Youtube saat ini bukan hanya digunakan untuk sekedar berbagi video saja, namun sudah banyak dimanfaatkan sebagai salah satu alternative untuk mencari tambahan penghasilan dolar secara online dari internet, seperti apa yang saya tulis di artikel sebelumnya tentang 7 tips sukses mendapatkan dollar dari youtube untuk pemula. youtube memang benar-benar terbukti dapat menjadi ladang untuk menghasilkan dolar yang sangat besar.

Atas dasar tersebut tidak heran banyak orang yang rela menghabiskan waktu dan tenaga untuk membuat video kemudian menguploadnya ke situs youtube,  prosesnya memang cukup sederhana, anda membuat video unik kemudian menguploadnya sebanyak-banyaknya ke situs youtube secara konsisten, dilanjutkan dengan memonetisasi video anda  melalui kerjasama dengan media periklanan  google adsense, maka dolarpun bisa anda dapatkan.
 
cara meningkatkan pemirsa atau viewer youtube

Salah satu kunci sukses bermain youtube sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya jumlah pemirsa yang menonton video anda, semakin banyak jumlah pemirsa maka viewer video anda akan semakin meningkat, dan semakin meningkat jumlah viewer video anda itu artinya anda akan memiliki peluang mendapatkan dollar yang lebih baik, karena memang cara kerja monetisasi youtube adalah melalui iklan yang tampil di sela-sela video anda sedang ditonton oleh pemirsa youtube anda,  semakin banyak iklan tayang yang ditonton dan semakin banyak iklan tayang yang membuahkan klik dari pemirsa youtube anda, maka andapun akan mendapatkan penghasilan dari video anda.

Jumlah Pemirsa (Viewer) menentukan kesuksesan Video Anda

Untuk meningkatkan pemirsa pada chanel video anda memang tidaklah mudah, karena membutuhkan teknik khusus dan juga strategi untuk mengupayakan,  salah satu pintu masuknya adalah bagaimana caranya agar video anda bisa tampil di halaman pertama sesuai dengan kata kunci pencarian, semakin sering video anda nangkring di halaman pertama pencarian youtube, maka peluang untuk ditonton pengunjungpun akan semakin baik, apalagi pemirsa youtube anda melakukan like dan mensubcribe chanel  atau saluran video anda, tentu itu akan menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mendatangkan pemirsa ke chanel youtube anda.

Pemirsa bisa menjadi subscriber natural chanel anda memang bukan tanpa alasan, jika mereka menganggap video-video di chanel anda menarik maka tanpa dimintapun mereka akan dengan sukarela menyukai video dan mensubcribe chanel anda, semakin banyak subscriber maka setiap video baru yang anda upload akan mudah mendapatkan viewer dari subscriber anda, karena setiap anda mengupload video maka subscriber anda akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan bahwa chanel yang disubcribnya memiliki video baru, jadi kunci utama untuk meningkatkan pemirsa pada video youtube anda adalah, membuat video yang bagus dan berkualitas, melibatkan seo didalamnya dan memperbanyak subcriber.

Tips Sederhana Meningkatkan Pemirsa Youtube untuk Pemula

Di artikel kali ini saya akan coba mengupas beberapa tips sangat dederhana bagaimana caranya untuk meningkatkan pemirsa video anda, sehingga anda bisa lebih mudah mendapatkan like, subscriber dan penghasilan dolar yang akan anda dapatkan dari video youtubepun akan semakin baik.

1. Libatkan SEO pada video anda.

Seo di youtube adalah teknik yang diupayakan agar video yang kita buat lebih mudah tampil dan ditemukan pengunjung ketika pengunjung melakukan pencarian di youtube dengan kata kunci pencarian yang relevan, sehingga video kita lebih berpeluang akan banyak ditonton orang. Mungkin sebelumnya kita sering mendengar istilah seo itu di dunia blog,  tapi baik di blog maupun di video youtube intinya tetap sama, yaitu mengupayakan agar materi yang kita buat bisa lebih mudah ditemukan.

Untuk video mungkin cakupannya bukan hanya mudah ditemukan di situs youtube saja, tapi bagaimana mengupayakan agar judul video yang kita buat memiliki kesempatan juga ketika pengguna melakukan pencarian melalui search engine, seperti google misalnya.

Berikut adalah tips Untuk melibatkan seo pada video youtube anda:

a. Membuat video sesuai trends adalah kesempatan yang sangat baik, anda bisa mengangkat video sesuai dengan topic yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan di dunia maya, jika anda bukan orang yang melek internet, silahkan manfaatkan riset kata kunci di google trends untuk menemukannya.

