Backlink sampai saat ini adalah salah satu teknik optimasi seo offpage yang memiliki dampak yang cukup kuat yang dapat menentukan popularitas sebuah website atau situs, sehingga banyak cara dilakukan oleh pemilik blog agar blognya bisa memiliki backlink sehingga blog lebih mudah ditemukan di hasil pencarian di halaman 1 google di posisi terbaik.

Sebelum menguraikan mengenai petunjuk dasar cara membangun backlink untuk pemula, langkah pertama yang harus anda pahami adalah tentang backlink itu sendiri, apa sebenarnya itu backlink?, untuk anda yang  sudah memiliki banyak pengalaman di dunia blog dan seo, istilah backlink tentu bukanlah hal yang asing, namun untuk blogger pemula yang baru memiliki blog dan memiliki keinginan mengembangkan sebuah blog, istilah backlink boleh jadi adalah istilah yang pertama kali baru didengar dan belum dipahami.

Mengenal apa itu backlink ?

Agar anda lebih mudah memahami apa itu backlink, maka saya akan jelaskan sedikit mengenai backlink dengan bahasa sederhana , backlink adalah sebuah link atau hyperlink , pada umumnya biasanya berupa tulisan berwarna biru bergaris bawah yang bisa diklik, atau bisa juga berupa gambar yang bisa diklik tapi letaknya berada di situs orang lain, apabila link tersebut diklik maka anda akan di bawa menuju halaman situs atau blog berbeda. karena link tersebut letaknya di situs orang lain namun menuju halaman blog yang kita miliki maka link tersebut disebut backlink.

Petunjuk Dasar teknik membangun Backlink untuk Pemula


Mungkin anda bertanya bagaimana Link yang menuju situs kita bisa berada atau diletakan di situs orang lain, siapa yang membuatnya?, yang meletakan link tersebut bisa saja si pemilik situs yang bersangkutan karena menganggap artikel blog anda bermanfaat dan pantas untuk dijadikan rujukan link seperti ini bisa disebut sebagai link natural, atau anda sendiri yang membangunnya dengan cara-cara tertentu sehingga link tersebut bisa ada di situs orang lain atau di situs lainnya yang berbeda.

Tapi faktanya kebanyakan backlink dibangun oleh kita sendiri yang menginginkan backlink untuk blog kita, ini dikarenakanjika blog harus menunggu backlink natural akan sangat sulit dan akan sangat lama sekali didapat sehingga blog sulit untuk berkembang, cara terbaik adalah dengan membangun backlink tersebut dan dibuat seolah-olah natural sehingga lebih mempercepat popularitas sebuah situs di mata mesin pencari.

Kenapa blog harus memiliki backlink?

Banyak blogger yang terobsesi untuk memiliki banyak backlink yang menuju ke halaman blog miliknya bukanlah tanpa alasan, biasanya alasan utamanya adalah agar blog atau situs miliknya bisa tampil di posisi terbaik di hasil pencarian mesin pencari terutama google, karena kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini peranan backlink masih cukup kuat sebagai salah satu dari 200+ google ranking faktor yang mempu memberikan dampak pada blog sehingga blog lebih mudah titemukan di hasil pencarian di posisi terbaik.

Meskipun banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun bacnklink, tapi tetap saja backlink yang memiliki pengaruh luar biasa pada popularitas halaman situs adalah backlink berkualitas, yaitu backlink yang letaknya berada di dalam artikel yang relevan dan blog tempat tertanamnya backlink memiliki reputasi yang baik di mata mesin pencari.

Backlink akan memiliki pengaruh luar biasa pada halaman artikel blog yang kita miliki jika artikel yang disajikan sangat berkualitas dan teroptimasi dengan baik, baik optimasi seo onpage maupun offpage.


Membuat link sebenarnya sangatlah mudah, namun yang sulit dan perlu usaha, teknik dan strategi adalah bagaimana agar link tersebut bisa berada di blog orang lain atau blog berbeda yang dapat memberikan energi pada artikel atau halaman blog yang kita miliki.

Diarahkan kemana backlink seharusnya?

