Salah satu permasalahan yang sering sekali dialami oleh kebanyakan blogger adalah index sitemap di google webmaster tiba-tiba turun, bahkan ada juga yang index sitemapnya sulit untuk naik, seperti apa yang saya alami, ada salah satu blog saya hampir setahun index sitemapnya tidak pernah kunjung membaik bahkan sulit sekali naik, namun dengan mencoba beberapa cara akhirnya saat ini index sitemap blog tersebut mulai terlihat mengalami ada peningkatan dan hampir sama dengan jumlah artikel blog.

Sepertinya pengalaman adalah guru yang terbaik, oleh karena itu di artikel kali ini saya akan coba uraikan pengalaman saya bagaimana cara memperbaiki dan mengatasi index sitemap yang tiba-tiba down dan sulit naik, barangkali cara yang saya lakukan bisa juga anda coba untuk memperbaiki index sitemap blog anda di google webmaster tool (GWT) atau google search consule (GSC), siapa tau anda berhasil.


mengatasi index google yang turun

Google webmaster tool (GWT) atau sekarang dikenal sebagai google serach console (GSC), merupakan tool online yang disediakan oleh google untuk membantu para webmaster atau pemilik blog untuk memonitor performa blog miliknya, tool ini mampu memeberikan berbagai informasi bermanfaat terkait aktivitas robot mesin pencari google terhadap blog yang kita miliki.

Agar blog dapat terintegrasi dengan tool ini, maka anda harus mendaftarkan blog ke webmaster tool, setelah blog anda berhasil didaftarkan biasanya google search console akan meminta anda untuk memasang kode meta khusus yang harus anda pasang di template blog anda, kode meta tersebut akan mampu dikenali oleh bot google untuk selalu merekam jejak langkah robot mesin pencari ketika menelusuri bagian-bagian penting yang terdapat di halaman blog anda.


Google search console mampu merekam aktivitas robot mesin pencari terhadap blog anda

Ada banyak informasi yang bisa direkam oleh google search console yang benar-benar sangat bermanfaat untuk mengontrol kinerja blog yang kita miliki, salah satu yang paling penting adalah laporan jumlah index sitemap, laporan ini memberikan informasi kepada pemilik blog berapa ur blog yang berhasil diindex oleh mesin pencari google, semakin banyak jumlah yang terindex maka itu menandakan sudah banyak pula jumlah artikel blog anda yang sudah dikenali oleh mesin pencari.

Jumlah index url yang normal seharusnys sesuai dengan jumlah artikel, jika grafik menunjukan jumlah sitemap sesuai dengan jumlah artikel pada blog anda, maka itu artinya performa blog anda sangat baik di mata mesin pencari google, jika sebaliknya maka itu artinya ada sesuatu yang tejadi pada blog anda.

Tapi sayangnya banyak sekali ditemukan kasus jumlah index sitemap lebih kecil daripada jumlah artikel. Jika anda mendapatkan informasi grafik seperti ini maka itu artinya ada sesuatu yang terjadi pada blog anda.

Kasus seperti itu pernah terjadi pada salah satu blog yang saya miliki, index sitemap sulit sekali naik dan cendrung kecil padahal jumlah artikel sudah cukup banyak, ada banyak penyebab kenapa index sitemap turun dan sulit naik, untuk kasus saya sepertinya karena pada waktu itu saya sempat jarang menerbitkan artikel, dampaknya memang cukup terasa, ketika index sitemap tidak kunjung naik, maka sepertinya visitorpun dan juga grafik jumlah query pencarian versi google serach console pun cendrung turun, sepertinya banyak artikel yang mengalami penurunan rangking.

Ini Kemungkinan Penyebab kenapa index sitemap Blog anda bisa turun dan sulit naik

Ini bukan kepastian, namun hanya menganalisa saja dari pengalaman pribadi dan juga dari ferensi yang saya peroleh dari beberapa blog, ada banyak sekali penyebab kenapa index sitemap bisa turun, beberapa penyebabnya yang bisa saya analisa kemungkinan besar adalah sebagai berikut:

1. Anda jarang menerbitkan artikel.

Ini pernah saya alami sendiri ketika berbulan-bulan tidak menerbitkan artikel, maka ketika saya cek index sitemap di google webmaster tool ternyata mengalami penurunan.

2.    Artikel blog ada yang sudah kadaluwarsa

Penyebab yang kedua, ini menurut analisa saya, kemungkian besar karena ada artikel blog anda yang sudah kadaluarsa, informasinya sudah tidak berlaku lagi saat ini, biasanya untuk artikel-artikel yang membahas topik musiman, apalagi artikel yang menambahkan tahun di judul artikel.

