Penurunan trafik yang dialami sebuah blog sebenarnya hal yang lumrah, masih bisa dikatakan normal jika turunya trafik hanya 1% - 5%, dan masih dapat dikatakan normal jika trafik tidak stabil alias turun naik, terkadang naik atau terkadang turun, namun beda halnya jika trafik turun drastis hingga lebih dari 50%, pasti ada sesuatu yang salah yang terjadi pada blog anda. Ini yang sedang saya alami dari awal 2016 sampai bulan mei 2016, saya mengalami penurunan trafik yang tidak biasa, trafik blog turun drastis hingga lebih dari 50% yang terjadi pada blog saya ini.

Penyebab trafik blog turun drastis
 Penyebab trafik blog turun drastis

Tentu untuk mengantisifasi penurunan trafik yang begitu drastis pada blog saya, saya mencoba mencari beberapa refersnsi melalui mesin pencari google dengan kata kunci "penyebab trafik turun drastis pada blog", dari banyaknya referensi yang berhasil saya baca, ternyata satu blog dengan blog lainnya memberikan penjelasan yang tidak begitu jauh berbeda. bahwa ada beberapa penyebab terjadinya penurutan trafik yang terjadi pada blog diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Blog anda mendapatkan penalty dari google.

Memang sumber trafik organik terbesar adalah berasal dari mesin pencari google, jika blog dianggap menyalahi kebijakan google dan google webmasterguideline tentu dampaknya trafik akan terkuras habis. Blog yang bisa mendapatkan penalty dari google beberapa diantaranya adalah blog yang dianggap spam, seperti blog yang khusus digunakan untuk guest blogging dan memiliki banyak tautan keluar menggunakan link dofollow, atau blog AGC yang memang dibuat secara ilegal.

b. Aktivitas Blogging Anda dianggap menyalahi kebijakan google webmaster guideline

Yang kedua yang bisa menyebabkan trafik blog turun adalah aktivitas blogging yang terlalu mengandalkan teknik blackhat, seperti membangun backlink sembarangkan tanpa mempedulikan naturalitas, sehingga google akan menganggap tindakan anda ilegal dan menyalahi kebijakan webmasterguideline, dampaknya blog bisa dihapus atau blog mengalami penurunan trafik secara drastis.

c. Artikel yang asal-asalan

Artikel yang anda buat asal-asalan, saat ini google menjelma menjadi mesin pencari yang sangat smart, sehingga mampu membedakan mana artikel berkualitas dan mana artikel tidak bermanfaat, dulu memang artikel dengan hanya judul dan beberapa kalimat saja bisa mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian mesin pencari google, namun saat ini tentu saja tidaklah demikian, artikel dengan isi artikel yang asal-asalan lambat laun akan semakin tenggelam dan sulit ditemukan di hasil pencarian.

Ingat google saat ini melibatkan faktor pengguna untuk mengukur kualitas konten, bahkan saat ini google sudah memasukan faktor pengguna atau user experience (UX Factor) sebagai salah satu dari 200+ google ranking faktor yang dapat menentukan bagus tidaknya kualitas artikel anda.

Silahkan baca: 2 kategori faktor seo paling penting 2016

d. Keyword Stuffing

Dulu masih ingat saya pernah menemukan blog dengan kata kunci tertentu namun setelah dibuka isi artikel tersebut adalah hampir merupakan kumpulan kata kunci tanpa memiliki manfaat sama sekali, dulu artikel seperti ini sering ditemukan di hasil pencarian, karena memang tujuan dibuatnya artikel seperti ini adalah untuk mengelabui mesin pencari, namun saat ini seiring dengan perkembangan teknologi mesin pencari, artikel seperti ini tidak akan mampu bertahan lama dan akan cepat tenggelam di hasil pencarian.

Jika blog anda dipenuhi artikel semacam ini jangan kaget jika di kemudian hari artikel anda merosot dan tidak lagi ditemukan di hasil pencarian, sehingga trafik blog anda merosot, karena artikel seperti ini adalah kategori artikel tidak berkualitas dan tidak memberi manfaat sama sekali bagi siapapun, dan saat ini mesin pencari google sudah sangat pintar untuk mendepak artikel-artikel sampah seperti itu.

