Anda mungkin salah satu orang yang lagi mencari informasi mengenai cara mencari uang dari internet melalui youtube, atau mungkin saja anda adalah salah seorang yang sudah mengenal bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari internet namun ada yang kebetulan belum anda tekuni.

Memang banyak sekali cara mendapatkan uang dari internet yang bisa anda tekuni, misalnya melalui video youtube atau menjadi penulis blog, dan hebatnya lagi, banyak sekali peluang mendapatkan penghasilan dari internet tanpa perlu mengeluarkan modal besar, saking banyaknya informasi mengenai cara mendapatkan uang dari internet bisa saja membuat anda sebagai pemula kebingungan untuk menentukan mana yang harus dipilih.

Ketika anda berkeinginan ingin mendapatkan uang dari internet, yang harus diingat adalah anda harus selalu hati-hati karena ternyata banyak yang berupa scam atau tipuan, jika salah memilih kemungkinan besar kerja keras anda akan sia-sia dan anda  tidak akan dibayar.

7 tips sukses mendapatkan uang daru youtube untuk pemula
Adsense Youtube


Intinya jika anda menemukan informasi cara mencari uang dari internet dengan sangat mudah tanpa harus kerja keras, saya sarankan lebih baik tinggalkan cara tersebut, karena cara seperti itu biasanya kemungkianan besar scam atau tipuan, anda harus ingat mencari uang dari internet sama halnya dengan mencari uang didunia nyata pada umumnya, perlu waktu kerja keras dan tentu saja tidak ada yang instan.

Situs Youtube bisa menjadi ladang anda mendapatkan uang dari internet (Terpercaya)


Benarkah youtube bisa menghasilkan uang?

Jika anda masih ragu, saya  katakan 100% benar-benar dapat dipercaya, dan sudah banyak sekali orang yang membuktikannya, baik dari kalangan artis ataupun dari blogger, bahkan anda yang bisa menghasilkan ratusan sampai ribuan dolar setiap bulan dari youtube.

Melalui artikel kali ini Saya hanya ingin memberikan petunjuk dan informasi saja kepada anda jika kebetulan anda sebagai seorang pemula dan anda memiliki keinginan ingin medapatkan penghasilan dari internet secara online dan terpercaya, maka salah satu peluang yang bisa anda pilih dan anda coba adalah dengan menjadi partner youtube atau youtuber.

Lantas Apa itu Youtuber?

Barangkali anda bingung dan mungkin aja baru mendengar istilah youtuber?, youtuber adalah istilah untuk para pelaku internet yang kerjanya membuat video kemudian menguploadnya di situs youtube.

Situs youtube adalah situs gratis berbagi video milik google, anda bisa membuat video apapun kemudian mengupload video ke situs youtube, dan google sebagai pemilik youtube menawarkan kerjasama kepada para youtuber untuk menjadi partner youtbe dan bekerja sama dengan media periklanan youtube, sehingga video youtube anda bisa menampilkan iklan dari google adsense youtube dan anda bisa mendapatkan penghasilan (uang) dari video yang anda upload jika iklan yang tampil di klik oleh permirsa atau penonton video anda.

Bagaimana Youtube bisa membayar Anda? 

Perlu anda ketahui youtube adalah salah satu situs berbagi video gratis milik perusahaan raksasa internet google. google sebagai salah satu raksasa internet populer didunia memiliki media periklanan, salah satunya adalah media periklanan google adsense, siapapaun anda terutama para pelaku bisnis bisa bekerja sama dengan google untuk beriklan di google. google akan membantu mendistribusikan atau mempromosikan iklan para advertiser atau pemasang iklan melalui para publisher adsense, baik dari kalangan blogger maupun dari kalangan youtuber.

Artikel terkait: Apa itu google adsense?

Anda sebagai youtuber, bisa mengupload video original anda di youtube sebanyak-banyaknya dan gratis sampai kapanpun, kemudian anda bisa bekerja sama dengan youtube untuk menjadi publisher iklan google adsense youtube, jika anda berhasil anda bisa memonetisasi atau membuat setiap video yang anda upload sehingga video anda menayangkan iklan google adsense youtube.