Jika diamati artikel seperti ini semakin berusia semakin jarang mendatangkan pengunjung,  ini bisa menjadi penyebab index sitemap di search console anda menurun.

3. Adanya perbaikan index google

Saya kurang tau pasti, tapi informasi ini saya dapat dari beberapa blog, bahwa ada kemungkinan penyebab index sitemap turun dikarenakan google sedang melakukan pembenahan index mesin pencari. Atau google merealease algoritma mesin pencari yang berdampak negative pada blog anda.

4. Artikel yang dibahas tidak sesuai dengan pedoman webmaster tool

Penyebab berikutnya kenapa index google turun, karena artikel yang anda buat serta aktivitas blogging yang anda lakukan untuk blog anda banyak yang tidak sesuai dengan pedoman google webmaster guideline , sehingga berdampak buruk pada blog anda dan akhirnya google index pun mengalami penurunan jumlah.

5. Anda membiarkan blog anda kurang sehat

Yang berikutnya yang saya analisa kemungkinan besar karena banyaknya ditemukan page not found 404, dan anda tidak melakukan perbaikan dalam waktu yang lama.
Ini menurut saya bisa menjadi salah satu penyebabnya karena yang saya alami setelah banyak melakukan perbaikan 404 index pun naik secara pelan-pelan.

6. Ada salah memasukan alamat sitemap

Yang terakhir penyebabnya adalah alamat sitemap yang anda submit di google webmaster tool atau google search console salah, jika anda menemukan index sitemap blog anda tidak kunjung naik bahkan muncul error, maka kemungkinan kecil anda salah memasukan alamat sitemap blog anda. Pastikan untuk blogspot alamat sitemap yang anda masukan adalah sitemap.xml.

Tip Mengatasi index sitemap turun (down) dan sulit sekali Naik

Sebenarnya kasus yang terjadi pada salah satu blog saya menurut saya cukup akut, bagaimana tidak, dalam waktu berbulan-bulan bahkan hamper 1 tahun, index sitemap tidak pernah sesuai dengan jumlah artikel, bahkan  sulit sekali untuk naik, dari pertama kali mendapatkan informasi index turun, ada banyak cara yang pernah saya tempuh, tapi masih tidak memberikan hasil yang memuaskan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu setelah mencoba dengan berbagai cara akhirnya tanpa disadari sebelumnya ternyata apa yang saya lakukan mampu memperbaiki index sitemap blog saya, dan sekarang index sitemap blog saya cendrung membaik dan hampir menyamai jumlah artikel blog sebenarnya, anda bisa lihat perbandingan index sitemap sebelum dan sesudah menempuh perbaikan pada gambar di bawah ini:



Gambar di bawah ini gambar jumlah index url sitemap sebelum melakukan perbaikan,

index url blog turun
Gambar diambil tgl 6/04/2017. hampir setahun sitemap untuk blog ini seperti itu tidak kunjung naik, padahal blog saya yang lain normal-normal saja.

Setelah melakukan perbaikan terjadi peingkatan dan sampai saat gambar diambil tanggal   03/06/2017, seperti gambar di bawah ini:

index url blog meningkat



Untuk anda yang mengalami hal serupa dengan index sitemap pada blog anda yang turun dan sulit untuk naik, maka cara yang bisa anda coba untuk memperbaiki index blog anda adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan kesehatan blog.

Upaya yang bisa anda coba lakukan untuk meningkatkan index sitemap blog anda di google webmaster tool adalah selalu memperhatikan kesehatan blog sesuai dengan yang dilaporkan oleh google webmaster tool.

a. Hapus page not found 404
Jika di google webmaster tool anda menemukan banyak ditemukan page note found untuk blog anda sebaiknya segera perbaiki jangan dibiarkan agar blog anda tetap dalam keadaan sehat. Baca: cara memperbaiki page not found 404 di google webmaster tool.

b. Perbaiki duplikat konten
Selalu periksa Performa blog anda terutama dari duplikat konten, anda bisa memeriksa duplikat konten menggunakan google search console, caranya silahkan baca di artikel yang pernah saya tulis tentang cara memperbaiki duplikat konten di google webmaster tool.

c. Perbaiki juga error 305 yang muncul.
Jika anda menemukan error 503 pada blog anda silahkan segera perbaiki . Baca cara memperbaiki error 503di webmaster tool

d. Periksa link mati yang terdapat pada blog anda
Link mati biasanya muncul pada ekternal link dimana alamat yang dituju sudah tidak eksis, biasanya sering muncul pada link komentar blog. Silahkan periksa kesehatan link blog anda, anda bisa coba menggunakan tool broknlink checker, jika ditemukan silahkan link mati, silahkan anda perbaiki

2. Disavow link toxic pada blog anda.

Cara kedua, ini sangat erat kaitannya dengan algoritma mesin pencari, apalagi saat ini kabarnya google sudah merelease algoritma fred yang kabarnya khusus memeriksa tautan pada blog, baik backlink, internal link maupun ekternal link, jadi pastikan bahwa link yang dilibatkan pada blog merupakan link yang baik.

