Sebelumnya saya sudah menyajikan artikel tentang bagaimana cara berjualan di nstagram agar produk cepat laku masih mengenai bisnis online kali ini saya akan uraikan bagaimana cara berjualan online di facebook untuk pemula.

Saat ini hampir setiap orang terutama di indonesia, terutama orang yang melek teknologi pasti kenal dengan yang namanya facebook, sebuah situs raksasa yang pada umumnya banyak digunakan orang sebagai media sosial untuk bersosialisasi secara online, karena ke populeran nya dan fasilitas yang terdapat di dalamnya, ternyata banyak orang yang  memanfaatkan facebook bukan hanya sekedar media sosial saja, namun banyak juga yang memanfaatkan facebook sebagai media untuk berbisnis, salah satunya untuk berjualan secara online.

Cara berjualan di facebook agar barang cepat laku

Memang  facebook sangat potensial untuk digunakan sebagai media berjualan karena selain memiliki jumlah member yang sangat banyak, facebook juga  difasilitasi dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan orang melakukan promosi secara mudah,seperti misalnya tersedianya fasilitas untuk upload gambar/foto juga dilengkapi dengan fasilitas share (berbagi) yang akan memudahkan promosi cepat sampai ke target pasar.

Jika anda pemula dan belum berhasil melakukan penjualan di facebook, bisa jadi trik atau cara yang anda lakukan kurang tepat sehingga upaya yang anda lakukan belum berhasil menjual, oleh karena itu, saya di sini ingin menjelaskan tentang tips dan trik sukses berjualan barang/produk di facebook khusus untuk pemula.

Trik Sukses Cara Berjualan Online di facebook untuk pemula

Artikel ini saya tulis bukan dari pengalaman saya tapi dari pengalaman seorang teman yang bisa dibilang berhasil menjadikan facebook sebagai media berjualan padahal dia hanya seorang pemula,  dengan banyak membaca referensi dan melakukan action, akhirnya dia berhasil menemukan trik nya dan mampu menjual produk yang omset nya cukup lumayan walaupun boleh dibilang belum terlalu besar, tapi ini awal yang baik yang membuat dia lebih semangat.

Untuk anda yang memiliki minat ingin berjualan online namun anda belum terlalu pengalaman, maka artikel ini bisa dijadikan acukan acuan bagaimana cara berjualan online di facebook agar dagangan anda laris.

#1- Tentukan Produk yang ingin dijual

Langkah pertama adalah anda harus menentukan produk yang ingin dijual. yang menjadi banyak pertanyaan orang adalah, bagaimana jika saya tidak punya produk untuk dijual dan saya tidak punya cukup modal tapi saya tertarik ingin berjualan secara online menggunakan media sosial facebook?.



Memang ada banyak sekali orang yang memiliki niat berjualan namun mengeluh karena tidak punya produk untuk dijual, bahkan tidak punya modal yang cukup, jangan khawatir, karena ada banyak sekali jalan untuk memulai berjualan walaupun anda tidak punya modal besar dan tidak punya produk, salah satu caranya adalah menjadi dropshipper, yaitu dengan menjual produk orang lain.

Jadi jika anda tidak cukup modal dan tidak punya stock produk, maka tugas anda adalah menemukan orang yang membuka kerja sama untuk menjadi reseller dan dropshipper, anda bisa googling untuk menemukannya, atau anda bisa cari di situs-situs marketplace seperti tokopedia.com, bukalapak.com, olx.com dan market place lainnya, di sana ada banyak sekali pihak yang membuka kerja sama reseller dan dropshipper, anda bisa menjadi dropshipper untuk menjual produk mereka.

Menjadi dopshipper memang sangat cocok untuk anda yang ingin memulai belajar berbisnis online, karena dengan menjadi dropsipper anda tidak harus stock produk dan tidak harus perlu memiliki modal besar, tugas anda hanya memasarkan produk mereka sampai terjadi penjualan. jika anda sudah sangat paham mengenai dunia bisnis online dengan berjualan, jika order perharinya sudah sangat banyak anda bisa stock barang sendiri.

#2 -  Membuat Halaman facebook untuk berjualan

Karena menggunakan facebook untuk berjualan, setelah produk yang akan anda jual sudah anda tentukan, selanjutnya anda dapat membuat halaman khusus facebook untuk anda gunakan sebagai media berjualan, untuk pemula anda juga bisa menggunakan halaman facebook anda sendiri untuk dijadikan media berjualan, silahkan buat halaman facebook dengan data yang sebenarnya lengkap dan dapat dipercaya.

Jika penjualan anda laris manis, maka anda bisa mulai untuk membuat halaman facebook khusus untuk berjualan juga anda dapat menyediakan situs khusus untuk berjualan.

#3- Mencari target Pasar / Calon Pelanggan

Setelah anda menentukan produk dan memiliki halaman facebook untuk media berjualan selanjutnya adalah mencari target pasar atau mencari calon pelanggan yang kemungkinan memiliki minat atau ketertarikan terhadap produk yang akan anda jual. sebelum mencari calon pembeli anda harus tau dengan jelas target pasar produk yang akan anda jual.

Misalnya jika anda menjual krudung maka target pasar anda bisa saja perempuan dari usia 18 tahun ke atas yang menyukai hijab dan dunia religi. atau jika anda menjual sepatu olahraga maka target pasar anda kemungkinan besar adalah orang yang senang dengan dunia olah raga.

