5 Tips Cerdas Membuat judul Postingan yang menarik pembaca dan mendapatkan banyak klik - Untuk blogger yang sangat memperhatikan kualitas SEO sebuah artikel dan juga trafik blog,  judul postingan merupakan fakor utama yang benar-benar harus diperhatikan, karena selain isi artikel yang berkualitas, judul artikel adalah salah satu yang mampu menentukan banyak tidaknya artikel mendapatkan pengunjung terutama pengunjung yang datang dari mesin pencari seperti google atau (pengunjung organik).

Perlu anda ketahui bahwa judul adalah salah satu bagian dalam artikel postingan blog yang mampu memberikan informasi kepada mesin pencari mengenai relevan tidaknya sebuah kata kunci pencarian yang diketikan oleh pengguna internet dengan artikel postingan blog, jika judul dianggap relevan dengan kata kunci pencarian maka besar kemungkinan judul tersebut akan mampu muncul di hasil pencarian walaupun belum tentu muncul di halaman pertama.

Cara Membuat Judul Postingan blog menarik
Bagi anda yang kebetulan ingin blognya mendapatkan banyak pengunjung dan trafiknya bagus, maka salah satu yang harus anda pikirkan dengan baik sebelum membuat artikel adalah membuat judul, kemudian dilanjutkan dengan menyusun artikel yang berkualitas dan relevan. Ketika judul artikel yang anda buat mampu muncul di halaman pertama google, maka jika judul yang anda buat mempu menarik perhatian pengunjung, mereka akan klik link judul blog anda walaupun judul tersebut bukan berada di posisi rangking 1 google.
Baca Juga: 8 cara optimasi SEO agar mendapatkan rangking 1 google
Di artikel kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara membuat judul postingan blog yang berkualitas, baik dari sisi seo maupun sisi pembaca blog sehingga judul blog anda banyak diklik dan artikel blog anda akan mendapatkan banyak view serta trafik blog anda meningkat.

7 Tips Membuat judul Postingan Yang dapat Memikat banyak Pengunjung

Oh ya tips berikut ini khusus untuk anda yang ingin membuat artikel dengan judul yang teroptimasi dengan baik seperti misalnya untuk artikel pilar blog anda atau artikel utama yang anda andalkan agar blog dapat memiliki trafik melimpah dari artikel tersebut, sedangkan  untuk judul-judul artikel pendukung sebagai daftar bacaan blog anda  menurut saya judul apapun bisa anda buat.

Berikut adalah tips membuat judul postingan yang menarik, dapat memikat pengunjung dan seo friendly sehingga mudah dikenali oleh mesin pencari google.

#1. Buat Judul dari kata kunci yang paling banyak dicari

Judul apapun sebenarnya sah-sah saja untuk anda sajikan namun jika anda sangat memperhatikan kualitas seo dan sangat memperhatikan trafik, membuat judul tentu adalah sesuatu yang harus ditentukan melalui tahap riset terlebih dahulu, karena boleh jadi judul anda memiliki kualitas seo yang bagus namun jika bukan judul dari kata kunci yang paling banyak dicari maka kemungkinan besar artikel blog anda tidak akan mendapatkan banyak pengunjung.

Oleh karena itu apa yang harus anda lakukan sebelum membuat judul artikel postingan adalah melakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang paling banyak dicari yang akan anda sajikan sebagai judul artikel.

#2. Pilih Judul Yang memiliki Kompetitor Rendah

Yang kedua setelah anda menemukan judul yang banyak dicari adalah memilih judul yang memiliki kompetitor rendah, yaitu judul yang saingannya masih sedikit namun memiliki tingkat pencarian rendah agar mudah untuk bersaing.

Sebenarnya untuk blog yang sudah berumur dan memiliki reputasi baik di mata mesin pencari, tidak masalah walaupun kata kunci untuk judul yang dipilih memiliki level kompetitor tinggi, karena kemungkinan besar artikel akan bisa bersaing apalagi ditambah isi konten yang disajikan  sangat berkualitas, namun jika blog anda sangat baru memilih judul yang memiliki kompetitor tinggi akan sangat sulit sekali artikel bersaing dengan judul artikel dari blog papan atas yang sudah lebih dulu populer.

Lantas bagaimanakah cara untuk melihat tingkat kompetitor kata kunci?
Cara sederhananya adalah dengan mengetikan kata kunci di mesin pencari google, silahkan buka google.com atau situs google.co.id, lalu ketikan kata kunci yang akan anda incar untuk judul, jika hasil pencarian di bawah 1.000.000 maka itu bisa dipastikan kompetitornya rendah, anda bisa ambil judul tersebut untuk artkel blog anda.

Oh ya anda juga bisa melihat di serp google situs-situs kompetirot blog anda, jika didominasi oleh situs-situs besar sebaiknya fikir 2 kali untuk mengambil judul tersebut, karena akan sulit bersaing apalagi blog masih dianggap baru oleh mesin pencari.


Jadi kesimpulannya setelah anda mendapatkan kata kunci judul yang memiliki tingkat pencarian tinggi, sangat dianjurkan untuk melihat tingkat kompetitor judul tersebut, judul dengan kata kunci dengan tingkat pencarian tinggi dan kompetitor rendah akan mampu mendatangkan pengunjung blog dalam jumlah yang banyak.