Apa yang saya lakukan untuk memperbaiki index google adalah memperbaiki pengaruh buruk dari link masuk / backlink (link toxic) yang dimiliki oleh blog, yaitu dengan cara melakukan disavow toxoc link, langkah pertama anda harus menemukan link penyebab biang masalah,toxic link bisa diketahui menggunakan semrush, lalu lanjutkan dengan melakukan disavow toxic link di webmaster tool

3. Update artikel lama dan fetch as google serta kaitkan di artikel baru.

Yang berikutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan update/memodifikasi artikel blog lama, lalu jangan lupa untuk melakukan fetch as google untuk artikel yang sudah dimodifikasi tersebut, jangan lupa juga jika anda menerbitkan artikel baru, silahkan tautkan link ke artikel lama tersebut, ini untuk meningkatkan eksistensi artikel tersebut di mata mesin pencari

Ini perlu dilakukan karena tidak sedikit artikel yang ktia buat merupakan artikel musiman yang informasinya sudah kadaluarsa dan sudah tidak berlaku, agar artikel tersebut mendapatkan perlakuan yang baik dari mesin pencari, maka kita perlu memodifikasi isinya bahkan judulnya jika memang diperlukan, sehingga informasi yang disajikan menjadi uptodate.

4. Perbaiki struktur meta standar pada template blog anda.

Pengalaman saya, index sitemap blog mulai membaik salah satunya setelah saya melakukan perubahan pada kode template blog terutama pada meta standar yang digunakan disetiap blogspot.

Agar meta standar yang digunakan oleh template blog anda dapat dipastikan benar, maka anda bisa menggunakan kode di bawah ini:
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

Silahkan simpan meta tersebut setelah kode <head… pada template blog anda.

Meta tersebut ketika dibaca oleh mesin blogspot akan menghasilkan beberapa meta standar yang dibutuhkan oleh blog, cara untuk melihatnya silahkan buka saja alamat blog anda, kemudian pada halaman blog anda silahkan klik kanan kemudian pilih menu view source /  lihat kode sumber laman, anda akan melihat rangkaia meta standar yang dihasilkan dari kode meta di atas, setelah memasang meta di atas jangan lupa untuk menghapus meta lainnya yang memiliki kesamaan.

5. Coba Usahakan untuk menerbitkan artikel secara konsisten

Yang terakhir yang harus anda lakukan untuk memperbaiki index google di google webmaster tool adalah dengan cara menerbitkan artikel secara berkala dan konsisten, pengalaman saya setelah menerbitkan artikel setiap seminggu sekali, index google terlihat sudah terlihat ada peningkatan.


Demikian artikel tentang penyebab dan cara mengatasi jumlah indeks google turun tiba-tiba serta sulit naik, semoga artikel ini bisa membantu.

6 komentar:

  1. Saya udah hapus Crawl error, dan Url sudahh di hapus, tapi masih aja error. Itu gimana min ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bisa terjadi jika url tersebut belum di hapus di situs tempat url tersebut berada. muncul dan akan muncul lagi

      Kalo saya biasanya di redirect url, caranya hampir sama dengan yang dijelaskan di artikel:
      https://strukturkode.blogspot.co.id/2015/12/trik-mengganti-permalink-blogspot-tanpa-kehilangan-trafik.html

      Jika sudah di webmaster tinggal,centang dan tekan tombol tandai sudah diperbaiki

      Delete
    2. Aduuh saya gagal paham nih min.. Bisa di jelasin di Facebook ga min ?

      Delete
    3. Sitemap saya Sumbittednya 78 tapi Indexnya 5.

      Itu gimana cara naikkinnya ?

      Delete
    4. Coba terbitkan artikel secara konsisten gan.

      Sayapun mengalaminya gan, bahkan beberapa bulan tidak ada perubahan, saya melakukan cara-cara di atas index pun kelihatan membaik

      Delete
  2. akan aku coba gan caranya, artikel aku ada 65 tapi yang terindex cuma 50 saja. makasih ya informasinya gan.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!