Apa itu sitelink? sitelink bisa disebut hadiah dari mesin pencari berupa sejumlah link-link yang terdapat pada halaman blog anda yang ditampilkan di bawah judul blog ketika anda melakukan pencarian menggunakan url homepage suatu blog di mesin pencari google.

Sitelink tidak bisa kita buat secara sendiri karena kehadiran sitelink boleh dibilang akan muncul secara otomatis dengan sendirinya seiring dengan meningkatnya repitasi blog di mata mesin pencari, semakin blog banyak ditemukan di hasil pencarian dan semakin bertambah jumlah artikel dan juga pengunjung blog maka google akan menampilkan sitelink blog anda di hasil pencarian ketika situs anda digunakan untuk kata kunci pencarian.


Contoh tampilan dari sitelink yang dimiliki oleh sebuah situs adalah sebagai berikut:

contoh tampilan sitelink yang dimiliki sebuah situs

Bagaimana cara mengetahui sitelink suatu blog?

Untuk mengetahui apakah sebuah situs sudah memiliki sitelink atau belum sangatlah sederhana, anda tinggal melakukan pencarian di mesin pencari google dengan kata kunci alamat situs yang ingin dicek sitelinknya, misalkan strukturkode.blogspot.com, jika blog yang bersangkutan sudah memiliki sitelink maka akan ditampilkan tampilan seperti gambar di atas.

Sitelink yang dimiliki sebuah situs biasanya jumlahnya beragam, Sebuah situs yang sudah memiliki sitelink berarti reputasinya di mata mesin pencari sudah baik dan beberapa sitelink yang ditampilkan pada umumnya adalah judul artikel populer yang terdapat pada situs tersebut.

Apakah Saya bisa membuat sitelink sendiri untuk blog saya?

Berdasarkan keterangan google sitelink atau tautan situs adalah tautan yang dihasilkan secara otomatis yang dapat muncul pada hasil penelusuran situs anda, itu artinya sitelink tidak bisa dibuat oleh sendiri, karena sitelink dihasilkan secara otomatis oleh google.

Banyak blogger yang membagikan informasi cara membuat sitelink di google sendiri yaitu dengan cara mendemosikan url-url blog anda. padahal itu adalah hanya untuk menyembunyikan url agar tidak muncul di sitelink.

Jadi saya tekankan disini "cara membuat sendiri sitelink di google webmaster tool" adalah mustahil karena di google webmastertool hanya menyajikan fasilitas untuk menghilangkan sitelink yang muncul.

Karena sitelink sifatnya otomatis, maka google memberikan tawaran kepada pemilik blog apabila sitelink yang muncul pada blog anda tidak anda inginkan maka anda bisa menggunakan fasilitas demot/ demosikan url untuk sitelink tersebut agar tidak muncul di sitelink.

Fasilitas untuk menyembunyikan sitelink ada di webmastertool, jika anda kebetulan tidak ingin menampilkan suatu link di tampilan sitelink blog anda maka anda bisa mendemosikan url untuk link tersebut.

Cara Mendemosikan URL tautan situs:
  • Di Beranda Search Console, klik situs yang Anda inginkan.Dalam Tampilan Penelusuran, klik Tautan situs.
  • Di kotak Untuk hasil penelusuran ini, selesaikan URL tempat URL tautan situs spesifik tidak ingin Anda munculkan. (Cara menemukan URL yang tepat.)
  • Di kotak Demosikan URL tautan situs ini, selesaikan URL tautan situs yang ingin Anda demosikan.

Setelah Anda mendemosikan atau membatalkan demosi tautan situs, butuh beberapa saat agar hasil penelusuran mencerminkan perubahan tersebut.

Jadi ingat Medot bukan untuk membuat sitelink sendiri tapi untuk menyembunyikan url link agar tidak ditampilkan di sitelink blog anda.

Bagaimana agar blog cepat memiliki sitelink?

