Adsense saat ini masih merupakan salah satu bisnis online yang paling menjanjikan, adsense sudah terbukti membayar para publishernya dengan baik, bahkan banyak sekali blogger luar negeri dan dalam negeri yang berhasil meraup sampai ribuan dolar dari internet hanya bermodalkan blog dan bergabung menjadi publisher google adsense.

Untuk menjadi publisher google adsense tidak dipungut biaya alias gratis namun sepertinya untuk diterima menjadi publisher google adsense memang bukan perkara mudah, ada syarat-syarat tertentu harus anda tempuh yang tidak dijelaskan secara lengkap, intinya blog yang anda daftarkan sudah layak dan tidak melangar kebijakan google adsense.

Suatu kebanggaan tersendiri jika saja anda sukses diterima google adsense, apa yang harus anda lakukan setelah sukses di terima adalah menjaring pengunjung ke blog anda sebanyak-banyaknya.
Pelajari juga: Apa itu google AdSense: panduan lengkap untuk pemula.

Metode Google Adsense adalah Pay per Click (PPC), anda akan mendapatkan komisi jika ada pengunjung yang mengklik iklan adsense yang anda letakan di blog anda, peluang iklan yang anda tempel bisa mendapatkan banyak klik akan sangat tergantung sekali terhadap banyaknya jumlah visitor blog dan juga lokasi peletakan iklan.

Semakin banyak pengunjung blog dan lokasi iklan diletakan di tempat-tempat strategis, maka peluang mendapatkan klik dalam jumlah yang banyak akan semakin baik, semakin banyak klik yang anda peroleh dari iklan adsense yang anda letakan maka perolehan pendapatn adsense akan semakin baik.

Cara Paling Mudah Mencairkan pendapatan Google Adsense melalui Western Union (WU)

Pendapatan dari google adsense baru bisa di cairkan atau diambil, jika jumlah pendapatan sudah diambang batas pembayaran, ambang batas pembayaran google adsense minimal 100$, artinya jika pendapatan google adsense anda sudah 100 dolar atau lebih anda baru bisa mencairkan pendapatan google adsense anda.

Ada beberapa bentuk jenis pembayaran yang bisa anda pilih, anda bisa memilih menggunakan Transfer rekening kawat, melalui western union (WU) atau melalui Cek, dari ketiga jenis pembayaran tersebut, menurut saya hanya pembayaran melalui wetern union yang dianggap paling mudah, jika anda memilih metode ini, maka tidak ada potongan dan sangat cepat bisa dicairkan apalagi saat ini banyak sekali agen western union di berbagai tempat yang membuat pencairan pendapatan google adsense semakin mudah saja.

berikut beberapa langkah sebelum anda bisa mencairkan pendapatan google adsense anda melalui western union:

Langkah #1:

Seting Biodata Penerima Pembayaran di akun adsense anda

Sekali lagi, jika pendapatan adsense anda sudah di ambang batas pembayaran (minimal 100$), maka adsense akan otomatis membayarkan pendapatan google adsense anda ke alamat penerima yang anda seting di akun google adsense anda, pembayaran akan otomatis dikirim ke alamat pengiriman yang anda cantumkan di akun google adsense anda sesuai dengan metode pembayaran yang anda pilih, biasanya adsense akan mengirimkan pendapatan anda pada tanggal 23 setiap bulannya.

Oleh karena itu sebelum tanggap 23 atau paling tidak sebelum tanggal 19 pada bulan yang bersangkutan, anda harus sudah menyeting biodata penerima pembayaran diakun adsense anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke akun adsense anda

2. Pilih dan klik menu bergambar roda gigi yang terletak di sudut kanan atas
Seting penerima pembayaran google adsense

kemudian pada bilah menu disebelah kiri, pilih menu setelan pembayaran, maka akan ditampilkan halaman untuk mengelola biodata pembayaran,

Seting metode pembayaran western union pada google adsense

Anda bisa edit metode pembayaran yang ada atau jika anda belum menentukan metode pembayaran sebelumnya anda bisa klik tombol "Tambahkan metode pembayaran baru" seperti terlihat pada gambar diatas.

