Untuk anda  yang sering berinteraksi dengan dunia blog barangkali anda tidak asing lagi dengan istilah rss feed dan juga feedburner, keduanya sangat berkaitan, namun sebelum kita bahas lebih jauh mengenai  cara setting feed burner yang benar untuk blog, alangkah baiknya kita ulas  sedikit mengenai apa itu rss feed dan apa itu feedburner.

RSS Feed adalah salah satu fasilitas yang dimiliki oleh setiap blog baik itu blog berfaltform blogspot, wordpress maupun blog lainnya, rss feed biasanya disajikan dalam bentuk file xml yang umumnya digenerate secara otomatis oleh mesin blog yang bersangkutan.

rss feed dibuat untuk memfasilitasi blog agar dapat mendistribusikan konten artikel postingan blog secara mudah ke setiap pelanggan blog yang bersangkutan.
cara setting feedburner yang benar di blogspot
Sedangkan  Feedburner,  adalah salah satu tool online milik google yang dapat digunakan untuk mengelola dan mengatur  segala hal yang berkaitan dengan feed yang dimiliki oleh sebuah blog,  tool ini dapat memodifikasi tampilan feed serta membantu memfasilitasi para pembaca setia blog untuk berlangganan melalui fasilitas subcriber feedburner.

Alasan Feed blog Harus menggunakan Feedburner ?

Banyak sekali tool online pihak ke3 yang dapat digunakan untuk feed blogspot, sebenarnya untuk blog berflatform blogspot, Pengelola feed memang fasilitasnya sudah disediakan secara terbatas, oleh karena itu agar feed blog dapat dikelola secara maksimal, kita bisa menggunakan tool pihak ke 3 yang khusus dapat mengelola feed blog lebih baik salah satunya adalah feedburner.

 Beberapa alasan feed blogspot harus diintegrasikan menggunakan feedburner adalah sebagai berikut:

1. Agar Feed blog dapat dikelola secara Optimal
Dengan mengintegrasikan feed blog dengan feedburner, maka tampilan feed dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan, salah satunya adalah anda bisa mengatur feed agar setiap artikel dapat menampilkan beberapa karakter saja ketika blog diakses melalui rss feed, sehingga bisa meminimalisir pencurian artikel lewat rss feed.

Artikel terkait: Cara memperpendek RSS Feed untuk keamanan blog


2. Agar dapat menggunakan fasilitas subcriber feedburner
Dengan mengintegrasikan feed dengan feedburner, anda bisa menggunakan fasilitas subcriber yang disediakan feedburner, subcriber berupa kode widget yang dapat dipasang pada blogspot anda.

Widget Subcriber yang anda pasang dapat memfasilitasi pengunjung blog anda untuk berlangganan artikel blog anda. untuk berlangganan mereka dapat memasukan email aktif milik mereka, setiap kali anda membuat artikel maka secara otomatis feedburner akan mendistribusikan artikel anda lewat email ke pelanggan blog anda.

Bagaimanakah Seting Feedburner yang benar untuk blog berflatform blogspot?

Untuk mengintegrasikan Feedburner dengan blog berflatform blogspot memang tidaklah sulit, yang pertama yang harus anda lakukan adalah, anda harus memiliki akun feedburner terlebih dahulu, karena feedburner saat ini adalah milik google, maka untuk memiliki akun feedburner cukup dengan email google anda tinggal login menggunakan email google yang anda miliki.
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah #1 - Registrasi RSS blog anda di feedburner

Untuk mendaftarkan rss blog di feedburner langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan menuju situs feedburner.com
Jika anda sudah login di blog anda menggunakan email google maka ketika situs feedburner anda akses anda otomatis sudah dalam keadaan masuk akun feedburner.

b. Pada halaman utama feedburner, silahkan masukan alamat rss feed blog anda.
Untuk blog berflatform blogspot alamat rss feed blog biasanya terletak di
nama_blog.blogspot.com/rss.xml.

Misal alamat blog saya yang akan saya integrasikan dengan feedburner adalah javaharcode.blogspot.com, maka alamat rss blog tersebut adalah: javahardcode.blogspot.com/rss.xml.

Silahkan masukan alamat rss blog anda seperti ilustrasi diatas, terlihat seperti gambar dibawah ini:

mendaftarkan rss blog ke feedburner


c. Tekan tombol next untuk ke tampilan berikutnya, kurang lebih akan tampil seperti gambar dibawah ini:
cara daftar feedburner

Silahkan anda masukan feed title sesuai dengan keinginan anda, misal, saya masukan title untuk judul feedburner blog saya, "Java Hard Code Depelover".

Kemudian masukan juga FeedAddress, feed address sebaiknya jangan mengandung space, feed address ini akan menjadi alamat feedburner anda untuk anda integrasikan dengan feed blog anda, silahkan anda masukan  Feed address dengan alamat feed yang mudah diingat

Misal untuk feed address punya saya, saya masukan javahardcode, seperti terlihat pada gambar diatas.