Untuk blog baru setidaknya memerlukan waktu 5 bulan atau lebih untuk memiliki sitelink walaupun untuk kasus-kasus tertentu terkadang usia blog masih muda bisa saja sudah bisa mendapatkan sitelink dari google.

Kemunculan sitelink untuk blog pada umumnya akan dipengaruhi oleh umur situs tersebut dan juga trend visitor yang dimiliki oleh situs atau website yang bersangkutan, dan trend jumlah visitor sangat dipengaruhi juga oleh jumlah artikel, jika trend visitornya cendrung naik maka sitelink biasanya akan cepat muncul dengan sendirinya.

Ada banyak cara yang bisa kita upayakan agar alamat blog mendapatkan sitelink dari google dengan cepat beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a.  Mendaftarkan blog ke webmaster tool
Cara yang pertama untuk lebih cepat mendapatkan sitelink dari google adalah mendaftarkan blog anda ke google webmaster tool. Ini sebenarnya cara dasar dengan tujuan agar setiap artikel blog anda dapat dengan mudah dikenali oleh mesin pencari google, selain itu dapat mempercepat blog baru anda mendapatkan sitelink.

b.Memposting artikel secara konsisten dan teratur.
Memposting artikel secara berkala dapat meningkatkan google index atas blog anda dan itu artinya blog anda akan kaya dengan kata kunci relevan. semakin banyak jumlah index blog anda di mesin pencari maka blog anda akan semakin mudah ditemukan dengan kata kunci relevan. Tentu dengan jumlah index yang semakin meningkat maka akan meningkatkan pula jumlah visitor blog anda dan pada akhirnya blog anda akan lebih cepat mendapatkan sitelink.


c. Buat artikel unik hasil buatan anda sendiri.
Ingat untuk selalu membuat artikel yang berkualitas dan unik, artinya artikel anda bukan artikel salinan dari artikel orang lain yang relative sama. artikel unik adalah artikel hasil buatan anda sendiri dengan susunan kata-kata yang anda rangkai sendiri, walaupun secara relevan sama dengan artikel orang lain artikel tersebut masih dikatakan unik karena sajian kata dan susunan kalimatnya berbeda.

Sering menerbitkan artikel yang berkualitas akan sangat disukai google dan itu artinya blog anda akan mendapatkan reputasi yang baik di mata msin pencari google sehingga akan lebih cepat mendapatkan sitelink dari google.

d. Mengganti alamat blog menjadi top level domain TLD 
Yang berikutnya untuk mempercepat dapat sitelink dari google adalah melakukan custom domain blog anda menjadi top level domain (TLD),

e. Perbaiki strukturdata Schema org dengan benar
Pastikan juga strukturdata yang dimilki oleh template blog yang anda gunakan tertata dengan baik, kita tau bahwa mesin pencari google sangat memperhatikan strukturdata schema markup ketika menampilkan artikel di hasil pencarian.

Template yang memiliki struktur data yang baik akan memudahkan google untuk memahami isi blog anda sehingga bisa mempercepat blog untuk mendapatkan sitelink dari google.

Apa Penyebab Sitelink Blog menghilang?

Terkadang sitelink yang dimiliki oleh sebuah blog bisa hilang lho, contohnya pada blog saya, saya kurang tau apakah memang blogspot sudah tidak lagi menampilkan sitelink atau karena faktor tertentu sitelink hilang, karena pada awalnya blog saya ini sudah memiliki sitelink tapi karena hal-hal tertentu sitelink blog saya tiba-tiba hilang tidak muncul lagi sampai sekarang.

Apa yang saya alami dan saya ketahui penyebab menghilangnya sitelink blog adalah sebagai berikut:

a. Menurunya visitor blog secara tiba-tiba.
Ada bannyak penyebab kenapa pengunjung blog tiba-tiba turun, dan ini yang saya alami yang menyebabkan sitelink blog menghilang dan hanya tinggal beberapa link saja.

