Agar mesin pencari memiliki referensi untuk mengindex seluruh isi blog dan bagian-bagian penting yang terdapat dalam sebuah blog, mesin pencari pada umumnya akan menggunakan sitempat yang dimiliki oleh blog yang bersangkutan untuk ditelusuri dan diindex, tujuannya tentu saja agar bagian-bagian penting pada blog tersebut dapat tersimpan di basis data pencarian mesin pencari, sehingga blog yang bersangkutan akan lebih mudah dikenali dengan baik oleh mesin pencari dan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian dengan kata kunci relevan.

Sitemap bisa juga disebut sebagai peta situs, sebuah alat navigasi untuk robot mesin pencari agar lebih mudah ntuk menelusuri dan mengindex bagian-bagian penting isi blog anda, sitemap seiring perkembangannya biasanya dibuat menggunakan format xml, dan didalamnya berisi daftar url-url artikel yang terdapat pada blog anda.

Cara mudah membuat sitemap atau petasitus di wordpress blog

Keberadaan sitemap dalam sebuah blog benar-benar sangat penting sekali, sehingga harus kita pastikan bahwa sitemap pada blog tersedia, dapat berjalan dan berfungsi dengan baik, tapi sayangnya tidak semua flatform blog menggenerate sitemapnya secara otomatis, ada beberapa blog dimana sitemapnya harus kita persiapkan sendiri secara manual.

Pada blog berflatform blogspot sitemap sudah degenerate secara otomatis  oleh mesin blog itu sendiri, sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk membuatnya, setiap kali artikel postingan dipublish maka sitemap agan diupdate secara otomatis, namun untuk blog top level domain yang dibuat menggunakan CMS (Conten Manajemen System) wordpress (WP) sitemap tidak degenerate otomatis, sehingga jika anda kebetulan memiliki blog berflatform wordpress anda perlu menyeiapkan sitemap sendiri secara manual.

Berhubung untuk blog wordpress sitemap tidak disajikan secara otomatis, maka disini saya akan membahas bagaimana cara menyiapkan sitemap untuk blog top level domain anda yang dibuat dengan cms wordpress.

Cara Membuat Sitemap Untuk Blog Wordpress.

Untuk membuat website blog top level domain yang dibuat dengan wordpress ada 2 cara yang bisa kita gunakan, bisa membuatnya secara manual atau menggunakan plugin khusus.

Tapi tentu saja yang paling mudah dan praktis adalah menggunakan plugin wordpress, dengan menggunakan plugin, sitemap akan degenerate secara otomatis dan setiap kali artikel postingan bertambah sitemap akan di update secara otomatis.

Tapi untuk menambah wawasan anda saya akan coba menyajikan panduan bagaimana cara membuat sitemap secara otomatis menggunakan plugin wordpress dan juga menggunakan cara manual.

A. Cara membuat sitemap wordpress Tanpa Plugin (Not Recomended)

Cara manual menurut saya kurang direkomendasikan tapi untuk menambah wawasan anda tidak ada salahnya saya coba sajikan panduan membuat sitemap untuk blog wordpress anda secara manual.

Untuk membuat sitemap wordpress secara manual ada 2 alternatif yang bisa anda pilih yaitu, dengan bantuan tool pihak ke 3 dan tanpa bantuan tool sama sekali alisa dibuat manual, tapi tentu saja jika anda memilih cara manual tanpa bantuan tool anda harus memiliki skill tentang script XML dan saya yakin anda akan kesulitan.

Cara membuat sitemap dengan cara manual tidak akan dibahas kita akan bahas membuat sitemap wordpress tanpa plugin dengan bantuan tool. ada banyak sekali tool-tool gratis online yang bisa digunakan, silahkan cari saja tool Generate XML menggunakan google anda akan menemukan banyak sekali tool-tool online yang dapat membantu anda membuatkan sitemap blog wordpress anda.

Berikut tool yang bisa anda coba:

1. xml-sitemap

Untuk menggunakan tool ini silahkan buka alamat
https://www.xml-sitemaps.com
Tool ini dengan mudah akan membuatkan sitemap untuk anda, anda tinggal memasukan halaman utma blog wordpress anda kemudian generate, maka tool tersebut secara otomatis akan membuatkan file sitemap.xml yang bisa anda upload di server honsting blog wordpress anda menggunakan CPanel.

Sitemap yang dibuat dengan cara ini memiliki banyak kekurangan, setelah anda berhasil memasangnya pada blog wordpress anda, isi file sitetemap tidak akan otomatis diupdate setiap kali artikel bertambah, sehingga mau tidak mau kita harus sering membuatnya menguploadnya kembali setiap kali jumlah artikel bertambah, anda tentu akan kerepotan.

