Disini akan dijelaskan secara detail mulai dari Apa itu Riset Kata kunci? ,langkah efektif yang harus diperhatikan sebelum  melakukan riset kata kunci, dan bagai mana cara melakukan riset kata kunci dengan Google Keyword Palanner.
          
          Target Bloger adalah menjadikan blognya populer dan banyak pengunjung, seiring dengan banyaknya pengunjung, maka rating blog akan memiliki peluang besar tampil pada 10 besar mensin pencari google, agar blog banyak pengunjung, kita harus mengarahkan pengguna internet menemukan dan mengunjungi blog kita, para pengguna internet sebagaian besar akan berusaha melakukan pencarian di mesin pencari dengan memasukan kata kunci pencarian yang relevan dengan apa yang mereka cari. ada beberapa tip yang harus dipersiapkan dengan baik oleh para bloger untuk memancing para pencari agar menemukan dan mengunjungi blog kita, salah satu yang harus dilakukan adalah melakukan riset kata kunci.    

Apa itu riset kata kunci?
          Riset kata kunci adalah mencari dan menganalisa padanan kata yang tepat dan relevan yang sering digunakan pengguna internet ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari, padanan kata yang sudah kita dapatkan jika perlu kemudian dianalisa, dimodifikasi atau di revisi untuk digunakan sebagai judul artikel blog atau judul halaman web yang akan kita terbitkan.


Cara Melakukan Riset Kata Kunci        
          Studi kasus berikut barangkali bisa memberikan gambaran cara melakukan riset kata kunci, sebagai contoh, Saya adalah seorang penjual jaket kulit yang akan memulai menjual dan memasarkannya secara Online, sebelum produk kita dipasarkan secara online, setidaknya saya akan memikirkan judul yang tepat untuk barang dagangan yang akan saya jual tersebut, saya akan mencari dan memikirkan judul dan akan mendapatkan alternatif lebih dari satu judul untuk menjual jaket kulit tersebut, misal saya berhasil memikirkan dan mendapatkan beberapa alternatif judul seperti dibawah ini:

1. Jual Jaket Kulit

2. Jual jaket kulit murah berkualitas

3. Jaket kulit cantik masa kini

4. Jaket Kulit Pria dan Wanita

         Dengan ke 4 judul diatas tidak ada yang salah dan sah-sah saja ketika saya mengambil salah satu judul diatas untuk di jadikan judul produk yang akan saya jual, missal saya mengambil judul no 1. Jual Jaket Kulit. Memang judul yang diambil tersebut sangat relevan dan bagus, tetapi ada yang harus dipikirkan lebih lanjut bahwa jeket kulit tersebut akan dipasarkan secara online, dan saya yakin tidak sedikit orang yang berbisnis serupa dengan bisnis saya ini yang memasarkan dan menjualnya secara online, untuk urusan mesin pencari sekelas google, kata kunci yang digunakan tersebut bisa jadi memiliki banyak pesaing dari blog/situs lebih tua yang lebih dulu populer, atau situs yang sudah memiliki reputasi yang baik di mesin pencari untuk kata kunci tersebut, dan ini akan sulit menjadikan halaman blog atau situs baru kita dengan kata kunci tersebut ditemukan atau berada pada urutan 10 besar mesin pencari.

          Berdasarkan kasus diatas harus ada langkah berikutnya untuk menguji qualitas dari judul /kata kunci yang sudah kita dapatkan tersebut agar tidak kalah bersaing, yaitu dengan cara mengetahui tingkat persaingan dan penggunaan untuk kata kunci tersebut, kita bisa memanfaatkan salah satu tool dari google yaitu google keyword planner. Belakangan Tool yang sering digunakan untuk riset kata kunci adalah Google Adwords External Keyword Tool, namun saat ini tool tersebut sepertinya sudah dihentikan penggunaannya sejak agustus 2013 lalu dan kemungkinan besar tidak bisa digunakan kembali, sebagai gantinya google menyediakan tool baru yang relative sama, lebih spesik dan dengan tampilan yang berbeda dengan pendahulunya. Tool tersebut adalah Google Keyword Planner, tidak seperti pendahulunya untuk dapat menggunakan tool baru tersebut kita diharuskan membuat akun google adwords terlebih dahulu, baru kita dapat menggunakan tool tersebut. 
            
