Perlu diketahui sebenarnya mengganti template blog baik blog ber flatform blogspot, wordpress dll adalah pekerjaan yang sangat mudah sekali, ada banyak alasan kenapa template harus diganti, beberapa diantaranya adalah agar tampilan blognya kelihatan lebih keren dari sebelumnya, agar kecepatan blog lebih ringan dan alasan lainnya, namun yang harus anda perhatikan adalah anda harus dapat memastikan bahwa cara mengganti template yang anda lakukan tidak akan berdampak buruk pada blog anda.

Untuk blog yang baru yang belum memiliki banyak trafik, bongkar pasang tempate tentu bukanlah sebuah masalah, anda bisa bongkar-pasang untuk menggunakan template apapun baik template buatan sendiri maupun template buatan orang lain hasil download (baik berformat xml .zip atau rar) tanpa perlu riskan akan kehilangan trafik.

cara mengganti template blog yang baik dan benar

Tapi sebaliknya untuk blog yang sudah mendapatkan reputasi yang baik di mata mesin pencari, dan blog sudah memiliki banyak sekali pengunjung mengganti template blog benar-benar harus dipertimbangkan secara matang, jangan sampai akibat mengganti template pengunjung blog menjadi turun.

Memang Dampak melakukan pergantian template menjadi perdebatan yang cukup hangat diantara para blogger, penggantian tempplate menurut mereka ada plush minusnya, sebagian blogger menganggap sering gonta-ganti template bisa berdampak negatif, tapi sebagian blogger lainnya menganggap mengganti trafik malahan dapat menaikan trafik pengunjung.

Benarkah mengganti template bisa menurunkan visitor?

Memang mengganti template tampilan blog bisa mengakibatkan dampak positif maupun dampak negatif, jika cara mengganti template dilakukan dengan benar dan template yang dipilih adalah template yang lebih baik dari template sebelumnya, justru bisa meningkatkan visitor blog, namun jika dilakukan sembarangan bisa jadi malah menurunkan visitor, tapi pengalaman saya pribadi mengganti template justru malah meningkatkan trafik blog.

Jadi intinya yang benar-baenar harus diperhatikan ketika mengganti template (tampilan) blog adalah anda harus mampu memilih template blog yang lebih baik dan seo friendly serta anda harus tau cara mengganti template yang baik dan benar, dengan begitu penggantian template bisa berdampak positif untuk blog anda.

Bagaimanakah cara mengganti template blog yang baik dan benar?

Sebenarnya di artikel sebelumnya saya pernah menyajikan artikel tentang Cara Mengganti template blog berflatform blogspot, tapi sayangnya diartikel tersebut hanya membahas cara mengganti template dasar saja tanpa menjelaskan secara detail mengenai dampak positif dan negatif sering gonta-ganti template.

Jika anda bermaksud ingin mengganti template blog anda dengan tujuan-tujuan tertentu, maka sebaiknya ikuti langkah-langkah berikut agar penggantian template yang anda lakukan tidak berdampak buruk untuk blog anda.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pilih template blog yang baik dan benar.

Jika anda merasa bingung tentang template blog yang berkualitas, silahkan baca ciri template blog yang baik dan berkualitas yang harus anda gunakan.

Anda bisa membuatnya sendiri jika mampu atau anda bisa menggunakan/memodifikasi template orang lain yang sudah banyak tersedia, silahkan cari dan download template yang baik sesuai dengan tampilan yang anda inginkan.

2. Lakukan Backup template

Sebelum anda memasang teplate baru untuk mengganti template lama, jangan lupa lakukan backup terlebih dahulu template lama yang sedang anda gunakan, ini untuk mengantisifasi jika template baru error atau berdampak buruk pada blog anda, maka anda bisa segera mengembalikan kembali ke template sebelumnya dengan cara melakukan restore.

langkah membackup template adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke akun blogspot anda
  • Pada bilah menu sisi kiri pilih menu Template.
  • Silahkan klik tombol Backup / cadangkan/pulihkan yang letaknya di pojok kanan atas.
  • Pada dialog yang muncul, silahkan tekan tombol unduh template lengkap dan simpan di komputer anda.