Setiap kali ada pengunjung youtube menemukan video menarik yang anda upload kemudian mereka menontonnya iklan akan tampil pada video tersebut dengan cara-cara tertentu. jika si penonton mengklik iklan adsense yang muncul pada video anda tersebut maka anda akan medapatkan komisi dari youtube dengan nilai tertentu setiap kliknya.

Semakin banyak klik iklan pada video anda yang dilakukan oleh penonton video anda maka anda bisa berpeluang mendapatkan penghasilan besar dari youtube.

Jadi untuk mendapatkan keuntungan besar dari video youtube, anda harus mengupload video sebanyak-banyaknya dan anda harus mampu mendapatkan banyak pengunjung dan penonton terhadap video anda, semakin video anda banyak dilihat oleh penonton youtube maka peluang anda mendapatkan penghasilan besar dari youtube akan semakin baik.

Jenis Video Seperti apa yang bisa menghasilkan Uang?

Banyak sekali topik video yang bisa dibuat namun yang harus anda perhatikan jika tujuan anda membuat video untuk menghasilkan uang melalui internet melalui youtube anda harus memperhatikan program kebijakan dari youtube.

Jenis video yang bisa anda buat bisa beraneka ragam, diantaranya:

a. Video slide, video yang dibuat dari kumpulan gambar yang digabung dan disajikan menjadi file video, misal foto slide dan lain-lain.

b. Video Original, video yang dibuat dengan perangkat perekam video, video jenis ini bisa anda buat menggunakan perekam khusus video atau menggunakan perangkat mobile seperti hp atau smartphone.

c. Anda bisa membuat video dengan kategori apapun (lucu, olahraga, hobi, peristiwa, music dll) yang penting tidak menyalahi kebijakan google adsense dan juga kebijakan youtube

d. Video yang anda buat diasarankan paling tidak berdurasi 3 meniat atau lebih, lebih lama itu lebih baik.
 

Ini dia 7 Tips Sukses Mendapatkan Uang dari Youtube Untuk Pemula

Berikut beberapa tips sukses untuk mendapatkan penghasilan dari youtube:

1. Buat akun Youtube terpisah dengan blog

akun youtube untuk mendapatkan uang secara online

Jika anda seorang blogger yang menggeluti blogspot dan anda memutuskan untuk menggeluti bisnis internet melalui youtube sebaiknya ketika membuat akun youtube gunakan email yang berbeda dengan blogspot anda.

Untuk membuat akun youtube dibutuhkan email google, silahkan buat email google terlebih dahulu jika anda memang belum memiliknya.

Anda bisa langsung daftar membuat akun youtube dengan cara langsung login ke yotube menggunakan akun email gmail dan juga passwordnya yang sudah anda miliki sebelumnya.

2.  Upload video Original sebanyak-banyaknya.

upload youtube video
 Untuk mendapatkan penghasilan yang besar melalui youtube anda harus mengupload video originial hasil buatan anda sendiri sebanyak-banyaknya, karena besar kecilnya penghasilan yang akan anda dapatkan sangat dipengaruhi oleh jumlah penonton video anda dan banyak tidaknya penonton video anda sangat dipengaruhi oleh kualitas dan jumlah video yang anda upload. semakin banyak dan berkualitas maka akan semakin baik.

Video yang anda upload bisa apapun (hoby, music, olahraga, tutorial dll) namun yang harus anda perhatikan adalah originilatias video anda, jangan sekali-kali mengupload video milik orang lain atau jangan sekai-kali video yang anda upload mengandung hak cipta orang lain, misal mengandung music yang dilindungi oleh hal cipta atau mengandung sebagian gambar milik orang lain yang dilindungi hak cipta.

Jika video anda dianggap melanggar hak cipta maka resikonya video yang anda upload tersebut tidak akan diizinkan untuk menampilkan iklan google adsense alias tidak bisa dimonetisasi, artinya pekerjaan anda akan sia-sia dan peluang anda untuk menghasilkan uang dari video tersebut tidak akan terwujud.

