Istilah Konten berkualitas tentu tidak asing di telinga para blogger yang kebetulan gemar dengan dunia SEO, iya karena salah satu faktor seo yang paling penting adalah konten berkualitas, namun tahukah anda seperti apakah konten berkualitas itu?, saya pikir masih banyak para blogger yang belum memahami mengenai ciri konten berkualitas, saya bisa pastikan mereka sering mendengar tentang istilah konten berkualitas, namun saya yakin masih banyak yang belum memahami makna sebenarnya.

Penilain setiap blogger tentang konten berkualitas bisa saja berbeda satu sama lain, bisa jadi ada yang menyebutkan konten berkualitas itu adalah konten panjang dengan jumlah kata diatas 1.000 kata, konten berkualitas itu adalah konten yang informatif, konten berkualitas itu adalah konten yang hanya diperuntukan untuk orang atau manusia dan bukan untuk robot mesin pencari.

mari membuat konten berkualitas yang disukai google

 KriteriaMembuat konten berkualitas yang disukai google
Semuanya bisa saja benar, namun anda harus memiliki tolak ukur, salah satu yang bisa jadikan acuan atau tolak ukur untuk mengukur kualitas konten yang kita buat adalah mesin pencari google, itu juga jika alasan satu-satunya anda membuat konten adalah ingin konten tersebut lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari google, alasannya karena google saat ini adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan dan digemari diseluruh dunia, sehingga hampir semua blogger belomba-lomba mengupayakan agar google menyukai konten yang disajikan pada blognya.


Seperti Apakah Konten Berkualitas Menurut Google? 

Lantas seperti apakah konten berkualitas itu menurut google?, apakah google memang memiliki kriteria khusus tentang kualitas sebuah konten?

Melalui sebuah halaman resmi google menjelaskan tentang cara membuat konten bermanfaat sebagai berikut:
Kunci dalam membuat situs web yang hebat adalah menciptakan pengalaman sebaik mungkin bagi pemirsa dengan konten asli dan berkualitas tinggi. Jika orang merasa situs Anda berguna dan unik, mereka mungkin akan kembali lagi atau menautkan konten Anda di situs web mereka. Hal ini dapat membantu menarik lebih banyak orang ke situs Anda seiring waktu.
Google memberikan tips untuk membuat konten berkualitas sebagai berikut:

1. Berguna dan informatif

Pastikan bahwa konten yang anda buat adalah konten berguna dan informatif, berguna artinya bahwa konten harus mampu memberikan solusi pemecahan masalah, informatif artinya konten harus dapat memberikan informasi  yang tepat yang sesuai dengan yang pengunjung inginkan.

Menurut pernyataan google tentang konten informatif menyatakan:
Satu langkah paling penting untuk meningkatkan peringkat situs Anda dalam hasil penelusuran Google adalah memastikan bahwa situs tersebut berisi banyak informasi yang kaya yang mencakup kata kunci yang relevan, digunakan dengan semestinya, dan menunjukkan materi pokok dari konten Anda.

2. Lebih berguna dan bernilai daripada situs lain

dalam satu waktu barangkali ada banyak sekali blogger-blogger diseluruh dunia yang menerbitkan artikel yang sama dengan yang anda buat, selain itu barangkali sudah banyak juga artikel yang lebih dulu terbit yang hampir mirip atau sama dengan artikel yang sedang anda buat.

Agar artikel anda memiliki point plush sajikanlah artikel yang berbeda dengan yang lain, jika topik yang anda bahas adalah topik yang sama dengan blogger lain maka sajikanlah artikel yang lebih baik dari artikel yang lain sehingga setiap pengunjung yang membaca konten anda mereka merasa puas tanpa perlu membaca artikel serupa lainnya.

