di artikel sebelumnya saya pernah membahas bagaimana cara daftar yahoo messengger YM terbaru, di artikel kali ini saya akan coba membahas mengenai bagaimana cara menambahkan kontak teman yahoo messengger, khusus untuk pemula. Yahoo messengger atau lebih sering disebut YM, sampai saat ini masih menjadi salah satu aplikasi desktop dan mobile yang cukup populer sebagai alternatif untuk media chating antar sesama pengguna yahoo mail, chating di yahoo messengger memang sangat praktis dan sangat simple, anda tinggal menambahkan kontak teman chating yahoo messengger anda (alamat email yahoo ataupun ID yahoo messengger mereka), kemudian anda bisa langsung chating atau saling kirim pesan dengan setiap teman yahoo messengger yang sudah terdaftar di yahoo mesangger anda.

Untuk mendapatkan teman dan menambahkan teman di yahoo messengger sebenarnya sangat mudah sekali, karena fasilitasnya sudah disediakan, anda tinggal meminta ID atau email yahoo teman anda kemudian anda tambahkan teman YM anda melalui fasilitas yang sudah disediakan, setiap alamat yahoo messengger yang anda add akan masuk ke daftar kontak list teman YM anda, sama halnya seperti kontak no telepon di hp anda, setiap kali anda menginginkan komunikasi dengan teman anda anda tinggal mencari di liste teman YM anda.

Di yahoo messengger anda akan melihat status teman anda apakah sedang offline maupun online sama halnya seperti di facebook, jika anda melakukan komunikasi dengan teman anda yang sedang offline maka, pesan chating anda akan menjadi pesan yang tersimpan yang bisa dibaca teman anda ketika mereka login, sedangkan jika komunikasi dengan teman yang sedang online, maka pesan chating akan langsung diproses dan bisa dibaca oleh kedua belah pihak.

Cara Menambahkan teman di yahoo messengger

Sebelum anda chating dengan teman anda, harus menambahkan id ym teman chating anda, cara menambahkan  teman chating di yahoo messengger untuk anda ajak YM-man, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Aktifkan yahoo messengger anda.
Jika belum punya dan belum diinstal di komputer anda, anda bisa download yahoo messengger offline terlebih dahulu, kemudian silahkan instalkan di komputer anda.

b. Login ke akun yahoo messengger (YM) anda
Untuk login ke akun yahoo messengger, anda bisa menggunakan alamat email yahoo anda dan juga passwordnya.

Login YM

 Silahkan anda login samapi anda berhasil masuk ke halalaman utama akun yahoo messengger anda.


d. Pada halaman utama yahoo messengger klik menu kontak kemudian pilih sub menu Tambah kontak, atau anda bisa menekan tombol CTRL+SHIFT+A, terlihat seperti gambar dibawah ini:

cara menambah add kontak teman yahoo mesengger (YM)


e. Pada dialog tambah kontak silahkan anda masukan id YM teman anda, biasanya berupa alamat email yahoo teman anda, seperti terlihat pada gambar berikut ini:

add contact yahoo messengger

ID Messengger bisa anda minta ke teman YM anda, kemudian masukan, jika perlu masukan no telepon juga agar anda bisa mengirim pesan SMS ke HP teman YM Anda, jika sudah silahkan tekan tombol berikutnya >

f. Tahap berikutnya memilih kategori kontak, silahkan pilih atau masukan kategori konatak, misalkan teman, keluarga atau apapun sesuai dengan kategori yang anda inginkan. terlihat seperti gambar dibawah ini:


jika sudah, silahkan tekan tombol Berikutnya >


g. Tahap berikutnya, permintaan undangan pertemanan anda akan diterima oleh teman anda untuk di konfirmasi, silahkan tunggu sampai teman anda mengkonfirmasi undangan pertemanan YM anda. jika berhasil maka daftar kontak teman anda akan masuk ke daftar kontak Yahoo messengger yang anda miliki.

Anda baru bisa melakukan chating dengan teman anda jika teman anda sudah berhasil mengconfirm permintaan pertemanan anda.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil menambahkan teman di yahoo messengger untuk saling kirim pesan chat, siahkan anda lakukan langkah serupa untuk teman YM anda yang lainnya.

Cara Mengaktifkan chating di yahoo Messengger (YM)

Chating baru bisa anda lakukan jika anda sudah memilkiki teman chating, jika anda sudah memiliki teman chating dan teman chating anda sudah anda undang dan anda tambahkan di daftar kontak Yahoo messengger anda, baru anda bisa chating dengan setiap teman yang ada pada daftar kontak YM anda.

Untuk mengaktifkan fasilitas chating di yahoo messengger langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. aktifkan aplikasi yahoo messengger anda, kemudian silahkan login.

b. Pada daftar teman, silahkan anda double klik salah satu teman anda, yang ingin anda sapa, anda akan disajikan dialog untuk chating seperti gambar dibawah ini:

cara chating di yahoo mesengger

c. Silahkan ketikan pesan chating kemudian tekan tombol kirim.

Anda bisa melakukan chating lebih dari satu teman dengan cara mendouble klik pada daftar teman yang ingin anda ajak chating.

Demikian artikel singkat tentang Cara Menambah Teman Chating di Yahoo Messengger (YM), semoga bermanfaat.