Baca juga: 5 faktor penyebab trafik blog turun

Ini Awal mula trafik blog saya turun drastis hingga lebih dari 50%

Apa yang sebenarnya terjadi pada blog saya?, setelah membaca beberapa referensi tentang penyebab trafik blog turun drastis, setelah saya amati tidak ada satupun yang sesuai kriteria teknik blogging yang saya lakukan, saya merasa tidak pernah menyalahi kebijakan google, mengenai backlink saya sudah lama tidak pernah lagi membangun backlink secara manual, mengenai isi artikel saya berusaha menyajikan artikel yang memang bermanfaat untuk pembaca.

Saya mulai sadar ternyata ini penyebab tarfik blog saya turun:

Di akhir bulan, tahun 2015, saya mendapatkan notifikasi dari pihak google adsense bahwa saya melakukan pelanggaran google adsense tingkat situs, penyebabnya karena ada beberapa artikel saya yang dianggap melanggar kebijakan google adsense, untuk mengatasinya saya diminta menghapus artikel tersebut atau tidak memasang iklan pada artikel tersebut, parahnya lagi saya baru mengetahui mendapatkan notifikasi di hari ke 3, padahal itu akhir peringatan, jadi jika di hari ke 3 tersebut saya tidak melakukan perubahan pada blog saya (menghapus artikel tersebut atau tidak memasang iklan pada artikel tersebut), maka blog akan di banned artinya blog saya ini tidak akan lagi bisa menjadi penayang iklan google adsense.

Kaget luar biasa, karena tidak ingin membuang-buang waktu akhirnya saya terpaksa memilih cara cepat dengan menghapus hampir 4 artikel melalui cara menghapus artikel yang baik dan benar, dan ini awal mula penyebab trafik blog saya turun drastis, dari pengalaman tersebut saya menyimpulkan bahwa penyebab trafik blog turun drastis adalah sebagai berikut:

a. Menghapus artikel pilar pada blog

Tentu jika artikel yang anda hapus adalah artikel yang mampu menjaring banyak pengunjung atau visitor, maka lambat laun anda akan kehilangan trafik, di awal penghapusan mungkin trafik masih kelihatan normal, namun setelah artikel tersebut berhasil terhapus dari index pencarian google maka pengunjung blog anda juga akan ikut menurun.

b. Banyak ditemukan page not found 404

Efek dari penghapusan blog adalah banyaknya ditemukan page not found 404, ini terjadi karena di dashboard blog artikel sudah terhapus sedangkan di mesin pencari artikel tersebut masih ditemukan, ini akibat penghapusan artikel di index mesin pencari google membutuhkan waktu, sehingga meskipun artikel anda sudah anda hapus, artikel tersebut untuk beberapa hari masih bisa ditemukan di hasil pencarian sampai artikel tersebut benar-benar terhapus seluruhnya dari index mesin pencari.

Banyaknya ditemukan page not found exception menyebabkan pengalaman pengguna terhadap blog menjadi buruk, mereka akan langsung keluar dari blog karena artikel tidak ditemukan, saya mengalami ini hampir 2 minggu.

c. Jarang menerbitkan artikel setelah melakukan penghapusan.

Ketika gelagat blog sudah mulai memburuk seharusnya saya antisifasi untuk recovery dengan cara terus menerus menerbitkan artikel, namun sayangnya saya tidak melakukannya karena waktu itu masa-masa saya merasakan malas ngeblog luar biasa, akhirnya trafik blog saya turun drastis dengan persentase yang sangat mengagetkan dengan jumlah penurunan yang membuat saya males ngeblog.

Apa yang terjadi berikutnya adalah trafik blog susah kebali merangkak naik dan cendrung stagnan setelah mengalami penurunan, ini dikarenakan saya jarang sekali dan malas menerbitkan artikel sehingga trafik blog sangat sulit  merangkak naik.

Ini Dampak yang saya rasakan dari Penurunan trafik blog?

