Kita tau bahwa SEO itu dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu optimasi seo onpage dan optimasi seo offpage, perbedaan keduanya terletak pada teknik yang digunakan, optimasi seo onpage yaitu segala upaya seo yang kita libatkan di dalam blog itu sendiri sedangkan optimasi seo offpage adalah segala upaya yang kita libatkan diluar blog tapi masih memberikan pengaruh untuk blog itu sendiri.

SEO sering disebut juga dengan optimasi mesin pencari, tujuannya hanya satu yaitu mengupayakan agar artikel blognya mudah sekali ditemukan di posisi terbaik di hasil pencarian mesin pencari, baik itu posisi pertama (ranking 1), halaman pertama (page one) atau posisi 10 besar, sehingga tidak heran apa yang dipelajari di seo adalah hal-hal yang sangat erat sekali dengan Rangking faktor mesin pencari, pendekatan yang banyak sekali dilibatkan didalam seo adalah pendekatan 200+ google rangking faktor, karena kebanyakan target yang dicari oleh praktisi seo adalah menguasai rangkin pencarian mesin pencari google.

Optimasi seo onpage yang baik

Sebenarnya saya sendiri sudah pernah menjelaskan tentang optimasi seo onpage, namun ternyata pada prakteknya masih banyak blogger yang belum memahaminya secara mendalam terutama mengenai bagaimana cara menggunakannya, optimasi seo onpage itu sebenarnya sangat sederhana dan mudah sekali untuk dikuasai, pada umumnya dilibatkan didalam template dan juga di dalam artikel postingan yang kita buat.

Untuk melibatkan seo didalam template memang perlu memahami bagaimana cara membuat template dan tau tentang seo onpage, tapi tidak perlu kita fikirkan karena sudah banyak sekali para pakar template yang sudah menyajikan template seo friendly yang banyak sekali bertebaran di internet yang disajikan secara gratis dan siap digunakan.

Yang benar-benar harus kita fikirkan adalah optimasi seo onpage di dalam artikel postingan, kualitasnya akan sangat ditentukan oleh pengetahuan seo onpage yang di pahami  penulisnya yang dilibatkan pada artikel potingan yang dibuat.

Seo Onpage Itu Mudah asalkan anda tau Caranya?

Saya menulis artikel ini salah satu tujuannya adalah agar anda menyingkirkan anggapan bahwa seo onpage itu sulit, padahal tidaklah demikian jika anda tau caranya. Memang ada banyak sekali blogger yang beranggapan bahwa seo itu ribet dan terlalu menghabiskan waktu, dan mereka banyak yang beranggapan tidak perlu memikirkan seo, cukup nulis dan menulis saja,  toh pada akhirnya bisa mendatangkan pengunjung.

Apapun anggapan mereka menurut saya sah-sah saja, tapi jika ada tekniknya dan tidak sulit untuk dipelajari kenapa tidak dilibatkan, dan memang terbukti dengan melibatkan seo yang baik, blog dengan artikel sedikit trafikya akan mampu mengalahkan blog dengan artikel banyak yang disajikan tanpa melibatkan seo.

Menurut saya seo perlu dilibatkan terutama di dalam artikel postingan, karena caranya pun tidaklah sulit, orang yang beranggapan seo itu sulit mungkin tidak tau kemudahan seo, saking mudahnya seo, artikel yang ditulis yang katanya tanpa memikirkan seo ternyata penuh dengan unsur seo di dalamnya.

Optimasi Seo Onpage yang wajib anda libatkan di artikel postingan khusus Pemula

Di sini saya akan share bagaimana cara melibatkan optimasi seo onpage di dalam artikel postingan yang anda buat agar artikel postingan memiliki peluang yang sangat baik untuk ditemukan dihasil pencairan di posisi terbaik, sehingga blog anda bisa dibanjiri trafik organik yang bersumber dari mesin pencari.

#1. Optimasi Keyword atau Kata Kunci

Optimasi seo onpage yang pertama adalah Keyword atau kata kunci. Kata kunci adalah salah satu faktor penentu blog anda akan memiliki peluang dibanjiri trafik, tanpa pemilihan kata kunci yang baik maka blog anda meskipun sangat seo akan sulit sekali mendatangkan trafik, penyebabnya karena mungkin saja keyword yang anda pasang pada tiap artikel yang anda buat, bukan kata kunci yang sering dicari orang atau sangat minim pencarian.