Sebuah backlink pasti memiliki alamat url tujuan, jika backlink tersebut di-click maka akan menuju halaman url yang ditujunya, kita ketahui bahwa di dalam sebuah blog setidaknya ada 2 halaman yang bisa dirujuk oleh sebuah backlink, yaitu halaman home page atau halaman utama blog (contoh: http://strukturkode.blogspot.com) dan halaman artikel (contoh: http://strukturkode.blogspot.com/2017/01/backlink.html) dari kedua halaman tersebut di arahkan kemana backlink seharusnya?

Backlink bisa diarahkan ke kedua halaman tersebut, jika yang ingin dipopulerkan adalah halaman homepage maka backlink yang dipasang harus menuju halaman homepage blog, namun jika yang ingin dipromosikan adalah artikel postingan blog, maka backlink harus diarahkan ke artikel postingan blog.

Tapi berdasarkan testimoni para pakar seo, sebaiknya di awal-awal membangun backlink untuk blog anda, lebih baik backlink di arahkan ke homepage blog, jika artikel dirasa sudah cukup banyak dan usia blog sudah mulai bertambah dan blog sudah mulai dikenali oleh mesin pencari maka backlink bisa di arahkan ke homepage dan juga artikel postingan yang ingin dipromosikan.

Tapi sebaiknya jika backlink ingin di arahkan ke sebuah artikel postingan, pilih artikel postingan yang sudah cukup berusia (ada yang menyarankan minimal usia artikel 1 bulan) agar backlink dianggap natural. dan banyak yang menyarankan ketika backlink di bangun bikin minimal 2 bacnlink, satu di arahkan ke homepage dan satunya lagi di arahkan ke artikel postingan blog yang ingin dioptimasi.

Tentang hal-hal yang berkaitan dengan tata cara membangun backlink anda bisa baca artikel di bawah ini:


Petunjuk Dasar Teknik membangun Backlink untuk Pemula

Setelah anda memahami apa itu backlink selanjutnya saya akan uraikan bagaimana teknik membangun backlink sehingga bacnlink tersebut bisa berada di situs orang lain atau situs berbeda. berikut adalah beberapa teknik membangun backlink yang harus anda ketahui khusus pemula:

#1. Melalui Blog walking

Backlink bisa dibangun melalui aktivitas blog walking, yaitu aktivitas berkunjung ke blog orang lain lalu berkomentar dengan komentar relevan sambil meletakan link di komentar blog yang dikunjungi tersebut, cara ini adalah cara yang paling mudah dan dulu sempat populer dan bisa anda coba.

Yang harus anda perhatikan jika memilih cara ini adalah, carilah blog yang membahas artikel relevan dengan blog anda, namun sebaiknya  jangan terlalu berlebihan membangun backlink dengan cara ini, artinya dalam waktu yang singkat anda membangun backlink dalam jumlah yang banyak, karena bisa menyebabkan anda terdeteksi melakukan tindakan web-spam.

Jika anda memilih cara ini pastikan bahwa yang anda masukan adalah sebuah link aktif yang bisa diklik dan bukan link pasif.

#2. Melalui Thread di forum-forum terkenal.

Yang kedua yang bisa anda coba untuk meletakan backlink yang cukup mudah adalah meletakan backlink di artikel yang kita terbitkan di forum-forum terkenal. beberapa forum biasanya mengizinkan membernya untuk meletakan beberapa link di artikel yang kita buat yang diposting di forum tersebut, kesempatan ini tentu saja bisa di manfaatkan untuk membuat backlink yang menuju halaman blog kita yang sedang dioptimasi.

Yang harus anda perhatikan ketika sudah meletakan backlink di forum tersebut melalui threat atau artikel yang kita buat, upayakan agar halaman tempat tertanamnya backlink kita pelihara juga, artinya halaman tersebut di kasih backlink di forum-forum lainnya, agar halaman tersebut teroptimasi secara offpage dan memiliki dampak lebih baik.

Beberapa forum yang cukup terkenal yang mengizinkan kita untuk meletakan backlink diantaranya:
bersosial.com
kaskus.com
kwiku.com
kompas
dll.

Silahkan anda buat akun di forum tersebut, ikuti aturan forum dan manfaatkan untuk meletakan backlink ke blog anda.

