4 Cara Meningkatkan keamanan Pada Blog anda - Blogspot sampai saat ini menjadi salah satu blog paling populer yang banyak sekali digunakan, banyak alasan kenapa para blogger lebih memilih blogspot, beberapa diantaranya adalah blog berflatform blogspot adalah satu-satunya milik google kemungkinan besar akan menjadi anak emas, tentu akan mendapatkan perhatian khusus di mata mesin pencari google, yang kedua adalah blog berflatform blogspot mudah untuk dimonetisasi atau dijadikan media untuk menghasilkan uang, yang ketiga adalah gratis selamanya dan mudah untuk digunakan.

Disamping banyaknya kelebihan yang dimiliki blogspot tentu saja banyak celah yang bisa merugikan blogger jika menggunakan blogspot, oleh karena itu sebaiknya seorang blogger baik pengguna wordpress, maunpun flatform blog lainnya dan khususnya untuk para pengguna blogspot harus mengenal dan juga mengantisifasi segala macam ancaman yang dapat merugikan anda sebagai seorang blogger dan juga blog anda, baik ancaman ekternal maupun internal.

Melalui artikel kali ini akan saya iraikan beberapa keamanan blogspot yang harus anda perhatikan sebelum anda mengalami kerugian,

1.  Lindungi blog anda dari tindakan copy paste.

Menghindari copy paste blog

Ini mungkin merupakan masalah klasik yang sampai saat ini dianggap menjadi masalah untuk sebagian blogger, tindakan copy paste banyak sekali dilakukan oleh blogger-blogger tidak bertanggung jawab dengan cara menduplikasi secara manual (copy-paste) artikel blog milik orang lain kemudian menerbitkannya di blog sendiri, tentu ini akan merugikan pemilik artikel asli, karena akan terjadi duplikat konten yang tidak disukai mesin pencari.

Copy paste sebaiknya bisa dihindari terutama untuk anda yang memiliki blog yang masih berusia muda. apabila artikel blog anda di copas oleh blog yang sudah memiliki popularitas baik di mata google kemudian  tanpa memberikan link sumbernya tentu blog anda bisa saja semakin merosot di hasil pencarian.

Sebagian blogger banyak yang tidak mempermasalahkan tindakan copas "silahkan saja kopas sebanyak-banyaknya", mungkin tidak masalah jika blog yang dikopas adalah blog besar dan sudah berumur serta memiliki reputasi yang baik dimata mesin pencari, namun untuk blog baru tindakan kopas sebisa mungkin jangan dibiarkan terjadi.

Bagaimana cara mencegah tindakan Copy paste:
Salah satu cara untuk mencegah tindakan copas adalah memasang anti copas, bisa menggunakan javascript atau script CSS, jika anda ingin memasang anti copas untuk blog anda anda bisa baca artikel dibawah ini:
Cara Agar artikel postingan blog tidak bisa di copas
Jika masih di copas apa yang harus saya lakukan?
Jika blog anda masih juga di copas dengan berbagai cara apa yang harus saya lakukan?, google sendiri sudah menyediakan fasilitas untuk melaporkan tindakan yang melanggar hak cipta salah satunya tukang copas, jika blog anda masih saja di copas, anda bisa melaporkannya ke google agar mendapat tindakan yang tegas caranya anda bisa baca artikel berikut:
Cara melaporkan pencurian artikel ke google DMCA

Jika sudah dilaporkan apa efek yang akan terjadi pada blog tukang copas:
Silahkan baca: Efek Blog Copy Paste yang dilaporkan

2. Lindungi Blog anda Dari Tindakan Auto Blog

Salah satu ancaman serius yang harus anda perhatikan adalah tindakan autoblog atau ada juga yang menyebutnya blog AGC auto generate content (artikel blog anda diduplikasi secara otomatis biasanya dilakukan dengan cara menyadaap rss feed blog anda), tentu akan sangat merugikan jika blog anda terkena auto blog.

Jika blog anda terkena auto blog maka setiap kali artikel blog anda terbitkan, maka akan ikut juga terbit di blog yang menyadap artikel anda, jadi jangan heran jika anda menemukan kembaran dari blog anda, dimana setiap artikel pada blog tersebut sama persis dengan artikel blog anda, mungkin saja blog anda terkena auto blog.

