SEO belakangan sering kita dengar di dunia blog sebagai suatu metode yang digunakan untuk mengoptimasi halaman blog agar  artikel postingan blog lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari di hasil pencarian di posisi terbaik, Namun seiring perkembangan informasi ternyata saat ini SEO dikenal di dunia youtube, kita tau saat ini youtube sudah menjadi mesin pencari populer ke 2 setelah google yang banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia untuk menemukan informasi yang mereka inginkan dalam bentuk video.

Bahkan karena kepopulerannya  kabarnya situs youtube dapat dikunjungi oleh jutaan orang setiap hari dan juga ada ratusan sampai jutaan video yang diupload setiap hari ke situs youtube. di mata pengunjung dan pencari informasi, banyaknya yang mengupload video ke youtube justru akan semakin menguntungkan karena akan semakin banyak video dari berbagai genre sehingga mereka dapat dengan mudah menemukan video yang mereka inginkan.

Optimasi chanel saluran video youtube agar lebih seo

Namun di mata youtuber atau yang gemar mengupload video di situs youtube, semakin banyaknya jumlah pengupload video ke situs youtube itu artinya video akan semakin sulit untuk memenangkan persaingan, sehingga video akan semakin sulit ditemukan di hasil pencarian baik di hasil pencarian mesin pencari google maupun di situs youtube itu sendiri, Salah satu cara yang dapat kita upayakan untuk membuat video mampu bersaing dengan video sejenis lainnya adalah melibatkan optimasi seo pada video saluran anda dan juga video youtube anda.

Untuk anda yang benar-benar pemula dan baru memiliki rencana ingin menjadi youtuber terkenal dan menghasilkan, maka langkah pertam yang harus anda persiapkan sebelum mengupload video anda di situs youtube adalah membuat chanel atau saluran youtube anda yang teroptimasi dengan baik sehingga chanel anda akan mampu membuat video-video anda lebih cepat ditemukan dan memiliki banyak view secara natural.

Ini Cara Membuat Chanel/Saluran Youtube Agar Lebih SEO

Sebelum mengoptimasi chanel anda maka langkah pertama anda harus membuat chanel youtube terlebih dahulu, chanel bisa dibuat menggunakan email google anda, ketika anda menggunakan email gmail anda untuk login di situs youtube, maka secara tidak langsung anda sudah membuat chanel atau saluran youtube menggunakan nama yang anda gunakan di email anda.

Satu email sebenarnya bisa digunakan untuk membuat banyak chanel/saluran, sehingga anda bisa membuat nama saluran sesuai dengan brand atau klasifikasi video yang akan di backup di saluran tersebut.

Langkah-langkah untuk membuat saluran youtube agar SEO adalah sebagai berikut:

#1. Buat Nama chanel/saluran youtube baru

Silahkan login ke situs youtube anda menggunakan email google yang sudah anda miliki sebelumnya, jika belum memiliki email silahkan anda buat email google terlebih dahulu, caranya bisa dilihat di artikel di bawah ini: Cara mudah membuat email gmail.

Setelah anda masuk ke halaman utama akun youtube anda silahkan anda buat chanel baru, langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Di sudut kanan atas, klik pada gambar foto, lalu tekan tombol Roda gigi
seting-youtube

Pada halaman seting atau setelah akun di bilah menu sisi kiri pilih ikhtisar, lalu klik tulisan Lihat semua chanel saya atau buat chanel baru, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Membuat chanel youtube baru

Kemudian di halaman berikutnya silahkan anda tekan tombol Buat chanel baru, lalu masukan nama chanel baru anda.

 #2 - Buat nama chanel yang teroptimasi dengan baik

Apapun sebenarnya bisa dijadikan nama chanel youtube, namun sebaiknya anda memilih menggunakan nama merk dagang anda  atau menggunakan nama yang mengandung kata kunci sesuai dengan kategori video yang anda upload, untuk perorangan dan bukan mengatasnakan perusahaan atau merk dagang, menurut saya lebih baik menggunakan nama yang mengandung kata kunci sesuai dengan kata kunci yang relevan dengan video yang akan anda upload di situs tersebut.

Misalkan anda ingin mengupload video tetang wisata, anda bisa membuat chanel wista bali atau wisata indonesia, Untuk nama chanel atau saluran, banyak ahli youtube menyarankan menggunakan nama yang didalamnya mengandung 1 atau 2 kata kunci. 