3. Konten dapat dipercaya

Seperti apakah artikel yang dapat dipercaya itu?
Apapun artikel yang anda sajikan alangkah baiknya jika selalu disertai dengan sumber terpercaya, misalnya anda membahas tentang asuransi dan anda membahas tentang tips untuk memilih asuransi terbaik, untuk memperkuat pernyataan anda tersebut anda bisa mengambil sumber dari situs-situs terpercaya yang membahas asuransi dari orang-orang yang kompeten di bidangnya, begitu juga untuk topik lainnya. anda bisa menyertakan link ke keluar menuju blog yang memiliki reputasi yang baik yang memang membahas topik relevan dengan blog anda.

Apakah dengan menyertakan link keluar (ekternal link) tidak buruk di mata SEO?
Saya belum menemukan statemen google yang menyebutkan bahwa ekternal link atau link keluar yang menuju artikel relevan bisa menurunkan kualitas seo, justur pakar seo luar negeri banyak yang menyarankan melibatkan link keluar menuju artikel relevan untuk memperkuat artikel yang dibahas dan saya pribadi sangat setuju sekali, hal ini malahan bisa meningkatkan repitasi artikel anda dimata pengunjung apalagi anda adalah blogger yang belum dikenal sama sekali.

4. Konten Berkualitas Tinggi

Konten dapat dikatakan berkualitas tinggi jika memiliki unsur-unsur kualitas konten seperti diatas dan konten sangat uriginal alias unik, artinya konten yang anda bahas haruslah konten yang memang original hasil buatan anda sendiri dan unik artinya tidak ada konten serupa yang persis sama yang terdapat di situs lain.


5. Konten harus Menarik

Konten yang anda sajikan agar sesuai dengan kriteria konten berkualitas menurut google, haruslah menarik, anda bisa melibatkan gambar dan juga video pada konten anda, sehingga konten lebih interaktif

Silahkan baca: Bagaimana cara membuat artikel berkualitas yang disukai google.

Apa Hubungan Konten berkualitas dengan SEO?

Di awal ketika teknologi mesin pencari google masih belum seperti sekarang, banyak sekali situs-situs yang hanya berisi beberapa kata bisa bertengger di posisi terbaik mesin pencari, bahkan ada artikel yang berisi kumpulan kata kunci mampu juga mengalahkan artikel yang boleh dibilang bagus, namun seiring dengan perkembangan teknologi mesin pencari yang semakin canggih, kini konten-konten seperti itu sudah mulai tenggelam.

Seperti yang pernah saya tulis di artikel sebelumnya tentang 2 kategori faktor SEO paling penting 2016, google saat ini memang memperbaharui algoritma mesin pencarinya, salah satunya google sudah menambahkan faktor seo terbaru sebagai bagian dari 200+google rangking faktor yang dapat mempengaruhi peringkat situs dihasil pencarian, faktor seo yang ditambahkan salah satunya adalah  faktor User Experience (UX Factor), faktor ini mampu menganalisa prilaku pengguna terhadap situs atau blog yang mereka kunjungi.

Seperti Apakah UX Faktor itu?

UX Faktor yang erat kaitannya dengan kualitas konten sangat memperhatikan pengalaman pengguna terhadap blog anda, tolak ukur untuk menentukan kualitas konten yang dimiliki sebuah blog memang banyak sekali, sebagai contoh pengunjungi mengunjungi sebuah halaman blog dan pengunjung betah berlama-lama di halaman tersebut maka itu bisa memberikan sinyal terhadap google bahwa artikel yang bersangkutan adalah artikel berkualitas, begitu juga jika pengunjung melakukan bokmark artikel suatu blog itu menandakan bahwa artikel yang bersangkutan adalah artikel berkualitas.


Barangkali banyak sekali tolak ukur UX factor yang digunakan google untuk mengukur kualitas konten, intinya jika konten yang anda sajikan baik, bermanfaat serta informatif dan anda prioritaskan dibuat untuk manusia bukan untuk mesin dengan melibatkan kriteria konten berkualitas menurut google saya yakin artikel tersebut akan dianggap artikel berkualitas dimata google dan bisa menempati posisi terbaik dihasil pencarian mesin pencari (SERP atau search enggine result page).