuhi oleh para publishernya, jika tidak maka kemungkinan besar banned bisa saja terjadi pada situs/blog anda atau pada akun adsense anda.

Sebagian besar hal-hal yang berkaitan dengan pelanggaran kebijakan google Adsense sebenarnya dapat kita antisifasi, namun sayangnya terkadang ada beberapa penyebab banned google adsense tak terduga yang harus diwaspadai.

Antisifasi banned pada akun google adsense yang tak terduga

Artikel ini saya buat dari pengalaman pribadi ketika tiba-tiba saya mendapatkan email peringatan dari google adsense bahwa di blog saya ada halaman yang dianggap melanggar kebijakan google adsense, padahal saya merasa tidak pernah melakukan hal-hal yang dianggap melanggar kebijakan, setelah saya amati ternyata penyebabnya jauh sekali dari dugaan saya.

Hal serupa mungkin saja terjadi pada akun adsense anda, oleh karena itu melalui artikel kali ini saya ingin berbagi kepada anda, terutama untuk para publisher adsense yang masih pemula, sehingga anda bisa mengantisifasi hal-hal tak terduga yang dapat menyebabkan di-non-aktifkannya akun adsense anda.

1. Hati-hati Iklan muncul di hasil Pencarian blog

Adanya fasilitas pencarian di halaman blog sebenarnya tidaklah masalah, justru dapat mempermudah pengunjung untuk menemukan setiap artikel blog anda, namun ternyata fasilitas pencarian kadang digunakan oleh pengunjung blog anda untuk mencari dengan menggunakan kata-kata tidak relevan.

Pelanggaran yang mungkin terjadi :

a. Pengunjung menggunakan pencarian dengan kata-kata yang tidak sesuai kebijakan

Seperti terjadi pada blog saya, saya mendapatkan email peringatan dari google adsense yang cukup membuat saya terkejut, ternyata setelah dibaca penyebabnya adalah karena di halaman blog saya dianggap terdapat url yang mengandung text yang melanggar kebijakan google adsense.

Isi email peringatan tersebut kurang lebih terlihat seperti gambar di bawah ini:

Peringatan pelanggaran kebijakan banned adsense

Apa yang terjadi, coba lihat kotak warna merah diatas, ternyata di blog saya dianggap ada url yang mengandung kata-kata yang melanggar kebijakan google adsense, seperti yang terlihat pada gambar diatas, ada URL yang mengandung kata-kata tidak sesuai kebijakan google adsense (lihat text warna merah) :
http://strukturkode.blogspot.com/search?g=D0wnl0ad +fllm+lndla.


Wah-wah.....darimana datangnya URL tersebut?, setelah saya amati, ternyata URL tersebut adalah URL dari hasil pencarian di blog saya, artinya URL tersebut terbentukketika ada pengunjung blog yang melakukan pencarian menggunakan fasilitas kotak pencarian yang terpasang di halaman blog.

saya sedikit heran kenapa ada pengunjung blog yang menggunakan kata pencarian seperti itu di blog saya padahal topik yang saya bahas di blog bukanlah topik tentang d0wnl0ad f!lm, ntah itu sabotase atau mungkin hanya kebetulan saja.

Setelah URL yang dianggap melanggar di atas saya cek, ternyata  tampilan halaman URL tersebut terdapat iklan google adsense yang ikut muncul.

Mungkin ini yang menyebabkan bahwa url diatas dianggap tidak sesuai dengan kebijakan google adsense, dan saya diminta harus segera menghapusnya, jika tidak maka kemungkinan besar akun adsense akan di non-aktifkan.

b. Hasil pencarian berpotensi menampilkan halaman kosong saja

Ini juga menjadi alasan kenapa kita tidak boleh mengaktifkan iklan adsense di hasil pencarian blog, jika kata kunci yang digunakan adalah kata kunci yang tidak relevan sama sekali, maka hasil pencarian akan menghasilkan halaman kosong saja tidak ada hasil, karena memang kata-kata yang digunakan tidak relevan dengan artikel apapun pada blog anda.

