Memang ada saja permasalahan yang bisa terjadi pada hp atau ponsel android anda, salah satunya adalah hp android anda tidak bisa kirim sms padahal pulsa ada, kartu tidak rusak dan jaringanpun dalam keadaan normal, tapi kenapa pas mengirim sms ada notifikasi selalu gagal tidak pernah sampai. bahkan ada juga yang seolah sms terkirim tapi tidak bisa diterima oleh nomor tujuan.

Meskipun saat ini banyak sekali aplikasi android yang dapat digunakan untuk saling mengirim pesan seperti BBM, whatsup dan lainnya, tetap saja sms menjadi alternatif terakhir apabila hp tidak mendukung, sehingga ketika hp bermasalah tidak bisa mengirim sms, maka ini menjadi masalah besar, oleh karena itu permasalahan hp tidak mengirim sms harus segera diperbaiki.

hp android yang tidak bisa kirim sms padahal pulsa ada

Sebenarnya pembahasan tentang permasalahan hp tidak bisa mengirim sms pernah saya bahas di artikel sebelumnya, tapi khusus untuk hp asus zenfone 2 laser (baca: Hp asus zenfone yang tidak bisa mengirim sms, ini solusinya), Memang ada banyak sekali artikel di internet yang membahas bagaimana cara mengatasi sms tidak terkirim, tapi kebanyakan tidak memberikan solusi, oleh karena itu di artikel kali ini saya akan coba berbagi pengalaman dengan anda bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki permasalahan pada hp android yang tidak bisa mengirim sms.

2 Cara Mengatasi Hp Android yang tidak bisa Mengirim SMS

Jika hp android yang anda gunakan tidak bermasalah, pulsa juga penuh kemudian kartu dalam keadaan baik, penyebabnya kemungkinan besar adalah nomor SMSCenter operator selular untuk kartu yang anda gunakan tidak terkonfigurasi dengan baik, jadi yang anda perlukan biasanya hanya memperbaiki nomor SMS center pada HP anda.

Sebenarnya SMSC number seharusnya terkonfigurasi secara otomatis ketika hp anda diaktifkan dalam keadaan kartu terpasang, namun karena beberapa hal, ada saja kasus meskipun kartu terpasang dengan baik, namun perangkat android tidak untuk beberapa kartu tidak mau menyimpan konfigurasi Number SMSC ini dengan baik, sehingga mengakibatkan ketika kartu digunakan untuk mengirim SMS selalu gagal.

Beberapa hp android yang memiliki permasalahan ini diantaranya adalah HP asus zenfone2 selfie dan hp asus zenfone 2 laser, kebetulan saya pernah mengalami kasus seperti ini hp tidak bisa mengirim sms untuk kartu XL pada hp asus zenfone 2 laser dan memang benar permasalahannya terletak pada Nomor SMSC yang tidak terkonfigurasi dengan baik.

Oleh karena itu untuk memperbaiki permasalah tersebut, anda bisa memasukan ulang nomor sms center (SMSC) dari operator selular yang anda gunakan.  melalui 2 cara yang akan saya uraikan di artikel ini

Cara #1 - Perbaiki Nomber SMSC pada setting messaging (perpesanan)


Cara pertama yang bisa anda coba adalah memperbaiki setingan Nomor SMSC (SMS Center) melalui fasilitas aplikasi perpesanan di hp android anda.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pada HP android anda, silahkan buka Pesan atau Messaging

2. Pada halaman perpesanan silahkan klik Icon titik tiga vertical yang terletak di pojok kanan atas, kemudian pilih menu setting

3. Pada tampilan menu settings pilih menu Text (SMS) message.

text sms messages setting

4. Pada tampilan menu Text (SMS) Messages, pilih menu SMSC setting

memperbaiki smsc setting pada hp android

5. Kemudian pada tampilan halaman SMSC setting, silahkan anda pilih pilih simcard terpasang yang mengalami masalah, untuk ponsel asus saya kebetulan simcard terpasang di sim2, dan tampilannya seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

edit smsc seting
isinya hanya tulisan +7, dan ini mungkin penyebabnya seharusnya berisi nomor sms center dari XL, atau SMS center dari kartu yang digunakan.