3. Kaitkan dengan Iklan google adsense pada waktu yang tepat






Untuk menghasilkan uang dari youtube, anda harus mengaitkan akun youtube anda dengan google adsense, sehingga video youtube anda bisa menampilkan iklan google adsense, untuk mengaiktakan akun youtube anda dengan google adsense, petunjuknya anda bisa baca dibawah ini:

Cara Menautkan akun adsense ke youtube
 Namun yang harus anda perhatikan ketika ingin mengaitkan youtube dengan adsense adalah carilah waktu yang tepat, uploadlah video sebanyak-banyaknya dan lihatlah view setiap video, semakin baik view yang didapat oleh video anda dan koleksi video anda sudah cukup banyak baru kaitkan dengan adsense agar peluang diterima semakin baik.

Kabarnya untuk mengaitkan adsense dengan youtube itu sangat mudah sekali, bahkan hanya dengan 3 video original yang anda upload sudah bisa diterima adsense, namun yang harus diperhatikan adalah meskipun anda berhasil diterima google adsense dan video anda sudah bisa menampilkan iklan, jika view masih sedikit dan video anda masih sedikit, cukup sulit mendpatkan penghasilan yang diinginkan. oleh karena itu lebih baik mengumpulkan video terlebih dahulu sebanyak-banyaknya baru ketika sudah banyak anda kaitkan dengan google adsense, sehingga peluang anda mendapatkan penghasilan dari youtube bisa lebih baik.

4. Buat Video dengan Topik Abadi

 Membuat youtube video untuk monetisasi
Ketika memutuskan untuk membuat video, lebih baik buatlah video dengan topik abadi, yaitu video yang menyajikan konten yang tidak lekang oleh waktu, seperti video lucu, video tutorial, vidio musik dll.

Video yang menyajikan konten dengan topik abadi akan membuat video tersebut selalu disukai sampai kapanpun, berbeda dengan video yang menyajikan konten musiman, misal video tentang batu akik dan semacamnya, konten video seperti itu akan banyak yang nyari hanya ketika batu akik sedang buming, ketika batu akik sudah mulai redup video tersebut akan ikut meredup.

5. Buat Judul video dengan kata kunci yang banyak dicari

 Optimasi judul video youtube




Ada teknik tersendiri yang harus anda lakukan agar video anda mendapatkan banyak view atau banyak dilihat orang, salah satu caranya adalah membuat video dengan kata kunci yang banyak dicarai, tujuanny agar vidieo anda memiliki kesempatan dilihat, anda harus punya strategi khusus dengan cara membuat video yang banyak dicari.


Saya tidak akan jelaskan bagaimana cara membuat judul video yang banyak dicari, karena banyak sekali  tekniknya, hanya menekankan kepada anda, bahwa anda harus memikirkan hal yang satu ini. silahkan buat judul video dengan unsur-unsur yang membuat orang penasaran ingin melihat video anda dan yang paling penting konten video harus juga menarik sehingga mereka akan menyukai video anda dan menjadi subcriber atau pelanggan chanel atau saluran video anda.

6. Buat Konten Berkualitas dan cari subcriber sebanyak-banyaknya

Beberapa faktor penting agar video anda mendapatkan banyak sekali view atau banyak yang menonton adalah anda harus menyajikan video sebaik-baiknya dan seberkualitas mungkin dan jangan asal-asalan, konten video yang baik akan membuat penonton menjadi pelanggan atau subcriber video anda, sehingga setiap kali anda menerbitkan video baru mereka akan langsung mendapatkan informasi dan langsung menontonnya.

Oh jangan lupa juga, diakhir video buatlah promosi sederhana agar mereka mensubcribe video anda, semakin banyak subcriber maka video anda akan mudah untuk dilihat orang dan peluang anda mendapatkan penghasilan dari youtube akan semakin baik.

Cara lain untuk mendapatkan subcriber adalah anda harus mampu mempromosikan video anda, anda bisa gunakan media sosial seperti facebook, atau twitter untuk mempromosikan video anda, jika video anda dianggap menarik, mereka tidak akan sungkan untuk menjadi subcrber atau pemirsa setia video anda.

