Sebelum saya uraikan tentang script yang harus dipelajari untuk membuat website sendiri, saya ingin memastikan bahwa yang anda cari memang benar-benar referensi untuk membuat halaman website dan bukan mencari cara untuk membuat halaman blog, karena ternyata tidak sedikit pengguna internet yang mencari referensi tentang bagaimana cara membuat website sendiri padahal apa yang ingin mereka temukan sebenarnya adalah cara membuat halaman blog, begitu juga sebaliknya. Jadi harap untuk diperhatikan bahwa apa yang anda cari memang benar cara membuat website bukan cara membuat blog sesuai dengan yang anda inginkan

Perlu anda ketahui bahwa untuk dunia aplikasi web, memang ada 2 istilah yang kerap sekali digunakan terutama terkait halaman web, yaitu website dan blog, jika anda masih menganggap antara website dan blog itu sama, maka anda salah besar karena keduanya ternyata berbeda.

Cara membuat website sendiri mudah dan cepat


Kenali Perbedaan Website dan blog!

Baik website maupun blog keduanya memang merupakan aplikasi web yaitu aplikasi komputer yang dapat diakses melalui browser seperti mozila, google chrome, safari, opera, internet explorer dan browser-browser lainnya, meskipun sama-sama merupakan halaman web, ternyata keduanya adalah 2 hal yang berbeda. terutama dari sisi fungsi dan ruang lingkupnya.

Website adalah halaman web yang fungsinya lebih dinamis dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang sifatnya administratif sesuai dengan yang diinginkan, misalnya untuk toko online atau online shop yang dilengkapi dengan fasilitas input data barang dan pemesanan barang serta informasi pendukung lainnya, sistem informasi perpustakaan sekolah, aplikasi keuangan dan aplikasi lainnya dan biasanya selalu melibatkan basis data di dalamnya untuk menyimpan, mengedit, menghapus dan dan memanipulasi data, disertai dengan penyajian informasi hasil pengolahan data yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Sedangkan blog adalah halaman situs sederhana yang difungsikan sebagai sistem pengelola konten (content management sistem atau CMS), biasanya disajikan dalam bentuk tulisan atau text, gambar, video maupun suara, blog secara fungsi memang sangat terbatas berbeda dengan website yang memiliki ruang lingkup lebih luas.

Jika apa yang anda cari ternyata adalah tentang cara membuat website sendiri untuk keperluan tertentu, maka artikel ini adalah artikel yang tepat yang akan menjelaskan kepada anda apa saja yang harus anda pelajari agar dapat membuat website sendiri.

Yang harus dipelajari untuk Membuat Website Sendiri

Membuat halaman website sendiri memang bukanlah perkara mudah, kecuali anda sudah sangat mahir, ada beberapa script yang harus dipelajari yaitu sebagai berikut:

#1 - Script HTML

Script HTML adalah script client (script yang dapat diterjemahkan oleh browser) untuk menciptakan halaman website sendiri yang sifatnya standar, script ini disebut sebagai script utama multiflatfom dapat dijalankan di berbagai sistem operasi yang dapat digunakan untuk menyusun halaman web baik blog maupun website, script ini adalah salah satu script yang bisa diterjemahkan oleh browser untuk diproses sehingga menjadi tampilan halaman web sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk membuat halaman website sendiri, maka script HTML ini benar-benar harus anda pelajari, script ini tidak terlalu sulit untuk dipelajari kok.... jadi jangan khawatir bahkan menurut pendapat banyak programmer termasuk saya pribadi, script HTML adalah script yang paling mudah untuk dipelajari jika dibandingkan dengan script bahasa pemrograman lainnya.

Panduan dasar untuk memahami HTL anda bisa baca: Cara membuat struktur HTML untuk pemula

#2 - Script CSS (Cascade Style Sheet)

Jika script HTML adalah script utama yang menyusun kerangka halaman website ataupun blog, maka lain halnya dengan script CSS, script ini adalah script client yang fungsinya untuk mendekorasi  atau mendesaian dan juga mengatur tata letak halaman situs sehingga sesuai dengan tampilan yang diinginkan.