#3. Melalui guest blogging

Guest blogging secara sederhana adalah membuat artikel kemudian menerbitkannya di blog orang lain dan di artikel tersebut kita sisipi link ke halaman blog kita, tentu saja sebelumnya sudah melakukan komunikasi dengan pemilik blog tersebut.

Untuk melakukan guest blogging, anda memang harus menjalin komunikasi terlebih dahulu dengan si pemilik blog dengan mengutarakan maksud anda, karena tidak semua pemilik blog menerima guest blogging, jika anda menemukan pemilik blog membuka guest blogging dan sebagai syaratnya anda bisa meletakan backlink di artikel yang anda buat maka kesempatan ini bisa anda manfaatkan dengan baik untuk membangun backlink.

Backlink dari guest blogging bisa dianggap backlink berkualitas, karena link yang diletakan bisa berada di dalam artikel postingan yang relevan, apalagi di tambah reputasi blog tersebut sangat baik tentu akan memberikan dampak positif untuk halaman blog kita dari backlink yang kita tanam.

#4. Melalui Private Blog Network (PBN)

Apa itu private blog network?, PBN (Private Blog Networks) adalah sekumpulan blog yang sengaja diciptakan dari expired domain yang memiliki criteria tertentu untuk keperluan backlinking dan SEO. Jadi anda sengaja menyajikan banyak blog, memeliharanya dengan baik, baik dibuat sendiri maupun dibeli dari orang lain dan blog-blog tersebut anda gunakan untuk membangun backlink ke halaman blog utama anda.

Cara ini memang dilarang dan jika ketahuan google semua blog termasuk blog utama bisa mendapat penalty, namun dengan teknik yang cantik private blog network sangat luar biasa efeknya, dan pakar seo menyebutnya ini adalah teknik yang tidak akan usang selama backlink dianggap sebagai faktor penentu popularitas website di hasil pencarian.

Memang tidak mudah membangun pripave blog network, perlu tenaga ekstra bahkan mungkin biaya, namun membangun backlink dengan cara ini anda akan lebih mudah mengontrol serta mengatur pola backlink yang paling memiliki dampak yang baik untuk blog utama.

#5. Bekerjasama dengan blogger lain untuk turakan link (link exchange)

Cara berikutnya adalah bekerjasama dengan blogger lain yang memiliki niche blog yang relevan dengan blog anda. tugas anda adalah menemukan blog relevan, berkomunikasi dengan sipemilik blog untuk saling tukaran link, link yang menuju situs anda diletakan di artikel blog tersebut, dan artikel yang menuju blog tersebut dilekatan di salah satu artikel anda. cara ini merupakan kerjasama mutualisme karena anda akan sama-sama diuntungkan.

Tapi sayangnya beberapa fakar seo menyebutkan bahwa pertukaran backlink 1 arah tidak sesuai dengan kebijakan google, jadi jika anda ingin melakukan cara ini, pastikan bahwa link yang dibangun bukan satu arah (A ke B dan B ke A) dimana A adalah blog milik anda dan B adalah blog milik orang lain. agar terhindar dari penalty google.

Apa yang seharusnya dilakukan setelah membangun backlink?

Backlink yang anda tanam baru bisa memberikan dampak pada blog anda jika backlink tersebut sudah diklaim google, anda bisa melihatnya di menu link to your site di  halaman akun google webmaster milik anda.

Agar halaman-halaman tempat backlink di tanam memiliki pengaruh yang kuat terhadap blog anda, maka selain anda meletakan backlink di halaman tersebut, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengoptimasi halaman tersebut dengan memberi backlink untuk halaman-halaman dimana anda meletakan backlink tersebut.

Misalnya anda menanam backlink di salah satu thread di sebuah forum, agar backlink dari forum artikel tersebut memberikan dampak yang kuat untuk blog anda, maka anda sebaiknya ngasih backlink juga untuk artikel di forum tersebut.


Memang membangun backlink itu tidak mudah, perlu kerja keras dan kerja cerdas, namun usaha anda pada akhirnya akan membuahkan hasil apalagi backlink yang dibangun adalah backlink yang berkualitas, didalam artikel relevan yang dimiliki sebuah blog yang memiliki reputasi yang baik di mata mesin pencari. jika backlink berhasil di claim oleh google, artikel blog anda akan lebih mudah ditemukan di posisi terbaik. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!