7. Optimasi Video Anda.

Tujuan optimasi adalah mengupayakan dengan beberapa teknik agar video mudah sekali ditemukan dengan kata kunci pencarian relevan. ini tentu saja penting agar video anda berpeluang untuk ditemukan.

Bagaimana cara optimasi Video?

a. Nama file video sebelum diupload sebaiknya mengandung kata kunci yang ditarget. anda bisa ganti spasi dengan tanda strip, milas, video-lucu-terbaru.mp4 dll.

b. Judul, gunakan judul yang mengandung kata kunci.
Ketika anda mengupload video, gunakan judul yang bersifat mengajak (call to action), meletakan kata kunci didepan judul, sehingga video anda mendapatkan ranking terbaik di pencarian youtube.

c. Cantumkan deskripsi menarik, relevan dan mengandung kata kunci
Buat juga deskripsi video yang mengandung kata kunci, jelas, padat, serta buatlah terlihat alami, anda juga bisa menambahkan link keluar yang relevan dengan video anda.

d. Tambahkan Tag Yang relevan
Cantumkan tag yang relevan dengan video anda, tag adalah semacam pengkategorian dari vidio anda, silakan buat tag yang sesuai, gunakan setidaknya 12 tag dan jumlah karakter jangan lebih dari 120 karakter, dan pisahkan dengan tanda kutif ganda "tag"

e. Thumbnail yang menarik
Gunakan thumbnail yang menarik, thumbnail adalah image yang mewakili isi video anda ketika video anda ditemukan oleh pemirsa. tag dengan gambar yang menarik dan jelas serta relean akan meningkatkan daya tarik pemirsa untuk melihat video anda.

Silahkan gunakan image yang cukup besar. Minimum dengan lebar 640px. Terbaik adalah 1280x720px, nama file thubnail yang anda gunakan bisa menggunakan kata kunci relevan dengan video anda.

f. Libatkan Anotasi yang baik
Anotasi adalah teks mengambang (akan tampil diatas permukaan video anda ketika ditonton),  silahkan anda tambahkan anotasi relavan dan bermanfaat ke setiap video Anda begitu selesai diunggah.

Gunakan anotasi sebagai ajakan kepada pemirsa untuk berlangganan saluran, untuk menyukai, untuk membagikan ke media sosial atau untuk meninggalkan komentar setelah selesai menonton videonya.

Penutup

Apapun cara menghasilkan uang secara online dari internet yang anda pilih, semuanya pasti perlu ketekunan dan juga kerja keras serta kerja cerdas, semuanya tidak ada yang instans, berhentilah untuk berambisi mendapatkan penghasilan yang banyak tanpa adanya usaha yang serius.

Kunci sukses untuk mendapatkan penghasilan dari internet adalah kerja keras, kerja cerdas, tekun dan pantang menyerah. jika anda bisa melakukannya, sebesar apapun penghasilan yang anda inginkan bisa anda dapatkan.

Demikian artikel tentang 7 Tips Sukses Mendapatkan Uang dari Youtube Untuk Pemula, semoga bermanfaat.


43 komentar:

  1. kalau saya sih masih belum mengerti lebih jauh untuk mencari uang dengan youtube. mungkin apakah strategi SEO di Youtube itu sama seperti Blogger atau blog lainya.? hehehe terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip-mirip, agan baca di point terakhir artkel di atas

      Delete
  2. mas jika saya buat vidio slide, bagaimana saya mengetahui bahwa gambar-gambar tadi ada hak ciptanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download saja gambarnya, kemudian klik kanan, lihat di properti jika ada copyright berarti berhak cipta.

      Untuk mendapatkan gambar gratis:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2016/02/situs-untuk-mendapatkan-gambar-gratis.html

      Delete
  3. mau nanya nih. Kan saya daftar adsense untuk kedua kalinya setelah ditolak. Terus saat baru selesai daftar saya langsung bisa login adsense. Saat saya pasang iklan di blog tampilannya hanya layar kosong. Apakah daftar adsense memang seperti ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, itu artinya kemungkinan agan sudah lolos review1, berarti tinggal review2, iklan akan muncul jika review2 lolos, nanti untuk keputusan lolos atau ditolak akan dikirim email oleh google.

