Untuk urusan memonetisasi blog dari awal yang saya kenal adalah google adsense, itu juga tanpa sengaja seperti apa yang saya uraikan di artikel saya sebelumnya tentang pengalaman kenal seo dan google adsense, dulu saya menganggap untuk menghasilkan uang secara online dari blog tanpa  harus mengeluarkan modal  hanya dari google adsense saja.

Tapi setelah cukup lama berkecimpung di dunia blog, ternyata ada banyak sekali metode monetisasi yang bisa digunakan, bahkan media periklanan yang serupa dengan adsense pun yang menggunakan metode PPC (Pay per click) dan  CPM (Cost per mile) jumlahnya sudah tidak terhitung banyaknya.

Media periklanan lainnya yang serupa dengan adsense yang pertama kali saya kenal adalah Adnow, saya mengenal adnow awalnya tidak sengaja, ketika berselancar di internet saya melihat ada beberapa halaman situs yang menyandingkan iklan adsense dengan adnow yang bentuknya sedikit berbeda.

Gajian pertama dari adnow
 
Jujur ketika pertama kali saya lihat awalnya saya menganggap iklan adnow adalah salah satu jenis iklan dari adsense, namun setelah melihat dengan seksama ternyata tampilan iklannya sedikit berbeda, di tampilan iklan adnow, jika dilihat terdapat tulisan adnow yang diletakan di sudut kanan bawah iklan yang ditampilkan.

Karena penasaran saya pun mencoba mencari beberapa referensi tentang adnow ini, dan akhirnya diketahui bahwa adnow adalah salah satu media periklanan mirip adsense yang sama-sama menggunakan metode PPC (Pay per click), yang artinya anda akan dibayar jika ada pengunjung blog anda yang melakukan klik pada iklan adnow yang anda pasang.

Yang membuat saya tertarik untuk memasang adnow adalah karena iklan yang satu ini bisa disandingkan dengan iklan google adsense, sehingga akhirnya saya memutuskan memasangnya di salah satu blog kesehatan saya, ya tujuannya sebenarnya ingin coba-coba dan penasaran saja sih, berapa bayaran yang bisa dihasilkan dari iklan adnow ini.

Pengalaman gajian pertama dari Adnow

Sampai tulisan ini dibuat, kurang lebih saya bergabung dengan iklan adnow sudah lebih dari 4 bulan, pendaftaran adnow pun ternyata tidak sesulit google adsense, dalam satu kali daftar saja kemungkinan langsung bisa diterima, dan  tidak harus menunggu lama, dalam beberapa jam saja iklan dari adnow pun akan aktif dan bisa tayang di halaman blog.

Nilai setiap klik iklan Adnow tidak sebesar google Adsense ?

Setelah diamati ternyata penghasilan dari adnow tidak segurih google adsense, untuk google adsense untuk blog bahasa indonesia nilai klik iklan yang saya dapatkan biasanya ada dikisaran 0.10 - 1.xx$ sedangkan untuk adnow setelah diamati rata-rata nilai klik setiap iklan ada di kisaran 0.01 - 0.02, ya munkin cuma 200 perak saja, tapi menurut saya lumayan lah jika jumlah kliknya ribuan.

Karena awalnya hanya ingin menguji saja, walaupun nilai kliknya kecil, iklan dari adnow ini tetap saya pertahankan untuk dipasang di blog, penasaran saja berapa yang bisa saya dapatkan dan bagaimana cara pencairannya, sampai akhirnya saya pun berhasil gajian dari adnow untuk yang pertama kali.

Mengenal Metode Pencairan dari Adnow

Untuk pencairan adnow pertama kali saya menempuhnya dalam beberapa bulan, maklum blog saya yang dipasangi adnow pada waktu itu masih terbilang baru dan pengunjungnya pun baru ratusan,

Setelah berjalan beberapa bulan akhirnya jumlah penghasilan dari adnow pun ikut bertambah dan akhirnya mencapai ambang gajian, masih ingat, dulu jumlah penghasilan yang saya dapatkan dari adnow untuk pertama kali kira-kira sebesar 93.xx dolar saja bisa dilihat di screen shoot di bawah ini.

Bukti Gajian pertama kali dari adnow


Awalnya saya sempat bingung untuk melakukan pencairan penghasilan dari adnow ini, namun setelah membaca beberapa referensi dan ubek-ubek di akun adnownya ternyata pencairan dari adnow sedikit berbeda dengan pencairan google adsense.