Untuk itulah sebelum menentukan kata kunci untuk judul yang akan dikembangkan menjadi sebuah artikel riset harus dilakukan, kecuali anda jago dan sangat berpengalaman menebak kata kunci, tapi untuk pemula sebaiknya riset kata kunci harus dilakukan terutama untuk artikel-artikel utama pada blog anda.

Riset kata kunci tujuannya adalah menemukan kata kunci yang banyak dicari namun kompetitornya sedikit. Untuk riset kata kunci saya tidak akan bahas secara panjang lebar disini, tapi saya akan memberikan beberapa artikel yang dapat anda gunakan sebagai referensi untuk riset kata kunci. beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara menggunakan kata kunci (keywords) di dalam Artikel postingan


Berikut adalah beberapa cara menggunakan kata kunci judul di dalam artikel postingan agar artikel lebih seo dan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari:

a. Letakan kata kunci di 100 kata pertama
Seperti misal target kata kunci anda adalah "cara bisnis online", maka kata kunci itu harus diletakan atau muncul minimal pada area 100 kata pertama di dalam artikel postingan.

b. Gunakan kata kunci tersebut di dalam judul dan juga sub-sub judul
Jangan lupa gunakan kata kunci tersebut di judul artikel dan sub-sub judul yang terdapat di dalam artikel, sub judul biasanya menggunakan format tulisan heading, sub heading atau minor heading, atau format format tulisan dengan H2, H3 H4 di dalam artikel.

c. Libatkan LSI keyword di dalam postingan
Jangan lupa cantumkan kata kunci LSI atau kata kunci relevan dengan kata kunci utama yang kemungkinan dicari orang, letakan di dalam postingan dimanapun yang penting ada, misal target kata kunci anda adalah "cara membuat blog" maka anda juga bisa mencantumkan kata kunci relevan lannya seperti misalnya " cara bikin blog mudah "  dll. Baca juga: bagaimana cara menemukan kata kunci LSI


d.  Libatkan kata kunci serupa atau sinonimnya didalam artikel
Jangan lupa juga untuk melibatkan kata kunci serupa atau sinonim dari kata-kata yang terdapat di kata kunci utama yang sangat erat kaitannya. misal jika kata kunci yang anda target adalah Harga Apple Komputer, maka di dalam artikel anda harus perkuat dengan kata kunci "Perangkat keras" perangkat lunak" sistem operasi dll, atau jika kata kunci anda adalah menjelaskan harga apple buah, maka di dalam artikel anda harus melibatkan "harum" warna, jenis, manis dll. kata kunci tersebut akan memperkuat relevansi artikel dengan kata kunci utama yang dijadikan target.

#2 - Optimasi Link atau Hyperlink

Link atau hyperlink adalah tekt atau gambar yang bisa diklik, jika diklik maka akan menuju halaman lain yang ditujunya, jika anda pemula dan masih bingung apa itu link silahkan baca: mengenal apa itu hyperlink untuk pemula

Link harus dilibatkan di dalam artikel terutama untuk meningkatkan pageview, penggunaan link di dalam artikel postingan yang dapat meningkatkan optimasi seo onpage adalah sebagai berikut:

a. Libatkan link ekternal ke situs terpercaya
Link ekternal walaupun menuju situs orang lain ini justru akan menguntungkan di mata mesin pencari, artikel akan dianggap berkualitas jika link yang dituju adalah situs-situs terpercaya seperti wikipedia dan situs terpercaya lainnya.

b. Letakan link di artikel lama menuju artikel baru anda.
Setiap kali anda selesai menerbitkan artikel baru, anda harus peka, coba lihat kembali apakah ada artikel lama yang relevan yang sudah cukup populer, jika ada maka silahkan edit artikel lama anda kemudian letakan link yang menuju artikel baru anda yang selesai dipublish, cara ini akan mampu meningkatkan page view dari artikel baru yang baik untuk seo.

c. Buat Internal Link
Buat internal link yang menuju artikel lainnya di blog anda yang relevan dengan artkel yang sedang anda buat. internal link akan mampu memperbaiki boucerate yang bagus untuk seo.

d. Jangan menggunakan link yang penuh kata kunci
Jangan sekali-kali memenuhi artikel anda dengan link-link yang penuh dengan kata kunci, silahkan buat link yang beragam, sebagian dengan kata kunci, sebagian dengan judul lengkap,sebagian dengan urlnya sebagaian dengan kata-kata lainnya.

