Saya pernah ditanya oleh teman saya tentang bagaimana cara membuat text di dalam artikel postingan blog agar bisa diclick, awalnya terdengar sangat aneh dan sedikit lucu, karena dia masih pemula saya maklumi dan saya akhirnya tau maksudnya bahwa yang dia tanyakan adalah mengenai cara membuat link di dalam artikel postingan.

Untuk blogger yang sudah pengalaman barangkali cara memasukan link di dalam artikel postingan bukanlah hal baru bagi mereka dan saya yakin mereka sudah paham benar bagaimana cara membuatnya, tapi untuk blogger pemula apalagi blogger yang benar-benar masih sangat baru, cara menambahkan link pada postingan bisa saja dianggap sesuatu yang asing buat mereka, bahkan kemungkinan besar mereka kebanyakan tidak tau cara membuatnya.

Cara menyisipkan link didalam artikel postingan blog
 Image by:tdsmarketers.com
Cara membuat link didalam artikel postingan blog

Artikel ini benar-benar dibuat untuk blogger pemula yang kebetulan belum tau bagaimana cara membuat link aktif di artikel postingan blog atau cara membuat tulisan agar bisa diklik di dalam artikel postingan blog. namun sebelum saya jelaskan tentang bagaimana cara membuat link, saya akan coba jelaskan mengenai apa itu link?

Link atau sering juga disebut dengan hyperlink atau tautan adalah istilah yang sering digunakan di dunia internet untuk text/gambar yang bisa diklik dan apabila diklik akan menuju halaman tertentu.

Untuk memahami link lebih lengkap, silahkan baca: Mengenal apa itu hyperlink untuk blogger pemula

Mengenal Isitlah link di dunia blog?

Di dunia internet, terutama di dunia blogging ada beberapa istilah untuk link yaitu:

a. Internal link
Internal link atau sering juga disebut sebagai  inboundlink adaah link dalam sebuah halaman blog atau halaman situs yang anda miliki, yang apabila diklik akan menuju halaman lain namun masih di blog atau situs yang sama.

b. Ekternal link
Ekternal link atau link keluar atau sering juga disebut sebagai outbound link adalah link dalam sebuah halalaman blog yang anda miliki yang apabila diklik akan menuju halaman blog atau situs orang lain

c. Backlink
Backlink atau link masuk, adalah link yang letaknya disitus orang lain namun apabila diklik akan menuju halaman situs anda.

Perintah Dasar Membuat link di dalam HTML

Pada dasarnya link dibuat dengan kode HTML, kode sederhana untuk membuat link adalah sebagai berikut:

 <a href='url_tujuan'>anchor text</a>

url_tujuan adalah url yang akan dituju jika link tersebut diklik.
anchor text, adalah text yang akan bisa diklik untuk link tersebut.

Sebagai contoh:
Misal, di dalam artikel ostingan blog saya, saya ingin menyisipkan sebuah link dengan tulisan "Klik disini" dan jika diklik akan menuju halaman blog strukturkode.blogspot.com

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
<a href='http://strukturkode.blogspot.com>Klik disini</a>

Perintah link diatas harus anda pahami karena apapun link yang akan anda buat perintah dasarnya seperti itu, misalkan anda ingin memasang link di postingan facebook atau di halaman apapun perintah dasarnya seperti itu, namun untuk beberapa kasus link kadang bisa dibuat dengan bantuan tool khusus, misalnya di editor blogger, sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk membuat link dengan perintah diatas.

Cara Menyisipkan Link di dalam artikel postingan?

Setelah anda memiliki gambaran bagaimana perintah untuk membuat link, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menyisipkan link di dalam artikel postingan blog anda sendiri, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Buka editor blog anda.
Silahkan buka editor blog anda kemudian di pojok kiri atas pastikan untuk memilih compose

Membuat link didalam artikel postingan blog


b. Pada artikel anda, pilih text yang ingin anda buat sebagai link atau agar text tersebut bisa di-click, akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

Cara membuat link didalam artikel postingan blog
Seperti terlihat pada gambar diatas, misal text untuk dibuat link adalah tulisan "editor blog anda", silahkan anda pilih atau seleksi text tersebut seperti terlihat gambar diatas.

c. kemudian pilih menu toolbar "Link" seperti terlihat pada gambar diatas.
Dengan menekan tombol tersebut anda akan disajikan fasilitas untuk mempermudah membuat link seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara membuat tulisan agar bisa diklik (link)

Ada 4 bagian yang bisa anda isi dan sesuaikan, sebagai berikut:

1. Text do display, silahkan isi dengan text atau tulisan yang ingin agar tulisan tersebut bisa diklik. jika anda sudah menyeleksi tulisan maka secara otomatis Text to display akan terisi tulisan yang dipilih.