Beberapa metode pencairan dari adnow yang disajikan adalah sebagai berikut:
  • Paypal
  • Webmoney
  • wire (transfer)
  • e-Payments
  • Bitcoin
 Karena beberapa metode pencairan di atas kebanyakan asing bagi saya, akhirnya saya memutuskan untuk memilih metode pencairan menggunakan Paypal, dengan menentukan ambang batas pencairan minimal sebesar 50$ agar setiap penghasilan dari adnow mencapai 50$, akan langsung otomatis di transfer ke akun paypal.

Cara Melakukan Pencairan dari adnow melalui Paypal

Syarat pertama untuk melakukan pencairan adnow menggunakan paypal adalah kita harus memiliki akun paypal terlebih dahulu, untungnya saya sendiri sudah punya akun paypal sejak lama, walaupun akunnya belum pernah diverifikasi sampai sekarang, yang konon katanya harus menggunakan credit card.

Tapi tenang saja walaupun akun paypal belum diverifikasi, untuk setor dana dan penarikan dana masih bisa digunakan, kecuali untuk transfer antar akun paypal dan transaksi online, harus verifikasi.

Silahkan baca: Cara mudah mencairkan penghasilan adnow melalui paypal

Perlu dicatat, ketika memilih metode pencairan adnow menggunakan paypal, maka pencairan dana dari adnow ke akun paypal bisa memakan waktu sampai 2 minggu (14 hari), saya sendiri pun untuk pencairan pertama baru bisa sampai pada hari ke 14 dari awal permintaan pencairan, lumayan lama...sampai pada akhirnya danapun masuk ke akun paypal.

Dari akun paypal agar dana sampai ke tangan kita. kita harus melakukan penarikan, saya sendiri melakukan penarikan dengan langsung transfer ke rekening bank BRI.

Cara penarikannya pun cukup mudah, kita hanya perlu menambahkan data rekening bank di akun paypal, penarikan dana dari paypal ke akun bank bisa memakan waktu 2 x 24 jam atau sekitar 2 hari, tapi biasanya berdasarkan pengalaman 1 hari pun bisa sampai.

Baca juga: Cara mendapatkan uang dari blog dengan google adsense

***
Itulah pengalaman saya gajian pertama dari adnow, ya walaupun sedikit, lumayan lah buat gaji tambahan sehari-hari, saya biasanya gunakan untuk akomodasi transfortasi dan quota harian.

Anda pun bisa mencobanya jika tertarik, silahkan daftarkan blog anda ke adnow, selain pendaftarannya mudah diterima (approve), iklan dari adnowpun bisa disandingkan dengan google adsense, sehingga selain anda dapat gajian dari google adsense anda pun mendapat tambahan gajian dari adnow.

7 komentar:

  1. udah nyoba adnow, tapi walaupun blog saya blm ada iklan mending gan deh klo pake adnow :D
    saya pernah nyoba pasang dan gak kuat, 1 menit tak copot langsung..

    bikin gak enak makan :D
    numpang curhat gan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixi jangan terus dilihat gan, agar tidak terlalu menger!kan, nonaktifkan saja anmimasinya..agar iklannya hanya menampilkan gambar tidak bergerak

      Delete
  2. saya dulu juga daftar adnow, dan cepet di terima biarpun trafik blog gak jelas atau kalo ga posting ga ada yang liat.
    oiya om, seandainya Adsen+adnow ini dipasang bareng dalam satu blog, adsen ngambek gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah gan, banyak blog-blog besar menyandingkan adnow dengan adsense, itu salah satu kelebihan adnow, bisa disandingkan dengan google adsense, namun tetap perhatikan gunakan atur filter agar iklan dari adnow tidak menampilkan iklan berbau dew@sa.

      Delete
  3. Penasaran sih, akhirnya nyoba sign up gitu. Emang ga begitu expect sebenernya, tapi at least nyoba hihi

    ReplyDelete
  4. dia menggunakan CPC atau CPM gan...? Ada persetujuan nggak berapa kalau CPC atau CPM nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari penjelasan situs resminya, adnow menggunakan model CPC dan CPM.
      Untuk daftar adnow sangat mudah sekali sepertinya syaratnya tidak ribet hanya situs saja, silahkan coba saja daftarkan, cuma nilai cpc nya relatif kecil

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!