Satu hal yang diinginkan hampir semua blogger adalah menginginkan blognya memiliki banyak pengunjung, sehingga blognya menjadi populer dan dikenal oleh siapapun, sayangnya untuk membuat blog mendapatkan banyak pengunjung bukan perkara mudah, dan tidak bisa dilakukan secara cepat dan instant, ada proses-proses tertentu yang harus dilakukan oleh si pemilik blog yang harus selalu diupayakan agar blognya memiliki banyak pengunjung.

Tidak sedikit blogger yang membuat blog tanpa pengetahuan bagaimana cara mengembangkan sebuah blog, jika bukan kebetulan blognya tidak pernah berhasil mendatangkan pengunjung, bahkan cendrung lebih banyak postingan daripada pengunjung, padahal sebuah blog bisa dikatakan sukses jika jumlah pengunjung atau visitor blog dapat mendominasi atau lebih banyak berkali-kali lipat dari jumlah postingan.
Blog sulit dapat pengunjung

Ada banyak faktor yang menyebabkan blog sulit berkembang, sayangnya faktor-faktor ini terkadang tidak dikenali oleh para blogger pemula sehingga mereka tidak pernah sukses membuat blognya ramai pengunjung.

Faktor Yang Menyebabkan blog sulit mendapatkan pengunjung.

Ini khusus untuk blogger pemula yang sampai saat ini sulit mendapatkan pengunjung padahal blognya sudah berusia dan postingan sudah cukup banyak namun pengunjung tidak pernah lebih dari jumlah postingan.

Jika anda mengalami hal seperti itu bisa ini penyebabnya:

1. Kurangnya pengetahuan tentang SEO

Salah satu sumber trafik gratis yang bisa anda dapatkan adalah trafik yang bersumber dari mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan mesin pencari lainnya, namun agar blog anda bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari, blog dan juga artikel blog anda harus mampu muncul di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari.

Untuk mengupayakan agar blog bisa muncul di halaman pertama tentu bukan perkara mudah, perlu trik dan cara-cara khusus, orang lebih mengenalnya dengan teknik SEO (Search Enggine Optimization atau Optimasi Mesin pencari).

Jika anda menginginkan setiap artikel blog anda muncul di halaman pertama serta dapat bertahan di halaman pertama google dalam waktu yang lama, maka yang harus anda libatkan untuk blog dan juga artikel blog anda adalah teknik SEO, baik itu seo onpage maupun seo offpage.

Dengan mengetahui dasar-dasar seo anda akan memiliki tolak ukur untuk mengembangkan blog anda menjadi lebih baik, baik ketika membuat artikel atau ketika mempromosikan blog anda, tujuannya hanya satu agar blog mampu menjaring banyak pengunjung.

Sayangnya Teknik SEO ini terkadang tidak pernah tersentuh sama sekali oleh para blogger pemula sehingga tidak heran blog yang bersangkutan tidak pernah bisa mendatangkan banyak pengunjung.

2. Judul Artikel Yang anda buat kurang diminati

Salah satu penyebab sulitnya pengunjung yang mengunjungi blog anda adalah, artikel yang anda buat pada blog anda adalah artikel yang kurang peminatnya, artinya sedikit sekali orang yang mencari informasi yang relevan dengan judul artikel yang anda sajikan pada blog anda.

Memang ada banyak jenis artikel, ada artikel pilar ada juga artikel bantu, artikel pilar adalah artikel yang memang dibuat tujuannya untuk menjaring banyak pengunjung organik yang bersumber dari mesin pencari atau pengunjung yang bersumber dari media sosial, artikel ini biasanya dibuat dari hasil riset yang benar-benar dapat diandalkan.

Sedangkan artikel bantu adalah artikel yang anda buat hanya untuk tambahan informasi ini, artikel ini bisa dibuat seperti apapun tanpa harus melakukan riset terlebih dahulu, artikel ini biasanya sebagai penambah informasi di blog saja agar dapat di baca oleh pengunjung blog ketika mereka berhasil masuk ke halaman blog anda.