Silahkan tekan tombol "Next" untuk ke tampilan berikutnya:

d. Di tampilan berikutnya anda akan mendapatkan informasi alamat feedburner blog anda seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara daftar feedburner untuk blog
Seperti terlihat pada gambar diatas, alamat feedburner blog yang saya daftarkan adalah: http://feeds.feedburner.com/javahardcode, Silahkan anda catat alamat tersebut, alamat ini nanti akan digunakan di pengaturan feed akun blogspot anda. 

Jika sudah silahkan tekan tombol "Next" untuk ke tampilan berikutnya.

e. Pada tampilan berikutnya silahkan anda langsung tekan lagi tombol "Next dan Next Lagi,
Sampai anda masuk ke halaman utama akun feedburner anda terlihat seperti gambar dibawah ini:

setting pengaturan feedburner yang benar


Anda akan melihat daftar menu yaitu "Analyze", "Optimize", "Publicize" dan  "Troubleshootize", seperti terlihat pada gambar diatas.
 
f.  Buat Sumary Burner
Summary burner digunakan untuk membuat uraian singkat setiap artikel blog anda ketika  feed blog diseting singkat, ketika feed diakses, maka untuk setiap artikel tidak akan ditampilkan seluruhnya dan hanya akan menampilkan summary feed (beberapa kalimat urama saja setiap postingan), ini harus anda lakukan untuk menghindari pencurian artikel lewat feed blog anda dengan autoblog.

Caranya:
Klik Menu Optimize, kemudian pada bilah menu sisi kiri silahkan klik lagi menu "Summary Burner".
seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

mempersingkat memperpendek feed untuk kemanan blog

Maksimum length, silahkan anda tentukan jumlah karakter untuk feed blog anda.
Teaser, silahkan anda masukan beberapa kalimat, misal "[Klik judul untuk selengkapnya]", kalimat yang anda masukan akan muncul di bagian bawah setiap tampilan artikel singkat rss feed blog anda,
Tekan tombol aktivate jika sudah selesai.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah sukses membuat tampilan singkat feed untuk rssfeed blog anda.

Lankah #2 - Mengintegrasikan Feedburner dengan feed blogspot Anda.

Setelah anda mendaftarkan blog anda di feedburner, agar rss feed blog anda mengikuti pengaturan yang terdapat di feedburner, anda harus menginstegrasikan feedburner dengan feed blog anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan Masuk ke akun blogspot anda kemudian pilih dan aktifkan salah satu blog anda.

b. Pada bilah menu sisi kiri silahkan anda pilih menu "Setelan", kemudian pilih submenu "Lainnya".
Pada Umpan situs silahkan anda pilih singkat, kemudian pada label "Posting URL Pengubah Arah Feed" silahkan masukan alamat feedburner anda yang telah anda catat pada langkah sebelumnya. terlihat seperti gambar dibawah ini:

cara mudah setting feedburder di blogspot

-Izinkan umpan blog, silahkan anda pilih singkat, tujuannya agar artikel di tampilan rss feed singkat, tujuannya untuk menghindari atau meminimalisir pencurian artikel yang bisa dilakukan melalui feed.

- Posting URL Pengubah arah feed, silahkan anda masukan alamat url feedburner blog anda, yang anda sudah catat pada langkah sebelumnya.

Jika sudah, silahkan anda tekan tombol "Simpan Pengaturan".
Sampai tahap ini berarti anda sudah berhasil menghubungkan rss feed blog anda dengan feedburner.


Langkah #3 -  Cek Halaman RSS Feed Blog Anda.

Langkah terakhir adalah melakukan cek terhadap pengaturan feed blog anda, untuk memastikan apakah pengaturan feed yang anda lakukan sudah benar atau belum.

Untuk melakukan cek rss feed blog anda, anda bisa mengaksesnya menggunakan alamat nama_blog_anda.blogspot.com/rss.xml, misal untuk blog saya saya akan cek alamat rss feed blog saya di alamat, strukturkode.blogspot.com/rss.xml,

Jika berhasil alamat tersebut secara otomatis akan di-redirect ke alamat feedburner untuk blog tersebut menjadi http://feeds.feedburner.com/strukturkode

Anda akan melihat halaman feed untuk blog anda tersebut, yang disajikan dalam bentuk detail artikel blog anda berupa judul dan juga isi artikel yang di sajikan singkat (hanya sebagian isi artikel saja).

Jika anda melihat feed anda seperti itu maka sudah dipastikan pengaturan feedburner pada blog anda sudah benar.

Demikian artikel sederhana mengenai Cara Setting Feedburner yang benar di blogspot, semoga bermanfaat.

18 komentar:

  1. makasih banget infonya min,,
    akhirnya blog gue udah ada subschribe nya,, hehehe

    salam blogger min

    ReplyDelete
  2. saya baru pasang feedburner diblog...saya coba subcrib dg emailsaya. pada email konfirmasi aktifasi semua bahasa ingggri. tpi wktu saya join jadi subcriber strukturkode email konfirmasinya ada yg bahsaindonesia begini "Anda baru saja menjadi pelanggan setia blog strukturkode, update terbaru akan selalu kami kirimkan via email yang anda masukan.