 Langkah #2:

Cetak bukti penerimaan atau Catat Kode MTCN Pembayaran anda

Sebelum anda menuju agen western union setempat untuk mencairkan pendapatan anda, jangan lupa anda cek diakun adsense anda apakah pendapatan adsense yang anda peroleh sudah dikirmkan oleh pihak google adsense atau belum, cara untuk mengeceknya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke akun adsense anda

2. Pada halaman utama akun google adsense anda pilih menu Home/ beranda

Cara mencairkan pendapatan google adsense

kemudian anda bisa klik "Lihat pembayaran" atau "Pembayaran terbaru" untuk melihat status pembayaran terbaru, akan terlihat seperti tampilan berikut ini:

Cara mengambil pendapatan google adsense

Jika pendapatan anda sudah dibayarkan maka anda akan melihat seperti tulisan diatas bahwa status: Telah dibayar,  dan tulisan tersebut sudah bisa anda klik, silahkan anda klik untuk mencetak bukti penerimaan pembayaran google adsense anda, seperti terlihat pada tampilan dibawah ini:

Bukti penerimaan pembayaran google adsense


Jika pembayaran sudah berhasil dikirimkan jangan lupa anda catat kode MTCN penerimaan pembayaran google adsense anda, atau lebih baik anda cetak bukti penerimaan pembayaran tersebut untuk mengantisifasi hal-hal yang tidak diinginkan ketika anda melakukan pencarian di agen western union di tempat anda.

Langkah #3:

Menuju Agen Western Union sambil membawa persayaran yang dibuthkan untuk pencairan

Untuk melakukan pencarian anda bisa memilih agen western union dikota anda, bisa di indomart, di bank, di agen wester union tertentu atau di kantor pos, tergantung keberadaan agen western union dikota anda yang mudah anda akses, untuk saya sendiri biasanya saya memilih mencairkan pendapatan google adsense di kantor pos, kebetulan dekat dengan rumah tidak terlalu padat jadi ketika pembayaran diterima pada hari itu maka saya biasanya langsung meluncur ke kantor pos setempat untuk melakukan pencairan dengan membawa syarat-syarat yang dibutuhkan.

Beberapa syarat yang wajib anda bawa ketika melakukan pencairan adalah sebagai berikut:

1. Cetak bukti penerimaan pembayaran dari google, atau kode MTCN yang sudah anda catat, namun lebih baik anda bawa cetakannya untuk mengantisifasi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Membawa fotocopy KTP (1 lembar) dan KTP asli anda, ktp dan orang yang akan melakukan pencairan sebaiknya sesuai dengan penerima pembayaran yang tertera di bukti pembayaran dari google adsense yang sudah anda cetak, jika diwakilkan biasanya harus membawa surat kuasa dari orang yang bersangkutan, atau tergantung pihak agen western union tempat anda melakukan pencairan, kadang suka rewel lebih baik orang dan juga ktp sesuai dengan biodata pada bukti penerimaan pembayaran.

3. Menuju kantor pos atau agen western union setempat, silahkan minta formulir western union bila tidak disediakan, namun biasanya formulir western union sudah disediakan jadi tinggal anda ambil.

Pada Form western union biasanya anda akan diminta memasukan biodata lengkap penerima, pengirim dan tandatangan,silahkan anda isi formulir western union tersebut dengan biodata anda

Penerima: 
isi sesuai dengan biodata asli anda harus sama dengan yang tertera di bukti penerimaan pembayaran yang sudah anda cetak dan isi sesuai yang diminta

Pengirim: 
isi dengan "Google ireland, Ltd., Dublin 4, Irlandia"
Jangan lupa tanda tangan.

4.  Menuju petugas pos, dan serahkan formulir western union + KTP asli dan fotocopy KTP 1lembar.
Petugas pos akan meminta PIN,silahkan anda catat kode MTCN google adsense anda,atau silahkan anda serahkan bukti penerima pembayaran yang sudah anda cetak sebelumnya untuk mereka cek kode MTCN nya, atau di beberapa kantor pos lain biasanya kita diberi keypad dan harus memasukan PIN sendiri, silahkan anda masukan kode MTCN sesuai yang tertera di bukti penerimaan pembayaran yang sudah anda cetak.

5.anda akan diminta menandatangani bukti pencairan dan juga akan diminta cap jari
Tunggu proses pencairan biasanya tidak lebih dari 10 menit, Jreng.......petugas pos akan membawa segepok uang dalam bentuk rupiah yang akan diserahkan kepada anda, tegantung besarnya dolar yang anda peroleh tanpa potongan sepeserpun.

Selamat anda sudah bisa mencairakan dolar pertama anda yang anda peroleh dari google AdSense smoga tambah semangat ngeblognya.

Demikian informasi sederhana mengenai Cara Paling Mudah mencairkan pendapatan Google AdSense, semoga bermanfaat.

36 komentar:

  1. kalau misalnya nama cuman 1 kata gmn? misal slamet..
    ada yang ngasih saran diisi nama depan slamet nama belakang slamet, ada juga yg ngasih saran nama depan slamet , nama belakang no last name,,yg benar yg mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya coba isi nama belakang pakai tanda - , gak bisa gan. Muncul peringatan harus diisi dengan abjad, gaj boleg karakter khusus.