Salah satu cara untuk mengantisifasi pencuraian artikel blog dengan teknik ini adalah dengan cara memperpendek rss feed blog anda, sebagai referensi silahkan baca artikel berikut:
Cara Memperpendek RSS Feed untuk keamanan blog
Mencegah pencurian artikel lewat autoblog dan copas

3.  Backup Artikel Postingan blog anda secara berkala


cara backup artikel postingan blog

Sebagai pengguna blogspot gratisan memang kita tidak lepas dari aturan main sang empunya yaitu google, terkadang jika aktivitas blogging kita dianggap tidak sesuai dengan aturan konsekuensi terburuk adalah blog dihapus. mungkin akan menjadi sebuah bencana jika blog anda memiliki artikel yang sudah sangat banyak dan blog anda sudah cukup umur.

Banyak sekali penyebab blog sampai dihapus, namun terkadang penyebabnya bisa saja bukan karena anda, mungkin saja ada orang lain yang iri terhadap kesuksesan blog anda, anda memiliki musuh online, sabotase dari pesaing anda dan banyak lagi, sehingga blog anda dihapus, oleh karena itu salah satu cara untuk mengantisifasinya adalah melakukan backup artikel blog anda.

Meskipun katakanlah blog anda dihapus, namun anda setidaknya masih bisa merasa senang karena artikelnya tidak ikut terhapus.

Bagaimana cara Membackup Semua artikel postingan blog?
Blogspot sebenarnya sudah menyajikan tool untuk keamanan blog salah satunya adalah tool untuk melakukan backup (export) artikel postingan.
 
dengan memanfaatkan fasilitas yang terdapat pada blogspot, berikut langkah-langkah untuk membackup artikel blog anda:
a. Masuk ke akun blogspot anda
b. pada bilah menu sisi kiri pilih menu setelan > Lainnya,

cara backup artikel postingan blog

 kemudian lihat bagian alat blog, silahkan pilih export, terlihat seperti gambar dibawah ini:

 
Maka akan keluar notifikasi sebelum melakukan export seperti gambar dibawah ini:

Cara Export Blog

 Silahkan tekan tombol Unduh Blog, tunggu dan semua data blog akan disimpan di hardisk anda.

Dengan dibackupnya blog anda maka anda akan terhindar dari kehilangan artikel blog anda jika seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada blog anda.

4. Antisifasi Komentar Spam Pada blog anda

cara menghindari komentar spam

Jika anda memberlakukan komentar pada blog anda, maka cara terbaik adalah selalu memoderasi komentar sehingga anda mampu memilih mana komentar spam dan mana komentar berkualitas, terbitkan komentar relevan dan berkualitas dan masukan kotak spam atau hapus saja komentar spam.

Bedakan komentar spam dan tidak spam?
Jika Isi komentar hanya sekedar basa-basi atau hanya sekedar ucapan terima kasih, promosi, yang tidak bernilai dan tidak ada sedikitpun sangkut pautnya dengan artikel yang dibahas lebih baik kategorikan komentar tersebut kedalam spam dan jangan anda terbitkan.

Sedangkan untuk komentar berupa pernyataan taupun pertanyaan yang benar-benar memiliki nilai, baik untuk anda pribadi maupun pengunjung blog anda, anda bisa terbitkan komentar tersebut, ingat komentar berkualitas akan membuat artikel blog anda kaya kata serta menambah pembendaharaan kata kunci sehingga cukup baik di mata seo.

Artikel terkait yang bisa anda baca: dampak positif dan negatif komentar blog untuk seo

Matikan Link Aktif pada komentar blog anda.
Jika perlu untuk meminimalisir kotak komentar anda untuk ajang spam blogger yang tidak bertanggung jawab, lebih baik anda pasang script untuk mematikan link aktif pada komentar blog anda, sehingga jika ada yang memasang link aktif pada komentar, link tersebut akan diubah menjadi text saja.
Artikel terkait: 4 Cara Mematikan link aktif pada komentar blog

Hati-hati dengan Link pada nama komentar yang berbau p0rnografi & 0bat-0batan terlarang
Hati-hati dengan nama komentar yang menggunakan open id atau Name/URL, karena melalui fasilitas tersebut para komentator dapat memasang link pada halaman blog miliknya, dan hati-hati ketika link mengarah pada situs-situs yang tidak disukai google dan google adsense, komentar seperti itu sebaiknya dihapus dan tidak diterbitkan.