Sebelum saya jelaskan mengenai perbedaan optimasi seo onpage dan optimasi seo offpage, saya akan jelaskan secara singkat mengenai apa itu seo?, bisa jadi anda baru belajar tentang seo dan bisa jadi anda belum terlalu paham apa yang dimaksud dengan seo, oh ya mengenai seo ini jika anda ingin mengetahui lebih detail anda bisa baca di artikel yang pernah saya tulis sebelumnya tentang  memahami apa itu seo untuk pemula, artikel tersebut sangat cocok untuk pemula agar bisa lebih memahami seo secara lebih baik.

Jika harus dijelaskan seo sebenarnya adalah singkatan dari srach enggine optimization, yaitu optimasi mesin pencari yang biasanya banyak dilibatkan dalam artikel postingan blog atau situs dengan tujuan agar si artikel yang dioptimasi tersebut lebih mudah ditemukan di hasil pencarian mesin pencari di posisi terbaik, seperti mesin pencari google yahoo atau bing dan mesin pencari lainnya.

Mengenal perbedaan optimasi seo onpage dan optimasi seo offpage

Upaya seo biasanya selalu menggunakan pendekatan-pendekatan mesin pencari, seperti misalnya jika artikel blog ingin lebih mudah ditemukan di hasil pencarian google, maka teknik seo yang digunakan harus sesuai dengan pendekatan google rangking faktor yang dimiliki oleh google yang jumlahnya kurang lebih ada 200+ faktor, jika google melihat artikel postingan yang anda buat paling dianggap mendekati faktor-faktor yang terdapat pada google ranking, maka dapat dipastikan artikel tersebut akan lebih mudah ditemukan dan muncul di hasil pencarian google di posisi terbaik, bisa posisi ke #1, posisi ke #2 atau minimal bisa muncul di halaman pertama google (page one) tertangung tingkat kompetitifnya.

Ada 2 kategori SEO yang dikenal secara luas, yaitu optimasi seo onpage dan optimasi seo offpage, optimasi seo onpage adalah segala bentuk upaya optimasi yang dilibatkan oleh si pemilik situs di dalam situsnya itu sendiri, sedangkan optimasi seo offpage adalah segala upaya yang dilakukan oleh si pemilik situs di luar situsnya namun masih memberikan dampak untuk situsnya.

Perbedaan Optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage

Untuk dapat lebih memahami Perbedaan optimasi seo onpage dan optimasi seo offpage maka anda harus mengetahui upaya yang harus dilakukan untuk setiap optimasi tersebut, sehingga dengan mengetahuinya maka anda akan mampu sendiri membedakan kedua upaya optimasi tersebut.

Cara kerja mesin pencari seperti google dan mesin pencari lainnya saat ini memiliki kinerja yang tidak jauh berbeda, biasanya mereka akan menilai, kualitas dan relevansi sebuah konten terhadap kata kunci yang dijadikan kata kunci pencarian dan juga akan melihat juga eksistensi pendukung yang memberikan vote terhadap sebuah artikel di dalam sebuah blog. jika kedua unsur tersebut dianggap terpenuhi kemungkian artikel akan dinilai layak untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian. kedua cara kerja mesin pencari tersebut sangat erat kaitanya dengan seo, ketika upaya kita fokus ke kualitas konten maka itu sudah mewakili sebagian dari optimasi seo onpage, dan ketika upaya kita fokus untuk mencari vote untuks ebuah artikel dari luar situs itu sudah mewakili optimasi seo offpage.

Untuk lebih jelas, tentang perbedaan optimasi seo onpage dan seo offpage adalah sebagai berikut:

# Optimasi seo onpage

Sekali lagi optimasi seo onpage adalah segala upaya yang dilakukan oleh si pemilik blog atau situs di dalam situsnya itu sendiri dengan tujuan agar blognya mendapatkan reputasi yang baik di mata mesin pencari sehingga setiap artikel blognya lebih mudah ditemukan di hasil pencarian di posisi terbaik.Beberapa upaya optimasi seo onpage diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Membuat artikel dengan melibatkan unsur-unsur seo onpage yang disukai oleh mesin pencari di dalamnya. Untuk membuat artikel yang seo onpagenya baik biasanya selalu menggunakan pendekatan google rangking faktor, dari mulai membuat judul postingan, melatekan kata kunci yang teroptimasi, membuat permalink yang teroptimasi dan lain sebagainya, untuk lebih memahami tentang pendekatan yang digunakan pada contoh optimasi seo onpage silahkan baca saja artikel berikut:
Untuk optimasi artikel, siapapun bisa termasuk anda walupun anda adalah blogger pemula, yang penting anda menetahui bagaimana cara membuat artikel yang teroptimasi dengan baik.

