4 point penting ketika membuat judul artikel postingan, Satu hal yang memang benar-benar harus difikirkan sebelum menulis artikel postingan adalah menentukan judul, judul merupakan faktor terpenting yang bisa mempengaruhi hasil pencarian, ketika mesin pencari melakukan pencarian maka yang akan diprioritaskan adalah kata-kata yang terletak di dalam judul, kemudian melanjutkan ke meta deskripsi jika ada dan juga melanjutkan ke isi artikel postingan, judul pada intinya mewakili isi artikel secara keseluruhan, sehingga isi artikel yang baik harus menguraikan secara lengkap kandungan atau point penting yang terdapat pada judul artikel.

Ketika pengguna internet melakukan pencarian menggunakan mesin pencari semisal google, yahoo atau bing,  terlepas dari faktor lainnya mesin pencari akan mencari judul artikel yang dianggap relevan menyesuaikan dengan isi artikel yang dibahas,  jika artikel relevan tersebut ditemukan dan layak mendapatakan posisi terbaik di hasil pencarian maka judul tersebut akan mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian (SERP).
point penting ketika membuat judul artikel postingan
Karena judul adalah salah satu acuan mesin pencari menemukan relevansi artikel anda dengan kata kunci pencarian pengguna internet maka judul harus diperhatikan dengan sangat baik sebelum anda mengembangkan artikel.

Ada banyak metode yang digunakan oleh para blogger ketika membuat judul, ada yang membuat artikel dengan terlebih dahulu mencari dan menganalisa judul yang memang benar-benar banyak dicari, ada juga yang membuat judul tidak melalui analisa dan riset, semuanya sah-sah saja namun jika anda ingin artikel yang anda buat mendapatkan banyak pengunjung  yang harus anda lakukan adalah memikirkan mencari dan menganalisa judul yang memang benar-benar baik dan banyak dicari.

4 point penting sebelum membuat judul postingan

Internet seperti halnya samudra yang sangat luas, dan setiap hari mungkin saja ada ratusan bahkan ribuan blogger yang menerbitkan artikel dengan berbagai judul bahkan mungkin saja ada banyak sekali judul yang sama dengan judul artikel yang akan anda buat, tentu jika anda menyajikan judul yang sama dengan yang pernah diterbitkan oleh blogger-blogger yang lebih dahulu menerbitkan artikel dengan judul tersebut, tidak ada point plush yang dapat dilihat oleh pengguna internet yang kebetulan menemukan artikel anda di hasil pencarian, sehingga meskipun artikel anda ada di posisi pertama hasil pencarian, artikel anda belum tentu akan mendapatkan klik, artinya CTR (click trought rate) judul artikel blog anda mungkin saja kecil.

melalui artikel kali ini saya akan coba uraikan tips sebelum anda membuat judul artikel postingan blog anda, agar judul artikel yang anda buat bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan banyak klik:

1. Mencari ide judul Artikel Postingan

Salah satu hal yang paling sulit sebelum menentukan judul artikel postingan adalah mencari ide judul, namun sebenarnya ada banyak cara untuk mendapatkan ide judul artikel postingan yang akan anda buat. Bahkan untuk saya pribadi ide kadang muncul ketika sedang menulis artikel, ketika menulis artikel tentang A, maka terkadang muncul untuk judul artikel lainnya, saya akan memberikan tips bagaimana cara menemukan ide artikel postingan:

a. Membaca di forum-forum online 
Silahkan anda baca forum-forum online (misal: kaskus.us, bersosial.com dll), silahkan anda berselancar di forum tersebut, lakukan pencarian, anda bisa mencari dengan memilih kategori yang berkaitan dengan blog anda, kemudian gunakan kata kunci [ASK] untuk menampilkan threat atau postingan di forum tersebut yang memang dibuat untuk bertanya, dan anda akan menemukan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dari member forum tersebut yang bisa memberikan anda ide.

b. Berkunjung ke blog-blog dengan artikel relevan 
untuk mencari ide anda juga bisa berkunjung ke blog-blog yang membahas artikel relevan dengan blog anda, anda bisa menggunakan bantuan mesin pencari google untuk menemukannya, silahkan telusuri blog yang memang populer dan memberlakukan komentar, cari artikel-artikel yang memiliki komentar yang banyak, silahkan anda baca komentar-komentar yang terbit di artikel tersebut, bisa jadi akan ada banyak sekali komentar yang sifatnya pertanyaan yang bisa menjadi ide untuk anda jadikan judul artikel.

c. Berkunjung ke situs tanya jawab
Salah satu yang bisa anda manfaatkan untuk menemukan ide judul artikel postingan adalah, sering-seringlah berkunjung ke situs-situs tanya jawab, seperti misalnya yahoo answer untuk indonesia, dan situs-situs tanya jawab lainnya, silahkan pilih kategori yang anda anggap memiliki relevansi atau kaitan dengan artikel yang anda bahas, dan silahkan anda telusuri pertanyaan-pertanyaan sekaligus jawaban yang diterbitkan oleh member situs tersebut, darisana mungkin anda bisa menemukan ide untuk judul postingan anda, metode ini sering saya gunakan untuk mencari ide judul postingan.