Memang banyak faktor kenapa trafik blog tiba-tiba turun bisa karena mendapat penalty google, blog dihapus google atau sebagian artikel deindex dan lain sebagainya, yang saya alami  adalah karena saya menghapus sebagian artikel blog populer dengan alasan tertentu.
Silahkan baca: Penyebab trafik blog saya turun hingga lebih dari 50%

b. Banyak ditemukannya Pagenotfound 404
Penyebab yang kedua yang bisa menyebabkan sitelink menghilang adalah banyaknya ditemukan pagenot found 404 pada blog.

Saya dulu mengalami ini yang berakibat menghilangnya sitelink blog, karena melakukan penghapusan pada beberapa artikel blog karena dianggap menyalahi kebijakan google adsense akhirnya saya hapus beberapa artikel. dampaknya dalam 2 minggu ditemukan page not found 404 yang luar biasa banyaknya yang menuju artikel yang dihapus. dan akhirnya trafik blog turun dan site menghilang.

c. Karena mengganti template blog
Ini yang terungkap bisa menyebabkan sitelink blog anda tiba-tiba hilang, ada banyak kesalahan ketika mengganti template blog, bisa saja meta tag blog menjadi berubah dan ini bisa menyebabkan restrukturisasi mesin pencari sehingga bisa menyebabkan menghilangnya sitelink blog anda.

Perhatikan ketika mengganti template blog, pastikan bahwa template sebelumnya sudah anda backup, kemudian  dipastikan juga bahwa meta tag template blog baru sama dengan meta tag blog sebelumnya baik, meta deskripsi, meta keyword dan meta tag lainnya agar sitelink tidak hilang tiba-tiba.

d. Mengganti Meta deskripsi Meta title (judul) Utama blog
Jangan pernah mengganti meta dan title utama blog anda, karena itu bisa menyebabkan sitelik blog anda hilang, mungkin mesin pencari perlu menyesuaikan blog anda di index pencariannya hingga melakukan perubahan pada meta title utama blog anda dan juga deskripsi blog bisa menyebabkan sitelink blog anda hilang.

Bongkar pasang widget juga bisa menghilangnya sebagian sitelink, karena pada umumnya sitelink menampilkan link-link artikel yang terdapat di widget blog misalnya widget popular post dan widget lainnya.


Bagaimana Cara Mengembalikan kembali sitelink yang hilang?

Terus terang ini belum sempat saya coba, buktinya sitelink blog saya ini juga belum kembali, tapi berhubung sedang membahas sitelink maka saya akan berikan juga tips untuk mengembalikan sitelink blog yang hilang yang saya dapatkan dari beberapa blog sebagai berikut:

a. Sering Menerbitkan artikel berkualitas.
Untuk mengembalikan sitelink blog yang hilang adalah kembali sering menerbitkan artikel secara konsisten, ini kendala yang saya alami karena saya sedang malas blogging dan belum sempat saya coba sehingga sitelink sulit pulih seperti semula.

b. Memperbaiki crawl error di webmaster tool
Yang berikutnya agar sitelinik blog cepat kembali dalah selalu rutin memperbaiki crawl error di google webmaster tool, sebagai panduan anda bisa baca:
Cara memperbaiki crawl error 404 di webmaster tool
Cara Memperbaiki server error 503 webmaster tool


Keberadaan sitelink menandakan bahwa blog mendapatkan reputasi yang baik di mata mesin pencari, dan menurut google sendiri adanya tautan situs dapat membantu pengguna menavigasi situs Anda. Sistem google menganalisis struktur tautan situs untuk menemukan pintasan yang akan menghemat waktu pengguna dan memungkinkan mereka menemukan informasi yang dicari dengan cepat.

Demikian artikel tentang Penyebab Sitelink Hilang dan Upaya Untuk Mengembalikannya, semoga bisa menambah wawasan dan menyelesaikan permasalah yang sedang anda alami mengenai sitelink blog.