Dari adanya penurunan trafik blog tentu ada dampak yang terjadi pada blog initinya performa blog menjadi semakin buruk. ini juga yang terjadi pada blog saya karena trafik turun berikut beberapa dampak yang saya rasakan yang terjadi pada blog:

a. Trafik Turun dan sulit merangkak naik

Tentu ini yang paling kentara, grafik trafik baik menurut histats atau google analitic mengalami penurunan dan sulit merangkak naik. karana mungkin saya jarang update artikel setelah adanya penurunan trafik.

b. Penghasilan dari google adsense menurun

Karena blog dimonetisasi oleh google adsense, tentu berdampak pada penghasilan adsense, penghasilan adsense turun hingga 30%, karena memang adsense sangat mengandalkan trafik semakin baik trafik maka potensi pendapatan google adsense akan lebih baik, begitu juga sebaliknya.

c. Google Index pada artikel baru menjadi Sangat Lama

Yang berikutnya yang saya rasakan adalah google index menjadi semakin sulit, dulu ketika blog masih fresh dan berjalan normal, index google cepat sekali, saat ini menerbitkan artikel maka beberapa jam saja artikel bisa nongol di hasil pencarian, namun beda dengan saat ini, setelah trafik mengalami penurunan, index google terhadap artikel baru dirasakan menjadi sangat lama sekali, bahkan ada yang sampai ber hari-hari baru mampu nongol di hasil pencarian mesin pencari google.

d. Sitelink atau tautan situs di hasil pencarian menghilang

Sitelink adalah hadiah dari google ketika blog dianggap layak untuk memilikinya, biasanya otomatis ada jika trafik blog dianggap stabil dan bagus.

Sitelink dapat anda lihat dengan cara melakukan pencarian dengan nama url blog, sebagai contoh sitelink yang normal adalah sebagai berikut:

Saya coba mengetikan backlinko.com maka jika blog normal  akan terlihat sitelink kurang lebih seperti gambar berikut:

sitelink blog yang trafiknya normal
Akan muncul juga link-link artikel yang terdapat dalam blog tersebut, namun jika blog mengalami penurutan trafik maka sitelink tidak akan muncul seperti terjadi pada blog saya,

Contoh saya coba mengetikan nama blog saya strukturkode.blogspot.com di pencarian google, maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

sitelink karena blog kehilangan trafik drastis

 Apa yang terjadi adalah tidak ditemukan sitelink sama sekali, padahal sebelumnya ada, penyebab  blog saya tidak menampilkan sitelink sama sekali itu karena salah satu dampak dari penurunan trafik yang sangat drastis, sehingga sitelink dari blog menghilang dan tidak muncul ketika di cek di hasil pencarian.

e. Ranking Alexa Membengkak

Yang berikutnya yang akan terjadi pada blog anda setelah terjadi penurunan trafik yang sangat drastis adalah penurunan ranking alexa yang ditandai dengan membengkaknya ranking alexa, rangking alexa sangat dipengaruhi oleh jumlah trafik yang mengunjungi blog tersebut dan jumlah pengunjung yang menggunakan alexa toolbar pada browser yang mereka gunakan ketika mengunjungi blog yang bersangkutan, semakin tinggi trafik maka rangking alexapun lambat laun akan semakin ramping.

f. Menurunnya index sitemap di google search console.

Akibat penurunan trafik yang cukup drastis yang blog saya alami, index sitemap di google seach console sulit untuk naik, bahkan malahan turun, ini dapat dibuktikan dengan cara melihat grafik sitemap di google webmaster tool atau google search consolue yang dapat diakses melalui menu perayapan > Peta Situs, terlihat seperti gambar dibawah ini:

Peta situs akibat trafik blog anjlok turun drastis
Saya merasakan bahwa url yang terdapat pada peta situs (sitemap) yang berhasil di index jauh lebih rendah dibandingkan dengan jumlah artikel yang nda, seperti ilustrasi gambar di atas.

Kabar buruknya sampai saat ini blog saya belum menunjukan kembali normal, itu karena penyebabnya saya jarang menerbitkan artikel pada blog tersebut, jika saja artikel sering saya terbitkan maka robot mesin pencari akan sering mengunjungi dan melakukan crawl pada blog saya, sehingga lambat laun index google akan kembali normal.