Meskipun ada yang beranggapan buat artikel ya buat saja tidak harus melakukan riset segala, memang benar namun blog anda akan sulit untuk mendapatkan banyak pengunjung dalam waktu yang cepat. oleh karena itu untuk tujuan-tujuan tertentu anda harus menyajikan artikel yang dibuat dari hasil riset, sehingga artikel tersebut akan mampu mendatangkan banyak pengunjung pada blog anda.

3. Blog anda Kurang dipromosikan

Satu lagi yang bisa menyebabkan blog anda sulit mendapatkan pengunjung adalah karena kurang promosi.

Saat ini banyak sekali sumber trafik, yang paling potensial adalah trafik yang bersumber dari mesin pencari dan trafik dari media sosial seperti facebook, twitter, atau google plus, trafik dari kedua media tersebut adalah trafik yang cukup potensial, jika anda bisa memanfaatkan kedua sumber trafik tersebut secara maksimal, maka blog anda akan mendapatkan banyak pengunjung.

Agar anda bisa mendapatkan trafik dari mesin pencari maka anda harus melibatkan optimasi seo, optimasi seo yang berkaitan dengan promosi adalah optimasi seo offpage salah satunya yaitu dengan membangun bacnlink.

Silahkan baca :

Sedangkan untuk melakukan promosi di media sosial, adalah sebagai berikut:
  • Anda bisa memasang tombol share pada halaman blog anda, sehingga memudahkan pengunjung untuk menshare artikel blog anda.
  • Mengintegrasikan blog anda dengan media sosial, sehingga setiap anda menerbitkan artikel maka artikel anda akan di posting juga di halaman media sosial.
  • Bergabung dengan group-group media sosial yang memiliki reputasi baik.
Silahkan baca: cara mempromosikan blog paling efektif

Tips agar blog mudah mendapatkan pengunjung

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan agar blog anda mudah mendapatkan pengunjung:

a. Lakukan riset kata kunci

Satu hal yang kadang selalu diabaikan terutama oleh blogger pemula adalah mereka taunya hanya menulis saja tanpa pernah melakukan riset kata kunci untuk judul, kurangnya pengetahuan menyebabkan mereka tidak tau caranya, padahal untuk beberapa alasan riset kadang benar-benar sangat diperlukan agar artikel blog anda memiliki potensi untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Tujuan riset kata kunci adalah mencari dan mendapatkan kata kunci untuk dibuat judul artikel yang memiliki banyak peminat.

Untuk melakukan riset kata kunci paling mudah dan populer adalah menggunakan google keyword planner, sebuah tool gratis milik google yang paling populer dan handal.

Silahkan baca: Riset kata kunci dengan google keyword planner

b. Libatkan SEO

Untuk melibatkan seo anda harus tau tentang apa itu seo dan juga harus mempelajari segala hal yang berkaitan dengan SEO, dengan mempelajari SEO maka anda akan memiliki tolak ukur, baik itu dalam pembuatan artikel berkualitas SEO, memilih template blog dan juga cara mempromosikan artikel sehingga artikel cepat dikenal.

Silahkan pelajari:
200+ google ranking faktor untuk mempelajari seo.
Optimasi SEO Onpage
Optimasi SEO Offpage (silahkan pelajari: SEO OffPage: pengertian dan teknik terbaiknya)

c. Jangan melakukan kesalahan

Satu hal yang sering dilakukan oleh blogger pemula adalah, suka melakukan kesalahan yang dapat menyebabkan trafik kembali nol atau menurunnya trafik secara significan, kasusnya padahal sepele, namun karena kurangnya pemahaman tentang dunia blogging terkadang kasus-kasus sederhana bisa berakibat fatal pada blognya sehingga blognya sulit untuk berkembang.

Seperti apa kesalahannya?

Saya tidak akan menguraikannya disini karena akan terlalu panjang, silahkan baca: 3 kesalahan blogger pemula

Sebenarnya banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan blog sulit mendapatkan banyak pengunjung, saya hanya membahas beberapa point penting saja, dengan membaca artikel ini diharapkan anda tau terutama untuk blogger pemula sehingga blog anda bisa mendatangkan banyak pengunjung dan lebih cepat populer.