#3 - Libatkan Optimasi Seo Onpage pada judul yang anda ambil

Setelah kata kunci judul anda dapatkan agar judul anda berkualitas seo maka langkah berikutnya adalah melibatkan optimasi seo terutama optimasi seo onpage pada judul yang anda buat.

Menurut pakar seo judul yang baik di mata seo adalah judul yang kata kunci utamanya di tempatkan di awal kalimat, misalkan kata kunci judul yang anda ambil adalah bisnis internet, dari kata kunci tersebut sebenarnya kita bisa membuat kombinasi kata untuk dijadikan judul seperti misalnya:

  1. Bisnis internet yang paling menguntungkan untuk pemula
  2. Anda pemula ini bisnis internet yang cocok untuk anda
Dari alternatif 2 judul di atas menurut pakar seo yang paling baik adalah judul nomor 1 karena menempatkan kata kunci utama yang diincar di awal kata dari judul tersebut.

Oleh karena itu silahkan anda pintar-pintar untuk membuat judul yang teroptimasi dengan baik agar lebih disukai oleh mesin pencari sehingga judul artikel anda mampu muncul di posisi terbaik SERP Google.

#4 -  Jadikan Judul Postingan Lebih Unik dari judul komptetor

Ini adalah sebuah strategi agar judul anda ketika muncul di hasil pencarian atau serp google terlihat unik berbeda dari yang lain,  judul yang unik artinya judul yang anda sajikan tidak sama dengan judul yang sudah ada di hasil pencarian dengan kata kunci relevan.

Mungkin saja anda berfikir untuk memilih judul yang sama dengan judul yang muncul di posisi pertama, dengan harapan agar bisa bersaing atau mengalahkan judul kompetitor, menurut saya pribadi cara tersebut kurang kurang efektif, karena belum tentu meskipun judul sama artikel blog anda muncul di posisi terbaik.

Jika kebetulan judul artikel blog anda muncul di posisi 2 ke atas di halaman pertama sementara di posisi pertama judul yang muncul  sama persis dengan judul artikel anda, maka tidak ada hal unik untuk judul artikel blog anda di mata pengunjung, pada akhirnya posisi pertama akan memiliki potensi untuk diklik pengunjung.

Jadi tujuan dibuanya judul sedikit lebih unik dari judul artikel blog kompetitor adalah agar judul artikel blog anda lebih berpotensi mendapatkan CTR tinggi atau klik dari pengunjung ketika blog anda muncul di halaman pertama google, walaupun judul artikel blog anda bukan di posisi terbaik.

Bagaimana cara membuat judul agar lebih unik?
Caranya sebenarnya mudah, ketikan saja kata kunci yang anda incar di hasil pencarian, lalu amati-judul-judul yang muncul di halaman pertama, silahkan sajikan judul untuk artikel blog anda berbeda dengan judul-judul kompetitor, buat agar judul tetap menarik.

Sebagai contoh, misalkan setelah anda melakukan pencarian google dengan kata kunci Judul postingan berkualitas seo, maka yang muncul di serp google adalah sebagai berikut:
  • Membuat judul postingan SEO friendly
    Tips Membuat JUDUL POSTINGAN Berkualitas SEO
    Membuat Judul Postingan Berkualitas SEO
    15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Setelah anda melihat hasil pencarian anda bisa membuat judul relevan yang lebih unik dari judul-judul yang telah ada tersebut, misalnya,  
7 Tips membuat judul postingan yang dapat memikat pengunjung 

dan judul-judul unik lainnya, silahkan kreatif dan inovatif sehingga judul anda lebih unik dan lebih menarik dari yang lain.

#5 - Libatkan Sentuhan Emosi dan kata-kata menarik pada judul

Yang jangan dilupakan ketika merumuskan judul artikel postingan adalah sebisa mungkin judul mengandung kata-kata yang dapat menyentuh emosi pembaca membuat penasaran dan memiliki daya tarik tersendiri.

Seperti misalnya melibatkan Angka
contoh:
7 tips membuat judul postingan

Melibatkan emosi pembaca, kata yang dipilih untuk merepresentasikan emosionalisme antara lain:

a. “heboh”, “geger”, “riuh”, “gempar”, “dikagetkan”, ampuh, terbaik

b Kata penghubung:

“lucunya”, “anehnya”, “uniknya”, “karuan”, “parahnya”

c. Kata seru:

“hahh”, “eh…”, “lho”, “dah”, “ya”, “lah”.

d. Penggunaan kata yang memberi penekanan atau penyangatan (superlative):

“cuma”, “banget”, “bahkan”, “benar-benar”, “parah”, “berkecamuk”

Kesimpulan

Judul memang bukan faktor utama blog anda akan lebih mudah dikenali mesin pencari dan mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian, namun judul memiliki peranan penting dalam mengenali relevansi isi artikel terhadap kata kunci. namun judul saja tidak cukup, yang paling penting dalam sebuah artikel selain judul adalah isi artikel yang berkualitas.

Dengan pemilihan judul yang baik ditambah dengan isi artikel yang berkualtias, maka bukan tidak mungkin artikel blog anda lebih mudah muncul di hasil pencarian google di posisi terbaik dan lebih mendapatkan perhatian pengguna internet sehingga trafik blog pun melimpah.

Demikian tentang 5 Tips Cerdas Membuat judul Postingan yang dapat menarik pembaca, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.