Script ini mampu memanipulasi kode tag-tag script HTML sehingga tag-tag html bisa di dekorasi dan diatur tata letaknya sedemikian sehingga tampilannya sesuai dengan yang diinginkan. jika anda ingin mampu membuat halaman website sendiri maka script ini adalah salah satu script yang benar-benar wajib anda kuasai.

Untuk mempelajari script ini, saya merekomendasikan anda belajar di w3school. Sebuah situs yang cukup lengkap dengan dokumentasi gratis script-script web seperti HTML, Javascript dan CSS.

#3 - Javascript

Jika fungsi CSS adalah untuk mendekoarsi dan mengatur tata letak halaman web, maka javascript adalah script khusus yang diproses di sisi client oleh browser yang dapat digunakan untuk membuat halaman web lebih interaktif, artinya jika ada aksi dari pengujung terhadap bagian-bagian tertentu pada halaman web, maka halaman bereaksi, misalnya tombol di arahkan mouse di atasnya warnanya berubah dari merah ke biru, menu diclick scroll ke bawah dan lain sebagainya sehingga halaman blog kelihatan lebih hidup.

Javascript mampu memanipulasi tag-tag HTML agar responsif terhadap aksi pengguna sesuai dengan yang diinginkan. Untuk mempelajari script ini, saya merekomendasikan anda belajar di w3school JS. Sebuah situs yang cukup lengkap dengan dokumentasi gratis script-script web seperti HTML, Javascript, CSS dan script-script lainnya.

Untuk menguasai javascript pada dasarnya memang perlu kemampuan khusu, namun saat ini banyak sekali framework-framework atau library javascript atau kerangka kerja yang dapat mempermudah pekerjaan anda dalam membuat website sendiri, peranan framework ini mampu membantu anda dalam pengkodean javascript untuk mendesain website anda, dengan adanya framework maka anda tidak perlu melakukan pekerjaan dari nol, bayangkan saja seperti halnya anda ingin membuat sebuah gambar yang sudah memiliki garis-garis bantu yang siap anda rangkai menjadi gambar yang utuh, begitu juga dengan fungsi framework.

#4 -  Pelajari Script Server.

Sebuah website profesional tidak lepas dari keterlibatan script server di dalamnya, jika script client seperti HTML, CSS javascript adalah script dapat diproses dan diterjemahkan oleh browser sehingga menghasilkan tampilan halaman situs, beda halnya dengan script server, script server hanya dapat diproses dan diterjemahkan oleh webserver yang tersimpan di mesin server.

Peranan script server adalah untuk membantu membuat struktur pengkodean halaman situs menjadi lebih mudah dan lebih praktis, script server ini nanti akan diproses oleh server dan diterjemahkan ke dalam script HTML dan hasilnya dikirim ke mesin client yang mengaksesnya untuk diterjemahkan oleh browser yang menggunakannya.

Berikut beberapa script server yang bisa anda pelajari untuk membuat sendiri halaman website:

  • PHP (Hypertext Preprocessor)
  • Java Server Page (JSP)
  • Active Server Page ASP
  • dan masih banyak yang lainnya.

Namun jika anda ingin fokus saya merekomendasikan untuk mempelajari PHP, karena saat ini PHP adalah salah satu script web yang sangat populer dan paling banyak penggunanya. banyak situs-situs besar dan profesional menggunakan script PHP di dalamnya.

Agar dapat mempermudah Melakukan pengkodean script PHP, anda bisa memanfaatkan penggunaan framework atau library kerangka kerja yang sudah banyak tersedia dan siap digunakan secara gratis, sehingga anda tidak harus membuatnya dari nol, dan dapat mempercepat pekerjaan anda dalam membuat website atau halaman situs, beberapa framework berbasis PHP yang cukup dikenal saat ini dan sudah banyak digunakan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:


Saya pribadi lebih suka menggunakan Code Ignitor, karena merasa sangat cocok dan cukup mudah dipakai. Anda bisa mereview kelebihan dan kekurangan framewok-framewok yang ada yang akan anda gunakan agar lebih mantap untuk mempelajarinya.