          Saya Asumsikan bahwa Anda telah memiliki akun google adword, dan siap untuk menggunakan fasilitas Google keyword planner, kalo belum punya, silahkan baca bagaimana cara membuat akun google adword

langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke akun google adword Anda atau  klik disni, setelah masuk, pilih menu Alat dan Analisis > Perencana Kata Kunci   akan keluar tampilan seperti ini:

Perencana kata kunci



















Ada 4 pilihan, silahkan pilih  Pilihan pertama Telusuri ide kata kunci group iklan baru, maka akan muncul tampilah seperti ini:
telusuri kata kunci





















Masukan kata kunci yang akan digunakan, misal Jual Jaket Kulit, kemudian tekkan tombol "dapatkan ide" seperti gambar diatas, untuk yang lainya biarkan sebagaimana mestinya, setelah Anda menekan tombol akan muncul tampilan seperti ini:

Perencana kata kunci


















Kemudian kita pilih tab ide kata kunci, untuk melihat dan menganalisa kata kunci yang kita masukan, dapat dilihat pada gambar di atas, ada 6 nomber yang sudah ditandai dari no 1 sampai dengan no 6,

1. Pada no 1 ini, Anda bisa menentukan penargetan untuk kata kunci tersebut, pada gambar diatas penargetan ditentukan untuk semua lokasi/negara, Anda juga bisa mengatur sesuai dengan yang diinginkan.

2. Pada no 2 Anda bisa masukan alternatif kata kunci yang lain untuk dicari

3. Pada No 3 dapat dilihat tingkat penelusuran bulanan, untuk riset kata kunci silahkan cari kata kunci yang memiliki penelusuran bulanannya cukup tinggi

4. Pada No 4, dapat dilihat nilai persaingan dari alternatif kata kunci yang muncul yang bisa kita analisa, silahkan cari untuk kata kunci yang nilai persaingannya rendah atau sedang, harus diingat untuk kaskus ini jangan mencari nilai persaingan yang tinggi, karena akan memperkecil peluang berada pada urutan 10 besar mesin pencari.

5, Pada No 5, dengan mengarahkan mouse diatas icon tersebut kita akan melihat grafik tingkat pencarian tiap bulan.

6. Pada no 6, diberi tanda biru, bahwa kata kunci tersebut mempunyai kualitas yang cukup bagus untuk digunakan, yaitu untuk kata kunci Jaket Kulit Pria, karena memiliki tingkat pencarian yang tinggi dan tingkat pesaing yang rendah, Anda bisa mengunakan kata kunci ini untuk dikembangkan.

Asumsikan bahwa  saya akan menggunakan kata kunci dasar Jaket Kulit Pria, kemudian silahkan buat artikel atau halaman web dengan mengembangkan kata kunci dasar tersebut menjadi 5 sampai dengan 7 kata, misal dari kata kunci diatas kita bisa membuat judul artikel dengan variasi seperti ini:
jaket kulit pria murah berkualitas atau Jaket kulit Pria Paling banyak dicari atau  Jaket Kulit Pria beraneka ragam model,  intinya setiap kali kita mendapatkan kata kunci dengan tingkat persaingan menengah ke bawah dan tingkat pencarian tinggi, cobalah untuk memodifikasi kata kunci tersebut menjadi 5 sampai dengan 7 kata  untuk digunakan sebagai judul artikel,

Anda bisa melakukan hal yang sama untuk judul artikel yang lain, lakukan dari awal langkah-langkah diatas dan terus berulang.

Demikian arikel sederhana mengenai Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner saya share untuk anda, Moga bermanfaat.

Jangan lewatkan juga artikel menarik lainnya tentang Riset kata kunci dengan google trends.



47 komentar:

  1. Replies
    1. Ok sama sama bro... thanks dah berkunjung

      Delete
  2. terima kasih mas atas tipsnya, lkalau boleh saya bertanya, menurut mas keyword apakah yang paling banyak dicari orang jika niche blog kita tentang bisnis online, mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya, mas tinggal kembangkan kata dasar yang akan dijadikan judul artikel mas diatas "bisnis online" misal kombinasi yang bisa digunakan sebagai contoh : "tip sukses bisnis online" atau "bisnis online dengan modal nol" dan barangkali mas bisa mencari padanan kata yang lainnya yang kemungkinan berpeluang dicari orang, jika mas sudah mendapatkan padanan kata yang bagus, jangan lupa untuk melakukan analisa kata kunci yang mas pakai, ikuti langkah diatas, ingat cari yang nilai pencariannya tinggi dan pesaingnya menengah ke bawah, mudah mudahan berhasil

      Delete
  3. mau dicoba... bagus ini artikelnya... trims mas...