      Delete
    2. itu lagi tahap review ke 2, tunggu hingga sepenuhnya di terima google adsense, kalau akun google adsense Indo, biasanya susah.
      Artikel harus menarik dan tiap artikel minimal 400 kata, contoh saja blog ini

      Delete
  4. artikelnya sangat membantu dan bermanfaat bagi saya, saya akan menyimpan link artikel ini ke halaman favorit. dan saya pasti akan berkunjung kesini lagi, thanks ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Ade mulyawan ini masih mudah ya kelihatannya, sudah bisa buat blog, salut saya dengan aktivitas positif blogging. lanjutkan gan

      Delete
  5. Bagi Saya yg Pormula ini masih dalam tahapan Belajar Membuat blog.terima kasih banyak artikel nya sangat membantu. Saya Harapkan Kasih Yang lebih Detail lagi boat saya trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas Radian semoga bermanfaat

      Delete
  6. tanks artikelnya,,sngat membantu saya ingin cari uang lewat youtube,,hehe. Bismillah

    ReplyDelete
  7. Trima kasih gan buat blognx yg uda bisa membantu dan berbagi, aq pengen tau gimana selanjut apa yg dilakukan setelah memiliki acount google....? thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo youtube cari subcriber sebanyak-banyaknya dan terus upload video original dan menarik secara rutin.

      Subcriber atau pelanggan dapat membantu video mas selalu ditonton dan mendapatkan view dengan cepat.

      monetisasi blognya agar bisa menampilkan iklan adsense.

      agan akan dapat penghasilan manakala iklan dari video yang ditonton ada yang klik atau setiap 1000 view agan akan dapat dolar

      Delete
  8. mantap sob artikelnya, jadi pingin tau lebih banyak tentang google adsense..

    ReplyDelete
  9. aku jadi pingin menjadi youtuber sampai terkenal di indonesia sampai luar,,,kayak pewdiepie itu,,, ato kayak edho zell, tara art movie, skinnyindonesia24, dan tak terlupakan bayu skak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapapun bisa masgan dan kesuksesan di youtube terbuka bagi siapapun yang penting kita tau triknya dan kita pandai membuat video dengan ide-ide creative akan sangat luar biasa.

      Delete
  10. permisi kang didin saya izin membuat artikel tentang blog kang didin disini http://cafeilmu-yangyang.blogspot.co.id/2016/10/3-blog-yang-sukses-dengan-domain.html silahkan cek kang, kalau tidak di izinkan akan saya hapus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh silahkan mas yangyang prdianto, thanks udah apresiasi blog sederhana saya ini, sukses juga mas.

      Delete
  11. permisi bro, kalau misalnya ane udah buat video terus udah banyak subscriber dan udah di tautkan ke akun adsense, gimana proses monetisasi nya? apakah bisa lewat transfer ATM atau ada step-step tertentu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses pengaktifan monetisasi dulu baru kemudian ditautkan sama adsense, kalo monetisasinya nonaktif biasanya tidak akan bisa ditautkan ke adsense, penghasilan dari youtube akan dikirim ke akun adsense setiap pertengahan bulan sekitar tanggal 12 sampai 15.

      Untuk pengambilan bisa memilih Western union dan juga transfer bank, untuk akun adsense jenis IDR (akun indo) hanya transfer bank. baru bisa dicairkan jika pendapatan sudah minimal 100$

      Delete
  12. Aku mo nanyak gan...
    Saya udah mendaftar ke akun google adsense melalui YouTube. Tapi Udah 3 bulan masih berstatus menunggu keputusan, kemudian penghasilan makin hari makin menghilang, sementara view makin bertambah dan video jg semakin saya upload...
    itu harus gmn gan...?
    Mohon pencerahannya y gan?