b. Membenahi struktur Template sehingga banyak melibatkan unsur-unsur yang sesuai dengan rangking faktor, misalnya membuat template menjadi responsive sehingga mobile friendly ketika template diakses menggunakan perangkat mobile,  membenahi struktur template agar terhindar dari duplikat konten yang tidak disukai mesin pencari dan lain sebagainya.

Untuk membenahi struktur template agar mendukung seo onpage yang baik setidaknya anda harus mamahami struktur template dan juga memiliki kemampuan untuk membuat template, tapi jangan khawatir jika anda merasa kesulitan untuk membenahi template, cara paling praktis adalah mencari template blog gratisan yang sudah seo friendly yang banyak sekali dishare oleh teman-teman blogger, jadi anda tidak perlu repot-repot harus membenahinya sendiri.

Optimasi SEO Offpage

Sedangkan optimasi seo offpage adalah segala macam upaya yang dilakukan di luar situs itu sendiri namun masih memberi dukungan terhadap blog sehingga blog lebih mudah ditemukan di hasil pencarian. Untuk lebih memahami upaya apa saja yang dapat mendukung optimasi seo offpage setidaknya anda harus mengetahui google rangking faktor.

Beberapa upaya optimasi seo offpage adalah sebagai berikut:

a. Membangun backlink, anda bisa jadi bertanya apa itu backlink? backlink atau disebut juga sebagai inbound link atau link masuk adalah link di situs atau blog orang lain yang jika diklik akan menuju halaman blog anda, backlink sampai saat ini dianggap sebagai faktor yang dapat meningkatkan ranking halaman situs, semakin banyak link dan semakin baik kualitasnya ada banyak cara membangun backlink dan backlink sampai saat ini menjadi salah satu faktor yang bisa memberikan dampak meningkatkan rangking halaman blog di hasil pencarian, backlink seperti halnya vote untuk halaman situs, tentunya untuk membangun backlink perlu

b. Promosi, baik secara offline maupun online
Yang berikutnya adalah prmosi baik secara online maupun offline, promosi offline biasanya upaya mengenalkan alamat situs agar diketahui oleh publik apapun caranya, sedangkan promosi secara online misalnya melalui media sosial seperti facebook twitter google plush dan lain sebagainya, upaya-upaya tersebut dilakukan di luar situs namun akan memberikan dampak pada trafik blog atau situs.


Mengenal Blackhat SEO dan Whitehat SEO

Di dunia seo pun kita mengenal istilah blackhat seo dan whitehat seo, ini erat kaitannya dengan upaya seo yang dilakukan, upaya optimasi seo sebenarnya tidak bisa dilakukan secara sembarangan walaupun anda secara teori mengenal dan paham terhadap unsur-unsur seo namun pada prakteknya upaya tersebut dibatasi dengan rambu-rambu kebijakan mesin pencari.

Jika upaya seo yang kita lakukan sesuai dengan kebijakan google webmaster guideline, maka seo yang kita lakukan bisa disebut whitehat seo, sedangkan jika upaya yang kita lakukan walaupun sesuai dengan unsur seo namun tidak sesuai dengan kebijakan google, upaya seo seperti itu bisa kita sebut dengan blackhat seo.

Mana yang sebaiknya anda pilih white hat atau blackhat, tentu saja white hat, walaupun blackhat dalam beberapa kasus bisa mempengaruhi peringkat halaman situs di hasil pencarian, upaya seo seperti ini tidak akan mampu memberikan hasil yang maksimal dan biasanya tidak mampu bertahan lama, pada akhirnya akan memperburuk reputasi blog di mata mesin pencari, dan seiring dengan perkembangan algoritma mesin pencari hasil teknik blackhat seo lambat laun akan tenggelam.