Cara Menambah Kontributor, penulis, author atau admin blog baru di blogspot memang sangat mudah dan sangat sederhana, namun untuk sebagian blogger bisa jadi belum mengatahui caranya, jadi di artikel kali ini saya ingin memberikan informasi tambahan saja bagaimana cara menambah pengarang atau penulis baru di blogspot terutama untuk blogger yang masih pemula yang menginginkan blognya dikelola secara bersama-sama.

Blogspot memang dikenal sebagai flatform blog gratisan yang cukup banyak diminati, karena blog ini dikenal memiliki fasilitas yang sangat lengkap juga sangat mudah digunakan, walupun oleh blogger pemula sekalipun. salah satu fasilitas yang ditawarkan blogspot adalah blogspot dapat dikelola secara bersama-sama serta dapat dipindah tangankan dengan sangat mudah.

Memiliki blog yang dikelola secara bersama-sama (multi author blog) kadang dibutuhkan agar blog lebih mudah untuk berkembang, karena akan ada banyak kontributor atau penulis yang mengisi blog tersebut, sehingga semakin sering artikel diterbitkan maka blogpun akan lebih disukai oleh mesin pencari, yang pada akhirnya artikel blog akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari.
 
Memang mengembangkan sebuah blog itu kalau boleh jujur terkadang sering dihinggapi rasa jenuh karena harus terus-menerus mengisi artikel secara konsisten, akhirnya malas sehingga tidak heran banyak blog yang terbengkalai karena tidak diurus atau dilupakan oleh pemiliknya, oleh karena itu salah satu solusi terbaik agar blog dapat bertahan serta dapat terus berkembang adalah dengan menambah kontributor, penulis atau athor di blog tersebut, dan saat ini hampis semua flatform blog seperti wordpress dan juga blogspot sudah dilengkapi dengan fasilitas ini.

Cara Menambah penulis, author, kontributor atau admin blog baru di blogspot

Untuk menambah kotributor, penulis atau author di blogspot syaratnya orang yang akan ditambahkan untuk dilibatkan sebagai kontributor atau penulis blog harus memiliki email gmail dan juga akun blogspot, langkah-untuk menambah penulis atau author pada akun blogspot anda adalah sebagai berikut:

1. Login atau masuk ke akun blogspot anda

2. Pada bilah menu sisi kiri, pilih menu setelan > Dasar untuk ke halaman pengaturan dasar blogspot

3. Di halaman pengaturan dasar di bagian Izin | pengarang blog, lalu tekan tulisan +Tambahkan Pengarang, seperti terlihat di gambar di bawah ini:

Menambah pengarang di blogspot



 4. Lalu silahkan anda masukan email gmail dari orang yang ingin anda jadikan pengarang atau admin blog, jika lebih dari satu maka bisa menuliskan emailnya di setiap baris, email yang harus digunakan adalah email gmail, terlihat seperti gambar berikut:


5. Lalu tekan tombol Undang Pengarang, untuk mengirimkan undangan ke email masing-masing.

Sebuah pesan konfirmasi akan dikirim ke email orang yang emailnya kita masukan di tambah pengarang


Silahkan anda minta mereka untuk melakukan konfirmasi agar namanya muncul sebagai pengelola blog di akun blog milik kita di bagian pengarang, ada 2 status yang bisa kita pilih admin dan penulis, namun secara default jika email sudah mereka konfirmasi maka mereka otomatis akan memiliki status sebagai penulis.

Hati-hati memilih Pengarang sebagai Admin blog

Setelah orang yang kita undang untuk menjadi pengarang blog melakukan konfrimasi melalui pesan yang dikirim ke email mereka maka daftar nama mereka akan muncul sebagai pengelola blog, dan pada akun blogspot yang mereka miliki akan muncul nama blog kita yang siap mereka gunakan untuk berkontribusi.

Ada 2 pilihan yang bisa kita tentukan untuk pengelola blog yang sudah melakukan konfirmasi, bisa sebagi admin atau penulis.

Pilihan penulis dan admin blog


Jika memilih penulis maka mereka tidak akan memiliki hak akses secara penuh terhadap halaman blog, mereka hanya disajikan fasilitas untuk menulis atau mengedit artikel postingan saja, sedangkan jika memilih admin, maka mereka akan memiliki hak akses penuh sama halnya sperti pemilik blog.

Hati-hati dan fikirkan lagi untuk memilih Penulis sebagai admin, jika salah orang, maka blog anda bisa melayang menjadi milik mereka tanpa anda kehendaki, karena jika statusnya admin maka mereka bisa saja menghapus admin dan juga penulis sebelumnya, sehingga blog bisa pindah ke tangan mereka.

Gunakan pilihan admin jika anda ingin memindahkan blog ke email anda yang lain atau ketika anda ingin memindahtangankan blog kepada orang lain, misalnya karena blog anda di jual, pastikan uang diterima terlebih dahulu sebelum menjadikan mereka sebagai admin.


Demikian artikel sederhana tentang Cara Menambah Kontributor, penulis, author atau Admin blog baru di blogspot, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!