4. Salin meta tag pada template lama anda

Ini adalah langkah penting yang harus anda lakukan sebelum mengganti tampilan template blog anda, silahkan salin meta tag yang terdapat di template yang sedang anda gunakan kemudian simpan di notepad.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke akun blogspot anda.
  • pada bilah menu sisi kiri pilih menu template 
  • kemudian klik tombol edit HTML
  • Silahkan anda salin meta tag template blog anda yang letaknya diantara kode <head... dan </head>

Anda akan banyak menemukan kode meta tag yang diawali dengan text <meta...., silahkan anda salin meta tag pada templte blog anda, kemudian simpan di notepad untuk sementara.

5. Pasang template blog Baru anda.

Template blogspot pada umumnya memiliki format .xml, tapi kadangkala jika anda mendownload template hasil buatan orang lain biasanya sudah dikompress memiliki format .zip atau .rar, jika template yang anda download memiliki akhiran .zip atau .rar sebaiknya silahkan anda ektract dulu dan lihat isi template, anda akan menemukan file template dengan akhiran .xml, file tersebut yang harus anda upload di akun blogspot anda untuk mengganti template blog lama anda.

Untuk mengganti template blogspot anda langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke akun blogspot anda.
  • Di bilah menu sisi kiri pilih menu template
  • Kemudian tekan tombol Cadangkan/Pulihkan di pojok kanan atas.
  • Pada dialog yang muncul, tekan tombol dir... atau telusuri dan pilih file template .xml blog baru yang akan anda pasang.
  • Kemudian tekan tombol unggah /upload, tunggu sebentar sampai berhasil diunggah.

Ada kalanya ketika proses unggah terjadi Error, jika terjadi error anda bisa mengcopy seluruh isi template kemudian paste di editor html template blog anda.

Silahkan lakukan preview, untuk melihat tampilan template baru anda, jika template dianggap sudah sesuai dan tampilan sudah baik, maka langkah selanjutnya anda harus mengganti meta tag  template baru tersebut.

Silahkan buka Editor template blog anda, kemudian masukan meta tag dari template lama yang sudah anda persiapkan. lalu simpan.


Apa yang terjadi jika cara mengganti template salah?

Ada banyak kesalahan ketika anda berkeinginan mengganti template blog anda, misalkan saja anda menggunakan template yang terlalu memprioritaskan tampilan daripada kualitas seo template itu sendiri, atau anda tidak merubah meta tag template baru dengan meta tag template yang sebelumnya anda gunakan setelah template diganti.

Jika cara anda mengganti template kurang memperhatikan cara-cara yang benar maka beberapa masalah yang bisa timbul adalah sebagai berikut:

a. Strukturdata schema markup template bisa jadi error.
Silahkan baca mengenal error pada strukturdata schema markup.

b.  Sitemap yang dimiliki blog anda akan menghilang.
Silahkan baca penyebab sitelink menghilang dan cara mengembalikannya.

c. Menurunnya Trafik blog anda.
Baca juga 5 penyebab trafik blog turun

Dengan cara yang benar mengganti template maka blog anda tidak akan kehilangan trafik malah memungkinkan trafik akan meningkat.

Penutup

Memang banyak alasan kenapa template diganti, bisa karena tampilan template lama kurang cocok atau template lama tidak sesuai dengan template seo friendly dan alasan lainnya, yang jelas ketika mengganti template anda harus memperhatikan bahwa cara yang anda lakukan adalah benar, sehingga bisa meningkatkan pengunjung blog anda.

Penggantian template sembarangan apalagi pemilihan template yang kurang baik, bisa berakibat menurunnya pengunjung blog anda, oleh karena itu anda harus memastikan bahwa template yang akan anda gunakan untuk menggantikan template lama blog anda adalah template yang baik dan berkualitas seo sehingga bisa meningkatkan performa blog anda menjadi lebih baik.

Itulah uraian tentang Cara menganti template blog yang benar agar tidak berdampak menurunkan trafik semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. sharing yang bagus, sudah dicoba untuk blog saya, nilai untuk tampilan mobile lebih kecil dari pada nilai untuk tampilan web.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!