Siapapun anda apapaun latar belakang anda sebenarnya bisa menjadi seorang blogger sukses yang dapat menghasilkan uang secara online, namun untuk pemula sekali yang belum pernah mengenal  dunia web dan dunia blog lebih dalam tentu akan memiliki banyak sekali rintangan dan hambatan sehingga mereka memerlukan banyak mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan dunia blog.

Memang ada banyak sekali tutorial yang bisa kita pelajari melalui internet yang bisa kita jadikan referensi untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan blogging, tapi sayangnya blogger pemula akan sulit sekali bagaimana harus memulai dan apa yang sebaiknya harus dipelajari pertama kali sehingga tidak jarang banyak dari mereka putus asa ditengah jalan sebelum menjadi blogger.


tips memulai blogging untuk pemula agar menjadi blogger sukses yang menghasilkan uang

Di artikel kali ini saya ingin memberikan sebuah panduan berupa tips terutama untuk blogger pemula yang baru pertema kali mengenal dunia blog, tentang bagaimana cara memulai blogging dan apa saja yang harus dipelajari, sehingga dengan membaca artikel ini anda akan memiliki wawasan, tujuan dan arah yang benar untuk memulai blogging, sehingga anda memiliki peluang yang baik untuk menjadi blogger sukses yang dapat menghasilkan uang secara online.

Tips Memulai Blogging untuk Pemula

Tujuan orang membuat blog bermacam-macam, namun kebanyakan tujuannya adalah ingin menjadi seorang blogger  sukses yang dapat menghasilkan uang secara online.

Tapi apakah memang benar blog bisa menghasilkan uang?, 

Tentu saja bisa sobat, sebuah blog bukan hanya dapat digunakan untuk menuangkan ide tulisan saja, ternyata blog juga bisa menghasilkan uang, tapi anda harus tau caranya, coba saja perhatikan kenapa banyak yang rela menulis ribuan artikel jika tanpa tujuan yang jelas.
Apapun tujuan anda maka inilah tipsnya (khusus pemula) agar anda bisa menjadi blogger sukses:

1. Menentukan Tujuan dan topik yang jelas

Ini benar-benar harus diperhatikan pertama kali sebelum memulai blogging, anda harus dapat menetapkan tujuan dengan mantap, apa tujuan anda ingin terjun ke dunia blog? apakah hanya ingin menuangkan tulisan saja, hoby atau karena anda ingin menghasilkan uang.

Dengan menentukan tujuan yang jelas, maka anda akan memiliki motivasi untuk mengembangkan blog anda sehingga menjadi blog populer yang dikenal banyak orang. Blog bisa menjadi blog yang sukses dan dikenal oleh banyak orang perlu kerja kelas konsisten dan ketekunan dari si pemiliknya.
Setelah anda menentukan tujuan langkah berikutnya adalah anda harus menentukan topik untuk blog anda. 

Apa itu topik?
Topik adalah inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak disampaikan atau lebih dikenal dengan topik pembicaraan. Topik adalah hal yang pertama kali ditentukan ketika penulis akan membuat tulisan. (wikipedia)

Topik apa yang sebaiknya dipilih?
Apapun bisa anda pilih sebagai topik namun yang jelas, jangan memilih topik yang berkaitan dengan hal-hal yang berbau por-no-grafi, o-bat-terlarang, ke-ke-rasan atau topik semacamnya karena topik-topik seperti itu sebenarnya ilegal.
Yang paling baik adalah memilih topik yang benar-benar anda kuasai, misal jika anda seorang pemilik showroom mobil, anda bisa memilih topik tentang tips yang berkaitan dengan jual beli mobil, atau jika anda piawai di asuransi kesehatan, anda juga bisa memilih topik yang membicarakan masalah asuransi, begitu juga jika anda sering berkutat di dunia teknologi ponsel dan smartphone anda juga bisa memilih topik tersebut.

Anda bisa memilih topik campuran maupun topik yang fokus, jika memilih topik campuran berarti nanti anda akan membahas banyak topik pada blog anda, tapi yang paling bagus adalah memilih topik yang fokus artinya menentukan satu topik saja untuk satu blog.
Sangat menarik untuk dibaca: 4 potensi blog untuk generasi muda

2. Membuat blog dan Gunakan template blog yang baik

Setelah anda menentukan tujuan dan topik yang jelas langkah berikutnya adalah membuat blog, blog adalah media utama yang harus dimiliki pertama kali oleh pemula yang akan terjun ke dunia blogging.