Artikel terkait: Apa itu google trends manfaat serta kegunaannya?

b. Buatlah judul video semenarik mungkin dan membuat orang penasaran, tapi harus relevan dengan isi video anda, untuk video bertajuk serial anda bisa mencantumkan part pada video anda.

c. Libatkan keyword yang mencantumkan seluruh kemungkinan kata kunci pencarian pada video anda., missal jika video anda adalah video yang berisi tentang panduan cara meningkatkan pemirsa youtube, maka anda bisa memasukan keyword relevan lainnya yang mungkin dijadikan kata kunci pencarian misalnya: “cara meningkatkan viewer youtube dengan cepat”, “cara agar video youtube mudah dicari”, “cara agar video youtube banyak yang nonton”,”cara agar vidio youtube dilihat banyak orang” dan kata kunci lainnya yang relevan dengan judul video yang anda buat.

Untuk menemukan kata kunci turunannya mungkin artikel tentang  “Cara menemukan kata kunci LSI keyword” bisa anda jadikan referensi.

d. Tulis deskripsi video selengkap mungkin, di deskripsi anda bisa memasukan lokasi, tahun orang yang terlibat dan juga link yang mengarah ke halaman blog yang relevan.

Semkain banyak informasi yang anda cantumkan di video anda, maka peluang video anda muncul di halaman pertama pencarian youtubepun akan semakin baik.

2. Gunakan Thumbnail yang menarik

Thumbnail adalah gambar video anda, gambar ini akan tampil ketika video anda ditemukan di hasil pencarian youtube, gambar yang menarik terbukti dapat meningkatkan rasa penasaran pengguna untuk menonton video anda.

Setiap kali video anda selesai di-upload maka youtube biasanya akan menawarkan 3 gambar yang diambil dari frame video anda, anda bisa saja menggunakan gambar yang ditawarkan youtube tersebut, atau anda juga bisa membuatnya sendiri dengan tampilan yang lebih menarik.

Bolehkan melibatkan gambar wanita yang sedikit s3xi, pada thumbnail yang akan digunakan?, jika itu memang akan kelihatan menarik pengunjung tidak ada yang salah menggunakannya, dan memang fakta membuktikan bahwa gambar thumbnail video yang di dalamnya terdapat gadis cantik nan hot, biasanya menarik begitu banyak mata sehingga dapat meningkatkan penonton pada video anda.

3.  Manfaatkan Anotasi Youtube

Setelah proses upload video anda selesai, selain anda bisa menentukan judul, kata kunci dan juga deskripsi video, anda juga bisa menambahkan anotasi pada video anda. Lantas apa itu anotasi?, anotasi adalah komponen video bisa berupa catatan, spotlight, label, judul yang akan muncul di permukaan video anda ketika video anda di tonton pemirsa.

Anotasi bisa anda manfaatkan untuk mengajak pemirsa menyukai video anda atau untuk mengajak pemirsa mensubcribe video anda, atau juga bisa digunakan untuk mengarahkan penonton video anda ke playlist video yang sudah anda buat. sehingga bisa meningkatkan viewer pada video anda lainnya.

4. Sajikan Hompage youtube anda semenarik mungkin

Homepage adalah halaman utama chanel youtube anda, biasanya untuk halaman homepage anda bisa mengatur gambar utama atau cover chanel anda, dan juga informasi lainnya yang terkait dengan chanel video anda.

Homepage adalah gerbang utama pemirsa untuk menelusuri dan menemukan setiap video yang anda upload, silahkan gunakan gambar cover yang menarik dan buatlah catatan mengajak pemirsa untuk menyukai atau berkomentar pada setiap video anda.

5. Ajak pemirsa untuk menyukai dan mensubcribe video anda

Ajakan adalah salah satu cara untuk meningkatkan minat pemirsa pada video anda, ajakan untuk menyukai atau ajakan untuk mensubcribe secara tidak langsung dapat mempengaruhi minat para pemirsa video anda untuk mengikuti apa yang anda minta.

Ajakan bisa anda buat pada anotasi video, atau pada pembukaan atau penutup di video anda, buatlah se menarik dan se kreatif mungkin sehingga anda akan banyak mendapatkan suka, subbriber dan juga komentar pada video anda. jika itu berhasil maka anda secara tidak langsung  dapat digunakan sebagai media promosi gratis, karena setiap kali mereka menyukai video anda atau mensubcribe video anda, maka mereka akan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai update terbaru dari chanel anda. dan itu artinya penonton video anda akan lebih mudah anda dapatkan.

6. Buat playlist untuk video anda

Playlist atau daftar putar sama halnya dengan artikel terkait pada blog, anda merekomendasikan kumpulan video anda lainnya kepada penonton video anda, jika mereka mengklik playlist yang anda buat maka setiap kali satu video selesai ditonton akan dilanjutkan dengan memutar video berikutnya.

Playlist adalah salah satu cara untuk meningkatkan viewer pada setiap video anda.

Itulah beberapa point penting tentang 6 Cara Sederhana Meningkatkan Pemirsa (Viewer) Youtube anda khusus Pemula, saya akui ini hanya beberapa point saja, pada kenyatannya memang akan ada banyak sekali cara, jika anda punya cara lainnya silahkan untuk berbagi. semoga bermanfaat.