Bagaimanakah cara menemukan target pasar yang tepat?
Jika anda memiliki blog atau website yang anda gunakan untuk berjualan anda bisa mengintegrasikan antara halaman facebook dengan website anda, sedangkan untuk mencari target pasar di facebook sendiri anda bisa mulai mencari group-group facebook aktif dengan jumlah member banyak yang memiliki minat terhadap barang yang anda jual.

Sebagai langkah awal anda bisa bergabung di dalam group tersebut, dan anda bisa eksis dengan like memberikan komentar membuat status yang relevan dengan minat member group, yang pada akhirnya anda bisa ajak member group untuk  menjadi teman anda atau untuk menyukai halaman fanspage facebook yang anda gunakan untuk berjualan.

Jadi tugas anda adalah mencari member facebook yang memiliki minat terhadap poduk yang anda jual, baik untuk anda ajak sebagai teman atau untuk anda ajak agar menyukai halaman facebook yang anda gunakan untuk berjualan, di awal anda bisa menggunakan halaman facebook utama anda untuk berjualan.

#4 - Membangun Trust (Kepercayaan) dan Brand Awareness

Teknik berjualan di media sosial salah satunya adalah jangan melulu menjual, yang paling penting dan menjadi agenda utama adalah membangun trust / kepercayaan dan memabangun brand awarness (membuat orang lain ingat anda/merek anda) sebelum anda menjual produk anda, cara ini dilakukan agar orang percaya dan kenal siapa anda atau brand anda.

Brand awareness dan trust adalah strategi utama yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar sebagai salah satu strategi marketing yang cukup ampuh. ketika brand awareness dan trust sudah terbentuk maka  orang akan ingat anda dan brand anda sehingga peluang terjadinya penjualan akan semakin besar.
brand awarness dan trust harus selalu menjadi aktivitas utama diselingi dengan berjualan.

Bagaimana cara meningkatkan trust dan brand awareness?
Cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan target pasar atau calon pelanggan anda, bisa melalui edukasi secara berkala, bahas isu-isu yang sedang hangat-hangatnya,  edukasi yang harus anda lakukan akan sangat tergantung dengan target pasar anda, misalnya jika anda berjualan buku tentang bisnis maka anda harus mampu meng edukasi mereka mengenai dunia bisnis, anda bisa berikan tips-tips bisnis yang bermanfaat yang mereka butuhkan, jika anda berjualan berjualan produk kesehatan maka anda juga bisa mengedukasi mereka mengenai kesehatan.

Pada prakteknya anda bisa melibatkan teknik copywriting, saya tidak akan membahas apa itu copywriting, silahkan googling saja, intinya, copywriting adalah seni membuat tulisan untuk promosi dengan tujuan agar dapat memikat calon pelanggan agar tertarik untuk membeli tanpa merasa dipaksa. jika anda jago teknik copywriting maka dapat dipastikan penjualan anda akan laris luar biasa.

Jika masih merasa kesulitan anda bisa menjadi pengikut group atau halaman facebook yang dijadikan media untuk berjualan, silahkan amati, tiru dan modifikasi bagaimana cara marketing yang mereka lakukan.

#5 - Selling (Berjualan) Menawarkan barang dengan diskon berkala

Setelah trust dan brand awarness terbentuk, maka sekali-sekali anda bisa menawarkan produk yang anda jual dengan teknik copywriter yang baik, pengalaman teman saya, teknik menawarkan barang yang cukup dapat meningkatkan order penjualan adalah menawarkan produk dengan diskon berkala, contohnya. Menawarkan produk dengan diskon tapi sampai tanggal tertentu, setelah tanggal itu harga normal, cara ini cukup ampuh menarik minat pembeli.

Oh ya, jangan terlalu sering berjualan tanpa mengedukasi, jadi aktifikas anda untuk berjualan online adalah dengan cara soft selling, terus membangun trust dengan cara selalu mengedukasi calon pelanggan anda dengan sekali-kali menawarkan produk yang akan anda jual.

#6 - Bagikan testimoni dari pembeli produk anda

Jangan lupa jika sudah terjadi penjualan atau interaksi penjualan, sekali-kali bagikan testimoni tersebut di halaman facebook anda yang anda gunakan untuk berjualan, seperti misalnya screen shoot komunikasi anda dengan pembeli melalui messengger, atau foto ketika anda memaket produk yang akan anda kirim ke pembeli, foto tumpukan resi penjualan dan testimoni lainnya yang dapat meyakinkan calon pelanggan bahwa anda adalah penjual yang dapat dipercaya.

Cara ini adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk meningkatkan kepercayaan terhadap calon pelanggan bahwa anda adalah penjual yang dapat dipercaya. dan cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan sehingga laris manis.

Sebenarnya ada banyak sekali trik dan tips yang bisa digunakan agar sukses berjualan secara online di media sosial seperti facebook, banyak yang berpendapat bahwa cara terbaik berjualan di facebook adalah dengan strategi soft selling, artinya tidak langsung menjual, namun dengna memberikan edukasi terlebih dahulu terhadap calon konsumen, sehingga calon pelanggan akan banyak mendapatkan informasi yang bermanfaat, yang harus diprioritaskan adalah marketing yang baik kemudian selling, salah satu strategi marketing yaitu dengan membangun brand awareness jika brand awareness sudah terbentuk maka akan sangat mudah untuk merubah calon pelanggan menjadi pembeli. semoga bermanfaat.