2. Menggunakan kode PHP

Yang kedua yang cukup efektif menurut saya adalah menggunakan script php khusus yang dapat menggenerate sitemap secara otomatis, namun sayangnya jika anda memilih cara ini maka anda harus paham php untuk membuatnya terturama php untuk framework wordpress (perintah-perintah kode wordpress), jika anda paham maka ini bisa anda buat lebih mudah.

Tapi jika anda tidak menguasai php anda tidak perlu membuatnya sendiri, anda bisa mencari kode-kode wordpress di internet untuk menggenerate sitemap blog wordpress anda secara otomatis.

Di balik kelemahan sitemap wordpress yang dibuat tanpa plugin tentu ada kelebihan, sitempat wordpress yang dibuat secara manual tanpa plugin tidak akan membebani situs wordpress anda sehingga server wordpress anda akan tetap ringan.

B. Cara Membuat Sitemap Blogwordpress dengan plguin Google XMP Sitemap (Recomended)

Cara yang paling praktis untuk membuat sitemap wordpress adalah menggunakan plugin khusus wordpress, pasti anda tau blog yang dibuat dengan template wp begitu sangat dinamis, karena didukung oleh banyak sekali plugin gratisan ataupun berbayar yang siap digunakan.

Plugin dapat mendukung hal-hal kecil yang tidak terdapat dalam instalasi standar wordpress anda, salah satunya adalah untuk membuate sitemap blog wordpress anda.

Ada banyak sekali plugin wordpress untuk membuat sitemap yang bisa kita gunakan, tapi ada salah satu plugin wordpress untuk mebuat sitemap yang sangat popular dan banyak sekali digunakan dan sangat recomended untuk anda gunakan,  yaitu plugin Google XML Sitemap.

Anda bisa memasang plugin ini jika anda belum memasang plugin sitemap dari plugin SEO By Yoast agar tidak terjadi conflick.

Plugin ini cukup populer dan memiliki reputasi baik yang dapat menggenerate sitemap blog wordpress anda dengan standar google, dan yang luar biasa dari plugin ini adalah, plugin ini sudah diunduh sebanyak 14 juta kali dan memiliki rating rata-rata 4,7 dari 5.

Dengan menggunakan plugin ini maka sitemap atau peta situs blog wp anda secara otomatis akan selalu melakukan update setiap kali jumlah artikel dan struktur wordpress anda berubah, begitu sangat peraktis sehingga tidak akan menghabiskan waktu anda.

Bagaimana cara memasang Plugin ini?

Untuk memasang atau menginstal plugin wordpress sangatlah mudah, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan anda masuk ke halaman utama akun wordpress anda:
http://nama_blog_wp_anda.com/wp-admin

 2. Kemudian pada bilah menu utama wordpress anda, silahkan anda pilih menu plugin > tambah plugin

Cara Menambah dan memasang plugin wordpress


 3. Silahkan lakukan pencarian plugin pada fasilitas kotak pencarian yang disediakan dengan kata kunci "Google XML Sitemap", kemudian silahkan anda instal.

cara instal Google xml sitemap wordpress plugin

Tunggu sampai instalasi selesai, kemudian Aktifkan Plugin.

Dimanakan alamat sitemap blog saya?

Setelah anda berhasil melakukan instalasi plugin Google XML sitemap dan berhasil mengaktifkan plugin tersebut, maka secara otomatis blog wp anda sudah memiliki sitemap yang bisa anda pasang di google webmastertool atau bing.

Alamat sitemap anda adalah:
http://nama_blog_wp_anda.com/sitemap.xml
Untuk memastikan bahwa sitemap blog wp anda sudah berjalan dengan baik, anda bisa mengakses alamat sitemap blog anda, dengan pola url diatas.
 

Jangan Lupa submit Sitemap Blog WP anda di mesin pencari

Untuk memaksimalkan penelusuran website anda oleh mesin pencari dan untuk mempercepat index blog wordpress anda, setelah anda membuat sitemap untuk blog anda anda harus mensubmitnya di layanan mesin pencari terutama mesin pencari paling populer yaitu bing dan google dengan menggunakan alamat sitemap blog anda diatas.

Cara submit sitemap di mesin pencari google dan bing, silahkan baca:
Cara submit sitemap/petasitus di google dan bing

Dengan submit peta situs di layanan mesin pencari maka blog anda akan lebih cepat untuk diindex sehingga akan mudah ditemukan dimesin pencari.


Itulah Cara Membuat sitemap.xml atau petasitus untuk blog top level domain dengan menggunakan CMS wordpress. semoga membantu.