#5 - Pelajari Basis data 

Basis data adalah pengolah data yang nanti anda akan libatkan di halaman website anda, seperti misalnya anda membuat website toko online, maka aplikasi harus memiliki fasilitas untuk menginput data barang, data pelanggan dan lain sebagainya, begitu juga jika anda ingin membuat aplikasi perpustakaan, dan aplikasi web lainnya, untuk menyimpan menghapus dan memelihara data maka website harus terintegrasi ke basis data, Jika anda ingin mampu membuat website sendiri maka anda harus mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan basis data, bagaimana cara mengoperasikan basis data dan bagaimana cara memanipulasi data untuk menampilkan informasi yang diinginkan.

Basis data yang paling banyak digunakan pada aplikasi website diantaranya adalah:

  • MySQL, ini sangat cocok sekali disandingkan dengan script PHP
  • Postgres dan
  • Basis data lainnya.

#6 - Kenali dan Pelajari Editor untuk membuat halaman webstite.

Selanjutnya apa yang harus anda persiapkan untuk membuat halaman website sendiri adalah editor untuk mengetikan perintah script halaman web atau untuk mendesain halaman website yang akan anda bangun, ada banyak sekali editor untuk membuat halaman website. beberapa diantaranya dalah:

  • Netbean, ini adalah editor gratis yang saya sukai untuk editor membuat halaman website dengan projek medium ke atas, berbasis PHP atau java, kaya akan fitur dan pure koding, artinya murni menggunakan perintah text, jadi anda harus sudah bisa memahami script-script website sehingga dapat anda ketikan  di netbean ini
  • Notepad ++, tool gratis dan sederhana berbasis text kaya akan plugin, tool ini ringan dan anda bisa menginstal plugin-plugin yang dibutuhkan, tool ini cukup baik digunakan sebagai editor website ataupun blog. saya sering menggunakan tool ini untuk keperluan yang sederhana, karena cukup cepat dan mudah sekali digunakan.
  • Dream weaver, dream weaver adalah tool berbayar dari adobe yang banyak digunakan untuk membuat desain web, tool ini bisa kita gunakan dalam mode text maupun mode desain drag and drop, jika anda ingin membuat tampilan website cepat, anda bisa menggunakan tool ini, namun tetap pada prakteknya anda harus sudah menguasai script-script web, terutama HTML, Javascript dan CSS. tool ini sebenarnya tool yang cocok sekali untuk programmer berpengalaman untuk membantu mempermudah dalam mendesain tampilan halaman situs, anda juga bisa mencobanya walaupun anda pemula.
  • Dan masih banyak yang ainnya...tretet...

Baca juga: Software yang dibutuhkan untuk membuat website

#7. Gunakan Xampp untuk PHP

Untuk membuat website menggunakan PHP maka anda perlu menyiapkan webserver, php interpreter yang akan menterjemahkan script php dan tool lainnya, tool ini bisa anda dapatkan secara terpisah kemudian anda harus menginstalnya di komputer anda, namun anda akan kesulitan untuk melakukan konfigurasinya, tenang saja, ada kabar baik ternyata ada banyak sekali pihak ke 3 yang sudah membundel tool-tool yang dibutuhkan untuk mengembangkan halaman situs menggunakan PHP, salah satu yang paling terkenal saat ini adalah software Xampp.

Xampp adalah bundel software atau kumpulan software-software yang dibutuhkan untuk mengembangkan website menggunakan PHP yang bisa anda instal di komputer local untuk menguji website yang anda buat dengan PHP, dengan menggunakan xampp anda akan sangat terbantu dan tidak perlu melakukan konfigurasi yang cukup ribet.

Saya tidak akan panjang lebar bagaimana cara membuat website dengan bantuan xampp, anda bisa mencarinya diinternet langkah apa yang harus anda tempuh ketika ingin menggunakan xampp untuk mengembangkan website.