Perlu anda tau bahwa salah satu kebijkanan google adsense, tidak boleh menempatkan iklan di halaman hasil generate otomatis, atau halaman yang tidak memiliki konten sama sekali, salah satunya adalah halaman yang dihasilkan dari proses pencarian di blog.

Saya mendapatkan peringatan dari google adsense, yang menyatakan pelanggaran tidak ada konten, seperti gambar dibawah ini:

pelanggaran google adsense

Ada salah satu url yang dianggap tidak memiliki konten, dan saya diminta untuk menghapus atau mencopot iklan google adsense dari url halaman tersebut, dan setelah diamati url tersebut bersumber dari url hasil pencarian blog.

Bagaimana Agar Iklan adsense tidak muncul di halaman hasil pencarian blog?

Memang awalnya tidak ada yang salah dengan tampilnya iklan di halaman pencarian blog dan sengaja iklan harus tampil, namun ketika ada pengunjung yang melakukan pencarian dengan kata kunci pencarian yang mengandung kata-kata yang tidak sesuai dengan kebijakan, atau kata kunci pencarian yang tidak cocok dengan artikel apapun sehingga bisa menghasilkan halaman hasil pencarian tanpa hasil alias kosong, sementara iklan tampil pada halaman hasil pencairan, itu akan menjadi masalah untuk akun google adsense anda, seperti yang saya alami diatas.

Kasus ini membuat saya terpaksa harus menghilangkan iklan di halaman hasil pencarian blog, untuk antisifasi kemungkinan-kemungkinan yang sama yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Kasus yang sama bisa saja terjadi pada blog anda, sehingga solusi terbaik adalah tidak menampilkan iklan di halaman hasil pencarian blog.

Langkah-langkah agar iklan tidak ikut tampil di halaman hasil pencarian blog adalah sebagai berikut:

1. Temukan kode-kode adsense yang tampil di halaman hasil pencarian blog.

2. Bungkus dengan tag kondisional blog, pada setiap kode unit iklan adsense yang tampil di halaman hasil pencarian. sehingga menjadi seperti dibawah ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'>
           --KODE UNIT IKLAN ADSENSE ANDA--
</b:if>
</b:if>
Dengan membungkus kode unit iklan adsense menggunakan kode tag kondisional di atas, iklan tidak akan muncul di halaman hasil pencarian blog ketika ada pengunjung melakukan pencarian pada blog anda.

Cara di atas adalah untuk mengantisifasi hal-hal yang tidak diinginkan, karena saya menyimpulkan dari URL hasil pencarian bisa terjadi ancaman akun adsense dinonaktifkan, manakala ada pengunjung yang melakukan pencarian dengan kata-kata yang dianggap melanggar kebijakan.

2. Hati-hati Link yang terpasang pada kotak komentar

Jika anda memberlakukan komentar pada blog anda, moderasilah komentar dengan teliti, jangan sampai ada pengunjung blog yang memasang komentar Name/URL atau menggunakan Open ID, juga di isi komentar yang memasang link menuju situs-situs yang tidak sesuai kebijkan. 

Ini juga pernah terjadi pada blog saya, saya mendapatkan peringatan yang sama seperti kasus diatas, manakala di salah satu halaman blog saya dianggap mengandung URL yang menuju situs-situs yang tidak sesuai kebijakan adsense, alhasil saya menemukan ada komentator yang memasang link di nama komentator yang menuju situs-situs tidak sesuai kebijakan, akhirnya saya hapus komentar pada halaman tersebut.
 

3. Jangan Menampilkan Iklan adsense di artikel dengan topik d0wnload

Jika anda memiliki artikel yang membahas download jangan sekali-kali memasang iklan adsense di halaman tersebut, saya pernah membuat sebuah artikel tentang d0wnload youtube, dan di halaman artikel tersebut iklan adsense muncul secara otomatis.