d. Sering-seringlah membaca artikel orang lain
Sering-seringlah membaca artikel orang lain, jika anda mengerti bahasa inggris alangkah baiknya anda bisa membaca artikel luar negeri berbahasa inggris karena biasanya akan banyak sekali ditemukan ide untuk membuat artikel, atau artikel dalam negeri pun bisa juga anda baca, silahkan anda pilih artikel yang memang menurut anda baru, pengalaman saya, biasanya saya selalu mendapatkan ide dari 3 artikel yang saya bacam bahkan dari 1 artikel yang saya baca bisa juga menemukan banyak ide.

e. Bergabung di group-group media sosial
Ada banyak sekali media sosial yang memiliki fasilitas untuk membuat group seperti facebook dan google+, anda bisa mencari group-group di media sosial tersebut yang anda anggap relevan dengan topik blog anda, silahkan anda bergabung, aktiflah dan monitor terus aktivitas group di media sosial tersebut. media sosial memang khusus digunakan salah satunya untuk media tanya jawab, sehingga media ini akan sangat efektif untuk menemukan ide judul artikel postingan blog anda.
Carilah grou-group media sosial yang memang sudah memiliki keanggotaan yang sangat banyak dan anggota di group tersebut aktif.

f. Memonitor google trends.
Goole trends merupakan situs yang memang dibuat khusus untuk menampilkan pencarian terpopuler atau tr trend di seluruh dunia, anda bisa menggunakan situs ini untuk mencari ide judul postingan, situs ini akan sangat cocok sekali untuk anda yang kebetulan memiliki blog berita, untuk blog dengan topik apapun tidak ada salahnya anda mencoba, siapa tau dari google trends anda bisa mendapatkan banyak sekali ide untuk judul artikel yang akan anda kembangkan.

Baca juga: riset kata kunci dengan google trends

Silahkan sempatkan untuk memonitor google trends sesekali jika anda kebetulan bingung mencari ide judul postingan.

Artikel terkait: 5 Cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari
 

2. Analisa Kata kunci.

Setelah anda menemukan ide judul untuk artikel postingan yang akan anda kembangkan langkah selanjutnya adalah melakukan riset kata kunci, tujuannya adalah agar anda dapat memastikan bahwa artikel blog anda memang benar-benar banyak dicari.

Analisa kata kunci menurut saya sifatnya opsional, jika artikel blog yang akan anda kembangkan ingin memiliki potensi menjaring pengunjung maka lakukan riset kata kunci, jika artikel yang anda ingin kembangkan hanya sebagai pelengkap menambah informasi di blog anda, riset saya kira tidak perlu anda lakukan, bahkan apa yang terlintas benak anda, jika mau anda bisa langsung kembangkan menjadi artikel  blog anda.

Jika anda memang lebih memilih untuk melakukan riset kata kunci, silahkan lakukan, toh memang terbukti artikel yang dikembangkan hasil riset potensinya besar sekali untuk menjaring banyak sekali visitor ke blog anda.

Ada banyak sekali tool untuk analisa kata kunci, yang paling populer dan paling efektif menurut saya adalah menggunakan google keyword planner (GKP), tool ini adalah tool yang disediakan oleh google yang mampu memberikan informasi mengenai popularitas setiap kata kunci yang anda umpan, silahkan umpan atau ketikan ide kata kunci yang sudah anda dapatkan untuk melihat statistik popularitas kata kunci tersebut, anda akan melihat statistik seberapa populer kata kunci tersebut yang ditunjukan dengan jumlah pencarian setiap bulan.

Untuk lebih detail cara melakukan riset kata kunci menggunakan GKP, anda bisa baca di artikel di bawah ini:
Riset kata kunci dengan google keyword planner

Silahkan anda pilih kata kunci yang memang menurut anda pantas dan cocok untuk anda judul kemudian kembangkan menjadi artikel postingan blog anda, dari kata kunci yang anda dapatkan anda bisa kembangkan menjadi judul long tail keyword agar memiliki banyak peluang untuk ditemukan di hasil pencarian.

Baca juga: Cara memilih longtail keyword yang tepat


3. Cari dan Pilih Judul yang unik (berbeda dengan yang lain)

Setelah anda mendapatkan ide kata kunci yang cocok kemudian anda kembangkan menjadi judul untuk artikel postingan blog anda, langkah berikutnya adalah, anda uji kata kunci tersebut di hasil pencarian google. tujuannya adalah untuk memastikan bahwa judul yang anda buat belum anda yang menggunakan.

Misal Saya memutuskan untuk mengambil Judul "tips memilih asuransi kesehatan", sebelum judul tersebut dikembangkan, alangkah baiknya judul tersebut di cek di hasil pencarian, apakah unik atau tidak, caranya.

Silahkan anda masuk ke pencarian google kemudian masukan pencarian dengan kata kunci disertai  tanda kutip  "tips memilih asuransi kesehatan" jika ternyata ada artikel dengan judul yang sama muncul di hasil pencarian lebih baik anda modifikasi judul tersebut agar sedikit berbeda dan kelihatan unik.