Ada banyak sekali situs penyedia layanan blog gratisan yang siap digunakan, beberapa diantaranya adalah blogger.com (blogspot), wordpress.com, mywapblog.com dan layanan blogging lainnya, karena banyak bisa jadi akan membuat anda sebagai blogger pemula merasa kesulitan untuk memilih flatform blog yang paling cocok yang sebaiknya dipilih.

Saya akan menyarankan kepada anda, blog yang sebaiknya anda pilih yang paling cocok untuk blogger pemula adalah blog berflatform blogspot (blogger.com).

Kenapa harus memilih blogspot?

Untuk alasannya silahkan anda baca: Ini alasan kenapa blogspot paling cocok untuk pemula ?

Jika anda masih belum mengerti bagaimana cara membuat blog, maka anda bisa baca artikel yang pernah dibuat sebelumnya tentang cara membuat blog untuk pemula

Gunakan juga template blog yang baik
 
Setelah blog anda dibuat maka langkah berikutnya adalah anda harus menggunakan template blog yang bagus, template blog yang bagus adalah template blog yang bukan hanya desain tampilannya bagus tapi template tersebut sudah memiliki unsur-unsur yang ramah mesin pencari.

Penting sekali untuk menggunakan template blog yang baik agar blog anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, ada banyak sekali template blog gratisan yang bisa anda gunakan, untuk memilih tempate tentu jangan sembarangkan, jika anda kesulitan menentukan kriteria template yang baik dan berkualitas, silahkan baca dulu : ciri template blog yang baik yang harus dipilih 

Jika sudah punya blog apa lagi yang harus saya lakukan?

Ini yang sering dilakukan oleh blogger pemula, tahap awal setelah anda memiliki alamat blog adalah mendaftarkan blog anda ke mesin pencari seperti google yahoo atau bing, tujuannya agar blog anda dapat dikenali oleh mesin pencari tersebut

Caranya bagaimana, silahkan baca:  Cara mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster

3. Belajar Menulis artikel

Yang kedua setelah anda memiliki sebuah alamat blog adalah belajar menulis artikel, sebagian besar blogger pemula merasa kesulitan ketika membuat artikel termasuk saya pribadi ketika pertama kali memulai blogging, saya merasa sulit untuk merangkai kata sehingga perlu beberapa minggu berlatih membuat artikel untuk menyusun kata-kata.

Tidak banyak orang yang pandai menulis sehingga belajar menulis artikel adalah salah satu point penting yang harus dikuasai oleh blogger pemula yang baru terjun ke dunia blogging.

Anda beruntung jika anda sudah sangat terbiasa membuat karangan, karena kemampuan anda mengarang akan membantu anda dalam membuat artikel secara cepat dengan susunan kata yang baik.

Apa sih yang harus saya ditulis?

Tentu saja yang harus anda tulis adalah hal-hal yang berkaitan dengan topik blog yang anda buat, intinya anda harus tau bagaimana cara membuat artikel termasuk judul yang banyak dicari orang, karena ini adalah modal awal untuk blog anda agar bisa menjadi blogger populer.

Sebagai bekal silahkan anda pelajari juga: Cara mencari judul artikel yang banyak dicari orang 

Setelah anda mendapatkan judul artikel yang banyak dicari orang, silahkan anda kembangkan menjadi sebuah tulisan yang berkualitas hasil buatan anda sendiri dan jangan pernah mencuri artikel orang lain, kemudian jangan lupa publish atau terbitkan artikel anda agar dapat ditemukan orang.

Apa yang harus saya lakukan setelah artikel dipublish?

Ini juga sepertinya suka terlewat oleh blogger pemula, agar blog anda lebih cepat ditemukan anda harus selalu mensubmit artikel anda ke mesin pencari google maupun bing, caranya silahkan baca:
Cara submit artikel postingan di yahoo, bing dan google 

Oh ya jangan lewatkan juga yang ini, sepertinya bermanfaat untuk anda sebagai blogger pemula:
Cara Agar artikel postingan muncul di pencarian google.

4. Belajar mempromosikan konten

Konten yang anda buat tentu perlu upaya dari anda agar konten tersebut bisa dibaca dan dikenal oleh orang lain, sehingga blog anda akan cepat terkenal.