Sedangkan untuk cara instalnya anda bisa baca di artikel di bawah ini:

Jadi Xampp dan juga tool Editor seperti netbean atau notepad++ harus anda instal pada komputer anda, editor digunakan untuk mengetikan perintah atau script web yang akan anda buat, sedangkan xampp semacam webserver local yang dapat anda gunakan untuk mengetes halaman web yang sedang anda buat, sebelum halaman website anda di release untuk dipublis ke internet. Xampp sama halnya seperti server hosting yang dapat anda gunakan untuk menyimpan file-file website yang sudah anda buat.

Waduh ternyata repot juga ya membuat website sendiri, banyak yang harus dipelajari dan disipakan!

Jika anda tidak mau repot-repot membuat website sendiri anda bisa menggunakan situs-situs penyedia pembuatan layanan website yang siap digunakan, sehingga anda lebih mudah dan cepat dalam mencipkan halaman website anda.

Ada banyak sekali situs-situs yang menyajikan bantuan untuk membuat layanan website sendiri terutama untuk online shoop, ada yang gratisan ada juga yang berbayar, jika itu yang anda perlukan, anda bisa cari layanan-layanan jasa pembuatan website yang banyak sekali bertebaran diinternet.


Bagaimana dengan Halaman Blog? 

Sekali lagi saya tegaskan bahwa blog tidak sama dengan website, jika yang anda cari adalah cara untuk membuat blog, maka ini justru lebih mudah, ada banyak sekali situs-situs penyedia layanan blog gratis yang tersdia di internet yang siap anda gunakan, beberapa diantaranya adalah:


Anda bisa menggunakan situs-situs di atas untuk membuat halaman blog yang anda inginkan, silahkan buka situs di atas kemudian buat halaman blog yang anda inginkan, oh ya, saat ini banyak orang membuat halaman blog bukan hanya bertujuan untuk menuangkan tulisan saja, namun saat ini blog sudah banyak digunakan untuk menghasilkan uang dari internet. jika anda tertarik anda bisa baca artikel di bawah ini sebagai referensi:


Namun jika anda membuat blog di layanan blog tersida, alamat blog anda akan berakhiran nama situs layanan blog yang anda gunakan, misalnya jika anda membuat halaman blog di blogspot maka, alamat blog anda akan berakhiran nama_blog_anda.blogspot.com, atau jika anda membuat blog di wordpress, maka nama alamat blog anda akan berakhiran nama_blog.wordpress.com begitu juga untuk layanan blog lainnya.

Oh Tapi saya ingin membuat blog dengan alamat sendiri, misalkan berakhiran .com, .org, .co.id dan lainya bagaimana caranya?

Jika apa yang anda cari cara membuat halaman blog dan anda ingin membuat halaman blog dengan domain sendiri atau Top Level Domain (TLD), domain pribadi dengan akhiran .com, .org, .co.id, .net dan lain sebagainya, maka anda harus membeli layanan domain dan juga layanan hosting.

Untuk memahami apa itu hosting dan domain silahkan baca dulu : apa perbedaan hosting dan domain!

Anda bisa menggunakan Conten Management System (CMS) seperti cms wordpress.org, htmly dan lain sebagainya yang bisa anda download dan gunakan secara gratis untuk halaman blog anda, kemudian anda tinggal membeli layanan hosting dan juga membeli layanan nama domain, hosting untuk menyimpan file-file halaman blog anda, sedangkan nama domain  digunakan untuk alamat blog anda.

Saya sarankan menggunakan cms dari wordpress.org, cms ini menggunakan script PHP dan cms ini cukup mudah digunakan, flexible, dan penggunanya sangat banyak diseluruh dunia serta didukung dengan tutorial-tuorial yang banyak bertebaran diinternet.

Anda bisa membuatnya menggunakan komputer yang terhubung ke internet ataupun memuatnya menggunakan hp namun anda akan kerepotan. jadi disarankan menggunakan komputer atau laptop untuk membuatnya.


Demikian tentang Apa yang harus anda persiapkan untuk membuat website sendiri, baik script yang harus anda pelajari dan juga tool-tool yang harus anda persiapkan, semoga membantu dan anda bisa mewujudkan keinginan anda sehingga berhasil membuat halaman website sendiri.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!