Di awal memang tidak terjadi apa-apa sampai akhirnya saya mendapatkan email teguran dari google adsense bahwa iklan google adsense terpasang pada artikel yang mendukung penyalah gunaan produk google, akhirnya saya diberi pilihan untuk tidak menampilkan iklan di halaman artikel tersebut atau menghapus artikel tersebut, akhirnya karena ingin aman saya terpaksa harus menghapus artikel tersebut dari blog dan index google melalui webmaster tool.

Artikel menarik lainnya: 11 penyebab banned pada akun google adsense


Itulah barangkali artikel tentang penyebab banned akun google adsense yang tak terduga sama sekali yang harus anda waspadai, untungnya adsense selalu memberi peringatan setiap kali ada hal-hal yang sifatnya tidak sesuai kebijakan sehingga kita masih bisa memperbaikinya. semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi tambahan kepada anda para publisher adsense untuk mengantisifasi banned pada akun google adsense anda. semoga akun google adsense anda terhindar dari hal-hal yang merugikan.

Oh ya jika anda kebetlan memiliki informasi tambahan mengenai penyebab banned tak terduga, silahkan berbagi dengan cara berkomentar pada artikel ini, terima kasih semoga bermanfaat.

23 komentar:

  1. Itu aneh. Itu kontras sekali ada nya sabotase. Kenapa ada saja org yg sirik ya mas. Saya teliti rata2 artikel nya mas Didin ada di halaman pertama mesin pencari. Saya yakin itu yg membuat publisher lain (oknum) tidak suka dan menghalalkan berbagai macam cara utk menggulingka kompetitor nya. Tujuan nya adalah agar semangat mas didin menurun saat akun adsense nya bermasalah dan berakhir dgn kualitas konten artikel yg ikut menurun. Kualitas menurun otomatis perlahan-lahan akan merosot peringkat nya. Itu tujuan dari kompetitor yg licik. Itu keliatan banget sabotase nya mas. Seandainya blog mas Didin jarang ada di pageone, saya yakin bakal aman, semakin sering ada di pageone, semakin banyak rintangan. Mudah2an pelaku nya sadar dan bisa lebih dewasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga saja kebetulan gan dan memang rentan sekali ternyata ada celah potensi melanggar kebijakan adsense dari hasil blog, kadang menggunakan kata-kata yang tidak sesuai kadang pencarian menghasilkan halaman kosong sementara iklan adsense aktif pada halaman tersebut. itu juga ternyata bisa dianggap menyalahi kebijakan karena dianggap memasang iklan di halaman kosong.

      Delete
  2. Om didin, saya mau tanya.. kan di blog saya menerapkan komentar menggunakan plugin facebook, nah setiap ada yang komentar saya tidak dapat mengetahui ( tidak ada notifikasi di dashbord iktisar/laman blog maupun di email). Solusinya bagaimana ya om biar bs ada notifikasi.. ? Oya satu lagi, apakah bagus menggunakan plugin komentar facebook atau bawaan dari blogger sendiri ? Saya tunggu jawabannya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya lebih memilih menggunakan komentar bawaan blog.

      belum pernah mencoba memakai komentar facebook gan, kalo ada fanspage untuk mempos setiap artikel blog, kaitkan saja ke email utama agan

      Delete
    2. Saya punya jawabannya mas.

      Di dalam template blogger, kita diberi keleluasaan untuk menambahkan beberapa kode HTML/Javascript yang kita anggap penting.

      Nah, kode HTML yang kita anggap penting kali ini, dan tentunya berkaitan langsung dengan KOMENTAR FACEBOOK adalah menambahkan ID User di dalam template blog.

      Secara otomatis, terjadi sinkronisasi. Nah, di halaman facebook yang terhubung langsung ke blog tersebut, ada pilihan moderasi komentar...

      Nah, manfaatkan moderasi komentar tersebut. Saya sudah mencoba kok. Berhasil. Tapi saya hapus lagi, lebih memilih komentar Google Plus sih hehehe...