Ada banyak sekali teknik promosi, ada promosi offline dan juga promosi online, promosi offline bisa anda lakukan di dunia nyata, misalkan saja membagikan selembaran browsur yang mencantumkan alamat blog anda, membuat kalender tahun baru yang mencantumkan alamat blog anda, dan teknik promosi offline lainnya.

Sedangkan teknik promosi secara online, ada banyak sekali teknik promosi online baik gratis maupun berbayar, bisa melalui media sosial seperti facebook, twitter, google+, melalui forum online melalui guest blogging dan lain sebagainya.

Saya punya cara yang sangat jitu untuk mempromosikan konten blog agar cepat dikenal, jika anda ingin tau caranya silahkan baca: cara mempromosikan konten terbaik khusus blogger pemula 

Apa sih sebenarnya Tujuan promosi?
Tujuan promosi adalah agar blog anda dan juga artikel postingan yang anda tulis akan diketahui oleh orang lain sehingga mereka akan membaca artikel blog anda dan blog anda akan mendapatka banyak pengunjung.

Jika anda berhasil dan tau trik mempromosikan konten maka blog anda bisa kebanjiran pengunjung, semakin banyak pengunjung blog anda maka itu artinya blog anda akan cepat populer dan blog anda akan mudah sekali dikonversi menjadi uang sehingga anda bisa menjadi blogger sukses yang bisa menghasilkan uang dari internet melalui blog.

Pelajari juga teknik lainnya khusus blogger pemula tentang: tips agar blog banyak pengunjung

5. Pelajari SEO dan desain Blog 

SEO apa sih seo itu? seo itu adalah upaya yang harus anda lakukan agar blog anda ramah mesin pencari sehingga setiap artikel postingan yang anda tulis pada blog anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti misalnya google.

Apakah anda masih awam dengan SEO?, untuk memahaminya lebih detail tentang seo silahkan baca: Memahami apa itu SEO untuk blogger pemula

Kenapa harus mempelajari seo?
Tujuan mempelajari seo tidak lain adalah agar anda bisa mendapatkan pengunjung yang berasal dari mesin pencari seperti yahoo, google, bing dan mesin pencari lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa penyumbang pengunjung blog terbanyak untuk saat ini adalah pengunjung dari mesin pencari, pengunjung yang menemukan blog anda melalui pencarian google, sehingga agar blog anda dapat ditemukan di mesin pencari google, maka anda harus melibatkan SEO pada blog anda.

Ada 2 macan jenis seo yaitu seo onpage dan seo offpage, seo onpage berkaitan dengan upaya seo yang anda lakukan di halaman blog anda, sedangkan seo offpage berkaitan dengan promosi yang sudah dijelaskan sebelumnya di no 3 di atas.

 Selain mempelajari seo anda juga harus mempelajari cara mendesain blog, kenapa harus belajar mendesain blog?

Desain blog adalah aktivitas mengatur tampilan blog sedemikian rupa sehingga sesuai dengan tampilan yang anda inginkan. Desain blog sangat erat kaitannya dengan optimasi seo onpage, sehingga anda bisa menyelaraskan antara desain dan seo, agar blog anda bukan hanya bagus di tampilan tetapi seo friendly alias ramah mesin pencari.

Silahkan pelajari:

6. Pelajari cara mendapatkan uang dari internet

Yang terakhir adalah jangan lupa untuk mempelajari cara mendapatkan uang secara online malalui internet. Ini harus anda pelajari agar anda mengetahui bagaimana membuat blog anda bisa menghasilkan uang dan anda menjadi blogger sukses.

Apapun awalnya tujuan anda, anda pada akhirnya bisa memonetisasi blog anda agar menghasilkan uang dengan mempelajari caranya. modal utamanya adalah blog anda harus sudah memiliki banyak sekali pengunjung. semakin banyak visitor blog anda maka itu akan semakin baik.

Ada banyak sekali metode yang bisa anda gunakan agar blog anda bisa menghasilkan uang namun untuk pemula sebaiknya pelajari dulu ini:
Anda akan mendapatkan petunjuk yang tepat dan cara-cara yang bisa anda gunakan untuk mencari uang secara online dari internet melalui media blog.


Itulah tentang  Tips Memulai blogging untuk pemula agar menjadi blogger sukses yang menghasilkan uang, dengan membaca artikel ini semoga anda mendapatkan gambaran dan petunjuk yang jelas tentang dunia blogging. semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. terima kasih mas didin, sangat bermanfaat artikel nya :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!