    ReplyDelete
  4. bayar ya mas, bikin akun adwordsnya, soalnya ada rupiah gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bayar, gratis, itu untuk pasang iklan di google baru bayar, untuk hanya sekedar riset kata kunci tinggal login saja.

      Delete
  5. sangat berguna untuk saya,sangat saya cari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba mas, mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  6. Artikel berkelas sangat bermanfaat mas..

    Jalan jalan dong ke tanjun lesung http://bunartunggal.blogspot.com
    makasih ya

    ReplyDelete
  7. hmmmmm, bearti punya ane masi terlalu panjang n ga efektif ni, perlu dicoba tipsnya, makasi gan,
    salam silahturahmi, terimakasih banyak !!!

    http://kazumaclothingdtg.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, salam kenal semoga bermanfaat

      Delete
  8. kasih tau caranya yang mudah dong gan .

    ReplyDelete
  9. halo mastah! salam kenal ya.
    masalah pencarian kata kunci bagi seorang blogger yang memang berniat memonetisasi blognya untuk mendatangkan dolar adalah keharusan. tapi mungkin itu adalah hanya langkah awal sebelum menulis konten. Masalah bagi pemula, seperti saya khususnya, saya sudah mencoba menerapkan metode di atas pada salah satu blog saya http://dramaelementary.blogspot.com, namun nampaknya belum optimal. Karena mungkin optimasiseo on page maupun off pagenya yng kurang. Maksudnya, kurang mengerti...Atau mungkin ada hal lain yang membuat kata kunci kita tidak tidak berpengaruh di mesin pencari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seo onpage biasanya suka tersentuh secara tidak sengaja walaupun kita tidak ngerti, optimasi seo offpage ditingkatkan gan, terutama backlink

      Delete
  10. mantep mas, cocok banget untuk cari kata kunci usaha saya di furniture jepara,
    banyak aneka barang super keren di website saya hehe mampir ya??
    http://furniturekualitasjepara.com/

    ReplyDelete
  11. mantep mas untuk usaha saya di bisnis online furntiure jepara.
    Jalan-jalan ya mas hehehe buanyak aneka furniture keren, tak kasih discon gede buat yg punya akun ini,, ;)
    http://furniturekualitasjepara.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener nih, nanti kalo sudah punya rumah baru saya pesan :D

      Delete
  12. Terima kasih banyak gan,, saya biasanya juga pakai cara ini untuk riset kata kunci

    ReplyDelete
  13. Terimakasih tips nya bagus skl.
    Klo waktunya longgar kunjungi mas web saya.www.gypsummandiri.com

    ReplyDelete
  14. Matursuwun ilmunya ya Mas. Ijin save dan bookmark lamannya untuk belajar nanti jika lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan gan, semoga besar manfaatnya,

      Delete
  15. terima kasih. sangat bermanfaat bg sy yg pemula ini.

    ReplyDelete
  16. sangat membantu, semoga ilmunya bermanfat, dan adsense nya banyak $ :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga saja meskipun masih dibilang belum ada apa-apanya :D

      Delete
  17. keren gan mampir ke kaclop.blogspot.com gan koreksi kesalahan ane gan terimakasih

    ReplyDelete
  18. mantap gan makasih http://tersediamusik.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. jujur ni tips bgs bgt,tp jujur ane blm bgt paham mas,bisa tlg d bnt g mas,kl prl kita bisa bekerja sama,silahkan mampir, www.winnerbengkellas.com

    ReplyDelete
  20. Mantab mas, sangat membantu sekali. Terima kasih

    ReplyDelete
  21. thanks info nya sob,. cuma kdang yang saya bingung, kalo di buat longtail keyword atau di tambah kata lagi kan angka pencarian bualannya berubah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah gan, yang agan perlukan ketika menggunakan tool GKP diatas yang agan harus cari itu bukan long tile, tapi short tail, nah ketika agan sudah dapat short tile keyword (kata kunci utama) dari GKP untuk judul artikel agan sebaiknya kembangkan kata kunci tersebut menjadi long tail, ingat kata kunci utama harus masuk dan susunannya sama. itu alternatif agar dengan kata kunci beragam yang relevan artikel mas bisa terbidik di pencarian

      Delete
  22. terimakasih bnayak mas..
    kirain adwordnya bayar gitu..
    makanya gk berani di utak atik lebih jauh...
    makasih mas kali lagi

    ReplyDelete
  23. makasih ya mas atas berbagi ilmunya.jadi nambah ngerti.