      Delete
  3. Makasih banget kang infonya, kalau punya saya kadang peringatan kalau iklan sering muncul tidak disitus anda, gitu kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang memasang kode adsense punya agan di situs orang lain, bisa dilihat di akun adsensennya biasanya ada laporannya.

      jika tidak di klaim tidak masalah meskipun iklan diletakan di situs melanggar kebijakan.

      Delete
  4. Kang didin, saya masih penasaran, Yang dimaksud dibanned adsense.. Itu akun adsense nya atau blog kita juga yang ikut ke banned? Mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 kategori banned adsense gan, yang pertama karena disebabkan oleh pelanggaran tingkat situs dan pelanggaran tingkat akun, hal-hal semacam diatas jika dibiarkan bisa menyebabkan pelanggaran tingkat situs, dampaknya blog akan dibanned tidak bisa menayangkan iklan adsense.

      Delete
  5. Mantap gan sharingnya.
    Untuk cara agar iklan GA tidak muncul di halaman pencarian blog bgmn ya, bukankah iklan yg ditaruh di widget akan selalu tampil di tiap halaman blog ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pake kode kondisional blog, kalo yang di widget juga bisa, masuk ke kode template blog kemudian cari kode widget yang digunakan untuk memasang iklan pake bukus pake tag kondisional isinya.

      Delete
  6. apa kabar kang Didin? sehat yaa
    kang saya coba daftar adsense lagi tp kenapa ya pas mau save and continue mentok di

    Cannot connect to the server. Please check your Internet connection and try again. padahal koneksi oke2 aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba agan logout dulu, kemudian clear chache di browsernya, login kembali dan coba daftarkan lagi, itu dianggap tidak ada koneksi jika koneksi normal bisa jadi dari chache browser yang belum dibersihkan.

      Delete
  7. Bang ..numpang tanya, saya memiliki 3 blog semuanya belum ada yang diterima GA, yang satu masih nunggu udah 5 hari, saya baru 6 bln ni bgeblog, terus yang mau ditanyain : blog saya yang 1 nya dinonaktifkan akun adsense karena mencoba mengganti email saat mendaftar, gimana caranya agar akun GA saya dapat di aktifkan kembali? apakah saya harus mengajukan banding..? terima kasih atas jawabannya, saya selalu ngikutin panduan dari Blognya Abg ni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banding hanya berlaku jika adsense sebelumnya sudah diterima dan karena dianggap melakukan hal tertentu yang tidak sesuai kebijakan akhirnya akun adsense di non aktifkan baru banding bisa dilakukan, selama belum diterima dan masih proses pendaftaran bisa coba mendaftar kembali.

      Jika akun adsense di banned maka tidak bisa daftar lagi sampai kapanpun kecuali biodata diganti,

      Delete
  8. Kang didin, kalau menghilangkan widget iklan adsense dihalaman pencarian gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon jawabannya kang, sudah lama saya tunggu

      Delete
    2. bungkus iklan adsennya dengan tag kondisional jadi nampak seperti ini:

      <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
      <b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'>
      --KODE UNIT IKLAN ADSENSE ANDA--
      </b:if>
      </b:if>

      Delete
  9. Jika iklan terletak di sidebar otomatis akan muncul dihalaman pencarian blog kak. Gimana mengatasi hal itu ? Apakah itu termasuk juga melanggar TOS dari google adsense ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus pake tag kondisional gan, yang dipasang pada kode template blog tepat di kode widget yang bersangkutan.

      studi kasus agan bisa baca:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2016/05/cara-menggunakan-tag-kondisional-untuk.html

      semoga membantu.

      Delete
  10. Mau tanya nih. Itu peringatannya dikirim GA lewat email langsung atau nunggu beberapa hari atau gimana? Jadi, kan kita nggak tau, kapan pelanggaran tak terduga itu terjadi :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikirim ke email.
      adsennya diseting agar selalu notifikasi ke email dan emailnya sinkronisasikan dengan HP, agar setiap kali ada kabar dari adsense dapat diketahui lewat notifikasi email di hp.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!