Banyak link dengan kata kunci yang terdapat di dalam artikel maka akan rentan sekali artikel yang anda buat adalah artikel yang berpotensi spam.

#3 -  Optimasi URL

URL adalah alamat lengkap artikel blog anda, biasanya memiliki format http://nama_blog_anda/xxxx.html, url bisa di sesuaikan dengan keinginan, untuk meningkatkan optimasis seo onpage, penggunaan url adalah sebagai berikut:

a. Buat url sependek mungkin jika bisa
Banyak pakar seo berpendapat url yang pendek sangat baik sekali dimata seo, karena url yang pendek akan mudah diingat oleh pengguna itu artinya akan sangat baik juga di mata mesin pencari.

b. Cantumkan Keyword Relevan
Cantumkan juga keyword dalam  url, misal jika judul artikel anda "optimasi seo onpage pada blog lengkap" maka anda bisa membuat seperti url http://strukturkode.blogspot.com/seo-onpage.html, pokoknya buat url anda sebisa mungkin untuk mencantumkan keyword yang relevan seperti contoh di atas

#4 - Optimasi Gambar (Images)

 Agar artikel lebih seo sebaiknya libatkan gambar dalam artikel, pakar seo berpendapat bahwa melibatkan gambar yang teroptimasi dengan baik di dalam artikel dapat meningkatkan kualitas seo artikel tersebut.

Berikut beberapa cara optimasi gambar di dalam artikel:

a. Sajikan gambar dengan kapasitas sekecil mungkin
Pilih gambar yang memiliki kapasitas kecil, jika terlalu besar buat ukurannya menjadi kecil agar kapasitanya berkuang sehingga tidak memberatkan halaman. silahkan gunakan juga software kompresi gambar untuk memperkecil ukurannya jika gambar memiliki format PNG

b. Jangan lupa Tambahkan ALT dan TITLE tag pada gambar
Silahkan masukan kata kunci pada ALT dan title TAG, untuk blogspot cara memasukan ALT dan TITLE Tag pada gambar bisa di baca disini

c. Gunakan juga nama gambar dengan kata kunci target
Jika artikel anda mengejar kata kunci " cara optimasi seo onpage pada blog" anda bisa memberikan nama file pada gambar dengan optimasi-seo-onpage.png dan semacamnya yang mengandung kata kunci relevan, anda bisa mengganti spasi dengan -.

#5 - Perhatikan Konten secara Keseluruhan

Konten adalah raja karena konten memang memiliki peranan utama untuk menentukan pantas tidaknya artikel bertengger di posisi terbaik, oleh karena itu perhatikan konten, dan sajikan konten yang benar-benar berkualitas

a.  Artikel panjang lebih baik
Menurut Quicksprout.com minimal 500 kata itu sudah cukup tapi semakin panjang itu semakin baik, baca alasannya disini: http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/11/cara-menulis-artikel-berkualitas-seo.html

b. Dilarang Copas
Artikel copas sangat tidak disukai oleh mesin pencari untuk saat ini, karena bisa menyebabkan duplikat konten musuhnya seo, oleh karena itu jangan suka copas yah.... bikin sendiri dengan bahasa sendiri itu akan lebih baik. selain dapat mengurangi kualitas seo artikel copas sangat rentan dengan pelanggaran, khawatir blog kena penalty atau dihapus kan gawat.

c. Buat artikel se unik munkin
Judul boleh sama dan serupa tapi artikel yang disajikan sebisa mungkin unik, menggunakan bahasa sendiri dan ruang lingkup penjelasannya berbeda dengan yang lain.

Demikian artikel sederhana tentang 5 Cara Melibatkan SEO dalam Artikel Postingan blog, semoga bermanfaat untuk anda sebagai blogger pemula.