      Solusinya gimana ya gan?

      Delete
    2. Gunakan "Bapak" atau "Tuan" (jika anda laki-laki)
      Gunakan "Ibu" atau "Nyonya" (jika anda perempuan)

      Note : Nama Bapak/Tuan serta Ibu/Nyonya digunakan untuk nama depan.

      Contoh jika nama anda Budi : Bapa Budi

      Delete
  2. Memang google adsense memang bisa menjadi bisnis yang menjajanjikan.
    Jangan lupa mampir ke http://alhusaini99.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. mas kalau pakai western union dikenain biaya potongan gak sih...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai saat ini pengambilan dolar menggunakan WU tidak ada biaya potongan mas.

      Delete
  4. Ijin bookmark mas. nunggu adsense nya cair dulu, heheh

    ReplyDelete
  5. punya sya kok bulum bs di dftr ke edsense y om ,,mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. barangkali blognya masih baru gan

      Delete
    2. ia om, minimal hrus berapa bulan ya dan hrus mempunyai berapa blog

      Delete
    3. 3/6 bulan cukup, asal kontennya berkualitas, visitor ga begitu pengaruh

      Delete
  6. Kok aya gabisa menambahkan metode pembayaran baru ya? mohon penjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa kemungkinan, adsense masih sangat baru, atau pendapatan adsense yang diperoleh belum mencapai 10$

      Delete
  7. Mas punya saya kok belum tersedia metode pembayran menggunakan western union ya, padahal sudah mencapai 100$?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru-baru ini saya sendiri banyak menerima kabar, untuk akun adsense baru sudah tidak menyertakan wu di metode pembayaran, yang tersedia hanya transfer bank saja, sepertinya ada kebijakan baru google.

      Delete
  8. Gan, untuk akun adsense IDR kira kira bisa WU gak?
    Ardibryan4.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang baru kabarnya hanya menyediakan metode pembayaran lewat transfer bank saja.

      Delete
  9. mas kalok belum menerima PIN apa pendapatan adsense nya bisa dicairin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa gan akan ditangguhkan dan pendapatan akan di akumulasi

      Delete
  10. THANK YOU GAN .... PIN YANG HARUS DI TUNJUKAN YANG MANA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kode MTCN gan, biasanya selalu disertakan di bukti pembayaran wu google adsense, lebih baik jika sudah menerima pembayaran bukti pembayaran diprint saja, beberapa agen suka menanyakan bukti tersebut.

      Delete
    2. gan, penghasilan youtube ane sudah 100.97$. tapi youtube ane sudah di banned kurang lebih 3 bulan yang lalu, akun adsensenya sih amsih biosa di buka, apa ada kemungkinan untuk dibayar ga ya gan? mohon infonya

      Delete
  11. Penghasilan saya sudah melebihi ambang batas, tpi di metode pembayaran gak ada western union, yang ada cuman bank aja, bisa kasih solusi ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seertinya akun adsense mas akun adsense IDR atau mata uang rupiah, memang akun adsense indonesia belum tersedia melalui western unin, silahkan gunakan transfer bank saja gan, agan bisa gunakan rekening siapapun yang agan percaya orang tua misalnya.

      Delete
  12. kalo transfer lewat bank, boleh nggak beda nama pemilik rekeningnya dengan profil akun adsensenya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa siapapun yang jelas biodata yang dimasukan di akun adsense Harus sesuai dengan data yang terdapat di rekening bank yang digunakan.

      Delete
  13. Mas, Kalau misalkan pendapatan google adsense kita melebihi $100 dan tidak diambil. Apakah akan hangus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak mas, akan terus diakumulasi, namun lebih baik kalo memang sudah bisa diambil lebih baik diambil khawatir terjadi sesuatu yang merugikan dengan akun adsennya

      Delete
  14. mas saya pelajar dan saya gk punya KTP apakah bisa pake kartu pelajar ? atau kartu keluarga ?

    ReplyDelete
  15. mas saya kan masih anak anak belum punya KTP apakah bisa diganti dengan kartu pelajar atau kartu keluarga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seting penerima pembayaran di akun adsennya menggunakan orang yang sudah punya ktp, saudara atau orang tua, nanti yang mengambil yang bersangkutan.

      Delete
  16. kang akun adsen saya IDR bukan USD, untuk pembayarannya lewat apa ya , apakah bisa lewat WU ? maaf saya pemula kang belum tahu tolong pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akun IDR sampai saat ini hanya menyediakan metode pebayaran transfer bank gan.

      Delete
  17. mas didin mau nanya adsense sy sdh 200$ lbh tp kok plhn Wd nya blm ad ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebijakan dulu seharusnya min $10 dolar sudah bisa mengatur metode pembayaran.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!