    ReplyDelete
  24. Thnkas mas :D

    Ngejelasinnya mudah di pahami :D

    ReplyDelete
  25. mas... kalo pake fanpage facebook bukan blog bisa ga ya gunakan keyword tool untuk meningkatkan penjualan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum coba, jika kemungkinan judul yang kita buat di facebook bisa muncul di hasil pencarian google berarti itu bagus untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu,

      yang saya tau jualan di facebook yang paling potensian adalah menentukan target pelanggan mecari pelanggan yang memang benar-benar memiliki minat terhadap produk yang kita jual (bisa mencari melalui group-group tertentu dll) dan gunakan soft selling.

      Delete
    2. pada dasarnya, FB bukan dibuat untuk melakukan aktvitas penjualan. FB dibuat untuk aktivitas jualan. yang bisa anda lakukan adalah:
      1. bikin fan page produk anda
      2. upload materi-materi yang disenangi oleh fan anda (gambar lucu, video lucu, cerita lucu dsb)
      3. berinteraksilah dengan komen-komen mereka
      4. arahkan postingan anda ke halaman website anda, sales page anda, landing page anda.

      tidak disarankan untuk melakukan aktivitas penjualan langsung, sebab akan dianggap sebagai spam.

      5. gunakan FP anda sebagai tempat sharing dari website anda. jika banyak yang like, diharapkan akan berdampak pula pada peringkat website anda dengan cara mereka klik link website anda yang ada di FP anda.

      Delete
  26. Wah wah wah....
    Baru kali ini saya mendapatkan penjelasan yang begitu gamblang, mudah dipahami.
    Tapi kalau saya butuh info yang lain gimana ya cara komunikasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener gan, saya juga suka di blog ini. heheheh..
      mas admin boleh dund di buatkan ruang diskusi hehe. :D

      Delete
  27. Kalau sudah menemukan keywordnya, kemudian untuk tips menuliskannya di deskripsi gmna ya gan? Ada jurus ampuhnya gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya gini gan:
      1. tulis di google keyword tadi. akan muncul sekitar 10 web.
      2. baca satu-satu, setidaknya 5 artikel/web pertama.
      3. tulis dalam satu note, excel atau terserah, kelebihan dan kekurangan masing-masing konten
      4. tulis ulang berdasarkan data yang agan sudah simpan tadi. kelebihan digabung, kekurangan ditambahin.

      Delete
  28. Sebelumnya ada sedikit kesulitan dalam melakukan riset kata kunci, setelah menyimak artikel diatas mendapat titik terang. Semoga berhasil utk diterapkan diblog baru saya. Terimakasih dan salam sukses selalu by Pemasaran Jaringan

    ReplyDelete
  29. setahu saya untuk poin nomor 6. tingkat persaingan rendah itu mengacu pada iklan. sebab GKP memang dibuat untuk beriklan alias adword. bukan menentukan kualitas persaingan untuk pembuatan artikel atau konten.

    untuk melihat seberapa tingkat persaingan di web, bisa gunakan longtail pro atau SEMRush. keduanya berbayar, tapi SEMRUsh ada versi gratisannya kok. sekitar 10 atau berapa keyword gitu perharinya. selain itu bisa juga gunakan ekstensi mozzbar di chrome. dari mozzbar bisa diketahui seberapa tingkat persaingan antar web. namun saran saya sih gunakan long tail pro.

    di long tail pro, selain bisa mengetahui tingkat kesulitan (dari skala 0-100) bisa juga mengetahui 10 link website di laman 1 google. tidak persis sama dengan yang di google, namun lebih dari 70% sama. jika mau berkompetisi dengan membuat konten, maka pilihlah yang tingat persaingan di bawah 25.

    selamat mencoba.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!