Untuk memperbaikinya silahkan masukan nomor SMS center operator seluler kartu yang anda gunakan. Jika anda tidak tahu nomor SMS center kartu ponsel anda, berikut saya uraikan beberapa nomor SMS center yang bisa anda gunakan

Daftar SMS Center Operator Selular:

  • 3: +6289644000001
  • As: +6281100000
  • Axis: +628315000031 atau +628315000032
  • Indosat M3: +62855000000
  • Indosat Mentari: +62816124, +62816125, +62816126, +62816127 atau +62816128
  • Simpati: +6281100000
  • Smartfren: +628811223344
  • XL: +62818445009 atau +628184450095

Silahkan anda masukan nomor SMSC sesuai dengan kartu operator yang anda gunakan, setelah nomor SMS C di atas anda masukan silahkan anda tekan tombol OK untuk menyimpannya. Jika bershasil maka sampai langkah ini seharusnya ponsel anda sudah bisa digunakan untuk mengirim SMS,

Namun, jika muncul Pesan Failed to update SMSC nNumber, itu artinya anda gagal menyimpan Nomor SMSC di ponsel anda, Jika itu terjadi anda bisa menempuh cara  ke 2 yang akan saya uraikan di bawah.

Cara #2 - Perbaiki SMSC number melalui Mode Testing (Sangat Recomended)

Jika cara ke #1 di atas gagal, dengan munculnya pesan Failed to update SMSC nNumber, maka anda bisa menempuh cara ke 2 ini, yaitu mengedit SMSC di mode testing yang dapat dibuka menggunakan kode khusus USSD (Unstructured Supplementary Service Data).

Cara ini berhasil berhasil memperbaiki masalah tidak dapat mengirim pesan sms di hp asus zenfone 2 laser milik saya, semoga bisa juga memperbaiki hp android yang anda gunakan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan bahwa kartu yang bermasalah (tidak bisa kirim SMS) terpasang pada slot card 1, di ponsel anda.  silahkan matikan dulu hp anda kemudian buka casing ponsel  anda dan tukar letakan kartu yang tidak bisa kirim sms jika kebetulan bukan di slot card1.

2. Aktifkan Ponsel android anda, kemudian tekan tombol panggilan, lalu ketikan kode berikut *#*#4636#*#*, ketika karakter * yang terakhir ditekan maka anda akan masuk ke mode khusus testing, seperti gambar di bawah ini:

android testing ussd
Di beberapa hp android mungkin saja menu yang disajikan sedikit berbeda, coba saja akses satu persatu.

3. Pada halaman testing di atas, silahkan anda tekan menu Device Information, maka anda akan masuk ke halaman device information, scroll ke bagian bawah hingga anda melihat kotak isian SMSC seperti gambar di bawah ini:

edit msmc di ssud kode


4. Tekan tombol Refresh 1 kali untuk melihat number SMSC pada ponsel anda, untuk ponsel asus zenfone saya yang muncul adalah kode di bawah ini:

"+7",1234


5. Yang harus anda lakukan adalah mengganti kode yang berada diantara tanda "...", untuk punya saya adalah kode +7, ganti dengan nomor sms center sesuai dengan kartu operator selular yang anda gunakan, misalnya untuk kartu XL menjadi seperti ini:

 "+62818445009",1234

6. Ingat Jangan menekan tombol Update ya... karena akan tetap error dengan pesan Update Error. Yang harus anda lakukan selanjutnya adalah tekan menu gambar 3 titik vertical yang terletak di pojok kanan atas, kemudian tekan menu Get PDP list, cukup 1 kali saja.
 
mengaktifkan tombol pdp list android

7. Oh ya Jangan tutup dulu tampilan, selanjutnya silahkan langsung saja restart ponsel anda. Setelah di restart silahkan anda coba gunakan Kartu ponsel anda untuk mengirim SMS.

Sampai lakah di atas seharusnya Permasalahan HP tidak bisa mengirim SMS sudah berhasil di perbaiki. Di HP asus Zenfone 2 laser milik saya, cara di atas berhasil untuk memperbaiki kartu XL saya yang tadinya tidak bisa mengirim SMS. semoga untuk hp anda juga bisa. selamat mencoba dan semoga berhasil.


Itulah 2 cara yang anda lakukan untuk mengatasi HP android anda yang tidak bisa mengirim sms, semoga berhasil.

1 komentar:

  1. halo kang didin, apa kabar?
    kang mo nanya nih, dah dibahas belom yaa, kl kartu gsm ngga bisa internetan pake modem 3g seperti axis/xl apa karna jaringan sibuk? atau itu kartu memang buat ponsel doang? kl tri bisa, entah simpati

    btw, ane mah dah lupakan GA hhh, nulis mah enjoy aja dah xixixi

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!