Karena setelah judul tersebut di cek kebetulan ada artikel lain yang memiliki judul yang sama maka saya akan memodifikasi judul tersebut agar sedikit berbeda misalnya menjadi : "tips terbaik memilih asuransi kesehatan", dan cek kembali untuk judul tersebut dihasil pencarian disertai tanda kutif lihat hasilnya,

Jika hasilnya seperti gambar dibawah ini :

 Jika di hasil pencarian paling atas anda melihat tulisan,  No Results Found for "tips terbaik memilih asuransi kesehatan", seperti terlihat pada gambar di atas, itu artinya judul tersebut unik dan bagus untuk dijadikan judul artikel blog anda.

Ketika pengguna internet melakukan pencarian menggunakan mesin pencari dan kebetulan menemukan judul artikel blog anda di halaman pertama, maka judul blog anda akan bersaing dengan 10 judul lainnya, jika kebetulan judul yang anda buat sama dengan judul blog lainnya dan muncul bersamaan pada halaman pertama, maka akan meningkatkan kompetitor blog anda, judul artikel yang anda buat karena sama dengan judul artikel blog orang lain tidak akan memberikan informasi tambahan kepada pengguna internet sehingga kemungkinan besar CTR (CTR=judul di yang muncul dihasil pencarian di-click oleh pengguna internet) judul artikel anda tersebut akan sangat kecil.

Oleh karena itu apapun judul yang anda ambil, cobalah untuk membuat judul yang sedikit unik berbeda dengan yang lain sehingga judul yang anda buat puya nilai lebih tersendiri.


4. Maksimalkan judul artikel blog anda
Jika anda berhasil menemukan judul yang unik atau berbeda dengan judul artikel blog lainnya dengan topik yang sama, langkah berikutnya adalah memaksimalkan judul tersebut untuk meningkatkan nilai CTR, artinya ketika judul tersebut berhasil muncul di halaman pertama google, judul tersebut akan mudah sekali mendapatkan klik.

Memang judul yang unik saja tidaklah cukup, anda harus memastikan bahwa judul yang anda buat bisa menarik dan mendapatkan perhatian pengunjung, sehingga meskipun judul artikel blog anda tidak muncul di posisi pertama atau ranking 1 google di halaman pertama SERP (searh enggine result page), judul artikel blog yang anda buat harus sukses mendapatkan perhatian pengunjung sehingga lebih banyak diklik pengguna.

Dan shure dari situs moz mengungkapkan tentang bagaimana cara membuat judul agar bisa viral untuk meningkatan ctr konten blog anda di hasil pencarian, anda setidaknya harus melibatkan beberapa faktor dibawah ini:
  • a. Dapat memancing keingintahuan dan membuat penasaran pembaca, anda bisa melibatkan kata kata unik dan tidak biasa pada judul blog.
  • b. Mengandung pesan manfaat, misal mengandung kata, 7 cara.., 10 tips, bagaimana cara... dll
  • c. Melibatkan Sentuhan Emosional, misal mngandung kata terbaik, terjitu, paling dicari dlll...
  • d. Upayakan judul dapat muncul penuh di hasil pencarian, anda bisa menggunakan paling tidak 65 sampai 70 karakter untuk judul artikel, jika lebih dari itu mesin pencari akan memotongnya sehingga hanya sampai 70 karakter saja yang muncul.dll.

 Kesimpulan:

Jika anda sulit untuk mendapatkan ranking 1 google atau posisi pertama di hasil pencarian mesin pencari, terutama mesin pencari google, salah satu strategi dan trik terbaik adalah memaksimalkan judul anda dengan memilih judul yang baik, relevan dan unik, serta jangan lupa untuk selalu melibatkan unsur-unsur yang dapat mempengaruhi minat pembaca untuk lebih memilih judul artikel blog anda dan masuk mengunjungi blog anda.

Untuk mendapatkan banyak pengunjung pada blog anda, tidak perlu mendapatkan posisi 1 google, cukup artikel bisa nangkring di halaman depan google, jika judul artikel blog anda dianggap menarik, anda akan banyak mendapatkan pengunjung dari artikel blog yang anda buat.

Silahkan baca:
8 optimasi seo agar masuk halaman 1 google
Tips menulis artikel berkualitas untuk mendapatkan posisi satu google

Hebatnya lagi, mesin pencari terutama google sudah banyak sekali mengalami perubahan, salah satunya adalah melibatkan faktor penngguna atau lebih dikenal dengan UX (User Experince) faktor, artinya pengguna memiliki peranan sangat penting untuk meningkatkan popularias blog anda, semakin judul blog anda lebih dipilih orang dan diklik orang ketika ditemukan dihasil pencarian, ketika pengunjung betah berlama-lama di blog anda, maka akan memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa artikel blog anda adalah artikel berkualitas, lambat tapi pasti reputasi artikel tersebut akan membaik dan akan diprioritaskan daripada artikel yang lain, sehingga artikel akan mampu bertengger di posisi satu mesin pencari google.

Demikian artikel tentang 4 point penting ketika membuat judul artikel postingan, semoga bermanfaat.