    ReplyDelete
  13. maaf mau nanya gan...misalkan saya mau upload video ke youtube (video baru 2) apakah bisa langsung di monetisasi atau apakah harus mengumpukan video biar banyak dulu setelah itu baru diupload bersamaan?saya tunggu jawabannya gan,,,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, tapi menurut saya lebih baik upload dulu video yang banyak mas, monetisasi belakangan, karena di youtube lebih mudah tidak seperti blog, apalagi video unik dan ori semua.

      Delete
  14. Syukur tlh menemukan artikel yg bagus, mau belajar dan belajar ttg youtuber. Nanti mo buka artikel yg lain, menarik sih....
    Makasih ya bos..

    ReplyDelete
  15. gan kalau yt ane gak ada iklan nya lagi padahal sebelumnya ada, itu kenapa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan pengajuan untuk menjadi penayang youtube sudah full approve.

      Info lainnya bisa dibaca disini:
      https://support.google.com/youtube/answer/117739?hl=id

      Delete
  16. Kalau akunya sama bagaimana youtube dengan blogg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan hanya bisa menjadi satu penayang (publisher) iklan saja, youtube atau blog, jadi jika 1 email hanya bisa memilih salah satu, kalo sudah menjadi penayang youtube tidak bisa lagi mengajukan untuk menjadi publisher iklan blog dengan email yang sama.

      Delete
  17. Gan kalo saat mengaitkan iklan adsense nya kena biaya dulu gk..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada biaya apapun yang harus dikeluarkan gan

      Delete
  18. mau nanya nih? apakah jika kita harus pasang iklan harus aktifan monetisasinya dulu iya? kalau kata temen saya harus tunggu keputsan dari google andsese baru upload dan tapi apakah upload video yang banyak dulu baru monetisasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Upload dulu yang banyak gan, untuk 2017 ini sedikit dipersulit, chanel harus sudah memiliki viewer 10.000 baru bisa dimonetisasi ketika fitur monetisasi sudah aktif.

      Delete
  19. saya mau tanya gan..saya kan sudah link kan youtube + Adsense, saya liat di analytic youtube juga sudah mulai meraih sebesar $ 0.65, pas saya liat di adsense ada namanya ( Penghasilan tertaksir ), nah itu masih 0, trus dollar yang di dapat gtu gmna maksudnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penghasilan dari youtube akan dialihkan ke akun adsense setiap pertengahan bulan gan

      Delete
  20. Kalau ngambil beberapa potongan film itu boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya yang namanya menganbil dari sebagian atau seluruh produk orang lain apalagi yang sudah jelas memiliki hak cipta sangat rentan sekali gan, walaupun mungkin 1,2,3 belum akan terasa dampaknya

      Delete
  21. gan, saya frustasi karena selalu saja adsense saya di tolak, padahal taun kemarin adsense saya sudah berhasil. tapi di cabut semenjak saya upload video di youtube yang saya lupa menghapus logo salah satu stasiun TV nasional, gara-gara itu video saya sampe skrg jadi susah lagi daftar adsense, saran dari agan gimana nih ? soalnya akun youtube saya lumayan menjanjikan. dgn hampir 600 ribu viewers , video saya isinya tentang olahraga (suporter Persib)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hapus gan yang melanggarnya, atau jangan dimonetisasi

      Delete
  22. gan, ane frustasi karena akun adsense ane di cabut dan sekarang jadi susah lagi buat daftar, di tolak terus, padahal dari blog atau pun youtube ane lumayan menjanjikan, ada saran ga ane harus gimana nih atau pake cara apa ? makasih gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di nonaktifkan maksudnya gan, apa di suspend, kalo disuspend banding saja gan.

      Kalo dinonaktifkan akan sulit sekali diaktifkan kembali.

      Jalan terakhirnya harus daftar lagi pake email dan data yang tidak sama dengan data sebelumnya.

      Delete
  23. terimakasih, pingin banget nih. kalo bikin lagu yg sudah poluler dan saya cuma bikin videonya saja gak apa apa kan ? gak melanggar hak cipta atau apapun ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo agan yang buat aransemennya dan videonya sendiri walaupun lagunyaciptaan orang lain masih bisa gan, tapi jangan video hasil karya orang lain yang kemudian diterbitkan itu baru potensi melanggar kebijakan.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!