Agar kata kunci yang anda gunakan adalah kata kunci yang memang banyak dicari maka anda harus melakukan riset kata kunci untuk judul chanel atau saluran youtube anda, ada banyak sekali tool riset yang dapat anda gunakan, salah satunya anda bisa menggunakan tool google keyword planner (GKP).

Untuk melakukan riset kata kunci dengan google keyword planner langkahnya anda bisa baca di artikel di bawah ini:
 

#3 Buat deskripsi chanel yang teroptimasi

Setelah chanel di buat selanjutnya adalah memasukan deskripsi chanel yang teroptimasi dengan baik, deskripsi chanel yang dapat anda masukan adalah keterangan singkat yang mewakili informasi yang terdapat pada chanel atau saluran youtube anda, anda bisa memasukan nama brand, kategori video dan informasi lainnya. 

Agar deskripsi yang anda buat lebihs SEO dan teroptimasi dengan baik anda bisa memasukan kata kunci utama pada chanel anda,  tapi ingat jangan melakukan keyword stuffing/ kata kunci yang berlebihan, buat senatural mungkin agar deskripsi dianggap baik di mata google. Deskripsi yang anda buat akan muncul di bawah judul chanel anda ketika chanel anda berhasil ditemukan di hasil pencarian youtube,


Untuk memasukan deskripsi chanel atau saluran youtube caranya sangat mudah, sebagai berikut:

a. Silahkan login ke akun youtube anda, jika anda memiliki lebih dari satu chanel dalam 1email, maka setelah login nanti akan tampil dialog untuk memilih chanel yang sudah anda buat, lalu pilih chanel yang anda maksud.

b. Pada bilah menu sebelah kiri, pilih menu chanel saya / my chanels

c. Pada halaman chanel, silahkan anda edit deskripsi chanel anda dengan cara menempatkan mouse di atas bagian deskripsi lalu tekan tombol edit bergambar pensil di pojok kanan atas. silahkan masukan deskripsi untuk chanel anda

,
memasukan deskripsi saluran youtube


Silahkan tuliskan deskripsi sebaik mungkin jika sudah tekan tombol selesai untuk menyimpannya.



#4 - Masukan kata kunci Chanel/saluran

Langkah berikutnya adalah jangan lupa untuk memasukan kata kunci untuk chanel atau saluran youtube anda. cara untuk memasukan kata kunci untuk chanel atau saluran youtube anda adalah sebagai berikut:

Pada halaman utama chanel youtube anda tekan tombol roda gigi, seperti terlihat di gambar di bawah ini:

Pengauran chanel atau saluran

Kemudian pada dialog yang muncul pilih setelan lanjutan


Di halaman setelan lanjutan, silahkan anda atur negara dan masukan kata kunci untuk saluran youtube anda:

Keyword chanel

Pastikan anda memilih negara dan juga memasukan kata kunci untuk chanel, oh ya jika kata kunci lebih dari satu kata maka kata kunci tersebut harus berada di dalam tanda kutif ganda "kata kunci", pisahkan antara keyword yang satu dengan yang lainnya menggunakan space.


Deskripsi yang teroptimasi dengan baik dan juga kata kunci chanel yang anda pasang dapat membantu tingkat relevansi terhadap video anda.

Mana yang lebih baik, Satu chanel VS banyak chanel?

Mana yang lebih baik membuat satu chanel untuk berbagai video atau membuat banyak chanel untuk setiap kategori video?

Agar video anda lebih mudah mendapatkan pengakuan dan reputasi lebih baik, usahakan setiap kategori video memiliki chanel terpisah, dan tidak disarankan satu chanel digunakan untuk mengupload berbagai macam video di dalamnya walaupun tidak ada larang, video campuran yang berada di satu chanel menurut saya kurang seo friendly. 

Jadi  jika anda memiliki banyak video sebaiknya anda kelompoken video tersebut sesuai dengan jenis dan kategorinya, kemudian buat chanel untuk masing-masing kategori video tersebut, seperti misalnya jika anda memiliki video tentang wisata, video tentang review kendaraan dan video lucu dan menarik, maka alangkah baiknya anda membuat chanel terpisah untuk masing-masing kategori tersebut.

Chanel video yang spesifik dengan kategori yang jelas akan mampu memancing pengguna internet terutama pemirsa youtube mensubcribe atau menjadi pelanggan chanel anda sehingga semakin banyak subcriber itu akan memberikan sinyal pada youtube bahwa video-video di chanel tersebut berkualitas sehingga akan lebih mudah ditemukan.