2. Web Address, silahkan isi dengan URL yang dituju, jika link diklik maka akan menuju Halaman URL tersebut.

3. Open this link in a new window, silahkan anda ceklis agar ketika link diklik maka akan terbuka di halaman browser dengan window atau jendela baru.

4. Add 'rel=nofollow attribute (learn more)
Silahkan Ceklis jika link yang ingin anda buat adalah link nofollow, jika tidak diceklis maka link yang akan anda buat adalah link dofollow, link nofollow adalah link yang hanya akan dibaca oleh robot mesin pencari tanpa ditelusuri kemana link tersebut dituju. sedangkan dofollow sebaliknya.

Baca juga : Perbedaan link dofollow dan nofollow

Jika link yang dibuat masih menuju url halaman blog anda miliki, lebih baik gunakan link dofollow (jangan diceklis tulisan Add 'rel=nofollow attribut'), sedangkan jika link yang dibuat menuju halaman blog orang lain maka gunakan nofollow (silahkan ceklis tulisan Add 'rel=nofollow attribut').


Dengan cara diatas sebenarnya anda membuat link dengan kode HTML namun cara membuatnya sudah dipermudah oleh adanya fasilitas khusus, tetap saja kode html yang akan terbentuk adalah kode HTML untuk membuat link.

Baca juga: Cara mudah membuat link dengan gambar

Apa fungsi Link di dalam artikel Postingan blog?

Apakah keberadaan sebuah link dalam sebuah artikel blog diperlukan?, berikut adalah beberapa fungsi dari link dalam sebuah artikel sebagai pertimbangan apakah perlu dilibatkan atau tidak, agar anda memahami pentingnya sebuah link didalam artikel:

a. Meningkatkan pageview artikel blog
dengan adanya link terutama internal link pada artikel blog yang menuju artikel relevan lainnya, setidaknya akan memberi peluang untuk meningkatkan pageview artikel blog yang dirujuknya, internal link bisa menjadi salah satu teknik untuk meningkatkan pageview artikel baru dengan memasang link di artikel yang sudah lebih dulu populer.

b. Memperbaik bouncerate blog
Blog yang baik tentu saja yang memiliki bouncerate yang baik, dengan adanya link didalam artikel postingan blog maka pengunjung setidaknya tidak akan langsung keluar setelah selesai membaca artikel yang bersangkutan, namun mereka bisa saja mengklik internal link untuk membaca artikel berikutnya, semakin berlama-lama pengunjung diblog kita itu artinya akan memperbaiki bouncerate blog menjadi lebih baik, semakin baik bouncerate bisa saja memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa artikel yang disajikan memang berkualitas dan informatif, efeknya artikel blog akan lebih mudah ditemukan mesin pencari.

c. Mempermudah index mesin pencari
Adanya internal link didalam artikel postingan secara tidak langsung akan mempermudah robot mesin pencari untuk menelusuri isi blog kita, mengindeknya sehingga blog akan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.

d. Link dapat Meningkatkan kualitas artikel
Link terutama link keluar atau ekternal link yang menuju artikel relevan yang sedang dibahas dapat memperkuat kualitas artikel di mata mesin pencari, anda boleh meletakan link keluar selama link tersebut relevan, menuju artikel blog yang memiliki reputasi yang baik dimata mesin pencari, variasikan penggunaan anchor text, gunakan dofollow dan nofollow link, jangan terlalu berlebihan sehingga kelihatan natural di mata mesin pencari.

 

Kesimpulan

Apapun link yang anda buat pada dasarnya adalah sama link tersebut sebenarnya dibuat menggunakan kode html seperti uraian diatas, namun untuk beberapa editor blog baik wordpress, mywapblog maupun blogger sudah menyediakan fasilitas khusus untuk mempermudah membuat link, jika fasilitas tidak ada maka link yang bisa kita buat harus menggunakan kode html.

itulah artikel tentang Cara Mudah Membuat Link Pada artikel blog untuk pemula, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan anda untuk membuat tulisan atau text agar bisa diklik, semoga bermanfaat.