Untuk saat ini meskipun blog belum kembali normal, saya ingin menguji index blog ini dengan mengikuti salah satu kontes seo yang diadakan oleh forum IAPD, dengan judul potensi blog untuk generasi muda, informasi yang disajikan cukup bermanfaat untuk membangkitkan motivasi para generasi muda untuk terjun ke dunia blog, saya ingin lihat apakah artikel blog bisa di index dengan cepat atau tidak. semoga saja bisa nongol di halaman pertama hihi...kita lihat saja.

Kesimpulan:

Blogging memang terkadang bisa mengasikan dan membuat semangat, namun karena hal-hal tertentu anda bisa saja malas ngeblog, salah satunya karena trafik blog turun, jika anda putus asa mungkin akan sangat malas ngeblog, dan itu bukan solusi yang tepat, seharusnya untuk mengatasi masalah seperti itu anda lebih giat ngeblog dengan terus secara berkala menerbitkan artikel berkualitas, sehingga blog anda mampu kembali normal.

itulah pengalaman saya tentang Penyebab Trafik blog saya turun drastis hingga lebih dari 50%, semoga pengalaman diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam dunia blog sehingga anda bisa mengantisifasi terhadap segala hal yang dapat menyebabkan penurunan trafik yang drastis pada blog anda. semoga bermanfaat.

14 komentar:

  1. Pengalaman yang menarik sekaligus membuat saya tercengang....jujur blog ini saya ikuti untuk dapat tips seputar blogging....

    tetap semangat mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas tantangan blog itu ternyata rasa malas ya...

      Delete
  2. saya juga merasakan hal yang sama mas.. galau deh

    ReplyDelete
  3. Saya jadi penasaran artikel strukturkode yang bagaimana yang diminta google untuk dihapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 artikel yang memang menurut saya melanggar karena tentang download video dari youtube, itu saya akui sangat melanggar, yang lainnya sebenarnya dari isi artikel tidak melanggar cuma terdeteksi ada tautan yang menuju situs yang tidak sesuai dengan kebijakan, sepertinya link dari nama komentator yang tidak termoderasi dengan baik.

      Memilih dihapus itu cara aman khawtir jika hanya link yang melanggarnya yang dihapus masih terdeteksi adsense

      Delete
  4. saya penasaran dengan artikel yang melanggar di blog ini padahal semua tentang dunia blogging??

    ReplyDelete
  5. Lah saya sudah pernah kena penalty dari google jadi tak tinggalin blognya, bikin blog baru aja

    ReplyDelete
  6. sejak ada fitur https bagi pengguna blogspot, penghasilan adsense turun dan juga traffic blog ancur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. redirect aj mas, biar terus http:
      kalo saya sebagian tampilan blog ada yang aneh, harus dibetulin

      Delete
  7. Kok hampir sama dengan blog saya ya mas? sejak bulan awal april sampai sekarang mengalami penurunan trafik yang cukup besar, meskipun tidak sampai diangka 50%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan berbagi gan, kira-kira apa penyebabnya

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. waahhh yang kita alami sama gan tapi dampaknya saja yg kita tidak terlalu sama :D ... blog saya sejak beberapa bulan yang lalu juga sering mendapatkan email penghapusan artikel yg populer di blog saya gan ... akibatnya sama sejak saat itu artikel saya sulit sekali terindex sampe sekarang ... bahkan setelah 7 hari baru muncul di google ... meski trafik saya relatif stabil ... nah kemaren di webmaster tiba" sitemap saya mengalami penurunan index ... saya sudah ubek" forum dan google untuk mencari penyebabnya tpi ngk nemu" ... saya cek semuanya normal" aja gan bahkan trafik ngk terganggu dan artikel" yg nangkring di google juga ngk mengalami deindex atau hilang dan masih duduk di tempatnya masing" ... jadi agan tau ngk kira" apa penyebab index di sitemap saya turun ?? kali aja agan pernah ngalamin

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!