    Agar pesan dari kami dapat sampai dengan baik, jangan lupa Aktifkan pengajuan anda dengan klik link dibawah ini:

    https://feedburner.googleDOTcom/fb/a/mailconfirm?k=LNs7YnZBeCGYJpScMga2WpatLAU

    (Jika link diatas tidak berfungsi, silahkan kopikan link tersebut dan paste pada address bar di browser yang anda gunakan kemudian tekan enter.) "

    bagaimana cara buat yg bahsa indonesia itu pak ?
    dan satu lagi pak,,,,bagaimana cara buat bacground warna kotak subcriber seperti diatas punya blog ini ?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan sudah login
      Di halaman utama feed burner pilih di bagian atas tab atau menu publicize > disebelah kiri pilih menu email subcriptions > kemudian pilih sub menu comunication preferences.

      pada bagian comunication email body, silahkan agan masukan text seperti dibawah ini:

      Terima kasih

      Anda baru saja menjadi pelanggan setia blog strukturkode, update terbaru akan selalu kami kirimkan via email yang anda masukan.

      Agar pesan dari kami dapat sampai dengan baik, jangan lupa Aktifkan pengajuan anda dengan klik link dibawah ini:

      ${confirmlink}

      (Jika link diatas tidak berfungsi, silahkan kopikan link tersebut dan paste pada address bar di browser yang anda gunakan kemudian tekan enter.)

      silahkan seseuaikan dengan keperluan

      Delete
  3. satu lagi pak..lupa tadi hehehe...
    bagian teaseritu disi manual setiapposting atau bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. teaser apa gan? iklan maksudnya.
      apapun itu tidak ada yang diseting manual, otomatis gan di seting di template blognya

      Delete
  4. mas mau tanay. saya sudah pasang fedburner, tapi setelah saya coba subscribe , muncul pop up yang tulisanya begini mas,

    The feed does not have subscriptions by email enabled

    masalahnya apa ya mas, mohon bantuanya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email subcribenya sepertinya belum di aktifkan.

      langkah:
      -buka feedburner.com
      -pilih nama feed
      -di menu atas pilih publicize
      -di bagian kiri terus pilih Email subcription
      -Scroll ke bagian paling bawah, centang aktifkan

      Delete
  5. makasih gan infonya sangat enjoy aq buktikan

    ReplyDelete
  6. Terima kasih mas didin untuk artikelnya.
    Saya sudah buat feedburner dan sudah di pasang di blog. Tapi begitu saya coba subscribe dengan email yang lain tidak ada email konfirmasinya yang masuk ke email?

    apakah email konfirmasi ini dibuat secara manual atau bagaimana?
    Terima Kasih mas didin yang baik hati dan tidak sombong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika seting benar seharusnya email otomatis terkirim mas, pastikan yang dimasukan benar dan sudah diaktifkan

      langkah:
      -buka feedburner.com
      -pilih nama feed
      -di menu atas pilih publicize
      -di bagian kiri terus pilih Email subcription
      -Scroll ke bagian paling bawah, centang aktifkan

      Delete
  7. makasih mas didin, au tanya kalo cara melihat feed blog kita gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas.

      Untuk melihat alamat feed bisa menggunakan url:
      untuk blogspot:
      nama_blog.blogspot.com/rss.xml

      untuk wordpress:
      nama_blog.com/feed

      Delete
  8. kalau feedbunner di nonaktifkan, apa ada dampak buruknya bagi blog gan.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya jangan dinonaktifkan gan, tapi dibatasi agar feed menampilkan sebagian teks saja, kalo dinonaktifkan biasanya akan berpengaruh ke widget blog, karena ada beberapa widget blog yang akses feed juga.

      Delete
  9. kok gk ada reaksi apa" ya gan.? ane sudah buat seprti langkah@ diatas, pas ane cek di blog tukang kopas, artikel ane tetap muncul di blognya. gimana solusinya bang.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 3 cara pencurian artikel biasa dilakukan:
      1. Melalui copas, bisa diminimalisir dengan menambahkan kode anti copas.

      2. Melalui penyadapan Feed bunner otomatis, bisa diatasi dengan cara membatasi feed, konten tetap mungkin saja muncul di blog si penyadap, namun hanya sebagian teks saja sesuai pengaturan di feed bunner.

      3. Melalui content scrapting otomatis, ini yang cukup sulit untuk di atasi (bisa docoba dengan memperbaharui struktur template), karena biasanya kinerja kontent scrapting membaca mode html artikel lalu memparsingnya mengambil teks kontent artikel

      Jika setelah membatasi feed tetap masih muncul, kemungkinan blogger copas menggunakan teknik content scrapting.


      Cek feed blog agan dengan mengetikan alamat
      nama_blog/rss.xml.

      Lihat teks artikel yang tampil, jika yang tampil sedikit berarti setingan membatasi feed benar

      Delete
  10. mantap min. udah berhasil cuma cara ceknya ga perlu pake tanda koma dibelakang xml

    ReplyDelete
  11. halo gan, saya sudah mengaktifkan Summary Burner nya tapi tidak muncul kenapa yah? dan satu lagi gan kenapa jumlah yang di tampilkan nama_domain.com/rss.xml hanya 25 yah?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!